Panduan Cara Riset Keyword Yang Tepat Sasaran

Panduan Cara Riset Keyword Yang Tepat Sasaran

Dengan SEO website yang kita miliki kemungkinan besar bisa memiliki peluang untuk berada di halaman pertama mesin pencari. Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah tidak semua website bisa berada di halaman pertama search engine dan semua website yang menduduki halaman pertama di mesin pencari juga belum tentu mendapatkan pengunjung (trafik).

Kenapa BISA tidak ada PENGUNJUNG padahal ada di halaman 1?

Jadi begini jika website yang Anda miliki berada di posisi 1 halaman pertama mesin pencari tetapi tidak ada pengunjung atau orang yang mencari kata kunci itu maka Anda perlu mencari tahu, Apakah kata kunci yang Anda target banyak di cari oleh orang atau hanya sedikit?

Jika kata kunci yang Anda target banyak di cari oleh orang dan website Anda menduduki halaman pertama di mesin pencari sudah di pastikan akan ada kunjungan dari orang – orang yang mencari dengan menggunakan kata kunci tersebut. Bisa di bilang search engine akan mendatangkan pengunjung ke situs Anda.

TETAPI…

Jika kata kunci yang Anda target TIDAK ADA YANG MENCARI atau sedikit walaupun website Anda berada di halaman pertama mesin pencari bisa jadi tidak ada pengunjung (trafik)

atau BISA JUGA….

Kata kunci yang Anda gunakan jumlah pencariannya banyak sekali, tetapi kata kunci itu tidak tepat sasaran, tidak membuat orang untuk melakukan pembelian hanya sekedar riset saja atau berbeda dengan keyword yang akan kita target maka bisa jadi kecil sekali kemungkinan untuk terjadi penjualan. (Saya tidak mengatakan sama sekali tidak ada penjualan ya)

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa untuk mendatangkan trafik website kita harus melakukan hal paling dasar dulu yaitu mengetahui kata kunci apa yang paling banyak di cari oleh Orang. Atau kita harus melakukan Riset Keyword terlebih dahulu.

3 Hal utama dalam SEO adalah:

  1. Riset kata Kunci (Riset Keyword)
  2. Membuat konten yang kaya dan bermanfaat buat orang lain
  3. Melakukan Optimasi (Backlink)

Riset Kata Kunci

Ini adalah langkah pertama dan yang paling penting menurut kami sebelum kita membangun sebuah website. Jika di ibaratkan dengan sebuah rumah maka ini adalah pondasi sebuah rumah sebelum kita membangun rumah. Kesalahan dalam meriset keyword atau meriset kata kunci maka kita hanya akan menghabiskan waktu yang sia – sia.

Tujuan Riset Kata Kunci

Tujuan kita melakukan Riset Kata Kunci (Riset keyword) adalah untuk menemukan sebuah kata kunci yang paling berpotensi untuk mendatangkan banyak pengunjung website tetapi persaingannya juga sedikit, sehingga pada saat kita akan melakukan optimasi (SEO) kita akan dengan mudah untuk melakukannya.

Jangan Sampai salah Meriset Kata Kunci

  1. Jangan memilih keyword (kata kunci) yang sangat luas
  2. Jangan memilih keyword yang tingkat persaingannya sangat tinggi (sulit)
  3. Jangan memilih keyword yang jumlah pencariannya sangat sedikit
  4. Jangan memilih keyword yang tidak menjual (tambahan saja) sebetulnya semua keyword bagus Cuma kalau Anda ingin mendapatkan uang cepat maka gunakan keyword yang pencariannya bukan sekedar membaca lagi tetapi yang benar – benar ingin langsung membeli.

Untuk meriset kata kunci sangat mudah. Memang ada banyak alat (software) yang di gunakan oleh pakar SEO untuk meriset kata kunci namun ketimbang menggunakan yang berbayar kita akan menggunakan yang GRATIS dari Google Keyowrd Planner.

Kenapa kita menggunakan yang GRATISAN…?

