skip to Main Content
Cara Mudah Menulis Konten Berkualitas Dengan Menggunakan Konten Visual

Cara Mudah Menulis Konten Berkualitas dengan Menggunakan Konten Visual

Memiliki Website atau blog yang bagus dan bisa memberikan manfaat bagi pengunjung website Anda sangatlah penting sekali untuk perkembangan website atau blog Anda. Namun hal ini tidaklah mudah untuk bisa mempertahankan para pembaca website untuk terus mengunjungi website Anda atau mendatangkan pembaca baru.

Ini disebabkan karena konten website Anda tidak memberikan manfaat bagi para pengunjung website Anda? Mungkin. Rendahnya retensi di website Anda bisa jadi disebabkan karena website Anda kemungkinan terlalu menyajikan banyak informasi dalam bentuk teks saja.

Banyak website atau blog yang seperti itu, tetapi biasanya sebuah website atau web blog yang baik tidak hanya sekedar memberikan informasi dalam bentuk teks saja, mereka juga menyajikan visual yang relevan dan berkualitas dengan apa yang mereka tulis di website mereka.

Kami telah melihat beberapa website yang postingan blog mereka ditampilkan kepada para pembaca mereka dengan sangat baik dengan menambahkan konten visual. Nah dalam artikel yang sedang kami tulis ini, kami mencoba memberi sedikit tips dan rahasianya kepada Anda bagaimana Anda bisa menulis artikel untuk konten blog Anda yang baik dengan menambahkan gambar (visual) yang tepat dengan artikel yang sedang Anda tulis. Silahkan terus membaca Cara Menulis Konten Berkualitas dengan Menggunakan Konten Visual.

Pentingnya konten visual dalam Pemasaran.

Untuk menggunakan konten visual di dalam website kita adalah hal yang bisa jadi sulit bagi beberapa orang. Sudah menginvestasikan banyak uang untuk membuat postingan artikel dalam bentuk teks tapi hasil yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jadi pertanyaan yang akan kita tanyakan selanjutnya adalah bagaimana saya bisa mempertahankan pengunjung ke halaman artikel yang saya buat? Dan bagaimana saya bisa memastikan kalau artikel yang saya buat itu memberikan nilai atau bermanfaat apalagi menarik bagi orang lain yang membacanya? Semoga Dengan membaca artikel yang saya tulis ini “Cara Menulis Konten Berkualitas dengan Menggunakan Konten Visual” bisa membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Pastikan Anda Menggunakan Konten Visual.

Konten visual (Visual content) SANGAT PENTING SEKALI saat ini untuk artikel yang akan kita posting di website kita. Sebuah statistik menunjukkan bahwa ada sekitar 10% informasi di pertahankan setelah periode 3 hari dan 65% informasi yang berhubungan dengan gambar dipertahankan setelah 3 hari. Dari sini bisa kita tarik kesimpulan mengapa konten visual lebih banyak menarik minat seseorang, bahkan marketing sosial media mulai bergerak cepat dan lebih dahulu mengambil langkah untuk menggunakan konten visual dalam pemasaran mereka.

Ini bisa juga kita lihat pada sosial media platform teratas yang sudah mulai menggunakan komponen visual di aplikasi mereka seperti Snapchat, YouTube, Facebook, Instagram. Kecenderungan orang adalah ingin melihat lebih banyak gambar ketimbang teks yang sering kali membuat orang malas untuk membaca dan apalagi berlama-lama berada dihalaman website, selain itu konten visual lebih mudah untuk dimengerti ketimbang teks.

Dengan adanya perubahan baru seperti itu ada hal yang seharusnya tidak Anda lakukan yaitu menambah gambar secara acak atau sembarangan ke dalam postingan Anda. Tetapi kunci yang benar adalah masukkan konten visual yang relevan dan yang bisa menambah nilai (menarik perhatian) untuk membantu meningkatkan kunjungan.

