skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends

Cara Riset keyword Menggunakan Google Trends untuk Konten Marketing

Halo selamat datang di SUBMITCLimb, di Artikel sebelumnya kita sudah sama-sama belajar tentang cara riset keyword dengan Answer The Public, Sekarang, kita akan melanjutkan pembahasan kita tentang cara riset keyword dengan menggunakan Google Trends. Tujuan kita melakukan riset keyword adalah agar website yang kita kelola mempunyai banyak pengunjung, apalagi jika itu berhubungan dengan bisnis ataupun dengan program yang kita akan ikuti yaitu Google AdSense.

Dari pengalaman pribadi saya, untuk bisa mendatangkan pengunjung website apalagi dalam jumlah yang banyak tidaklah mudah. Bahkan, beberapa orang yang sudah membuat banyak konten untuk website mereka tapi belum bisa medatangkan pengunjung ke website mereka menjadi putus asa. Banyak yang mengatakan mereka tidak cocok menjalankan bisnis ini, beberapa lagi ada yang mengatakan saya terlalu bodoh untuk mempelajari tentang hal ini!

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari tentang cara Riset keyword menggunakan Google Trends, mungkin lebih tepatnya bisa saya katakan bagaimana cara menggunakan Google Trends.

Apa itu Google Trends?

Google Trends adalah sebuah layanan yang di sediakan Google untuk membantu orang-orang melakukan riset keyword yang paling sering digunakan dan termasuk topik hangat yang saat ini sedang trend atau di perbincangkan banyak orang.

Tool ini sengaja di rancang untuk membantu semua orang untuk mendapatkan data pencarian di Google yang sedang trend untuk membuat konten-konten menarik di sebuah website tertentu.

Pertama kali di rilis sekitar tahun 2006 dan sampai saat saya menulis artikel ini Google trends terus di kembangkan. Meskipun tool ini bisa kita gunakan secara gratis, Google Trends termasuk tool yang cukup lengkap dalam memberikan data. Mulai dari menampilkan topik yang saat ini sedang di bahas, mencari keyword-keyword yang paling sering digunakan dan di cari oleh orang bahkan bisa digunakan untuk membandingkan performa antara keyword yang satau dengan keyword yang lainnya.

Tampilan Website Google Trends

Untuk menggunakan Google Trends Anda harus mengunjungi halaman website Google Trends di ini. setelah Anda mengunjungi halaman itu, nanti di halaman depan Anda akan melihat tampilan seperti ini (Tampilan website akan berubah-ubah). Di dalam kotak pencarian itu Anda akan mengetikkan kata kunci tertentu yang akan Anda analisa.

Masih di halaman yang sama (Halaman depan) Anda bisa melihat ada link atau tombol untuk memfilter topik berdasarkan negara, waktu, kategori, web search, news search Google Shopping dan juga YouTube Search.

Anda bisa mengetahui informasi tentang keyword-keyword yang paling banyak di cari dan juga populer setiap harinya dengan menggunakan bantuan Google Trends ini.

Tampilan Website Google Trends

Untuk mengetahui Daily Search Trends Anda bisa mengaksesnya dengan mengklik icon sidenav (☰) kemudian klik Trending Searches” pada bagian yang ada di pojok kiri atas dari halaman Google Trends.

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends

Sebenarnya mencari dan meriset kata kunci dengan menggunakan Google Trends sangat mudah sekali, dan saya rasa kebanyakan dari antara Anda banyak yang sudah bisa menggunakan tool ini tanpa harus membaca panduan yang saya buat ini.

Tapi supaya yang lainnya juga bisa menggunakan tool ini, maka saya membuat panduan ini, agar Anda bisa mengikuti panduan ini dengan baik. Nah sekarang, cobalah Anda mencari dan menentukan topik apa yang akan anda analisa dengan menggunakan tool ini.

Untuk bisa menggunakan Google Trends Anda tidak diharuskan membuat akun, tanpa membuat akun Gmail-pun Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan Tool Google Trends ini.

keyword meal delivery di google trends

Sekarang mari kita coba melakukan pencarian untuk kata kunci meal delivery, Anda bisa bebas menggunakan keyword apapun yang ingin Anda gunakan dengan menuliskan ke dalam kotak pencarian. Pertama, kita akan melihat grafik dari hasil pencarian kata kunci ini yang menunjukkan popularitas dari waktu ke waktu, kita juga bisa memilih rentang waktu dari waktu ke waktunya, kalau dari contoh ini kita melihat rentang waktu yang di tentukan secara default adalah untuk 12 bulan terakhir, tetapi kalau Anda mempunyai kueri pencarian yang mungkin tidak stabil, misalnya berita yang terbaru, Anda bisa memilih pencarian untuk satu jam terakhir, atau mungkin satu tahun terakhir atau dua tahun yang lalu.

Anda juga bisa memilih negara. Nah, sekarang mari kita kembali ke grafik lagi, di sini Anda bisa melihat dan menampilkan angka-angka, dan setiap angka yang di tampilkan ini menunjukkan seberapa banyak jumlah pencarian yang telah di cari untuk itilah tertentu untuk jumlah total pencarian di Google.

