skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Menjalankan Bisnis Online Dengan Cara Menjadi Affiliate Marketing

Menjalankan Bisnis Online dengan Cara Menjadi Affiliate Marketing

Cara Menjadi Affiliate Marketing – Halo semuanya selamat datang di SUBMITCLimb, pada kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan pembahasan saya dari artikel yang sebelumnya tentang menjalankan bisnis dengan Membuat software atau Apps online yang bisa Anda jalankan untuk menambah penghasilan Anda sambil bekerja dari kantor.

Nah, di pembahasan kali ini kita akan sama-sama belajar tentang menjalankan bisnis online dengan Cara Menjadi Affiliate Marketing atau ada juga yang menyebutnya Affiliate Product. Mungkin banyak dari antara Anda yang belum mengenal tentang bisnis yang satu ini, tetapi banyak juga dari antara Anda yang sudah tahu tentang bisnis ini khususnya Anda yang menjalankan Internet Marketing.

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari Internet adalah dengan cara menjadi Affiliate marketing. Saya sebenarnya sudah pernah menulis tentang Affiliate Marketing di artikel yang saya beri judul Apa itu Affiliate Marketing? Silahkan untuk membaca artikel itu sebagai bahan tambahan pembelajaran Anda tentang topik ini. Karena saya sedang mencoba membuat panduan tentang Macam-macam Jenis Bisnis Online, maka saya akan menjelaskan ulang kepada Anda agar panduannya tidak terputus.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing salah satu jenis pemasaran di mana seseorang yang mempromosikan produk tertentu lewat website yang di milikinya akan mendapatkan sejumlah komisi tertentu setiap kali mereka berhasil menjual produk atau Jasa ke website pemilik bisnis.

Jadi bisa juga pengertiannya seperti ini. Jadi kalau Anda ingin menghasilkan uang dari Affiliate marketing Anda harus bisa membawa seorang klien yang mau membeli produk atau jasa yang Anda pasarkan, setelah terjadi transaksi atau pembelian maka secara otomatis Anda akan mendapatkan komisinya.

Komisi ini akan dikumpulkan dan dibayarkan ke Anda setelah mencapai jumlah yang Anda tentukan. Misalnya Anda ingin di transfer (dibayar) setiap bulannya $500, maka kalau komisi hasil penjualan Anda belum mencapai angka $500, maka uang komisi hasil penjualan Anda tidak akan dibayarkan atau di transfer ke rekening Anda sebelum mencapai jumlah yang Anda tentukan (pembayaran biasanya menggunakan cek atau menggunakan Paypal)

Di dalam bisnis Affiliate Anda akan sering mendengar istilah-itilah yang baru akan Anda dengar:

  1. Affiliate Merchant atau Merchant. Ini adalah orang atau bisa juga sebuah perusahaan yang mempunyai produk atau Jasa yang di pasarkan di Internet
  2. Affiliate Marketer atau Affiliate.  Ini adalah kita, orang yang tidak mempunyai produk ataupun Jasa yang akan mereka jual, pekerjaan mereka adalah mencari produk untuk dipasarkan melalui website pribadi milik mereka. Sebutan lain untuk Affiliate marketer adalah Associates atau Program Partnerss”.

Di Mana Anda bisa menemukan Produk-produk Afiliasi?

Untuk bisa memasarkan produk-produk afiliasi Anda di wajibkan untuk mempunya sebuah website terlebih dahulu karena ini adalah salah satu syarat untuk bisa memasarkan produk online. Kalau Anda tidak mempunyai website sendiri maka bagaimana caranya Anda bisa memasarkan produk affiliatenya?

Setelah Anda mempunyai website kemudian Anda harus mencari produk-produk yang mau Anda pasarkan. Untuk menemukan produk ini Anda bisa mencari pemilik produk atau yang di sebut juga dengan merchant atau Affiliate Merchant.

Tempat Untuk Mencari Produk Affiliate:

  1. Amazon.com
  2. Shareasale
  3. CJ.com
  4. Markethealth
  5. Clickbank
  6. Dll

Setelah Anda menemukan produk yang mau Anda pasarkan, selanjutnya adalah Anda tinggal mendaftar dengan mengisi form yang mereka sudah siapkan untuk bisa mengikuti program Affiliate di tempat mereka.

Setelah Anda di terima Anda akan mendapatkan sebuah link khusus untuk membedakan kita dengan affiliate yang lain.

Bagaimana cara kerja Affiliate Marketing?

