skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Meningkatkan View YouTube

Mau Tahu Bagaimana Cara Meningkatkan view YouTube?

Apakah saat ini Anda sedang bertanya-tanya tentang bagaimana Cara Meningkatkan view YouTube dan mengembangkan channel YouTube?

Jika itu yang menjadi pertanyaan dan masalah Anda, Anda tidak sendiri. Marketing yang sudah tidak terhitung banyaknya, pemilik usaha kecil, vlogger pemula dan masih banyak lainnya yang terus mencoba dan mencari-cari cara dan metode baru agar bisa menonjol di mesin pencari terbesar kedua di dunia ini.

Kita tahu, viewer menjadi sebuah hal yang sangat penting bagis seorang youTuber, khususnya bagi mereka yang masih pemula untuk bisa mencapai jam tayang dan jumlah subscriber.

Banyak para pemula yang lebih fokus kepada kualitas gambar dan editing yang bagus dan menarik. Meskipun hal itu juga bagian yang penting, jika view YouTube Anda sepi, maka gambar sebagus apapun itu jika view YouTube Anda sepi maka tidak ada gunanya.

Dari pengamatan saya, banyak sekali channel YouTube yang besar-besar dan ramai, kualitas gambar dan editingnya tidak sebagus yang kita bayangkan.

Seperti yang saya sering katakan, kalau dulu membuat channel baru kita bisa langsung memonetise dan menghasilkan uang melalui setiap iklan yang tayang di video yang kita upload ke YouTube, tapi karena semakin banyak praktek ilegal yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin menghasilkan uang dengan cepat, akhirnya YouTube membuat sebuah peraturan yang memberatkan semua orang yang ingin mejadi YouTuber baru.

Bagi saya, syarat baru ini cukup bagus dan tegas, tapi di satu sisi, ini juga sangat memberatkan saya dan juga banyak orang lainnya yang benar-benar serius dan ingin menghasilkan dari YouTube.

Tapi terlepas dari itu semua, persaingan di YouTube saat ini sangat berat dan sangat sulit. Ada banyak konten-konten baru yang diproduksi dan di upload ke YouTube setiap harinya. Jadi untuk meningkatkan jumlah view daripada sebelumnya memang terasa lebih sulit, tapi meskipun begitu Anda masih bisa mencapai semua syarat itu untuk mulai bisa menghasilkan dari YouTube.

Bagaimana Anda bisa membuat konten YouTube yang bagus?

  • Buat strategi konten yang baik
  • Cari niche yang ingin Anda buat dan sukai
  • Buat storyboard – perincian tentang pengambilan dan adegan video Anda) lihat contoh channel MY BALI FOOD.
  • Tulis script video atau konten video Anda (Apa yang harus di katakan, urutan cerita atau mungkin sub judul)
  • Rencanakan bagaimana Anda akan membuat video itu (Saya biasanya menggunakan kamera Sony, Canon dan GoPro)
  • Berfokuslah pada 15 detik pertama video Anda. Ini adalah bagian yang paling menentukan apakah orang akan terus menonton atau tidak

Meskipun jumlah pemain baru sangat banyak tapi sebagai mesin pencari terbesar ke dua di internet, YouTube mempunya lebih dari 1 miliar pengguna, punya lebih dari 22 miliar kunjungan setiap bulannya dan YouTube mempunyai waktu tonton rata-rata sekitar 40 menit. Jadi, entah Anda seorang marketing atau pembuat konten yang juga ingin menghasilkan uang dari YouTube, platform ini masih sangat berpotensi untuk bisa menghasilkan uang dan mampu menjangkau jutaan orang dari segala bangsa.

Tips mendapatkan lebih banyak view di YouTube

Sejak saya pertama mengikuti YouTube sampai YouTube menjadi sangat terkenal di Indonesia, saya melihat YouTube telah banyak sekali berubah selama bertahun-tahun ini. Dan perubahannya tidak hanya dari sisi algoritma, dan tampilan tapi juga dari faktor pengikut dan cara merangking sebuah video.

Lalu bagaimana kita bisa menambah jumlah view sebanyak mungkin atau dua kali lipatnyalah paling tidak untuk saat ini?

