skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Menonton Video YouTube Dengan Resolusi Tinggi

Cara Menonton Video YouTube dengan Resolusi Tinggi

Buat Anda yang sering nonton YouTube mungkin ada yang bingung dengan beberapa video yang Anda tonton kok kualitas gambarnya kurang bagus atau jelek. Jika ya ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal

  1. Kualitas video itu sendiri yang memang tidak bagus
  2. Settingan Tonton YouTube Anda berada dalam pilihan yang paling rendah.
  3. Kualitas kecepatan koneksi Internet

Ke dua hal di atas bisa mempengaruhi gambar video yang Anda tonton, di Youtube sendiri memang tersedia resolusi kecil 144p ini adalah resolusi video yang paling terendah yang ada di YouTube.

Jadi saat Anda melihat sebuah video bisa dengan kualitas yang kurang bagus bisa jadi itu disebabkan karena hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Untungnya di YouTube ada pilihan resolusi yang bisa kita atur sesuai dengan keinginan kita dan juga kemampuan koneksi internet kita, kalau koneksi internet kita lambat jika kita setting ke kualitas gambar yang bagus bisa jadi video yang kita tonton akan putus-putus.

Youtube sendiri sebenarnya mempunyai peraturan standar untuk mereka yang ingin upload video ke YouTube, apa itu? Yaitu peraturan standar ukuran resolusi video, YouTube meminta agar semua video mempunyai setidaknya memiliki resolusi bawaan 360p meskipun kita tahu ada pilihan yang jauh lebih tinggi.

Anda dan saya tentu setuju kalau kita memutar video dengan kualitas 360p hasilnya akan kurang bagus untuk orang-orang yang menggunakan komputer.

Mengapa demikian?

Ini disebabkan layar monitor lebih besar daripada layar HP kita bukan? Jadi jika kita menggunakan resolusi 360p, ini akan merusak video itu sendiri saat di putar di komputer, gambar kurang tajam dan terlihat pecah-pecah.

Jadi menggunakan resolusi 720p untuk video adalah yang paling disarankan (Patokan resolusi terendah) dengan menggunakan pilihan ini video yang kita putar masih terlihat bagus dan tidak akan menggangu mata kita. Untuk Mengubah Kualitas Video Saat menonton di YouTube ada beberapa cara, dalam panduan ini saya akan menunjukkan cara yang paling mudah dan tepat untuk kita lakukan tanpa harus menggunakan aplikasi atau software tertentu, kita akan menggunakan setingan yang ada di YouTube langsung.

 

Cara Menonton Video YouTube dengan Resolusi Tinggi:

Jadi di YouTube Anda bisa menyesuaikan kualitas video yang Anda tonton misalnya di komputer atau di TV dengan cara manual

Saat Anda menggunakan Smartphone

  1. Di video player yang Anda tonton silahkan klik tanda titik tiga kemudian pilih lainnya
  2. Kemudian silahkan cari gerigi seperti roda, biasanya ada tulisan HD warna merah, klik itu.
  3. Kemudian silahkan pilih kualitas video yang Anda inginkan, jika ada yang paling besar pilih yang paling besar
kualitas resolusi tonton video youtube 1
kualitas resolusi tonton video youtube 2

 

Saat Anda menggunakan Komputer

  1. Saat memutar video dengan browser yang Anda gunakan silahkan klik setting (biasanya bergambar gerigi seperti roda
  2. Kemudian Anda pilih kualitas resolusi yang Anda inginkan, jika ada yang besar silahkan pilih yang besar.

Ingat saat menggunakan fitur ini bisa jadi resolusi video yang Anda tonton akan berubah-ubah, ini disebabkan karena koneksi internet yang kita gunakan, jadi sistem yang ada di YouTube sudah secara otomatis menditeksi langsung secara otomatis koneksi internet yang digunakan seseorang.

Untuk yang suka menonton dalam bentuk video bisa lihat dan tonton tutorial ini:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top