skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense Secara Bertahap

Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense Secara Bertahap

Setelah berhasil mendaftar menjadi publisher Google AdSense langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah Meningkatkan Penghasilan AdSense, dalam artikel kali ini saya akan berbagi Pengalaman Cara Meningkatkan PenghasilanAdSense secara bertahap. Mungkin Anda saat membaca artikel di website kami sudah mendapatkan informasi dari website lain tentang Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense, tetapi tahukah Anda untuk meningkatkan penghasilan Adsense tidak bisa dilakukan saat itu juga dan dengan waktu yang cepat seperti yang banyak di jelaskan di dalam website-website yang Anda baca.

Dari Pengalaman saya pribadi Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense harus di lakukan secara bertahap. Bagaimana caranya dan mengapa kita harus melakukannya secara bertahap? Saya akan menjelaskan kepada Anda dari hasil pengalaman pribadi saya dan terbukti berhasil di dalam artikel ini. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis dan jangan lupa untuk subscribe email langganan agar Anda bisa mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Apa Yang di Maksud dengan Google AdSense

Jujur saya katakan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari AdSense bukanlah hal yang mudah, meskipun terbilang susah Anda jangan pernah memiliki anggapan kalau AdSense bukan sebuah bisnis yang sedang Anda bangun dan juga jangan pernah beranggapan AdSense hanyalah untuk mengumpulkan uang recehan. Mengapa saya mengatakan demikian? Karena saya banyak sekali menemukan komentar dari pekerja online yang menganggp bekerja sebagai publisher AdSense atau mengikuti program AdSense itu bukan sebuah bisnis apalagi sedang membangun bisnis atau memiliki bisnis! Bahkan ada juga yang mengatakan “Iseng mas saya mau ngumpulin uang receh dari Adsense dan YouTube”.

Salah dan sangat tidak berpengetahuan mereka yang punya pendapat seperti itu.

Jika Anda mempunyai pemikiran seperti itu, Anda sebaiknya tidak usah meneruskan menjadi publisher AdSense atau menjadi YouTuber, karena akan saya jamin penghasilan Anda dari AdSense tidak akan pernah mengalami peningkatan.

Tetapi jika Anda mempunyai pendapat dan pemikiran yang sebaliknya Anda akan mempunyai tujuan yang jelas, semangat yang tidak mudah menyerah dan target yang ingin di capai oleh Anda. Dan saya yakin Anda akhirnya akan berhasil meskipun itu membutuhkan waktu.

Maaf kalau pengantar saya terlalu panjang di artikel yang kali ini, hal ini di sebabkan saya in gin menyadarkan mereka-mereka yang mempunyai pemikiran yang salah tentang bisnis AdSense.

Baik sekarang kita kembali ke topik pembahasan kita, menurut saya ada beberapa langkah dan faktor yang harus kita lakukan dan menjadi perhatian kita untuk bisa meningkatkan Pendapatan di Google AdSense.

#1 Punya Semangat Untuk Menulis Setiap Hari.

Untuk menghasilkan uang secara online khususnya dari Google AdSense Anda harus punya semangat untuk mau menulis setiap harinya. Semua artikel ini nantinya akan kita posting di website kita. Artikel yang kita tulis harus original meskipun inti dan teman artikel kita sama dengan pembahasan yang ada di website lain. Untuk bisa menghasilkan tulisan baru dan bermutu Anda diharuskan banyak membaca, riset dan terus menulis. Saya tidak mengatakan hasil dari tulisan saya bagus dan bermutu, tidak, saya tidak mengatakan demikian. Tetapi yang bisa saya pastikan semua artikel yang saya buat memuat informasi yang di butuhkan orang dan memberi mereka jawaban yang sedang mereka cari dan mereka butuhkan saat ini juga, itu satu rahasia dari saya.

Jika orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda merasa puas dengan semua konten yang Anda tulis, mereka akan dengan sendirinya selalu datang dan membaca artikel-artikel terbaru yang Anda terbitkan, entah itu setiap hari, seminggu sekali atau sebulan sekali.

Berapa panjang artikel untuk blog saya yang harus saya tulis untuk satu artikel? Menurut pendapat saya secara pribadi hal ini tidak ada batasnya, hal ini bergantung dari tema artikel yang akan Anda buat, jika artikel yang akan Anda buat membutuhkan penjelasan yang panjang mungkin bisa lebih dari 1000 kata, jika artikel yang Anda buat tidak membutuhkan penjelasan yang panjang bisa jadi panjangnya 300 kata atau lebih dari itu. Memang semakin lengkap penjelasan yang kita buat akan semakin panjang dan memuaskan jawaban dari para pengunjung website kita.

Setelah Anda membuat artikel pastikan artikel yang Anda buat itu kalimatnya tidak sama persis seperti yang ada di website lain. Jika ada yang sama dan itu cukup banyak bisa jadi Google akan menganggap artikel yang Anda buat hasil copy paste dari website lain.

