skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mentransfer Settingan SEO Menggunakan SEO Data Transporter

Cara mentransfer Settingan SEO menggunakan SEO Data Transporter

Cara mentransfer Settingan SEO – Semua pemilik website yang menggunakan CMS WordPress biasanya sering mengupdate atau mengganti-ganti template webiste atau mungkin mereka ingin mengganti plugin SEO yang sudah mereka gunakan selama ini ke plugin yang lebih bagus dan yang sedang trend. Misalnya, saat ini Anda sedang menggunakan All In One SEO Pack kemudian ingin menggantinya ke Yoast SEO. Hal yang biasanya paling sering ditakutkan saat ingin mengganti theme dan plugin SEO adalah bagaimana cara menggunakan settingan SEO yang lama di plugin atau theme website yang baru? Kalau harus masukin satu-satu kan repot sekali. Melalui tutorial ini kami akan mencoba memberikan jawabannya kepada Anda bagaimana Anda bisa mentransfer pengaturan SEO dengan benar tanpa harus kehilangan pengaturan SEO yang lama dengan menggunakan bantuan sebuah plugin SEO Data Transporter.

Apa itu SEO Data Transporter dan Mengapa Anda harus memindahkan menggunakan sebuah Plugin?

Kita tahu hampir semua template WordPress yang ada di internet dan juga semua plugin SEO memperbolehkan Anda untuk memasukkan data SEO dengan memasukkan Judul postingan artikel website, deskripsi, meta tag, keyword dan juga beberapa pengaturan lain yang perlu Anda lalukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.

bagian dalam SEO Data Transporter

Saya yakin beberapa dari antara teman-teman banyak yang sudah menggunakan salah satu dari plugin ini atau template website tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ini mengartikan apa?

Ini mengartikan Anda sudah banyak sekali memasukkan data SEO di dalam setiap postingan artikel Anda karena itu jika Anda mengubah template atau plugin SEO karena alasan tertentu kemungkinan besar Anda akan kehilangan beberapa data SEO yang penting ini. Jika hal ini terjadi tentu akibatnya akan sangat fatal sekali yaitu Anda akan kehilangan peringkat SEO Anda di mesin pencari.

Oleh karena itu saat Anda akan mengganti template website atau akan mengganti plugin SEO tertentu Anda harus memindahkannya atau membuat backup data SEO Anda. Nah melalui artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana caranya memindahkan settingan data SEO lama Anda ke settingan template atau plugin yang baru dengan menggunakan Seo Data Transporter.

Cara Transfer SEO setting di WordPress

Karena kita akan menggunakan bantuan sebuah plugin maka Anda perlu menginstal terlebih dahulu plugin SEO Transporter Data di dalam website Anda. setelah Anda instal dan aktivasi langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke Tool >> SEO Data Transport untuk melakukan transfer SEO setting website Anda saat ini.

Di dalam pengaturan Anda akan melihat ada dua menu drop down. Pertama Anda diharuskan untuk memilih dari mana plugin yang akan Anda transfer. Kedua, Anda harus memilih ke mana akan di transfer.

Katakanlah saat ini Anda sedang menggunakan plugin All In One SEO Pack, ini adalah plugin yang sangat populer dan mantab menurut saya untuk para pengguna yang suka gratisan, tetapi sejak munculnya Yoast banyak yang pindah menggunakan Yoast. Menurut saya sekarang malah lebih bagus All In One SEO Pack karena kita bisa menggunakan banyak keyword tetapi enatah kenapa banyak yang tidak menggunakan plugin ini lagi. Katakanlah Anda ingin mengganti All In One SEO Pack ke Yoast, maka di pilihan ke dua itu Anda isi dengan WordPress SEO by Yoast di pilihan pertama Anda isi dengan All In One SEO Pack.

Setelah yakin sudah Anda pilih langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu mengklik tombol “analyze” untuk melihat dan juga elemen mana saja yang kompatibel dari ke dua platform ini.