Yang pasti itu ada tipsnya dan saat kita menerapkan tips itu masing-masing dari kita belum tentu bisa mendapatkan hasil yang sama dan sesuai dengan yang kita harapkan.

1. Pahami bagaimana cara kerja algoritma YouTube view

Terdengar sangat sulit dan memusingkan isi kepala kita ya? Sebenarnya untuk memahami hal ini kita tidak perlu membutuhkan lmu koding atau ilmu khusus yang harus kita tempuh di perguruan tinggi. Untuk bisa memanfaatkan platform YouTube semaksimal mungkin, cara yang terbaik adalah memahami algoritma YouTube, ini maksudnya adalah kita harus mencari tahu bagaimana YouTube bisa memilih sebuah konten untuk dicocokkan dengan pencarian dan kemudian ditampilkan ke penggunanya.

Menurut YouTube sendiri, sistem pencarian dan penemuan YouTube dimaksudkan untuk ke dua hal ini:

  • Cocokkan kueri pencarian dengan konten yang di cari oleh orang-orang
  • Bangun pengalaman dan keterlibatan penonton yang memuaskan dan menarik bagi mereka
Pahami algoritma YouTube
Source: developers.google.com

Menurut saya, bagian kedua ini yang paling penting jika saat ini Anda ingin meningkatkan view channel YouTube Anda. tahukah kalian, sekarang ini, YouTube juga memasukkan faktor keterlibatan penonton daripada jumlah penayangan, ini berarti apa?

Jadi kira-kira cara kerjanya seperti ini. setelah Anda mengupload video dan banyak orang yang menonton dan menghasikan waktu untuk menonton video Anda, algoritma akan langsung memberikan peringkat kepada konten video yang Anda upload itu lebih tinggi daripada video yang lainnya. Kemudian channel juga akan mendapatkan “watch time credits” untuk menunjuk dan mendatangkan penonton video di channel yang lain.

Dengan adanya faktor baru untuk merangkingkan sebuah video ini, maka menurut saya, Anda tidak bisa hanya berfokus untuk bisa mendatangkan orang untuk YouTube view saja. Anda juga harus mencoba berupaya untuk meningkatkan waktu tonton kumulatif di channel yang sedang Anda bangun ini.

Berat dan terasa sulit ya?

Memang sulit. Ingat ya, semua pekerjaan itu tidak mudah, butuh waktu, upaya, kerja keras dan ulet dalam menjalaninya.

Twitter: Setiap video yang Anda upload ke YouTube, diberikan peringkat berdasarkan waktu tonton.

2. Kreatif, buat sesuatu yang luar biasa dan buat konten yang menarik

Kita yakin dengan mempelajari dan memahami bagaimana YouTube bekerja bisa memberikan banyak manfaat buat kita, tetapi ada hal yang harus Anda hindari yaitu jangan sampai Anda terjek hanya pada masalah teknis dan mengabaikan hal lainnya, misalnya kreatif.

Video yang bisa mendapatkan jutaan view tidak bisa berada di sana kalau dia hanya berfokus kepada cara pengoptimalan konten agar bisa sesuai dan selaras dengan algoritma YouTube. Tapi kalau Anda perhatikan dengan teliti, hampir semua video yang mendapatkan jutaan view karena video itu mempunyai daya tarik dan mampu memikat orang lain.

Sekali lagi pesan dari saya, jangan terlalu berfokus pada hasil dan mendapatkan view yang banyak meskipun hal itu penting.

Jika Anda mempunyai konten yang menarik dan bagus, para penonton akan dengan sendirinya terlibat dengan video Anda dan secara otomatis waktu tonton di video Anda juga akan ikut meningkat seiring dengan waktu.

3. Pastikan Membuat Judul Video yang menarik (dan optimasikan setelah itu)

Mengoptimalkan sebuah video agar bisa merangking di YouTube itu adalah faktor yang paling penting sekali, teapi Anda juga perlu memberikan alasan yang sangat kuat mengapa mereka harus mengklik dan menonton video yang Anda buat? Menggunakan dan memasukkan kata kunci yang mempunyai volume pencarian yang tinggi pada title dan deskripsi video Anda akan memungkinkan algoritma mengurutkan konten berdasarkan relevansi setiap video. Tapi yang paling penting adalah memberitahu dengan cepat kepada orang, video Anda isinya tentang apa.

