skip to Main Content
Cara Menyembunyikan Link Affiliate Tanpa Plugin

Cara Menyembunyikan Link Affiliate Tanpa Plugin

Apakah Anda ingin tahu Cara Menyembunyikan Link Affiliate atau yang di kenal juga Cara Buat URL Cloaking di website Anda tanpa ribet, tanpa bayar, tanpa plugin dan terlihat profesional? Sudah cari informasi dan tutorialnya kesana-sini tetapi masih saja bingung untuk membuatnya? Jangan khawatir dalam beberapa menit ke depan saya akan membantu Anda langkah demi langkah Cara Menyembunyikan Link Affiliate Anda menjadi lebih pendek dan terlihat profesional.

Anda pasti tahu ada begitu banyak plugin terkenal yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik dan menyembunyikan link affiliate Anda seperti Pretty Link dan ThirstyAffiliates, memang kedua plugin itu bisa Anda gunakan secara Gratis. Jika Anda menggunakan versi gratis plugin-plugin itu ada beberapa fitur yang dibatasi tetapi saya tidak akan menyebutkan fitur apa saja yang dibatasi. – Jangan khawatir 80% orang yang menggunakan plugin itu pakai versi Lite atau yang Gratis.

Saya masih ingat, pertama kali saya terjun di dunia affiliate marketing saya bingung sekali ketika mau menyembunyikan url affiliasi saya yang sangat panjang dan terlihat jelak. Setelah tanya sana-sini dan cari tutorialnya, satupun tidak ada yang sreg di hati saya. Awalnya sih saya menggunakan Pretty Link, cuma tidak berapa lama ada isu yang katanya plugin ini belakangan berbahaya, salah satu bahayanya adalah link affiliasi kita akan berubah menjadi link affiliasi orang. Saya sendiri tidak tahu apakah berita itu benar atau tidak, yang pasti saya langsung panik pada waktu itu dan mencari-cari cara lain. Akhirnya sejak saat itu kebanyakan website saya tidak menggunakan plugin Pretty Link tetapi menggunakan Cara Cloaking Link Afiliasi yang saya buat sendiri sampai sekarang ini, lalu apakah sekarang Pretty Link masih aman dan bisa dipakai? Ya masih, saya masih pakai. Tetapi kebanyakan semua website saya menggunakan cara yang saya buat secara manual ini. Memang sedikit ribet dan ada keterbatasan tetapi dengan cara ini saya tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli plugin-plugin berbayar.

Mungkin ada yang bertanya seperti ini, Memangnya saya tidak boleh menggunakan link affiliasi yang asli tanpa harus kita sembunyikan atau dipendekin?

Boleh saja… hanya saja hal itu akan membuat link affiliate Anda:

  1. Terlihat terlalu panjang.
  2. Sulit untuk diingat.
  3. Tidak profesional.
  4. Membuat orang takut untuk mengklik link itu karena disangka link virus atau phising.

Sayang bukan ketika Anda membuat artikel yang bagus dan mampu menarik orang untuk membeli tetapi pas orang itu melihat link url Anda orang tersebut tidak jadi mengklik karena takut di sangka link virus atau link phising.

Apa itu Link Cloaking dan Kapan kita Membutuhkannya?

Bagi teman-teman yang pekerjaannya sama seperti saya menjadi seorang affiliate marketing pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya URL Masking dan Link Cloaking, bagi temen-teman yang masih baru dalam hal ini bisa jadi masih bingung dan masih ingin tahu apa itu Link Cloaking dan cara membuatnya.

Nah Apa sih Link Cloaking itu? Link cloaking adalah teknik yang digunakan untuk membuat sebuah link affiliasi yang panjang menjadi link yang jauh lebih pendek dan branded link (terlihat profesional). Orang kita biasa menyebutnya dengan menyembunyikan link affiliate.

Seringkali link affiliasi yang diberikan ke kita terlihat sangat panjang dan tidak mudah untuk diingat oleh orang, selain itu link affiliasi juga menunjukkan affiliate user name atau ID si affiliate marketing itu, contohnya seperti ini:

http://www.shareasale.com/r.cfm?b=481947&u=515884&m=46483&urllink=&afftrack=

Link Cloaking akan memungkinkan Anda untuk menyingkat link yang panjang dan jelek itu ke link yang jauh lebih pendek dan terlihat lebih profesional dan dipercaya, contohnya seperti ini:

http://www.yoursite.com/refer/productname
http://www.yoursite.com/go/productname

Anda bisa menggunakan nama folder URL apa saja yang Anda sukai, dalam kasus ini kami menggunakan “go” yang kami gunakan di website SUBMITClimb ini, Anda bisa menggunakan “refer”, “affiliate”, “out” atau lainnya yang Anda suka.

