Cara Optimasi Video Youtube

Cara Optimasi Video Youtube





Bagaimana Cara Optimasi Video Youtube di halaman Pertama Google? Saya secara pribadi sudah menggunakan video sejak pertama terjun dalam dunia Online. Waktu itu saya sering menggunakan software gratisan dari CamStudio – Free Screen Recording Software. Saya merekam setiap kegiatan yang berhubungan dengan tips dan trik dan beberapa video promosi produk affiliate saya dan mendapatkan hasil yang cukup lumayan bagus dengan menggunakan video.

Sekarang ini mungkin sudah banyak orang yang menyadari bahwa video adalah salah satu alat pemasaran yang sangat penting dan handal di dunia online, itu sebabnya banyak produk-produk seperti Camtasia, Camstudio, Powtoon Screencast-O-Matic dan masih banyak yang lainnya exist, meskipun demikian saya banyak menggunakan video dengan cara dan tujuan yang berbeda. Saya tidak banyak menggunakan video dalam arti umum, menempatkan video dihalaman website saya dan menggunakan video itu mengkonversi pelanggan atau menjelaskan ide-ide (meskipin saya melakukannya juga), Saya lebih banyak membuat video dari potongan konten di website dan menggunakan video itu agar bisa merangking di Google untuk mendatangkan pencarian Organic (organic search traffic).

Mengapa Video Sangat Luar Biasa.

Saat ini membuat video semudah kita membuat tulisan di halaman blog kita atau landing pages untuk SEO, tetapi Youtube video memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan blog post. Pertama YouTube Video memiliki peluang merangking di Google lebih mudah dan lebih baik.  Sejak YouTube di miliki oleh Google, Youtube semakin menjadi situs authority, bisa jadi konten-konten website yang Anda buat menjadi video akan merangking lebih tinggi daripada website Anda sendiri, khususnya yang baru dan tidak memiliki halaman banyak persaingan dari situs authority.

Memposting konten di YouTube juga akan memungkinkan konten yang Anda miliki ditemukan oleh orang yang menggunakan YouTube yang merupakan mesin pencari terbesar kedua di dunia, bahkan lebih besar dari Bing dan Yahoo. Dengan mengoptimalkan video Anda di mesin pencari Google juga akan secara otomatis membantu meningkatkan peringkat video Anda di YouTube.

Bagaimana Saya Merangking Video Youtube.

Dalam postingan ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara saya mengoptimalkan dan merangking video saya di Google.

Tetapi sebelumnya ijinkan saya untuk memberikan beberapa contoh video yang saya buat dan memiliki peringkat di mesin pencari Google tanpa menggunakan backlink dengan tingkat persaingan yang sangat-sangat rendah pada saat artikel ini dibuat:

Cara Membuat Backlink di Situs Berbagi PDF: (Google Search | Video Link)

Cara Membuat Backlink di Situs Berbagi PDF

Cara Membuka Situs Vimeo Yang Benar (Google Search | Video Link)

cara membuka situs vimeo yang benar

Cara Mengecek Link Dofflow (Google Search | Video Link)

cara mengecek link dofollow

Cara Membuat Backlink Forum Profile (Google Search | Video Link)

cara membuat backlink forum profile

How to crack vidiq vision (Google Search | Video Link)

how to crack vidiq vision-google search

Hal yang menarik dari peringkat video untuk jenis kata kunci ini, meskipun dari video ini saya tidak mendapatkan ratusan pengunjung atau traffic, tetapi semua pengunjung yang mengunjungi video ini sangat tertarget, orang ini mencari tutorial atau produk dengan kata kunci itu.

Melalui artikel ini saya mencoba menerangkan teknik apa saja yang saya lakukn dan gunakan untuk membuat video ini memiliki peringkat dihalaman pertama mesin pencari dan dari situ Anda bisa menggunakan cara ini untuk meningkatkan video Anda di mesin pencari.

Dalam artikel ini saya tidak akan membahas bagaimana kita membuat videonya. Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang cara membuat video menggunakan Adobe After Effects, Adobe Premier dan Camtasia Anda bisa mencarinya di forum-forum atau Anda juga bisa membeli DVD Tutorialnya di Tokopedia.

