skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Merubah Versi PHP Di CPanel Ke Versi Terbaru

Cara Merubah Versi PHP di cPanel ke versi Terbaru

Anda ingin tahu Cara merubah versi PHP di cPanel ke versi terbaru tetapi Anda bingung untuk melakukannya, atau Anda baru pertama kali dan takut untuk melakukannya? Ini yang dulu terjadi sama saya. Jujur saya tidak pernah sekolah web desain, saya bisa membuat website secara otodidak karena hasil membaca dan melihat tutorialnya di sana dan di sini yang ada di internet. Jika itu yang sedang Anda alami jangan khawatir, saya akan membantu Anda melalui panduan yang akan saya tulis di artikel kali ini dan di akhir artikel saya juga sudah membuatkan panduannya dalam bentuk video, sehingga akan memudahkan Anda untuk mempelajarinya.

Anda yang mempunyai website pasti ingin websitenya bisa di akses dengan kecepatan yang maksimal bukan? bagaimana kalau saya katakan hal itu bisa Anda lakukan sekarang juga hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit saja. Ini pasti terdengar sangat menarik ya?

Ya, Saya dan Anda bisa – yang perlu Anda lakukan adalah Anda hanya perlu merubah atau mengupdate versi PHP terbaru.

Mengapa Anda Harus Mengupdate ke PHP Versi Terbaru Secepatnya?

Setelah lebih dari sekian lama tidak melakukan upgrade besar-besaran, PHP memulai debutnya pada tahun 2015, pada waktu itu PHP sudah mulai banyak digunakan Orang untuk server side language. Ini fungsinya untuk menghubungkan server dengan sebuah website. Upgrade yang dilakukan kali ini membawa begitu banyak perubahan yang sangat signifikan setelah sekian lama.

Ada banyak alasan yang mengharuskan Anda harus sesegera mungkin beralih ke PHP versi terbaru (pada saat artikel ini di tulis adalah versi PHP 7.4) apalagi kalau Anda adalah pengguna WordPress, akan banyak plugin dan juga template (Theme) yang mungkin tidak lagi akan bekerja dengan baik jika Anda tidak mengupgrade PHP ke versi yang baru. Pada saat saya menulis ini sudah banyak sekali plugin yang tidak kompatibel dengan versi PHP yang lama. Selain itu versi PHP yang lama sudah tidak lagi mendapatkan perbaikan (update) keamanan untuk menjaga website Anda tetap aman dari para hackers.

Anda juga tidak punya pilihan lain karena yang tadinya PHP 5.6 yang menjadi salah satu persyaratan utama minimum untuk WordPress, pada bulan April 2019 sudah tidak lagi. Versi PHP 5.6 akan diganti menjadi PHP 7.0 pada bulan Desember 2019, pada saat artikel ini di tulis saya sudah menggunakan versi PHP 7.3.

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dan sangat populer di web. Ini terbukti dari 70% dari semua website yang ada menggunakan pemrograman di server mereka menggunakan PHP. Perbandingannya dari 10 website 8 yang menggunakan PHP sisanya tidak menggunakan PHP.

Pengguna WordPress, Anda perlu tahu PHP adalah power dari WordPress Website. Dan yang sekarang menjadi masalah dibanyak komunitas pengguna WordPress adalah bahwa banyak website bisnis, penyedia hosting dan juga pengembang yang belum mendukung versi terbaru dari PHP saat ini. Ini tentu sangat membuat stress beberapa pengguna yang ingin melakukan update ke versi PHP yang baru, mengingat sangat mudahnya untuk mengupgrade ke versi terbaru.

Sebetulnya jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, tentang perubahan ini sudah lama terjadi dan kita seharusnya berterima kasih keapda Yoast yang sudah membantu mengingatkan semua pengguna WordPress untuk meng-upgrade PHP ke versi yang terbaru. Kalau tidak salah ingat pada saat Yoast SEO versi 4.5 mereka sudah menambahkan pemberitahuan ini di dalam dasboard WordPress yang menggunakan plugin Yoast SEO. Ini adalah peringatan yang sangat serius dan harus SEGERA DILAKUKAN bagi mereka yang yang masih menggunakan versi PHP yang lama di server mereka.

