skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Meningkatkan Penjualan Di Musim Liburan

Cara Meningkatkan Penjualan di Musim Liburan

Cara Meningkatkan Penjualan di Musim Liburan – Bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan Online dengan memanfaatkan Musim Liburan? Mungkin ini adalah sebuah pertanyaan yang tidak perlu ditanyakan lagi, karena biasanya para pedagang, baik itu online maupun offline sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka.

Memang tidak semua hari akan digunakan orang untuk berbelanja dalam jumlah yang cukup banyak. Ada waktu-waktu tertentu yang biasanya digunakan orang untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan.

Liburan Waktu yang Tepat untuk Memberikan Diskon

Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk untuk memberikan penawaran khusus di musim liburan agar bisa meningkatkan penjualan mereka. Tetapi biasanya akan timbul sebuah pertanyaan, Apakah musim liburan hanya bisa dimanfaatkan oleh pemilik bisnis offline saja, karena biasanya musim liburan akan di isi untuk mengunjungi tempat-tempat wisata atau pusat perbelanjaan tertentu.

Sebenarnya musim liburan bisa dimanfaatkan oleh semua pelaku bisnis, baik itu online maupun offline. Bagaimana caranya dan musim liburan yang mana yang akan kita manfaatkan untuk meningkatkan penjualan kita?

Di dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan semuanya kepada Anda secara terperinci dan detail agar Anda bisa benar-benar memanfaatkan holiday shopping untuk meningkatkan penjualan.

Belanja di musim liburan sudah lama dilakukan oleh orang, dan kebiasaan ini biasanya berlangsung dengan cepat. Mungkin bisa saya katakan sangat cepat.

Pemilik toko online mungkin mempunyai posisi yang sama dengan para pemilik toko offline yang akan memanfaatkan musim liburan global. Bagi pemilik toko online pasti memiliki beberapa tantangan tersendiri, mereka mempunyai pelanggan yang berbeda bahasa dan berada di belahan dunia yang lain, dan tidak semua pemilik toko online bisa menguasai beberapa bahasa yang lain.

1. Black Friday dan Cyber Monday

Mari kia mulai dengan beberapa hal yang klasik: Black Friday dan Cyber Monday. Mungkin beberapa dari antara Anda ada banyak yang belum tahu tentang Black Friday. Kalau di Indonesia kita punya Harbolnas (Hari belanja Nasional) yang biasanya jatuh pada 12.12 atau 12 Desember. Nah di luar negeri juga punya hari belanja nasional. Merchant dan toko Online biasanya akan memberikan diskon atau potongan harga yang sangat besar, biasanya jatuh pada Black Friday.

Apa itu Black Friday?

Black Friday adalah sebuah hari setelah hari Thanksgiving di Amerika. Hari Thanksgiving dirayakan pada hari kami pada minggu ke empat setiap bulan november. Black Friday ini adalah sebuah even belanja terbesar dengna memberikan diskon atau potongan harga besar-besaran yang dimulai atau berasal dari Amerika. Promo seperti ini memang populer sekali di Amerika Serikat.

Arti sebenarnya dari Black Friday adalah sebuah bentuk untuk memeriahkan hari natal atau Thansgiving dengan memberikan diskon atau promo yang sangat besar.

Kapan Black Friday akan Berlangsung?

Kapan Black Friday di mulai? Black Friday di mulai setelah hari Thanksgiving, biasanya setiap hari jumat dan di minggu ke empat di bulan november. Black Friday bisa berlangsung sangat cepat, masing-masing toko online biasanya memberikan waktu yang berbeda-beda tentang berapa lama diskon yang akan mereka berikan.

Apa itu Cyber Monday?

Black Friday mungkin sudah banyak yang tahu dan mungkin populer di Indonesia, meskipun momen Black Friday bukan berasal dari Indonesia. Saya sendiri sering memanfaatkan Black Friday untuk belanja online di luar dan dalam negeri.

Lalu apa itu Cyber Monday? Apakah ini sama dengan event Black Friday? Perlu Anda ketahui istilah untuk belanja online ini pertama kali yang mempopulerkan adalah shop.org. Event ini juga berlangsung setelah hari perayaan Thanksgiving.

Tetapi apa perbedaan antara Black Friday dan Cyber Friday?