Sebelum Anda membuat judul untuk setiap video Anda, Anda perlu memastikan dan melakukan riset kata kunci. Menggunakan tool kata kunci bisa membantu Anda dan saya untuk mendapatkan ribuan kata kunci yang mempunyai volume pencarian yang besar, yang sedang populer saat ini dan ini bisa kita ambil atau dapatkan dari fitur YouTube autocomplete.

SEO tool bisa membantu kita memberikan ide-ide untuk menulis judul video yang baik atau membuat judul video yang di akhiri dengan sebuah pertanyaan.

Setelah Anda melakukan riset kata kunci dan mendapatkan beberapa daftar kata kunci yang mempunyai volume pencarian yang cukup baik (tinggi) gunakan kata kunci itu untuk membuat judul menarik dan mampu membuat orang untuk terlibat di dalamnya. Penting sekali untuk memastikan setiap konten yang Anda buat itu sesuai dengan judul video dan tidak melanggar Pedoman Komunitas YouTube.

Lalu, Bagaimana Caranya Menulis Judul Video yang Bagus?

  • Pastikan membuat judul video yang singkat, jelas dan manis (60 karakter atau kurang)
  • Prioritaskan informasi yang paling penting untuk di letakkan dibagian depan judul video
  • Tempatkan branding, dan nomor episode video pada bagian akhir
  • Jangan gunakan kata kunci yang tidak relevan dengan isi video Anda (ini untuk menghindari hukuman dari YouTube)

4. Buat deskripsi video yang search friendly dan mengandung kata kunci

Banyak yang mengatakan tidak usah mengisi deskripsi video karena YouTuber terkenal saja tidak pernah mengisi bagian deskripsi video bisa populer dan di temukan orang. Sebenarnya, kalau channel kamu sudah bisa jawaban seperti itu bisa saja di katakan dan di lakukan karena Anda sudah mempunyai pengikut yang banyak.

Jika Anda mengisi deskripsi video dengan baik dan menyisipkan kata kunci di dalamnya, hal ini akan membantu oarang-orang menemukan video Anda sekaligus membantu mesin pencari mengurutkan setiap video yang mengandung kata kunci tertentu.

Tulis dan isi dengan sejujur mungkin bagian deskripsi video Anda. Anda tidak dibenarkan untuk memasukkan kata-kata yang tidak relevan dengan isi video Anda, jika ini Anda lakukan hal ini bisa melanggar kebijakan YouTube. Gunakan kata kunci yang ingin Anda target dan yang mempunyai pencarian yang tinggi di mesin pencari.

Anda juga bisa memberikan konteks video Anda tentang apa di dalam deskripsi video Anda. Jadi selain pesan suara Anda juga bisa menuliskan kembali ke dalam deskripsi video sehingga penonton Anda mengetahui isi video Anda, selain itu hal ini juga akan membantu YouTube untuk meninjau video Anda.

Bagaimana caranya mengoptimasi Video YouTube?

  • Tulislkan kata-kata yang ingin Anda ucapkan di dalam video yang Anda buat.
  • Tempatkan keyword di awal paragraf deskripsi video Anda.
  • Sertakan semantic atau related keyword, atau bisa juga menggunakan long tail keyword.
  • Gunakan SEO tool untuk YouTube agar bisa menemukan dan mendapatkan kata kunci yang mempunyai volume pencarian yang tinggi.

5. Gunakan Tags, Hashtags yang populer

Perlu Anda tahu juga, selain mengoptimalkan judul video dan deskripsi video, Anda juga perlu menggunakan hashtag dan tag yang populer dan tepat di dalam video Anda, ini akan membantu YouTube untuk menemukan video Anda dan membagikannya kepada orang-orang yang tepat sekaligus mengkategorikannya.

Apa perbedaan antara Tags dan Hashtag YouTube?

Untuk para pemula ini mungkin bisa menjadi sbuah pertanyaan yang sangat ingin ditanyakan di cari tahu. Saya akan mencoba menjelaskannya kepada Anda dari apa yang saya pahami.