Video Panduan Gratis Cara Membuat Video

Saya punya koleksi video Tutorial untuk After Effects dengan judul “Complete Course from Novice to Expert” dan Video Tutorial Camtasia “Camtasia Jumpstart”, “Camtasia 9 for Windows Essential Training”, “Camtasia Mastery”, “Make Money With Camtasia”. Anda bisa mencoba belajar dari video-video panduan itu. Jika Anda menginginkan video ini dari saya, saya bisa memberikannya kepada Anda secara Gratis, yang kami maksud GRATIS di sini adalah Anda hanya perlu mengganti Ongkos kirim JNE dan DVD+Cover DVD nya saja, untuk harga videonya saya kasih FREE, jadi Anda tidak perlu membeli langsung dari Website aslinya. (*khusus hanya untuk orang-orang yang benar-benar ingin belajar dan membutuhkan saja)

Ingat saya tidak menjual panduan orang ini, saya hanya ingin membantu orang-orang yang benar-benar ingin belajar dan mendapatkan video ini karena keterbatasan dana. Silahkan mengisi form dibawah ini untuk mendapatkan Video Gratis ini.

Dalam artikel ini saya mencoba menunjukkan cara untuk mengoptimasi video Anda sehingga bisa muncul dimesin pencari – search engines dan merangking untuk kata kunci yang Anda Target.

On-Page Optimization Untuk Video

Off Page Optimization video




Hal pertama dan yang harus Anda lakukan sebelum Anda meng-upload video-video Anda sebaiknya Anda mempersiapkan kata kunci atau keyword Anda, Title dan Deskripsi Video. Ini hukumnya wajib, bisa saya katakan ini seperti nama jalan yang menunjukkan arah dan jalan yang mau dituju. Kebayang bukan jika Video Anda tidak ada Title, Deskripsi dan juga keyword?

Keyword Research

Ketika Anda berencana untuk merangkingkan video YouTube Anda, saran saya lebih baik kita menargetkan multiple long tail keyword di video yang kita buat itu, jadi jangan asal long tail keywords saja, jika Anda menerapkannya hal ini akan membawa lebih banyak pengunjung (traffic) yang beragam hanya dari satu video saja, gimana enak tooh.

Anda harus menemukan kata kunci untuk konten video yang Anda buat. Caranya sangat mudah dan juga sudah banyak yang memberikan tutorialnya Anda bisa cari panduannya di YouTube, silahkan buka Google keyword planner dan ketikkan kata kunci yang mau Anda cari atau gunakan, AdWords akan menampilkan setiap keyword untuk pencarian yang menempati urutan tertinggi. Ada beberapa trik dan cara yang bisa Anda lakukan untuk kompetisi dengan tingkat persaingan yang rendah, tetapi dalam panduan ini saya akan menganggap Anda sudah paham dan memutuskan akan menggunakan kata kunci apa untuk video yang akan Anda buat.

Pilih dan Kumpulkan Daftar Keyword Anda

Silahkan pilih kata kunci utama kalian dan letakkan atau ketikkan keyword Anda di Google AdWords Tool, kemudian silahkan pilih 4-8 kata kunci lain yang memiliki traffic tinggi dan yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan Anda target. Anda bisa menggunakan UberSuggest, SERPS Keyword Research dan keywordtool.io untuk menemukan kata kunci yang paling dan paling banyak di cari oleh orang.

Silahkan Gunakan: Alternatif Keyword Tool Gratis Untuk Riset Keyword

Buat Video Title dengan daftar keyword

Saya biasanya menggunakan daftar kata kunci untuk membuat judul video saya (Video Title). Membuat judul ini menurut saya secara pribadi sangat susah (bagi banyak orang mungkin mudah) karena ada begitu banyak daftar kata kunci yang bisa kita gunakan dalam Video Title kita, jika kita asal membuat judul bisa jadi judul video kita akan terlihat seperti spam. Jadi buatlah judul yang lebih masuk akal ketimbang memaksakan untuk memasukkan semua kata kunci ke dalam judul video Anda. Jika itu cocok dan terlihat masuk akal tidak apa-apa tetapi kebanyakan saya lihat hanya terlihat sperti video spam yang dibuat untuk mendatangkan uang.

Buat Deskripsi Video dengan memasukkan beberapa daftar keyword

Ketika Anda ingin mengisi bagian deskripsi sebuah video, pastikan jika deskrispi yang Anda buat itu memiliki dafar keyword list Anda tadi, silahkan di olah sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan kalimat, bukannya terlihat seperti SPAM. Saya memperhatikan banyak sekali orang-orang yang memposting video di YouTube dibagian bawah deskripsi di jejali dengan begitu banyak keyword yang mau dia target, percayalah cara ini salah dan google sedang melakukan OPERASI untuk video-video seperti ini, bahkan yang lebih PARAH lagi hal ini diajarkan di kursus berbayar, pada bagian deskripsi mereka diminta untuk mengisi dan memasukkan daftar keyword yang mereka target, dan tidak tanggung-tanggung mengisinya, semua keyword dimasukkan.

contoh penempatan keyword YouTube yang salah

Gunakan Video Tags

Untuk mengisi video tags Anda silahkan mengcopy daftar keyword yang Anda mau target tadi dan paste pada bagian Tags.

penempatan video tags

Advanced Optimization.