Perbedaan yang sangat mencolok dari kedua event ini adalah terletak pada hari pelaksanaannya saja. Meskipun sama-sama dilakukan setelah Hari Perayaan Thanksgiving Cyber Monday sesuai dengan namanya hanya dilakukan pada hari senin setelah hari Thanksgiving. Sejak tahun 2005, Cyber Monday sudah menjadi hari yang selalu di nantikan oleh semua orang untuk belanja dengan harga yang sangat murah.

Buat kamu yang senang belanja dengan harga yang murah dan pemilik toko online bisa sama-sama memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan harga lebih murah dan berlomba-lomba untuk memberikan diskon gede-gedean.

Dari kedua event ini, mereka telah mendapatkan catatan sebagai hari-hari dengan penjualan tertinggi dan harus ada dalam strategi pemasaran Anda.

Kita mungkin bisa terus berbicara dan membahas banyak hal tentang Black Friday dan Cyber Monday, saya yakin banyak dari antara Anda sudah banyak yang tahu tentang hari belanja dunia ini. sekarang mari kita melanjutkan pembahasan kita ke hari belanja besar lainnya yang juga dinantikan oleh orang-orang.

2. Mother’s Day

Mother’s Day adalah hari belanja terbesar ketiga di US, dengan dibuktikannya banyaknya penjualan yang bisa mencapai 200% lebih menjelang Mother’s Day.

Hampir kebanyakan negara juga merayakan Mother’s Day yang dirayakan di US, pada hari minggu kedua bulan Mei, beberapa eCommerce yang ada di negara Jerman, India, Jepang dan Cina juga memanfaatkan event besar ini. tetapi perlu Anda tahu, ada banyak negara atau marketplace yang mengadakan event ini di hari yang berbeda.

  • Inggris dan Irlandia: Minggu keemapt di Masa Prapaskah
  • Spanyol: Minggu pertama di bulan Mei
  • Prancis dan Swedia: Minggu terakhir di Bulan Mei

3. Green Monday

Sudah ada yang pernah dengar tentang Green Monday? Saya yakin banyak yang belum tahu. Green Monday sebenarnya adalah hari belanja yang dibuat oleh eBay. Event ini biasanya sih jatuh pada hari senin kedua di bulan Desember.

Ada juga yang menyebut event ini dengan Cyber Monday 2, Green Monday bisa mencapai $1,62 miliar dalam penjualan belanja online di US pada tahun 2016.

4. Christmas Day

Siapa yang tidak tahu hari Natal? Hampir semua rasanya tahu tentang hari Raya Natal yang biasanya di peringati setiap tanggal 25 desember. Beberapa orang biasanya akan berkumpul dengan keluarga mereka dan banyak diantaranya menjauh dan tidak menggunakan komputer mereka, tetapi mereka tidak bisa menjauh dari handphone mereka.

Adobe menyoroti bahwa, hari Natal biasanya akan menghasilkan lebih banyak penjualan melalui seluler daripada event lainnya seperti Black Friday atau Cyber Monday. Jadi pada hari raya ini bisa saja iklan yang mentarget pengguna seluler akan jauh lebih banyak ketimbang mereka yang menggunakan komputer. Ingat bukan berarti Anda tidak perlu beriklan untuk para pengguna komputer. Karena masih ada juga orang-orang yang senang melakukan kegiatan online hanya dengan menggunakan Laptop atau komputer mereka.

Belanja untuk perayaan Natal menurut saya sebenarnya bisa di mulai dari Black Friday dan Cyber Monday.

5. Boxing Day

Anda pasti mengira istilah ini pasti berhubungan dengan olahraga tinju? Jika itu jawaban Anda, maka saya mengatakan, salah. Boxing day tidak ada hubungannya dengan olahraga tinju. Hari ini dirayakan setelah satu hari perayaan Natal, pada tanggal 26 Desember.

Arti yang lebih luas dari kata ini sepertinya datang dari orang-orang yang kaya yang memberikan hadiah kepada pelayan atau pekerja mereka dengan kotak Natal atau yang dikenal dengan “Christmas Box”, biasanya berisi uang dan juga hadiah-hadiah lain sehari setelah hari Raya natal. Kalau di tempat kita mungkin bisa di katakan ini seperti THR. Kalau di luar ini adalah merupakan ucapan atau imbalan atas pelayanan mereka selama bekerja setahun ini.

Negara-negara yang merayakan hari Boxing Day adalah negara-negara yang biasanya menggunakan bahasa Inggris – biasanya selalu pada tanggal 26 Desember – Contohnya Inggris, Kanada, Australia, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Tanggal 26 Desember adalah hari dengan pembelanjaan besar bahkan untuk negara-negara yang tidak merayakan Boxing Day. Ada yang menyebut kalau hari ini adalah hari Natal ke dua di mana para pembeli online mulai belanja lagi.