Mungkin ada yang mengatakan jika demikian sangat penting untuk menggunakan Instagram di dalam bisnis Anda dengan membuat meme artis atau tokoh politik…. jika itu yang akan Anda lakukan menurut saya itu tidak benar-benar akan membantu pembaca Anda untuk mengingat informasi yang Anda sampaikan. Jika Anda membuat infografis tentang pertumbuhan bisnis menggunakan instagram, hal ini akan lebih masuk akal dan mudah bagi pengunjung website Anda untuk mencoba memvisualisasikan nilai-nilai yang sedang Anda berikan.

Bonus: Kami telah membuatkan video Panduan tentang Cara Download Image GRATIS di Getty Images. Silahkan tonton videonya di channel YouTube kami.

 
Jenis Konten Visual Yang Bagus Untuk Dimasukkan di Postingan Blog Anda.

Infografis

Infografis adalah satu cara yang sangat bagus untuk menampilkan statistik dan juga data-data penting ke dalam bentuk gambar visual yang lebih cepat dimengerti dan dilihat oleh pengunjung Anda. Hal lain yang juga bagus dari infografis adalah bahwa hal itu bisa dilakukan dengan mudah baik. Infografis yang dibuat dengan benar akan mampu memberikan informasi cepat daan juga mudah untuk dibagikan kepada banyak orang. Dengan membuat infografis hal ini bisa banyak mendatangkan keuntungan bagi website Anda jika Anda menambahkan tautan postingan ke media sosial Anda.

Images.

Dengan menggunakan gambar di seluruh postingan blog Anda hal ini akan meningkatkan pengunjung ke website Anda dan juga membantu audiens untuk membaca semua artikel dihalaman itu. Saat menggunakan gambar, pastikan artikel Anda sesuai dengan gambar jangan sampai antara gambar dan artikel Anda tidak nyambung sama sekali, hal ini membuat bingung pembaca Anda dan kemungkinan besar dia akan malas untuk mengunjungi kembali website Anda.

Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan gambar-gambar dengan kualitas grafis yang bagus di situs web seperti Stocksnap.io dan Anda bisa mengkreasikannya menjadi desain (grafik) yang bagus dengan kata-kata di Photoshop. Anda bisa mendapatkan Software Photoshop di sini. Atau Anda juga bisa menggunakan beberapa software alternatif selain photoshop yang bisa Anda gunakan di sini.

Video.

Sudah tidak seperti dulu lagi, perkembangan jaman telah membuat teknologi semakin maju, dulu kita hanya bisa mengirim pesan menggunakan SMS saja, sekarang kita sudah bisa memberik pesan secara langsung menggunakan Video Call. Video memang telah menjadi konten yang sangat menarik dan paling banyak digunakan. Youtube adalah salah satu platform hebat yang bisa Anda gunakan untuk mengupload video dan menampilkan video itu di akun Blog Anda. Jika Anda ingin mencoba memulai Video Marketing silahkan Anda belajar mulai sekarang, karena Video Anda akan mendapatkan hasil yang bagus.

Pelajari: Cara Kami Mendapatkan 10.000 View YouTube Hanya dengan 20 Video Saja.

Screenshot

Anda pasti sering belajar atau mencari tutorial tentang sesuatu bukan? Seringkali menjelaskan sebuah tutorial hanya dengan menggunakan kata-kata akan sangat sulit untuk dimengerti bukan? Saya pernah mengalaminya makannya saya bisa mengatakan seperti ini. Bahkan bisa jadi sering terjadi miskomunikasi ketika pembaca Anda mempelajari tutorial yang Anda buat tanpa menggunakan gambar pendukung. Cara yang bagus untuk menjelaskan sebuah tutorial adalah dengan membuat screenshot langkah demi langkahnya agar pembaca Anda bisa mengikutinya. Dengan menampilkan gambar pendukung (Screenshot) Anda tidak hanya memberikan audiens Anda gambaran visual yang bagus untuk dilihatnya, tetapi juga membantu dan memperbaiki pengalaman pengguna mereka. Anda juga bisa menambahkan beberapa petunjuk di dalam gambar scrennshot itu dengan gambar panah dan juga indikator untuk lebih membantu navigasi mereka.

Visualisasi data.