Jika Anda adalah seseorang yang menggunakan link affiliate di blog Anda untuk mendapatkan uang maka sebaiknya Anda menyembunyikan link affiliate Anda dengan cara Link Cloaking. Banyak pemilik website yang melakukan Link Cloaking untuk link affiliate mereka supaya bisa disembunyikan dan juga bisa mengelola link affiliate mereka.

Dengan menyembunyikan link affiliasi (Link cloaking) hal ini akan memungkinkan Anda untuk lebih mudah mengerti yang mana saja URL link affiliasi Anda.

Bagaimana Cara Menyembunyikan Link Affiliate di website.

Jika Anda search di Google dengan kata kunci “Cara Menyembunyikan Link Affiliate” maka akan muncul banyak sekali website-website populer yang akan memberi tahu Cara Menyembunyikan Link Affiliate di website Anda, tetapi menurut saya banyak dari panduan yang diberikan terlihat sangat sulit untuk dilakukan dan dimengerti oleh beberapa orang.

Contoh Panduan yang Terlalu banyak menggunakan Kode-kode:

Contoh 1 Meskipun bisa dilakukan beberapa orang akan kesulitan.

 

menyembunyikan link dengan banyak kode

 

Contoh 2 Masih terlihat banyak kode-kode yang digunakan.

menyembunyikan link dengan html

Note: Saya tidak bilang cara di atas “salah”, TIDAK ya, hanya saja cara itu sedikit terlalu rumit untuk seorang pemula, ini menurut saya dan pengalaman saya secara pribadi – tiap orang berbeda-beda tingkat pemahamannya.

A. Siapkan Software untuk Cloaking Link

Untuk bisa menyembunyikan link Affiliate, kita memerlukan sebuah software GRATIS – 100% GRATIS, saya biasanya menggunakan Software favorit simpel yang sering saya gunakan.

  1. ConTEXT Editor (Setiap hari saya gunakan untuk Link Cloaking)
  2. Notepad++ (Saya gunakan juga hanya saja sangat jarang sekali)
  3. Sublime Text
  4. Visual Studio Code

B Step by step Cara Menyembunyikan Link Affiliate:

  1. Silahkan Download terlebih dahulu software ConTEXT Editor. Kalau ada yang suka pakai Notepad++ silahkan download softwarenya. Untuk ConTEXT Editor Anda bisa download yang Versi Desktopnya atau Portable Version. Saya menggunakan versi yang Desktop supaya lebih mudah. Walaupun di situs resminya terlihat tidak pernah di Update sama pembuatnya tetapi software ini yang paling simple dan mudah buat saya.
  2. Silahkan Download file master untuk menyembunyikan affiliate link Anda (Link Cloaking) dengan nama file “affiliate-link.phpdi pcloud ini.
  3. Buka Program ConTEXT Editor atau Notepad++, kemudian silahkan buka file yang tadi sudah Anda download.
     
    buka file master cloaking link
     
  4. Silahkan Copy Link Affiliasi Anda dan Paste di tulisan “your-affiliate-link-here” silahkan lihat gambar.
     
    paste link affiliate Anda di sini
     

  5. Save file Anda dengan nama “index.php”
  6. Login ke cPanel Hosting Anda
  7. Buat Folder dengan nama yang Anda sukai saya akan menggunakan “refer” (*sebagai contoh)
  8. Silahkan Upload file Link Affiliate yang sudah Anda pendekkan tadi ke dalam folder yang Anda buat itu.
  9. Silahkan coba link affiliate Anda. Selamat Anda sudah berhasil.

Jika masih ada diantara Anda yang bingung dengan penjelasan Cara Menyembunyikan Link Affiliate diatas silahkan lihat penjelan yang saya buat dalam bentuk video tutorial di bawah ini:

Video Tutorial


Silahkan Subscribe channel video kami untuk mendapatkan informasi video baru dan video yang tidak kami publikasikan untuk umum.