Selanjutnya saya mencoba menunjukkan beberapa shopping holiday yang mungkin bisa saya katakan kurang jelas, atau bisa juga saya katakan kurang populer tetapi juga bisa berpotensi memberikan pengaruh yang besar. apa saja?

Diwali

Di India, umat Hindu merayakan hari besar yang diberi nama Diwali, ini adalah sebuah festival cahaya yang diperingati setiap setahun sekali dalam kalender Hindu. Ini adalah shopping holiday terbesar etiap tahunnya.

Mulai dari barang-barang elektronik, seperti smartphone, tablet, alas kaki dan jam tangan cukup laku keras.

India adalah masuk dalam 15 ecommerce besar dan pertumbuhannya dari waktu-ke waktu sangat bagus dan diperkirakan akan meledak di tahun-tahun yang akan datang. Ini adalah ladang yang sangat subur untuk holiday shopping.

Perayaan Diwali setiap tahunnya jatuh antara bulan oktober atau bulan november. Kalau Anda ingin bertanya kapan tanggal pastinya saya tidak bisa menjawabnya, karena tanggal pastinya akan selalu berubah-ubah, karena Diwali biasanya dihitung berdasarkan kalender Hindu. Jika Anda bingung cara mengingatnya cukup mudah, ingat saja Event ini akan jatuh sebulan sebelum black Friday.

White Day

Ada yang pernah mendengar tentang yang satu ini White Day? Saya secara pribadi baru tahu belakangan ini saja. White Days biasanya terjadi setiap setahun sekali pada tanggal 14 Maret – basanya satu bulan setelah hari raya Valentine. White Day dikenal di Jepang dan sekarang sudah tersebar ke negara-negara Asia yang lain, salah satunya Korea Selatan, Vietnam dan juga Cina.

Di Negara Jepang, Hari Valentine, secara tradisional adalah ketika seorang wanita memberikan hadiah kepada seorang pria. Sedangkan White Day, ini adalah kesempatan kepada para pria-pria Jepang untuk memberikan hadiah-hadiah kepada para wanita atau bisa saya katakan ini seperti balas budi. Dan di Jepang ini biasanya menjadi Holiday Shopping besar-besaran, mengingat pasar ecommerce di Jepang sangat besar.

Children’s Day (Hari Anak)

Ada sangat bervariasi untuk Hari Anak di seluruh Dunia, tetapi salah satu negara dengan ecommerce terbesar di brasil, merayakan Kiddos pada 12 Oktober.

Buat Anda yang tidak mempunyai toko mainan anak, tidak perlu khawatir karena biasanya Children’s Day adalah shopping day untuk segala macam usia. Semua barang seperti kosmetik, ponsel, pakaian anak-anak sampai ke peralatan rumah tangga semuanya adalah barang-barang yang laku di jual dan sangat populer daripada mainan.

Bagaimana Anda Memanfaatkan Shopping Holidays

Apa yang saya sudah tulis di atas adalah beberapa hari terbesar untuk holiday shopping di seluruh dunia. Sekarang kita akan masuk ke dalam bagian yang menurut saya paling sulit: Bagaimana Anda dan saya bisa memanfaatkan kesempatan ini?

Shopping holiday ini mungkin biasanya terjadi di negara-negara yang biasanya tidak melakukan pemasaran, atau di mana bahasa inggris tidak digunakan di daerah itu. Selain itu bisa jadi waktu liburan juga akan mempersulit masalah pengiriman.

 

Kita semua mengerti akan hal itu. Jadi berikut ini adalah beberapa cara simpel dan sederhana yang bisa membantu Anda dan saya untuk mengatasi tantangan ini dan menggunakan shopping holiday untuk menghasilkan penjualan dari India ke negara-negara lain.

Gunakan Geo-Targeting Tools untuk Holiday Shopping Ads

Ada banyak marketing tool yang sudah dilengkapi dengan geo-targeting – filter berdasarkan lokasi dan pilihan segmentasi untuk mentargetkan market tertentu. Dengan memanfaatkan Geo-targeting akan membantu Anda untuk menghindari salah mempromosikan ke orang yang salah atau negara yang salah.

gunakan Geo-Targeting Tools

Sebagai contoh, katakanlah Anda akan promosi menggunakan Facebook. Saat Anda membuat kampanye. Anda bisa membuat target kepada orang-orang yang berada di lokasi tertentu, misalnya dari bagian yang paling besar di Amerika Serikat atau bagian terkecil dari negara itu seperti kanada bagian barat, atau kalau Anda ingin mentarget negara lain juga bisa.

Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan saat Anda akan melakukan promosi di Facebook. Jangan pernah takut untuk memilih dan menggunakan pilihan-pilihan yang ada di sana. Sebagai contoh Anda bisa memilih lokasi tertentu dan memilih radius iklan Anda sampai sejauh mana?

Jika Anda menggunakan iklan AdWord. Anda juga mempunyai pilihan yang sama berdasarkan Geografi yang sama untuk holiday shopping Anda.

Geo-targeting adalah pilihan yang sangat bagus untuk kampanye holiday shopping Anda. Karena data yang digunakan akan semakin akurat dan sesuai dengan apa yang kita targetkan.

Cari Tahu Produk apa yang Sedang Laris untuk Shopping Holidays

Jika Anda ingin menemukan produk apa yang kira-kira laris dan cepat untuk di jual di pasar. Anda perlu memahami apa saja yang orang akan cari. Apa yang laris di jual di negara lain belum tentu akan sama larisnya di Negara Indonesia atau negara lainnya. Jadi penting juga untuk melakukan uji coba setiap produk yang akan di jual dengan menggunakan iklan berbayar dan Riset Produk apa saja yang sedang laris di jual secara online.

Dengan menggunakan bantuan beberapa marketplace Anda mungkin bisa mengidentifikasi hot produk saat ini di market yang berbeda. Tetapi Anda juga musti ingat meskipun eventnya mungkin tidak cocok dengan produk yang kita jual, tetapi biasanya produk yang laku malah produk yang tidak berhubungan dengan event yang saat itu sedang berlangsung. Contohnya seperti Children’s Day di Brasil yang sempat saya singgung di atas. Meskipun tujuan utamanya untuk anak-anak tetapi ternyata tidak semua tentang mainan anak, malah yang laku sangat keras adalah produk-produk yang lain seperti Ponsel, kosmetik dan produk lainnya selama holiday shopping itu berlangsung.

Dropshipping Bisa Membantu Menyederhanakan Iklan Holiday Shopping Anda

Katakanlah Anda dan saya mempunyai toko online yang mentarget pasar Amerika Utara. Jika Anda membuat promosi untuk Amerika Utara pada saat Holiday Shopping berlangsung tentu ini akan sangat bagus sekali karena akan menghemat biaya pengiriman. Tetapi kalau ada pembeli yang datang dari Negara lain seperti, Jepang, India atau Jerman bisa jadi biayanya akan menjadi sangat mahal dan mungkin lambat.

Di sinilah Dropshipping hadir yang akan membantu mengatasi masalah Anda dan menghindari sakit kepala tentang biaya pngiriman ke negara lain dan juga stok barang. Karena dengan menggunakan metode dropshipping Anda tidak harus mempunyai barang atau stok barang.

Jika Anda menggunakan metode ini, ingatlah saat Anda memasang iklan untuk mendorong penjualan Anda pada saat holiday shopping, Anda bisa mentarget negara manapaun yang Anda suka dan ingin target, karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk stok barang, sehingga ini akan mengurangi masalah pengiriman biaya yang terlalu tinggi ketika Anda harus membeli produk dari negara lain dan dikirimkan kembali ke negara lain.

Target pengguna Handphone Saat Holiday Shopping

Ini mungkin bukan sesuatu yang terlalu kita pikirkan. Tapi tahukah Anda, di musim liburan biasanya banyak orang akan meninggalkan komputer atau laptop mereka. Orang-orang masih tetap online dengan menggunakan smartphone atau tablet mereka. Dan orang yang belanja juga masih tinggi.

target mobile shopping

pada tahun 2016 Oberlo melaporkan kalau perangkat seluler menyumbang 36 persen saat black Friday berlangsung.

Dan di Brasil katanya mencapai 20% dari semua pembelian online yang dilakukan melalui smartphone. Di Jepang katanya mobile account bisa mencapai setengah dari semua transaksi yang terjadi secara online.