SEO Data Transporter kemudian akan menganalisa SEO yang ada sekarang ini, mulai dar folder dan semua elemen yang kompatibel seperti misalnya judul postingan, deskripsi meta dan keyword yang Anda gunakan.

Sekarang langkah selanjutnya yang akan Anda lakukan adalah mengklik tombol “convert” untuk mulai melakukan transfer. Setelah klik convert SEO Data Transporter akan langsung memindahkan pengaturan SEO Anda ke platform yang tadi sudah Anda pilih.

Setelah Anda berhasil melakukan backup atau transfer semua pengaturan SEO Anda. langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu untuk menghapus plugin lama yang Anda gunakan atau template lama yang sudah Anda gunakan. Anda juga bisa menghapus (delete) SEO Data Transporter setelah semua selesai dilakukan.

Sekarang mungkin Anda ingin bertanya, plugin dan template apa saja yang kompatibel dengan SEO Data Transporter ini? saya akan menjelaskannya dibagian ini.

Plugin dan Platform apa saja yang support dengan Data SEO Transporter

Berikut ini yang kompatibel dengan SEO Data Transporeter baik itu Template (theme) atau pun beberapa plugin SEO yang terkenal.

 

Theme (Template) yang kompatibel

  • Builder
  • Frugal
  • Genesis
  • Catalyst
  • Headway
  • Hybrid
  • Thesis 1x
  • WooFramework

Plugin SEO yang kompatibel

  • All in One SEO Pack (Bisa banyak keyword, ini Plugin favorit saya setelah Platinum SEO Pack)
  • Yoast SEO (Cuma satu keyword yang bisa, kalau mau banyak keyword musti pakai Premium, tapi saya heran kenapa banyak yang suka pakai ini?)
  • Headspace2
  • Add Meta Tags
  • Meta SEO Pack
  • Platinum SEO Pack (plugin pertama kesayangan saya saat pertama kali terjun di bisnis online. Setelah sekian lama tidak di update saya kemudian menggunakan Yoast tapi sekarang setelah pembuatnya meng-update lagi plugin ini maka saya siap menggunakannya untuk semua website saya yang baru yang akan saya buat tahun 2020 ini)
  • SEO Ultimate
  • Greg’s High Performance SEO

Kita harus berterima kasih kepada Tim StudioPress yang sudah membuat plugin ini untuk kita gunakan secara gratis sehingga memudahkan kita untuk memindahkan settingan SEO yang lama ke plugin atau theme yang baru tanpa harus membuatnya secara manual. Jujur saya secara pribadi merasa dipermudah oleh mereka, saya jadi bisa bekerja lebih cepat dan tidak perlu pusing untuk memasukkan data SEO lama ke settingan plugin yang baru.

Transfer Menggunakan Yoast SEO

Nah teman-teman, jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO ada cara lain yang tidak perlu menginstall plugin SEO Data Transporter, karena dari dalam pengaturan Yoast sendiri Anda sudah bisa memindahkan settingan plugin lama Anda ke pengaturan Yoast hanya dengan beberapa klik saja.

Pengaturan Yoast untuk export seo setting

Kalau Anda masuk ke dalam WordPress Anda dan Anda melihat dari dalam pengaturan: SEO >> Tool kemudian klik link Import and Export. Jadi dengan hanya menggunakan plugin Yoast saja Anda sudah bisa melakukan Import dan Export

pilih export atau import di yoast

Kami rasa panduan dalam bentuk artikel kali ini sampai di sini dulu, jika diantara teman-teman ada yang mengalami kendala dan ingin bertanya jangan sungkan untuk bertanya kepada saya, meskipun saya tidak ahli sekali dalam bidang ini tapi saya senang membantu siapa saja jika memang saya bisa dan mampu. Jika ada yang ingin memberikan saran kepada kami silahkan menggunakan kolom komentar yang ada di bawah website.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Cara mentransfer Settingan SEO dengan menggunakan SEO Data Transporter ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top