Peringatan ini hanya bisa dihilangkan jika pemilik website sudah memperbaharui PHP mereka ke veris yang terbaru.

Menurut saya semua pengguna WordPress mau tidak mau harus segera upgrade ke versi PHP yang terbaru sesegera mungkin. Ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kecepatan website seseorang tetapi juga untuk membantu memberikan keamanan dan juga kompatibilitas.

Seperti yang sudah saya katakan sebagian besar website yang ada menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jadi, bagi Anda yang mempunyai website dan yang sedang belajar membuat website sederhana menggunakan WordPress adalah baik untuk mengupgrade ke versi yang baru. Untuk mengupdate ke PHP versi yang terbaru di cPanel sangat mudah. Selama 10 menit ke depan saya akan menunjukkan caranya kepada Anda, tetapi sebelum saya menunjukkannya kepada Anda saya akan menjelaskan hal lain terlebih dahulu yang juga penting untuk Anda.

Mengapa Banyak Orang yang Menggunakan WordPress Masih Menggunakan Versi PHP yang Lama?

Saya sebetulnya tidak bisa menjawab dengan pasti dari pertanyaan ini. Pasti ada banyak alasan kenapa beberapa website masih tetap menjalankan websitenya dengan PHP versi yang lama, meskipun sudah ketinggalan jaman dan sudah tidak mendapatkan support keamanan lagi. Tetapi ini adalah faktor yang mungkin bisa saja menjadi alasan mereka:

1# Pemilik website tidak tahu caranya.

Saya yakin bagi banyak pemilik website yang menggunakan WordPress tidak tahu bagaimana caranya untuk mengupgrade ke versi yang terbaru karena mereka tidak mempunyai keahlian teknis, ada juga yang mungkin takut saat mengupgrade PHP, mereka takut website mereka error. Banyak orang juga hanya perduli seperti ini, yang penting website saya jalan dan aktif saya sudah puas. Jadi mereka akhirnya tidak meng-upgrade PHP mereke ke versi yang sekarang.

Mengapa mereka tidak mau?

Kebanyakan kasus, ini sih biasanya bergantung dari si developer dan pihak web hosting mereka untuk meminta pemilik website melakukan upgrade. (karena ini juga demi kebaikan mereka sendiri)

2# Memakan Waktu Bagi Plugin developer dan Theme Developer

Untuk developer plugin dan theme (template website), memperbaharui ke PHP versi yang terbaru saat ini adalah hal yang merepotkan dan memakawan waktu untuk memperbaharui kode – kode plugin dan theme mereka. Selain itu mereka juga masih harus melakukan pengujian dan pengetesan apakah ini sudah kompatibel atau belum, karena mereka tidak ingin kehilangan uang dan juga merusak website penggunanya.

3# Pihak Web Hosting Tidak Ingin Merusak Website Pelanggan Mereka

Ini adalah alasan yang juga bisa menjadi masuk akal bagi kita mengapa banyak orang masih menggunakan PHP versi yang lama. Karena perusahaan Web Hosting tentu tidak ingin membuat website pelanggan mereka rusak dan membuat mereka kesal dan akhirnya kabur tidak lagi menggunakan hosting mereka.

Banyak perusahaan web hosting yang mendapatkan kiriman tiket support yang meminta bantuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat website pelanggan mereka error setelah mengupdate PHP ke versi yang terbaru.

Jika saat ini anda mempunya website dan ingin mengupdate ke PHP versi yang terbaru Anda harus inisiatif melakukannya sendiri atau Anda juga bisa meminta bantuan pihak hosting untuk membantu Anda mengupdatenya.