  • Hashtags – Ini adalah frasa populer atau yang sedang trending bisa Anda masukkan ke dalam bagian deskripsi video yang Anda upload ke YouTube (seperti mengelompokkan video ke dalam satu folder berdasarkan kategorinya). Sebagai contoh misalnya hashtag deskripsi untuk video resep masakan istri saya seperti ini #mybalifood, #food, #recipe, #delicious, #recipeoftheday, #homecookedfood dan masih banyak yang lainnya. *Pada saat penggunaan tanda komanya dihilangkan ya.
  • Tags – satu kata atau terdiri dari beberapa kata yang mempunyai tujuan bisa untuk mengkategorikan atau menjadi sebuah kata kunci video. Sebagai contoh, video istri saya kan tentang resep masakan maka kita bisa membuat tag makanan, Resep, Cara Memasak, Belajar Memasak dan masih banyak lagi. *Pada penggunaannya tag harus dipisahkan dengan koma.

Bagaimna cara mengoptimasi YouTube Tag

  • Gunakan tag secara spesifik dan tepat dan tempatkan hanya beberapa tag saja.
  • Tempatkan keyword untuk mentarget video sebagai tag di bagian depan atau pertama.
  • Gunakan 1 – 2 related keyword sebagai tag Anda berikutnya atau setelah tag utama di tempatkan.
  • Tambahkan satu atau dua istilah umum yang berhubungan dengan kata kunci Anda. sebagai contoh, katakanlah, video Anda tentang Memasak. Tag yang Anda akan masukkan mungkin kira-kira seperti ini:
  • Tag 1 – Bagaimana cara memasak…
  • Tag 2 – Belajar Memasak
  • Tag 3 – Resep Masakan Indonesia
  • Tag 4 – Masak sehat

Yang boleh dan tidak boleh saat menggunakan tag dan hashtag

  • Gunakan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi dan kata kunci pendek untuk tag video Anda
  • Masukkan kata kunci kompetitor Anda untuk menarik audiens mereka ke halaman Anda
  • Hindari memasukkan tag ke dalam deskripsi video Anda karena ini melanggar peraturan YouTube dan mereka bisa menghukum Anda
  • Anda bisa memasukkan 15 hashtag dalam deskripsi video
  • PASTIKAN MEMBACA YouTube guideline tentang hashtag untuk menghindari video Anda di tandai atau dihapus dari YouTube

Tag mempunyai fungsi dan peranan dalam membantu algoritma YouTube untuk menyortir video sekaligus memberikan peringkat dan juga relevansi sebuah video, tetapi YouTube menyarankan para pembuat konten untuk lebih berfokus kepada pengoptimalan thumbnail, judul dan juga deskripsi – semoga apa yang saya katakan ini bisa dipahami.

Semakin banyak konten video Anda ditampilkan di video yang relevan kepada pemirsa yang mencarinya akan semakin membantu meningkatkan peluang untuk lebih banyak mendapatkan jumlah penayangan di YouTube dari hasil pencarian organik dan juga klik tayang dari video-video yang berhubungan.

6. Membuat Thumbnail yang menarik perhatian

Saya sangat yakin, kebanyakan orang, termasuk Anda dan saya sendiri, lebih sering mengunjungi channel tertentu atau halaman dari hasil pencarian daripada membaca. Karena alasan inilah mengapa membuat thumbnail yang bagus dan menarik perhatian sangat penting. Thumbnail bisa membantu meningkatkan penayangan video di YouTube dan rasio klik tayang video secara keseluruhan, baik itu di beranda, di halaman channel Anda atau di related video feed.

Buat thubnail yang menarik perhatian

Thumbnail seperti sebuah jendela yang akan membuat orang mau menuju konten video yang Anda buat, mampu memberikan gambaran sekilas tentang apa yang ada di dalam video Anda. Thumbnail sering kali menjadi sebuah faktor penentu seseorang mau melihat video Anda (faktor pembuat keputusan seseorang), thumbnail bisa saya katakan seperti sebuah hero images. Jadi, karena sangat penting maka buatlah thumbnail yang benar-benar menarik perhatian orang.