Jika Anda tidak menyukai Cara Menyembunyikan Link Affiliate secara manual Anda bisa menggunakan cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan menginstall Plugin WordPress.

Bagaimana Cara Menyembunyikan Link Affiliate di WordPress.

Sejak dunia affiliate marketing menjadi sumber pendapatan yang sangat penting bagi banyak blogger di dunia, belakangan ada banyak bermunculan plugin WordPress Gratis yang tersedia yang bisa digunakan untuk menyembunyikan link affiliate Anda.

Saya telah mengelompokkan beberapa plugin terbaik untuk Link Cloaking. Memang ada begitu banyak daftar plugin yang bisa kita gunakan, tetapi menurut kami yang kami sebutkan dibawah ini adalah plugin terbaik dan yang paling banyak penggunanya.

1. Pretty Link Lite

Pretty link lite adalah salah satu plugin Link Cloaking yang populer dan banyak digunakan oleh marketer Indonesia dan dunia. Dengan menggunakan plugin ini Anda bisa menyembunyikan link affiliate, mempersingkat Link URL Anda dengan sangat mudah, bahkan yang lebih mantab lagi Anda bisa menambahkan tag nofollow link dengan mudah untuk semua link affiliate Anda. kelebihan lain jika kita menggunakan plugin dibandingkan cara manual di awal artikel, dengan plugin pretty link ini Anda juga bisa memperoleh informasi analytics dengan sangat mudahnya.

Saya menggunakan Pretty Link Lite untuk beberapa website yang saya miliki.

2. ThirstyAffiliates

ThirstyAffiliates adalah salah satu affiliate link manager terbaik dan link cloaking plugin terbaik untuk WordPress. Dengan menggunakan link ini Anda bisa dengan mudah menambahkan link affiliasi Anda dan menyembunyikan link affiliate Anda.

Anda bisa memasukkan link affiliate Anda ke dalam semua artikel Anda dan juga halaman website Anda. dan fitur yang paling menarik adalah Anda bisa dengan mudah mengganti kata kunci Anda secara otomatis dan masih banyak lagi.

3. Easy Affiliate Links

Easy Affiliate Links sangat mudah untuk digunakan bagi para marketer untuk Link Cloaking, Dengan menggunakan plugin ini Anda dengan mudahnya bisa mengelola link affiliasi Anda hanya dari dalam dasboard WordPress Anda.

Pada dasarnya semua plugin ini memiliki fitur yang Anda butuhkan, mulai dari managemen link dan menyingkat link URL Anda. Sangat mudah untuk digunakan.

Daftar Website Gratis Untuk Menyingkat Url Yang Panjang

Selain itu Anda juga bisa menggunakan layanan Gratis dari website penyingkat Alamat URL. Dengan website-website ini Anda bisa secara langsung memendekkan URL yang panjang menjadi pendek tanpa harus mendaftar terlebih dahulu menjadi membernya. Yang perlu Anda lakukan adalah mengcopy URL yang panjang ke dalam masing-masing kotak yang ada di website kemudian klik “Shorten”.

Beberapa Contoh Situs Penyingkat URL Terkenal:

https://tinyurl.com/
https://bitly.com/
http://ow.ly/url/shorten-url
https://goo.gl/

Cara itu adalah cara yang paling banyak digunakan oleh orang untuk menyingkat alamat url website supaya bisa di share di Facebook atau Twitter. Bahkan Google sendiri punya situs khusus untuk menyingkat url yang panjang menjadi pendek dan ini Gratis.

Hanya saja memang ada sedikit kekurang jika kita menggunakan situs-situs penyingkat seperti itu, karena beberapa website dari penyedia layanan untuk menyingkat url dianggap spam oleh beberapa website sosial media seperti facebook. *tidak semua, hanya beberapa saja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu untuk Anda.

Saran: Jika Anda ingin menggunakan Situs pihak ke tiga untuk menyingkat URL Affiliate Anda sebaiknya gunakan milik Google dan Bitly.com

Note: Terima kasih telah mengunjungi SUBMITClimb dan membaca artikel ini! Bantu dan hargai (tulisan) kami dengan membagikan post ini ke teman-teman Anda. Klik tombol LIKE atau Share di bagian kiri atau di bawah ini! Terima kasih!!

Back To Top