Saya banyak mendengar ada beberapa teknik optimasi yang canggih, saya secara pribadi tidak banyak melakukan ini dan sering, saya banyak mendengar tentang hal-hal baik jika Anda melakukannya:

  • Buat Transkrip Video (dengan menulis dan memasukkan transkrip video Anda ke dalam deskripsi hal ini akan membantu mesin pencari untuk menemukan video yang Anda buat tadi dan kemungkinan akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi)
  • Buat Annotations

Off Page Optimization – Backlinks

Saat ini video Anda sudah di upload ke YouTube dan mulai Anda Optimasi, karena sekarang memang saatnya untuk merangking video Anda. Untuk membuat video kita bisa merangking dihlaman depan youtube sama seperti kita ingin merangking website yang kita miliki, dimana penentu sebuah website dan video adalah jumlah backlink yang menuju ke video Anda. Tetapi ada faktor-faktor lain yang membuat video youtube Anda juga bisa merangking, yaitu jumlah website yang mengembed video Anda. Menurut saya video youtube tidak perlu dibuatkan backlink (menurut saya)

Berikut ini faktor-faktor Video Youtube bisa merangking:

  1. Embed
  2. Backlink dengan Anchor Text
  3. Link tanpa Anhor Text
  4. Social Signal

Berikut ini promosi yang sering saya lakukan untuk meng-Optimasi Video Youtube. Ini bukan keseluruhan strategi yang digunakan saya dan banyak orang, sebenarnya masih banyak cara dan strategi lain untuk membuat video Anda bisa merangking di halaman depan YouTube untuk mendapatkan backlink dan Embed. (ini metode utama saya orang lain bisa jadi menggunakan cara yang berbeda ya)

Baca juga Artikel kami yang lain: Panduan Lengkap SEO Untuk YouTube

Video Saya Submit ke Social media properties

  • Share ke Personal dan company Google+
  • Share ke Facebook page dan personal
  • Share ke akun twitter
  • Retweet

Posting di Website atau Blog

Buat postingan blog post atau landing page di website Anda. Aturan umum yang dipakai untuk konten SEO yang disarankan adalah memiliki 300-500 kata dan isi konten Anda juga harus unik. Keyword atau kata kunci juga harus dimasukkan ke dalam Title dan body atau isi artikel Anda. Kata kunci – Keyword harus berhubungan dan dikaitkan dengan Video Anda, dan video harus di embed atau di letakkan di dalam halaman atau postingan artikel Anda, aturan yang banyak di pakai saat ini oleh banyak pemain SEO adalah setiap website atau blog harus ada link out ke website authority. Letakkan juga keyword di H1 Tag dan alt teks dari setiap gambar yang Anda psoting.

Teknik ini harus dilakukan di setiap postingan yang dibuat termasuk di website Anda, Lakukan juga di website atau blog orang lain atau web 2.0.

Berikut ini adalah list yang harus dilakukan:

  • Buat konten 300-500 kata (isi konten harus unik)
  • Keyword Pada Title
  • Keyword di Body atau isi artikel
  • Buat Anchor text dengan keyword video Anda (jadi bisa di klik dan menuju ke video)
  • Embed Video
  • Authority Link
  • H1 Tag (gunakan keyword)
  • Image di kasih Alt Text.

Pastikan juga setelah Anda mempublish konten Anda (page/post) di website Anda, submit juga ke situs-situs sosial media dan bookmarking site, dulu saya biasanya menggunakan OnlyWire. Jika Anda ingin mensubmit secara manual ke situs sosial media silahkan download daftar situs sosial media yang saya kumpulkan ini di sini: *akan selalu di update jadi pastikan untuk selalu mengunjungi halaman ini.

Submit menggunakan Onlywire

Onlywire dan Buffer adalah layanan yang memungkinkan Anda dan saya untuk mengelola web 2.0 properties melalui satu panel kontrol, jadi ini akan memudahkan Anda karena Anda tidak perlu membuka akun sosial media berulang-ulang cukup masuk ke akun Onlywire Anda dan share. Menurut saya ini sangat bagus dan KEREN karena kita bisa mendapatkan suntikan backlink dengan cepat 20 – 30 link untuk setiap post atau video yang Anda publish. Saya banyak menggunakan Onlywire untuk membangun backlink untuk web 2.0, Guest post, video forum post profile dan masih banyak akun lain yang saya buat, semuanya saya submit ke akun Onlywire untuk mempercepat mendapatkan backlink.