Periksa Kompatibilitas PHP Sebelum Upgrade

Saya biasanya melakukan cara manual. Sebelum saya mengupdate ke versi PHP yang terbaru saya biasanya akan melakukan cara seperti ini:

Cara Manual:

  1. Mengecek theme (template) yang saya gunakan, apakah sudah ada update yang terbaru atau belum, jika sudah ada saya akan update, jika belum saya akan lihat keterangannya di website resmi mereka apakah sudah kompatibel dengan PHP yang versi terbaru ini atau belum.
  2. Saya akan mengupdate plugin yang saya gunakan ke versi yang sekarang.
  3. Mengecek keterangan setiap plugin yang ada apakah support dengan PHP versi berapa saja.
  4. Backup WordPress. Ini untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itu adalah cara yang biasanya saya lakukan. Ini saya tidak belajar dari mana-mana, itu inisiatif saya sendiri. Dan apa yang saya lakukan itu menurut saya sudah sangat benar dan tepat. Karena untuk mengupdate PHP ke versi yang terbaru tidak ada yang perlu di takutkan. Jika terjadi erro Anda hanya perlu menurunkan versi PHP di bawahnya saja, setelah itu website akan kembali normal.

Cara Menggunakan Plugin:

Saya rasa cara yang satu ini tidak ribet dan mungkin paling banyak disukai dan digunakan oleh banyak Orang yang menggunakan WordPress. Ya sebelum anda memperbaharui versi PHP Anda alangkah lebih baiknya kita melakukan pengecekan versi PHP yang Anda gunakan saat ini dan juga mengecek apakah website Anda jika di Upgrade ke PHP versi yang terbaru sudah kompatibel.

Bahkan jika Anda tidak yakin dengan PHP versi berapa website Anda kompatibel Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengetahuinya.

Silahkan install plugin gratis dari Display PHP Version, ini bisa Anda download dan kemudian mengaktifkan pluginnya. Plugin ini fungsinya hanya untuk menampilkan versi PHP yang Anda gunakan di website Anda. Anda bisa melihatnya di bagian dalam dasboard WordPress Anda.

 

Setelah itu Anda juga harus mengecek semua plugin yang sudah Anda install ke dalam template (theme) wordPress Anda, apakah semua sudah kompatibel dengan PHP versi yang terbaru, sebelum Anda benar-benar mengupgradenya. Plugin PHP Compatibility Checker milik WP Engines adalah plugin yang katanya paling bagus pada saat ini untuk melakukan pengecekan. Plugin ini akan membantu Anda mengecek dan memeriksa plugin mana saja yang cocok dan tidak cocok dengan versi PHP yang sekarang ini.

php compatibility plugin

Setelah Anda selesai melakukan pengecekan, plugin ini akan menampilkan beberapa informasi penting sehubungan dengan theme dan plugin yang ada di website Anda.

hasil scan dan result pengecekan PHP

Menurut saya pemberitahuan dan pengecekan seperti ini sangat penting sekali. Anda harus membaca laporan yang diberikan oleh plugin ini. Jika Anda melihat ada plugin yang mungkin tidak ada keterangannya atau memberikan peringatan silahkan Anda hubungi pembuat plugin dan tanya mereka apakah ini bisa digunakan untuk PHP versi yang terbaru atau tidak, atau Anda bisa membaca diketerangan yang ada di website mereka.

Setelah Anda melakukan pengecekan dan sudah tidak menggunakan plugin ini saya sarankan untuk menonaktifkan dan menghapus plugin ini.

Kalau saya baca tentang plugin PHP Compatibility Checker dari review, ada yang bilang plugin ini bagus tetapi ada juga yang bilang tidak bagus. Saya secara pribadi lebih senang melakukan ke dua cara yang saya tulis di artikel ini. Silahkan jika Anda ingin menggunakan ke dua cara ini atau Anda ingin menggunakan cara yang manual saja atau dengan cara yang lain, lalu berikan pendapat Anda di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Bagaimana Cara Merubah Versi PHP di cPanel ke versi Terbaru?