Karena hampir semua software berbayar untuk riset kata kunci mengambil hasil pencarian keyword dari Google keyword planner (milik google)

Jadi menurut saya untuk menghemat uang kita bisa menggunakan milik Google. GRATIS dan HASIL 100% dari Google.

INGAT… bukan berarti software yang berbayar tidak bagus, bukan itu yang kami maksud, di sini kami ingin mengajak Anda untuk berhemat dahulu sebelum kita benar – benar menghasilkan dari website kita.

Setelah kita sudah punya penghasilan yang cukup dari website kita jika Anda ingin menggabungkan Google keyword planner dengan sooftware riset keyword yang berbayar silahkan saja, bahkan saya sangat mendukung karena hal ini akan mempermudah kita dan mempercepat dalam meriset sebuah kata kunci yang baik.

Ingat semakin sering Anda mencari kata kunci maka tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa mendapatkan banyak kata kunci yang jumlah pencariannya banyak tetapi memiliki tingkat persaingan yang sangat sedikit (low competition)

Mengapa Penting Melakukan Riset Kata Kunci?

Sudah pasti kita semua tahu mengapa hal ini penting dan harus dilakukan setiap kali kita ingin membuat artikel baru dan juga ketika sebuah website akan di bangun. Yang pasti riset kata kunci harus dilakukan jika Anda ingin mendapatkan hal ini:

  1. Untuk mendatangkan pengunjung atau pembaca setia website Anda.
  2. Untuk membantu meningkatkan penjualan dari produk yang sedang Anda pasarkan
  3. Kalau sudah ada penjualan maka kita akan mendapatkan penghasilan.

Jadi Anda harus paham betul dengan yang namanya keyword research karena jika Anda salah mendatangkan pengunjung maka yang terjadi bukan penjualan dari produk – produk yang kita sedang tawarkan kepada mereka.

Memang tujuan dari keyword research (riset kata kunci) untuk mendatangkan jumlah pencarian paling banyak dari kata kunci yang kita target, tapi masih ada tujuan lain yang juga harus kita perhatikan dan pikirkan. Apa itu?

MENDATANGKAN Pengunjung yang tepat yang ingin kita target. Katakanlah Anda ingin mentarget para pengunjung yang ingin segera melakukan pembelian ketika datang ke website Anda maka Anda harus membuat dan mentarget kata kunci yang benar – benar digunakan oleh banyak orang yang sedang ingin membeli bukan kata kunci yang masih umum atau masih mencari cari bukti dan review dari produk tertentu.

Kesalahan yang Tak Di sadari

Sayangnya banyak yang mengaku sebagai pakar SEO dan juga para pemula yang mencari dan menggunakan kata kunci yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner. Dan ini bukan hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi hampir semua orang di seluruh dunia juga melakukan kesalahn ini tanpa mereka sadari.

Apa itu kesalahan yang mereka tidak sadari?

Menggunakan Google Keyowrd Planner dan menggunakan semua kata kunci yang di munculkan di sana untuk membuat artikel dan mentarget semua kata kunci itu.

turunan keyword di google keyword planner

 

Kebanyakan keyword yang di tampilkan Google Keyword Planner hampir sama (mirip)

Apa yang akan terjadi jika Anda membuat semua artikel itu dan memposting di website Anda? Semua halaman website Anda akan memiliki (google melihat) keyword yang sama dan isi artikelnya juga hampir sama. Buat apa mengulang artikel yang sudah pernah kita bahas di website kita? Apalagi itu di lakukan secara terus menerus atau berulang – ulang.

Anda bisa melihat KESALAHAN YANG TIDAK KITA SADARI selama ini kan?

Masih tidak setuju dengan apa yang saya katakan?

Silahkan lakukan kesalahan ini dan buktikan dalam waktu dekat atau lama…WEBSITE ANDA akan kena peringatan dari wasit dan siap – siap saja penjaga gawang website Anda akan kena TENDANGAN PENALTI DARI MBAH Google.