Jumlah Angka Pencarian di Google Trends

Sekarang angka-angka ini tidak menunjukkan jumlah volume pencarian secara absolut. Sekarang data ini dinomalisasi dan di tampilkan dalam skala di mulai dari nol sampai 100 saja. Jadi angka 100 adalah sebuah angka yang benar-benar titik tertinggi dari sebuh pencarian keyword apapun yang akan kita analisa. Di dalam grafik ini Anda juga bisa melihat trends di bulan-bulan lainnya. Jika Anda melihat garis menurun pada grafik, itu menunjukkan jumlah pencarian populer untuk istilah itu menurun, tetapi ini tidak mengartikan jumlah total untuk istilah ini menurun, tetapi popularitasnya sebagai topik pada saat itu menurun jika di bandingkan dengan hasil pencarian di bulan-bulan lainnya. Saya harap sampai di sini banyak yang paham dengan apa yang saya jelaskan, kalau kurang paham bisa di tanyakan atau search di Google ya.

 
related keyword dan realted queries Google Trends

Sekarang kita akan melihat yang hebat dari tool ini adalah kalau kita scroll ke bawah, di sini kita bisa mulai memecah minat kata kunci yang sedang kita analisa ini berdasarkan sub regions (Sub wilayah). Jadi di Amerika Serikat ini kita bisa melihat popularitas keyword ini berdasarkan negara bagian, kalau di Indonesia kita bisa melihat berdasarkan profinsi yang ada di Indonesia, kira – kira begitu. Dan selain itu kita juga bisa melihat keyword ini berdasarkan related keyword. Kalau kita lihat di sini kata kunci meal delivery terkait erat dengan Grocery store company, Onaha Steak dan lain sebagainya. Dan related queriesnya sepeerti tovala, fresh market dan lain sebagainya.

Kemudian kita bisa beralih memfilter dengan menggunakan Rising dan Top (Meningkat dan Teratas). Kalau kita lihat di sini untuk kata kunci Meal delivery tampaknya kata kunci ini kurang begit jelas, jadi kita bisa mengklik ke pilihan Top dengan mengklik drop down yang ada di sini, setelah itu kita bisa melihat dengan jelas kalau kata kunci ini berkaitan erat dengan meal delivery, dan untuk realted queries, kita bisa melihat apa yang sedang meningkat atau naik daun saat ini.

Jadi ini adalah tren yang saat ini muncul, dan ini sangat membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang saat ini sedang populer dan ditanggapi oleh banyak orang di internet. Ini pasti akan membantu Anda saat akan mengembangkan sebuah konten atau ingin membuat sebuah konten.

Ketika akan membuat konten baru, filter pilihan Rising akan sangat membantu Anda karena kalau kita lihat di sini, ada sebuah percakapan yang saat ini sedang terjadi tentang keto meal delivery calgary, mungkin tren ini sedang berkembang dan Anda mungkin juga ingin membuat konten tentang topik ini.

Seperti yang kita lihat saat ini, topik tentang keto beberapa kali di bahas atau sedang di bicarakan dan ini bisa menjadi sesuatu yang mungkin akan menguntungkan Anda jika konten ini Anda kembangkan. Dan Anda juga bisa memilih dan mengklik kueri yang sangat terkait dengan topik yang sedang Anda analisa untuk melihat hasil dari pencarian keyword yang baru itu. Dan setelah kita klik di sini kita bisa melihat grafiknya dan semua data dari kueri ini, Anda juga bisa membuat perbandingan dengan topik pencarian atau keyword yang berbeda. Dalam video ini saya akan mengambil contoh kata kunci meal delivery dan setelah itu kita bisa melihat masing-masing grafik dari kata kunci yang sedang kita analisa.

Nah, sekarang Anda sudah bisa menggunakan Google Trends untuk menganalisa popularitas sebuah keyword atau topik yang akan Anda kembangkan, Anda bisa mengidentifikasi apakah sebuah tren sedang naik atau turun, dan lihat dengan teliti apakah Anda bisa menyampaikan sebuah topik yang akan Anda tulis dengan cara yang berbeda di situs web Anda.

Ya, jadi itu adalah Cara Riset keyword Menggunakan Google Trends, meskipun tools ini bisa membantu Anda untuk menganalisa tren sebuah keyword, perlu Anda ingat bahwa yang akan menggunakan tool ini bukan hanya Anda saja, kompetitor Anda, blogger seperti saya, orang-orang yang mengikuti program Google AdSense dan juga orang-orang lain yang menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka secara online. Hal ini pasti akan menghasilkan data yang sedang Anda analisa sama dengan data yang mereka dapatkan.

Dengan banyaknya persaingan ini, maka penting juga untuk menganalisa persaingan setiap keyword di mesin pencari dengan menggunakan tool lain yang sudah saya tunjukkan di panduan-panduan sebelumnya. Selain itu Anda juga harus bisa membuat dan menyampaikan topik dari sudut pandangan yang berbeda agar bisa bersaing dengan kompetitor Anda di mesin pencari.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Riset keyword Menggunakan Google Trendsini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Pelajari juga:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top