Saya ingin mengingatkan Anda, saat setelah Anda mengupload video Anda ke YouTube, pastikan untuk menggunakan dan memilih thumbnail yang tepat sebelum menekan tombol publikasikan. Anda bisa menggunakan gambar-gambar yang ada di dalam video Anda dengan menggunakan fitur yang Anda di YouTube, pastikan itu berkaitan dengan judul dan deskripsi video Anda.

Atau Anda bisa membuat custom thumbnail dengan menggunakan photoshop atau canva yang banyak digunakan oleh YouTuber profesional di dunia. Silahkan lihat video di bawah ini cara membuat thumbnail dengan menggunakan canva.

Di atas itu adalah cara membuat thumbnail dengan menggunakan canva. Jika Anda ingin membuat thumbnail video dengan menggunakan software photoshop Anda bisa melihat video yang ada di bawah ini. Buat yang belum punya file photoshopnya bisa bisa baca artikel ini dan untuk mendapatkan softwarenya silahkan kunjungi Facebook page SUBMITClimb dan tanya saya menggunakan chat.

Di Creator Academy YouTube sendiri kita di sarankan untuk menggunakan gambar yang mempunyai kualitas yang baik dengan menggunakan font yang jelas, menarik, mudah di baca dan jika memungkinkan gambar yang closeup ke wajah.

 

Bagaimana caranya membuat thumbnail YouTube yang baik?

Ini hanya sedikit tips dari saya dan yang pernah saya lakukan untuk beberapa channel utama saya.

  • Pilih warna-warna yang sebisa mungkin kontras dari warna YouTube (Hindari menggunakan warna merah, Putih dan Hitam)
  • Jika itu mungkin, gunakan gambar orang, khususnya close-up ke wajah
  • Usahakan teks Anda kurang dari 30 karakter
  • Gunakan logo yang kecil saja

Format gambar apa yang cocok untuk Thumbnail YouTube?

Banyak teman-teman yang fokus di pembuatan video tetapi melupakan format atau ukuran gambar yang cocok untuk thumbnail video mereka.

  • Gunakan ukuran 16:9
  • Gunakan Format 1280×720 atau 1980×1080
  • Usahakan ukuran file kurang dari 2MB
  • Fomat yang bisa Anda gunakan jpg, png, gif atau bmp (Saya biasanya menggunakan jpg)

7. Luangkan waktu untuk mengoptimalkan channel Anda

Ingat ya, YouTube bukan hanya sebagai mesin pencari tetapi juga sebagai komunitas.

Mengoptimasi video Anda supaya bisa di temukan di mesin pencari YouTube memang akan banyak sangat menguntungkan Anda. Pada saat yang sama juga, cobalah untuk mengoptimalkan channel Anda agar bisa mendatangkan orang-orang yang loyal untuk jangka panjang dan juga pengalaman pengguna yang memuaskan.

Channel kita menurut saya juga sangat memerankan hal yang penting untuk membantu meningkatkan view dan memperkuat brand Anda. Anda pasti sekarang penasaran ingin tahu, bagaimana caranya mengoptimalkan channel YouTube Anda?

Buat channel icon yang mudah diingat

Satu hal yang juga tidak kalah penting adalah gambar untuk channel Anda harus mudah untuk di kenali, sebisa mungkin hal itu menarik secara visual, menggambarkan tentang channel atau brand Anda.  untuk gambar profile sebaiknya menggunakan ukuran 800×800, gambar juga masih akan terlihat bagus jika menggunakan ukuran 98×98 pixels.

channel ikon yang mudah diingat

Buat estetika brand yang kuat dan konsisten

Ini juga penting untuk membuat gambar channel art Anda lebih menarik serta menggambarkan tentang channel itu sendiri. Katakanlah channel Anda tentang memasak, cobalah untuk membuat warna logo dan banner channel agak cerah. Jika Anda adalah sebuah perusahaan batu bata, mungkin Anda bisa menggunakan warna-warna yang netral.