Untuk menjelaskan mengenai laporan pertumbuhan atau penurunan Angka bisa sangat sulit dan pasti akan sangat membosankan untuk membacanya. Dengan menggunakan grafis visualisasi seperti data grafik hal ini bisa membantu pembaca lebih mudah dan mengerti tentang data-data atau informasi yang disampaikan. Bayangkan jika Anda harus membaca laporan pertumbuhan dengan Angka atau teks saja? Jenuh, bosan dan bingung bukan? Pasti akan jauh lebih mudah untuk melihat grafik yang divisualisasikan.

Visualisasi data mudah dimengerti

Meme

Anda juga bisa menggunakan Meme untuk memvisualisasikan konten Anda kepada audiens dengan menggunakan berita yang sedang trendi. Meskpiun meme dianggal informal dalam kebanyakan situasi meme lucu yang dikaitkan dengan konten kita dapat menciptakan evek “virus” seperti infografis.

Contoh Website yang menggunakan Visual Content

Untuk contoh-contoh website yang menggunakan visual content sebenarnya sudah sangat banyak di luar sana, di Indonesia juga sudah mulai banyak yang menggunakan. Saya akan menyebutkan beberapa contoh.

Blog NastyGal

NatsyGal adalah situs toko e-comerce yang menjual pakaian wanita. Sambil menjual pakaian wanita secara online mereka juga mengelola blog mereka yang bernama NastyGalaxy yang membahas topik seputar musik, budaya, gaya dan seputar wanita. Yang membuat berbeda dari blog ini adalah mereka sukses dalam penggunaan Konten Visual. Setiap mereka membuat postingan blog baru mereka selalu menyertakan beberapa gambar dan juga meme yang sangat relevan dengan postingan itu sendiri.

Blog SUBMITClimb

SUBMITClimb adalah sebuah blog atau perpustakaan online pribadi yang membahas topik-topik seputar internet marketing, Rohani, Tutorial, Budaya dan topik-topik lain yang menarik. Blog yang satu ini juga sukses karena juga menyertakan gambar di setiap postingan artikel baru. Gambar-gambar yang mereka gunakan banyak diambil dari Getty Images dan ShutterStock.

Blog Hubspot

Bagi para marketing online Hubspot tentu tidak asing. Hubspot adalah salah satu contoh bagus dari sebuah blog yang menggunakan konten visual dengan efektif. Hubspot blog yang membahas topik-topik seperti marketing dan penjualan bisa saya katakan hampir semua konten yang ada di sini adalah konten-konten yang bermutu. Hubspot menggunakan konten visual untuk membantu mengarahkan pembaca mereka ke tujuan akhir yang ingin di capai. Jenis visula yang banyak digunakan oleh Hubspot adalah Screenshot, third party examples, and infographics.

Kesimpulan Saya.

Membuat postingan blog dalam bentuk teks selalu yang terbaik untuk konten marketing. Tetapi tahukah Anda sebagai seorang pembaca audiens Anda akan selalu mencari informasi yang lebih, mereka lebih suka mengkonsumsi web blog yang yang memiliki konten visual seperti, gambar dan juga gambar untuk membantu mereka lebih mudah mengerti apa yang disampaikan.

Memang kalau jaman dulu membuat konten visual untuk di posting di blog atau website kita merupakan aktivitas yang memakan waktu dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit (mahal). Tetepi dengan munculnya begitu banyak sumber online gratis atau tools gratis di internet hal ini membantu kita untuk bisa membuatnya dengan biaya yang sangat rendah. Percayalah perbedaannya akan Anda rasakan. Saya telah mencobanya lebih dulu dengan menggabungkan konten visual ke dalam website saya. Ini adalah strategi yang sangat luar biasa. Jadi kenapa Anda tidak memulai menggabungkan konten visual ke dalam blog Anda?

Apakah Anda ingin menggunakan konten visual ke dalam postingan blog Anda? Apakah Anda melihat perbedaannya setelah menggunakan konten visual ke dalam blog Anda? Beri tahu saya dan temen-teman yang lain tentang pengalaman Anda menggunakan konten visual di kolom komentar yang ada di bawah ini!

Back To Top