Ya, setelah Anda melakukan pengecekan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, sekarang saatnya Anda melakukan backup, ini hanya untuk berjaga-jaga saja jika terjadi hal yang tidak Anda inginkan – setelah Anda melakukan backup Anda sudah siap untuk melakukan upgrade PHP ke versi yang terbaru.

A# Merubah Versi PHP di cPanel

Ya seperti yang saya katakan di atas, merubah versi PHP sangat mudah untuk dilakukan dan Anda tidak perlu khawatir karena jika terjadi error Anda hanya perlu menurunkan versi PHP Anda.

1# Silahkan Anda Login ke cPanel Anda

Untuk login ke cPanel tentu Anda harus mempunyai aksesnya. Silahkan ketikkan alamat website Anda seperti ini https://namadomainanda/cpanel, lalu silahkan login.

2# Memilih PHP Version

Setelah Masuk langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah silahkan Anda scroll ke bawah sampai ke bagian “Software” kemudian pilih “Select PHP Version” seperti yang terlihat pada gambar.

Pilih sofware lalu select PHP version

Kemudian langkah selanjutnya adalah memilih Versi PHP-nya kemudian silahkan klik “Set as current.”

Memilih versi PHP

Ya, jadi itu saja yang perlu Anda lakukan, apakah itu sulit? Menurut saya tidak sulit, yang sedikit dikhawatirkan adalah saat ada plugin atau theme yang tidak kompatibel dengan PHP versi yang sekarang. Jika itu terjadi maka kita hanya perlu menurunkan versinya saja. Masih bingung, silahkan lihat panduan dalam bentuk video yang saya upload ke Facebook Page SUBMITClimb di sini, jangan lupa like dan follow ya.

B# Tanya dan Minta Bantuan Web Hosting untuk Upgrade PHP

Jika Anda tidak mempunyai akses ke cPanel atau Anda takut untuk melakukannya, Anda juga bisa meminta bantuan perusahaan webs hosting Anda untuk meng-upgrade PHP ke versi yang terbaru. Proses ini tidak akan memberi pengaruh kepada website Anda.

Saya sempat membaca yang direkomendasikan oleh WooCommerce tentang cara mengirim email ke perusahaan hosting yang Anda gunakan, silahkan menyesuaikan versinya dengan PHP yang Anda gunakan saat mengirim email dengan format ini.

Dear host,

I’m running a WooCommerce webshop on one of your servers and WooCommerce has recommended using at least PHP 5.6. WordPress, the content management system that WooCommerce uses, has listed PHP 7 as the recommended version on n their requirements page: https://wordpress.org/about/requirements/

Can you please let me know if my hosting supports PHP 5.6 or higher and how I can upgrade?

Looking forward to your reply.

Jika Anda mendapat jawaban dari pihak web hosting yang menyulitkan Anda untuk meng-upgrade atau bahkan menolak untuk melakukannya, menurut saya sebaiknya mulai hari itu juga Anda sudah harus mencari perusahaan hosting lain dan memindahkan website Anda ke hosting yang baru.

Semoga saya sudah menuliskan semua hal yang perlu Anda lakukan tentang Cara Merubah Versi PHP di cPanel ke versi Terbaru untuk meningkatkan kinerja website dan juga keamanan website Anda.

Ingat ya, sebelum Anda melakukan upgrade pastikan untuk mengecek kompatibilitas website Anda dengan versi PHP yang sekarang. Langkah yang lain adalah Anda bisa menguji coba dengan website yang khusus untuk belajar, setelah di sana berhasil baru Anda melakukan update untuk website Anda yang sebenarnya.

Pelajari lebih Lanjut:

Cara Menghapus Kotak Isian URL Website di Kotak Komentar WordPress
Cara Untuk Mendatangkan Traffic ke website CPA dan Affiliate
Cara Membuat Website Cepat Rangking 1 di Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top