Cara kerja Affiliate marketing sebenarnya sangat mudah, untuk lebih memudahnya saya akan memberikan sebuah gambar tentang cara kerja Affiliate Marketing.

Apa itu Affiliate Marketing

Kalau kita lihat di atas Anda bisa melihat dengan jelas bagaimana alur kerjanya dan posisi seorang affiliate marketing. Anda sebagai seorang Affiliate marketing berada di tengah-tengah antara penjual dengan pembeli.

 

Jadi misalnya ada seorang pembeli yang menemukan website Anda di internet, kemudian membaca tentang artikel atau review yang Anda tulis tentang produk yang Anda pasarkan itu, kemudian dia tertarik dan akhirnya mengklik link yang ada di website Anda, maka si pembeli tadi akan di arahkan ke website si penjual (merchant) untuk melakukan pembelian.

Setelah itu si merchant akan memproses ordernya dan setelah proses order selesai Anda akan menerima sejumlah komisi. Biasanya komisinya bervariasi dan besar, mulai dari 10% sampai dengan 75%.

Jadi dalam menjalankan bisnis ini Anda sama sekali tidak memegang barang, tidak stok barang, Anda tidak ketemu dengan orang, semuanya Anda lakukan hanya lewat sebuah website yang Anda miliki. Sangat sederhana dan mungkin bisa saya katakan ini sangat mudah untuk di jalankan bukan?

Tantangan dalam menjalankan bisnis Affiliate Marketing adalah:

  • Harus Punya keahlian untuk memasarkan produk affiliate yang ingin di pasarkan. Keahlian yang Anda miliki adalah sebuah modal utama untuk Anda bisa menghasilkan uang dari model bisnis seperti ini.
  • Harus bisa mendatangkan Traffic (pengunjung). Keahlian untuk bisa mendatangkan pengunjung atau traffic ini adalah pengetahuan atau keahlian utama yang harus di miliki oleh semua orang yang inging menghasilkan uang dari internet. Untuk bisa mendatangkan traffic ada dua cara. Pertama secara oragnik dan yang kedua dengan cara berbayar. Traffic secara organik bisa Anda gunakan dengan cara teknik SEO, Menggunakan Social media seperti Facebook Page, Facebook Group, Twitter, Instagram dan menjadi penulis tamu di beberapa website. Sedangkan untuk mendatangkan traffic dengan cara berbayar Anda bisa menggunakan Facebook Ads (periklanan Facebook), Instagram Ads, Googla Ads dulu AdWord (periklanan Google) dan lain sebagainya.
  • Keahlian Mengubah Traffic Menjadi Leads dan juga Pembeli. Jika Anda sudah bisa mendatangkan traffic maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah traffic yang sudah Anda dapatkan tadi menjadi sebuah leads dan juga pembeli. Di sini dibutuhkan keahlian dalam mebuat sebuah website khususnya membuat landing Page, copywriting, persuasi dan keahlian lainnya. Silahkan pelajari tentang Landing Page di sini.
  • Keahlian untuk memelihara Leads dan Para Pembeli. Memelihara Leads adalah hal yang bisa saya katakan penting. Apa sih manfaatnya kalau kita bisa memelihara leads dan para pembeli ini? Supaya Anda tidak selamanya selalu bergantung dengan traffic baru. Karena kalau Anda bisa memilihara leads dan juga pembeli ini bisa menjadi sebuah traffic yang sangat baik dan Anda akan jauh lebih mudah untuk menjual kembali dengan cara berbicara melalui email marketing.
  • Anda mendapatkan uang kalau terjadi Transaksi. Inilah mengapa saya selalu mengatakan kalau Anda ingin menjalankan bisnis online, janganlah mengawalinya dengan menjadi seorang affiliate marketing, karena Anda hanya akan menghasilkan uang kalau Anda berhasil menjual, kalau Anda tidak menjual satu barangpun dalam satu bulan itu maka Anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari model bisnis ini.

Ya jadi itulah beberapa hal yang bisa saya jelaskan kepada Anda tentang cara mendapatkan uang dari internet dengan Menjalankan bisnis online dengan cara menjadi Affiliate Marketing. Memang sampai di pembahasan ini mungkin banyak yang bingung, pusing dan beberapa mungkin ada yang sampai mual. Itu adalah hal yang wajar, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah istirahat, olahraga, makan-makanan yang sehat dan merenung selama beberapa hari. Setelah itu baru Anda lanjutkan lagi untuk membaca dan mempelajari pembahasan selanjutnya.

Jika Anda suka dengan artikel Menjalankan Bisnis Online dengan Cara Menjadi Affiliate Marketing dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top