skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Cara Menyembunyikan File Di Komputer Terbukti Aman

Cara Menyembunyikan File di Komputer Terbukti Aman

Saya Rasa kita semua pernah dan punya file rahasia yang mungkin penting. Kita mungkin ingin menyembunyikan file atau folder tersebut supaya orang lain tidak tahu isi file itu apalagi sampai mengutak atik file tersebut.

Tahukah kamu kalau kita bisa menyembunyikan file atau folder kita supaya orang lain tidak tahu keberadaan file itu. Entah file itu berupa foto, artikel atau dokumen penting lainnya kita bisa menyembunyikan file itu.

Ada beberapa cara untuk bisa menyembunyikan file atau folder kita yang berada di dalam komputer kita. Mungkin bagi beberapa teman-teman cara menyembunyikan file ini sangat mudah, tetapi bagi beberapa orang bisa jadi ini sulit. Meskipun bagi beberapa orang melakukan hal itu mudah saran saya pastikan Anda terus membaca artikel ini untuk mengetahui beberapa cara lain yang memang jarang dan belum pernah dilakukan orang lain termasuk Anda.

Yuk kita lihat Apa saja Cara Menyembunyikan File di Komputer

1# Menyembunyikan dengan Hidden Properties

Cara ini mungkin sudah banyak sekali yang tahu, karena ini adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda. Menurut saya cara ini bisa dibilang aman tetapi juga bisa saya katakan tidak aman, tidak aman karena banyak orang mungkin sudah tahu cara membuat hidden file dan cara menampilkan hidden file.

Meskipun ini mudah tidak ada salahnya kita menggunanakn cara ini juga. Caranya adalah:

  • Silahkan pilih file atau Folder yang mau kamu sembunyikan dari Orang lain
  • Silahkan klik kanan file atau folder yang sudah Anda pilih, kemudian akan muncul menu pilihan propertise
  • Pilih kotak hide
  • Klik ok dan Trala sekarang file kamu sudah hilang.

Banyak orang sudah tahu cara ini, meskipun demikian coba kamu alihkan dengan membuat nama file atau folder dengan nama sistem untuk membuat orang lain terkecoh. Sebagai contoh Temps, System45 atau lainnya.

Saat kamu sudah membuat hilang file atau folder yang sudah kamu buat, orang lain akan masih bisa melihat file atau folder yang samar-samar, jangan panik dulu ini disebabkan karena Anda belum mematikan setingan “Hidden items”. Silahkan lihat video ini untuk menampilkan dan mematikan Hidden items.

Dengan “Membuat Password”.

Selain menggunakan cara umum di atas kita juga bisa menggunakan cara yang mungkin sedikit lebih ribet untuk orang yang ingin melihat file atau folder kita dan cara ini juga berbayaya buat kita sebagai pemilik file. Bayangkan kalau sampai kita lupa password maka semua file kita juga akan lenyap.

Caranya:

  1. Buat folder dengan nama yang ingin Anda kasih. Di dalam folder yang sudah Anda buat, di dalamnya di buat folder lagi dengan nama yang sama.
  2. Setelah itu klik kanan folder yang ada di dalam folder itu dan klik kanan kemudian klik Add to archive.
  3. Kasih nama file kemudian klik tombol set Password, masukkan password dan klik ok
  4. Sekarang file kamu sudah memiliki password dan untuk membukanya akan sedikit lebih rumit ketimbang tidak diberi password.

Untuk melakukan hal ini Anda bisa menggunakan software Winrar atau Winzip. Tetapi kalau saya tidak salah biasanya program ini sudah ada dan terinstall di komputer.

 

Menyembunyikan File atau Folder di System

Ini adalah cara yang mungkin banyak orang tidak memperhatikan. Kalian bisa mencoba menyembunyikan folder file kalian di system C. kenapa saya menyarankan menyimpan file di dalam Folder System? Karena di dalam system memang banyak sekali folder-folder yang memiliki nama-nama file yang aneh. Nah kalian bisa mencoba memanfaatkan system C ini intuk menyimpan file penting Anda.

Simpan di Flasdisk & Eksternal Hardisk

Jika Anda mempunyai Flasdisk dan Hardisk eksternal jauh lebih baik jika file-file penting Anda di simpan di kedua tempat itu dengan menambah password di semua file atau folder ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika hardisk ekternal Anda hilang orang yang menemukannya tidak dengan begitu saja bisa membuka semua file penting Anda.

Simpan di Penyimpanan Online

Sekarang ini banyak sekali penyedia Tempat penyimpanan data online Gratis dan Berbayar. Anda bisa memanfaatkan hal ini. Memang kebanyakan tempat penyimpanannya terbilang kecil untuk yang versi gratisnya. Untuk menyimpan file dalam jumlah besar Anda diharuskan membayar biaya langganan yang harganya sangat berfariasi dari satu penyedia dengan penyedia lainnya.

Mengganti Nama Ektensi File

Salah satu cara yang mungkin terbilang lebih aman dan jarang ketahuan adalah dengan mengganti nama ekstensi file penting kalian. Ini akan membuat orang tidak tahu dan bingung dimana file penting kamu di simpan. Sebagai contoh kamu menyimpan data penting di file notepad dengan nama file “Adobe keterangan.txt” nama File itu ektensinya akan kita ganti dari .txt menjadi .jpg.

Pastikan Anda mengingat nama file dan ektensinya aslinya ya, karena kalau sampai lupa Anda tidak akan bisa membuka file Anda lagi. Untuk menyimpannya bisa di simpan di mana saja karena biasanya dengan mengganti ektensi file seperti ini orang akan cenderung tidak tahu kalau itu adalah file penting Anda.

Jadi itu adalah beberapa Cara Menyembunyikan File di Komputer secara umum yang paling sering dilakukan oleh beberapa orang termasuk saya sendiri. Mungkin bebeapa dari teman-teman memiliki cara tersendiri untuk menyembunyikan file penting di komputer masing-masing, jika ada yang ingin berbagi pengetahuan silahkan berkomentar melalui kolom komentar yang ada di bawah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top