Branding untuk channel art Anda usahakan harus selalu sama (konsisten) dengan website, dan juga akun sosial media Anda yang lainnya. Pastikan Anda menggunakan logo, gambar dan juga warna-warna yang sama agar orang lain mudah mengenali Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan dari saya:

  • Usahakan untuk tidak menggunakan elemen atau gambar yang kecil, shapes, dan font di logo Anda jika memang logo Anda bukan sebuah tulisan, gunakan ukuran 800 x 800 pixels
  • Gunakan dan buat banner dengan ukuran yang besar, karena dengan ukuran yang besar bisa terlihat di semua alat yang digunakan oleh pengunjung channel Anda. Ukuran banner art adalah 2560 x 1440 pixels

Optimalkan Deskripsi channel YouTube Anda

Untuk bagian deskripsi ini bisa Anda lihat di bagian menu ‘about’. Silahkan mengisi bagian ini sesuai dengan channel Anda. Buat sesingkat mungkin, atau mau panjang juga bisa tapi tetap usahakan di bawah 1000 karakter.

Deskripsi ini akan memberitahu pengunjung tentang isi video yang ada di channel Anda, apa yang Anda tawarkan dan seberapa sering Anda akan mengupload konten baru di channel Anda.

Optimalkan channel deskripsi

Bayangkan diri Anda sebagai orang yang mengunjungi channel YouTube Anda (penonton), coba tanyakan pada diri sendiri “Jika saya adalah penonton atau orang yang mengunjungi channel ini, mengapa saya harus menonton video yang ada di channel ini? Apa saja sih untungnya bagi saya? Saya ingin memberitahu kepada Anda, konten yang baik adalah konten-konten yang mampu memberikan manfaat kepada orang-orang yang menonton, atau mungkin mampu menghibur atau bisa juga gabungan dari keduanya.

Sama seperti judul video Anda, pastikan Anda menempatkan dan menggunakan kata kunci yang ingin Anda target ke dalam deskripsi channel YouTube Anda.

Buat Channel Anda search engine friendly dengan memasukkan kata kunci

Kata kunci untuk video YouTube bisa kita optimalkan di dalam judul video kita, deskripsi video dan juga di dalam channel YouTube. Dengan memasukkan kata kunci bisa membantu platform YouTube meng-crawler dan mengurutkan video Anda dengan tepat dan menampilkannya kepada orang-orang yang mencari konten Anda.

Saat Anda melakukan riset kata kunci, Anda bisa menggunakan tool riset keyword dari Keywordtool.io tapi pilih menu yang untuk YouTube, nanti Anda bisa mencari dan menemukan istilah-istilah yang paling banyak di cari dan berhubungan dengan konten yang mau Anda buat atau yang sudah Anda buat. Untuk mempelajari riset keyword Anda bisa melihat panduan dalam bentuk video yang ada di halaman ini (pastikan menggunakan tablet atau laptop).

Tambahkan keyword ke channel YouTube Anda

Setelah Anda mencari dan menemukan kata kunci yang cocok dan yang ingin Anda gunakan di channel Anda untuk bisa merangking di mesin pencari Anda bisa menempatkan kata kunci itu dengan cara seperti ini:

  • Pergi ke Youtube stuido
  • Kemudian klik Setting dan klik Channel pada menu pop up
  • Pada kolom keyword, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci untuk channel Anda dengan menggunakan koma untuk memisahkan kata kunci yang satu dengan kata kunci yang lainnya

Tampilkan video terbaik Anda di halaman depan channel

Anda bisa menempatkan video terbaik Anda di halaman depan channel Anda baik untuk feature video atau tralier video sebagai daya tarik atau cuplikan tentang video – video Anda.

Jadi biasanya ada dua cara yang sering saya lakukan dan banyak orang lakukan. Menempatkan video terbaik di depan atau membuat cuplikan (trailer) dari sekian banyak video. Ini seperti sebuah trailer film layar lebar yang mengambil bagian-bagian yang paling penting dari setiap gambar yang pernah Anda ambil.

8. Buat dan Manfaatkan fitur Playlist

Anda perhatian tidak, setiap kali Anda selesai menonton video tertentu di YouTube, setelah video yang Anda tonotn itu berakhir, secara otomatis akan muncul video yang lainnya? Nah, ini akan membantu untuk meningkatkan jumlah view video Anda. Ini akan membuat para penonton video Anda tetap berada di channel Anda dengan memperkenalkan video Anda lainnya yang mungkin mereka sukai.