Meskipun banyak orang senang berselancar dan melakukan transaksi dengan menggunakan smartphone mereka, tapi saya kok merasa tidak nyaman sekali bertransaksi dengan menggunakan smartphone. Saya lebih senang menggunakan Laptop atau komputer yang biasa saya gunakan. Mungkin kalau keadaan mendadak saya akan coba melakukan transaksi lewat smartphone saya.

Jadi kalau Anda ingin mendapatkan penjualan di musim liburan tiba atau di event tertentu Anda bisa mentarget pengguna smartphone juga. Cara melakukannya juga sangat gampang sekali, saat Anda beriklan menggunakan AdWords atau menggunakan Facebook Ads, pilihan untuk mentarget pengguna smartphone bisa Anda aktifkan.

Buat Pemasaran Anda relevan dengan Holiday Shopping

Musim Liburan harus bisa dipengaruhi oleh pemasaran Anda, baik itu dengan bonus-bonus yang relevan dengan yang Anda tawarkan ke mereka. Misalnya kalau Anda memberikan free shipping untuk mereka, pastikan Anda mengingatkan mereka bahwa mereka akan mendapatkan pengirman secara gratis!

Selain itu Anda juga bisa meningkatkan penjualan dengan Holiday Shopping dengan menawarkan holiday diskon dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah beritahu mereka kalau pengiriman akan tiba tepat pada waktunya. Meskipun ini musim liburan biasanya beberapa layanan ekspedisi pengiriman masih ada yang tetap bekerja.

Pastikan Target Audience yang Muda saat Holiday Shopping

Holiday Shopping memang untuk semua usia. Tetapi Anda perlu ingat, biasanya konsumen yang muda lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli daripada orang yang lebih tua.

Mengapa saya mengatakan demikian? Karena biasanya bahsa inggris mereka jauh lebih baik daripada mereka yang lebih tua. Contohnya saya saja. Saya lahir tahun 1978, bahsa inggris saya tidak baik dan bisa dikatakan saya tidak bisa, malah anak-anak sekarang sudah bisa dan jago menggunakan bahasa inggris meskipun belum mengikuti sekolah atau kursus bahasa inggris, ini satu kelebihannya.

Dan sekolah-sekolah sekarang sudah mengajarkan bahasa inggris dalam pelajaran mereka. Jadi jika Anda membuat iklan dalam bahasa inggris saya yakin hampir semua orang saat ini sudah bisa memahami khususnya mereka yang masih muda.

Hal ini tentu tidak harus selalu iklan dengan menggunakan bahasa inggris. Katakanlah saat ini Anda mempunyai toko online di Indonesia dan mentarget orang Indonesia, maka bahasa yang paling tepat adalah menggunakan bahasa Indonesia, jangan menggunakan bahasa inggris (menurut saya). tetapi kalau Anda mempunyai toko dengan menggunakan bahasa Inggris dan ingin mentarget orang-orang dari negara Jepang, Brasil, Belanda, Cina atau negara lainnya maka iklan dengan menggunakan bahasa Inggris adalah yang paling cocok.

Sebagai Kesimpulan

Cukup panjang ya apa yang saya ulas dalam artikel Cara Meningkatkan Penjualan di Musim Liburan ini. Semoga Anda tidak bosan dengan apa yang saya tulis di dalam artikel ini. Memang tidak mudah memasarkan produk secara online dan juga offline kepada orang lain, apalagi kalau orang yang kita target berada di negara lain. Meskipun begitu Anda harus mencoba dan melakukannya untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Ingatlah

  • Orang yang belanja saat liburan sangat banyak. Contohnya saja pada saat Black Friday dan Cyber Monday. Jadi cobalah manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan penjualan Anda
  • Marketing tool yang ada saat ini sudah semakin pintar dan canggih. Mereka bisa mentarget secara detail dan tepat. Bahkan anda bisa menjangkau orang-orang dari negara lain saat musim liburan tiba.
  • Belanja online pada saat musim liburan (Holiday shopping) juga semakin dipermudah. Bukti menunjukkan bahwa banyak orang pada saat liburan membeli dengan menggunakan smartphone mereka, dan mereka semakin merasa dipermudah dan nyaman berbelanja dengan menggunakan smartphone.

Dari apa yang saya bahas di sini, adakah hal-hal yang bisa membantu Anda untuk memperluas pemasaran Anda sampai ke luar Negeri? Dan apakah Holiday Shopping yang besar ada yang terlewat oleh Anda selama ini? Silahkan beritahu kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini!

Jika Anda suka dengan artikel Cara Meningkatkan Penjualan di Musim Liburan dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami share artikel ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top