Anda juga bisa membayar seseorang di Fiverr untuk mengatur hal itu dengan harga $5 saja, murah dan sangat efektif untuk melakukan pembuatan social bookmarking.

Ini adalah salah satu cara Anda bisa mengirimkan atau mensubmit semua postingan Anda ke akun sosial media melalui Onlywire, sebenarnya masih banyak cara yang lain untuk mensubmit ke akun sosial media seperti Buffer dan Hootsuite atau jika Anda mau mensubmit secara manual juga bisa, ini bukan suatu keharusan bagi Anda untuk menggunakan cara pintas seperti yang saya sebutkan di atas, mengapa saya menggunakan Onlywire karena ini adalah cara termudah yang saya temukan dan coba untuk bisnis saya.

Posting di Blog Network Anda

Silahkan Anda membangun blog network pribadi Anda untuk membuat backlink yang berkualitas, memang ini akan memakan banyak biaya tetapi percayalah modal Anda akan kembali. Silahkan buat postingan blog atau di website lain yang Anda miliki, jika Anda belum memilikinya kini saatnya untuk membangun blog network pribadi Anda, karena dengan memiliki blog network pribadi baik itu yang berbayar maupun yang gratis ini akan membantu memudahkan Anda untuk mendapatkan backlink dengan sangat mudah dan bisa membantu meningkatkan populer video Anda dengan cepat.

Saya memang tidak banyak memiliki website authority, saya menggunakannya untuk memposting artikel yang sesuai dengan tema video saya dan mengembed video saya di postingan itu, contohnya seperti salah satu dari video yang saya posting di artikel ini “Cara Membuat PBN Yang Aman”. Biasanya setelah saya memposting artikel seperti itu biasanya setelah itu saya akan share postingan itu ke akun Onlywire saya.

Submit ke Profile Link

Company Profile dan Businnes directori adalah cara yang baik untuk mendapatkan embed video Anda. Tergantung dari niche yang Anda target, Anda bisa embed video Anda di Linkedin Page, Angel List Profile atau Yelp Listing.

Ini adalah cara yang baik dan tepat untuk mendapatkan backlink yang menuju website Anda, selain itu Anda tidak hanya mendapatkan backlink tetapi juga dapat meningkatkan brand Anda sebagai sebuah perusahaan.

Ingatlah untuk selalu mensubmit profile page Anda ke Onlywire untuk mendapatkan secondary link juice.

Guest Post

Menjadi penulis tamu di situs lain agar kita bisa menempatkan video kita saat menjadi penulis tamu adalah cara yang baik. (buat saya sangat sulit tapi layak dicoba)

Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang penulis tamu, silahkan coba baca panduan ini: Advance Guest Posting.

Buat Post Web 2.0 Properties

Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan embed, backlink dan juga view untuk video Anda adalah melalui postingan web 2.0 seperti daftar yang ada di bawah ini. Gunakan cara yang sama seperti Anda memposting artikel di website Anda.

daftar list web 2.0 properties

Ada begitu banyak daftar web 2.0 yang tersedia dan dapat kita gunakan secara gratis. Gunakan dengan bijak dan baik agar web 2.0 Anda tetap awet dan tidak ditutup. Di bawah ini adalah beberapa daftar yang bisa Anda gunakan.

  • WordPress.com
  • Blogger.com
  • Tumblr.com
  • Medium.com
  • Webs.com
  • Blog.com

Memang saya akui untuk membuat artikel dan membuat website baru di daftar situs web 2.0 seperti yang saya sebutkan di atas sangat merepotkan dan memakan waktu. Perlu dikerahkan upaya dalam membuatnya. Jika Anda malas, upayakanlah dalam 1 bulan membuat satu, jika masih berat dalam 2 bulan buat 1 website. Jika ini terus Anda lakukan Anda akan memiliki daftar web 2.0 yang banyak nantinya.

Untuk Daftar lebih lengkap silahkan lihat atau download di sini . (Jika link error silahkan beritahu kami.)

Teruslah Membuat Backlink dan menghubungkannya.

Ketika Anda membuat konten-konten untuk apapaun jika bisa meletakkan link atau embed video entah itu termasuk di forum-forum jangan lupa untuk selalu menghubungkan dengan video Anda. Semakin baik Anda membuat backlink balik yang menuju video Anda akan semakin baik pula posisi video Anda.

Demikianlah Cara Optimasi Video YouTube di halaman pertama Google. Silahkan beritahu kami pengalaman atau cara Anda meningkatkan Rangking Video Youtube Anda dikolom komentar di bawah!






  • Excellent..artikelnya bagus dan lengkap sekali..
    Isinya berbobot dan jarang diulas sampai tuntas oleh orang lain..
    Semoga bermanfaat buat kita semua..

    Terima kasih