Hal lain yang mungkin jarang di ketahui banyak orang adalah daftar playlist ini ditampilkan secara terpisah di hasil pencarian YouTube. Ada fungsi pada bagian ‘filter’ untuk sebuah pencarian di mana para penonton hanya bisa mencari daftar putar (paylist). Nah, Jika channel yang Anda kelola saat ini mempunyai daftar putar (paylist), maka YouTube akan secara otomatis menampilkan video dan juga daftar putar (paylist) Anda di sistem pencarian dan penemuannya kepada orang yang sedang menonton video Anda.

Playslist ini juga bisa di share di social media paltform lainnya dan di embed ke web blog Anda atau website orang lain.

Membuat playlist video YouTube

Silahkan atur setiap video ke dalam daftar putar atau ke kategori jenis kontennya. Contohnya channel istri saya yang MY BALI FOOD tentang makanan dan masakan, Istri saya bisa memisahkan playlist ke dalam kategori seperti, Tempat makan Terbaik, Cara Memasak, Jenis Masakan dan lain sebagainya.

Semakin beragam dan mempunyai kaitan dalam playlist, maka akan semakin besar kemungkinannya para penonton akan menjelajahi playlist yang Anda buat itu. Dan suatu saat akan semakin banyak jumlah view YouTube dari video yang ada di playlist itu. Ini adalah sebuah cara yang mudah dan efektif untuk membantu meningkatkan view YouTube Anda. Playlist juga membantu jenis penonton yang suka menonton video yang berhubungan daripada mencari video yang serupa dengan cara-cara manual atau menjelajahi channel yang lainnya.

Bagaimana cara membuat YouTube Playlist

Dari pengalaman saya untuk memasukkan video ke dalam daftar playlist ada tiga cara, masing-masing ini bergantung dari videonya, apakah sudah di upload atau belum di upload. Di sini saya akan menunjukkan cara jika video Anda sudah di upload terlebih dahulu ke dalam YouTube lama sebelumnya.

cara membuat YouTube Playlist
  1. Pilih video mana atau serial video yang mana yang akan Anda buat dan masukkan ke dalam playlist itu.
  2. Buka video, kemudian silahkan klik icon tanda + Add to (Jika sudah buat kategori tinggal cintang mau di masukkan ke dalam kategori yang mana (exiting playlist), jika belum silahkan lihat nomor tiga).
  3. Setelah Anda mengklik icon tanda + silahkan Create a new playlist
  4. Untuk memaksimalkan hasilnya, pastikan Anda memilih pengaturan Privasi ke Publik
  5. Langkah terakhir Anda hanya perlu mengklik Create.

9. Gunakan subtitle, card dan end screens

Subtitle di sebuah video sudah menjadi hal yang umum saat ini. ini sudah banyak terbukti membantu untuk meningkatkan jumlah view video tetapi juga waktu menonton (watch time) orang di video Anda. dengan membuat subtitle di video yang Anda buat, video Anda kemungkinan juga akan di tonton oleh orang – orang yang tidak bisa berbahasa Indonesia (atau bahasa yang Anda gunakan di dalam video Anda) sebagai bahasa utama di video Anda dan yang lebih penting lagi nih, orang-orang yang bermasalah dengan pendengarannya bisa melihat dan mengerti video Anda.

Sedangkan untuk konten-konten yang mempunyai banyak data, subtitle bisa menyoroti informasi penting mana yang akan Anda tonjolkan dan menjadi bagian yang paling penting, dan ini tentu bisa meningkatkan pengalaman menonton yang lebih lama dan lebih baik lagi.

Tempatkan YouTube Cards Anda secara strategis

Fitur Card berfungsi seperti sebuah pop-up yang muncul selama interval video yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya sih menu-menu seperti ini tujuannya untuk mengajak orang mau melakukan sesuatu (call to action), di dalam YouTube ajakan ini bertujuan untuk mau melihat konten Anda yang lainnya. Ini bisa juga kita sebut dengan mempromosikan konten kita yang lain kepada orang yang sedang menonton video kita yang lain. video bisa kita ganti dengan channel kita yang lain, dengan harapan penonton mau melihat konten kita.

YouTube Card ini memungkinkan para penonton video di channel kita untuk berinteraksi atau melihat video-video kita yang lainnya atau ke halaman landing page yang Anda inginkan.

[gambar cara membuat card]

Apa yang membedakan YouTube Card?

  • Mempromosikan konten video yang lainnya yang ada di channel Anda atau channel lain
  • Bisa mendapatkan lebih banyak penonton dan juga subscriber
  • Mengirimkan traffic ke website Anda

Panduan singkat cara membuat YouTube Cards

Kalau menurut dari pengalaman saya, saya biasanya mencari video-video mana yang jumlah viewnya sangat sedikit atau mengalami penurunan yang paling banyak dan yang paling sepi.

Nah setelah menganalisa video mana saja yang penontonya sepi Anda bisa memanfaatkan dan menggunakan YouTube Card ini agar orag-orang bisa melihat video yang jumlah penontonnya sangat sedikit itu atau yang paling sering saya lakukan adalah mencari video-video yang berhubungan dengan video yang sedang di tonton. Saya memilih salah satu video yang jumlah penontonnya sangat besar kemudian saya membuat card untuk mengarahkan penonton ke video yang jumlah penontonnya sangat sedikit itu. Ini adalah sebuah cara yang paling cepat untuk meningkatkan jumlah view YouTube dari konten-konten Anda yang paling populer.

Buat End Screen yang memiliki ajakan specifik untuk melakukan tindakan tertentu

End screen ini hampir sama seperti Cards yang kita buat sebelumnya, end screen bisa mengajak penonton untuk mau melihat video Anda yang lainnya. Ibaratnya kalau mereka tidak mau melihat video Anda yang menggunakan fitur cards Anda bisa mencoba cara terakhir untuk mengajak para penonton melihat dan terlibat di video-video Anda yang lainnya atau juga untuk mengajak berlangganan di channel Anda.

End screen ini menurut saya sangat bagus dan bermanfaat sekali untuk channel kita. Misalnya saja video yang Anda buat tentang review sebuah kamera atau unboxing gadget terbaru, jika para penonton menyukai review yang Anda buat mereka bisa Anda arahkan ke situs web resmi gadget itu untuk mempelajari lebih lanjut atau mungkin bisa saja langsung membelinya.

End screen juga bisa digunakan untuk menempatkan salah satu video yang ingin Anda promosikan ke para penonton Anda untuk meningkatkan jumlah view YouTube Anda.

Bagaimana cara menambahkan YouTube end screen?

  1. Silahkan buka YouTube Studio, link ini bisa Anda temukan di bawah ikon YouTube Anda
  2. Klik Content, kemudian pilih videonya
  3. Setelah memilih videonya silahkan klik edit video untuk menambahkan end screen video
  4. Silahkan pilih apakah Anda ingin menambahkan end screen video dengan menggunakan Add element atau dengan menggunakan Template dari YouTube, atau Anda bisa menggunakan pilihan copy an exiting end screen
  5. Setelah melakukan pengaturan silahkan klik simpan
Membuat End Screen video

Dari pengalaman saya, saat ini kalau kita ingin mendapatkan jumlah view dan mengembangkan channel YouTube kita mungkin bukan lagi tugas yang mudah, apalagi saat ini semakin banyak orang yang ingin berlomba-lomba mengikuti program YouTube. Semoga apa yang saya bagikan ini di trik dan tips ini bisa Anda gunakan dan manfaatkan oleh semua orang, khususnya bagi YouTuber pemula dan kreator yang sudah berpengalaman.

Selalu ingat, Anda harus membuat konten-konten yang berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi banyak orang sehingga mereka mau melihat dan berlangganan di channel Anda. Upload video secara rutin agar penonton Anda tahu kapan video baru dari Anda dan jam berapa biasanya Anda mengupload video-video baru itu. Ini seperti sebuah tayangan seri film di televisi yang selalu tayang di hari dan jam yang sama.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Meningkatkan view YouTube lebih banyak ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top