Mungkin Anda ingin bertanya dengan cara apa kita bisa mengecek artikel yang kita buat itu 100% original dan tidak ditemukan kalimat yang sama persis dengan yang ada di website lain? Cara untuk mengeceknya cukup mudah, mulai dari yang berbayar sampai yang gratisan juga ada. Kita akan memanfaatkan semua software ini untuk mengecek setiap konten yang kita buat sebelum kita posting di website kita.

  • Copyscape.com – Berbayar (Saya mengggunakan)
  • Plagium.com – Berbayar & Gratis (Saya menggunakannya)
  • Quetext.com (Saya menggunakannya)
  • plagtracker.com – – Berbayar & Gratis (Saya menggunakannya)
  • duplichecker.com (Blogger Indonesia banyak menggunakannya)
  • smallseotools.com/plagiarism-checker (Blogger Indonesia banyak menggunakannya)
  • plagiarisma.net (Blogger Indonesia banyak menggunakannya)

#2 Jangan Memikirkan Penghasilan Yang Akan di dapat.

Kalau kita mau sedikit melihat di forum-forum dan juga Fans Page dan grup yang ada banyak sekali orang-orang yang pada pusing tentang penghasilan hari ini, tentang biaya klik dan bahkan ada yang rajin banget ngecek gaji setiap bulannya yang akan mereka dapat dari google AdSense.

Ingat Anda tidak harus sampai memikirkan dan melakukan hal yang sangat kecil dan sepele sepele seperti itu. BUANG WAKTU & TIDAK PENTING!

Percaya atau tidak, saya sebagai publisher AdSense hanya memikirkan hal ini, pertama sewaktu saya mengajukan permohonan pendaftaran di AdSense saya hanya menunggu apakah permohonan saya di terima atau tidak, itupun saya bawa kerja dan tidak mau ambil pusing mau di terima atau tidak, yang penting saya sudah mengirimkan permohonan dan website yang saya gunakan untuk mengajukan permohonan saya sudah saya buat sesuai dengan apa yang diminta oleh persyaratan Google, setelah mengirim permohonan selanjutnya saya kerja membuat konten dan membuat website affiliate dan video-video untuk YouTube dan beberapa pekerjaan lain yang biasa saya lakukan. Jadi saya tidak menunggu sambil panik seperti orang-orang lain apalagi sampai menanyakan di forum dan grup-grup yang ada di facebook “Kok iklan saya belum muncul”, “berapa lama AdSense menerima permohonan kita” dan pertanyaan lainnya. Karena menurut saya semua hal itu tidak ada gunanya.

#3 Buat Konten yang Memberi solusi dan Mampu Meningkatkan Traffic

Setelah permohonan AdSense Anda di terima langkah selanjutnya adalah membuat konten website yang mampu meningkatkan penghasilan AdSense Anda secara bertahap, Anda boleh membuat tema apa saja sesuai dengan kesukaan dan yang Anda kuasai. Pastikan untuk riset terlebih dahulu sebelum Anda menulis artikel, setelah mendapatkan bahan mulailah menulis dengan gaya bahasa Anda sendiri dan pastikan artikel yang Anda tulis itu benar-benar memberikan jawaban dan solusi yang dibutuhkan oleh orang yang mengunjungi website Anda saat itu juga, apapun yang Anda ketahui dan kuasai tulis semua jangan ada rahasia, bagikan kepada pembaca Anda semua pengetahuan dan rahasia Anda tentang topik yang sedang Anda bahas.

Apa hasilnya jika kita berbagi sampai tuntas?

 

Jika pengunjung website Anda puas dikemudian hari mereka akan langsung mengunjungi website Anda dan menjadi orang yang tetap tentu membaca konten-konten baru yang Anda terbitkan.

Hal yang harus Anda Lakukan dan Perhatikan Saat membuat konten

  • Riset keyword untuk menemukan keyword yang populer dan abadi.
  • Buat juga konten yang mungkin kurang begitu populer dan di bahas oleh website lain.
  • Buat konten yang memberikan informasi lengkap dan lebih bagus dari website pesaing Anda.
  • Sertakan Gambar/table/video/grafis, bisa pilih salah satu atau masukkan semuanya.
  • Konsisten.
  • Promosikan konten Anda (Facebook, twitter, Linkedin, YouTube, Instagram, SEO, Iklan dll)

Itu adalah beberapa hal yang haru Anda lakukan dan perhatikan saat mulai membuat artikel untuk website Anda. Sekali lagi saya ingin mengingatkan artikel yang Anda buat sebaiknya artikel yang benar-benar memberikan informasi dan juga manfaat kepada para pembaca dan pengunjung website.

#4 Optimasi SEO Website Untuk Meningkatkan Kunjungan (Traffic Website)

Optimasi SEO (Search Engine Optimization) Website adalah suatu cara yang dilakukan seseorang pada blog atau websitenya agar websitenya atau kata kunci tertentu yang di target mudah di temukan di mesin pencari (search Engine). Kami pernah membahas tentang hal ini di artikel yang berjudul “Apa itu SEO”. Kami sarankan untuk Anda yang belum mengerti tentang hal ini untuk membaca artikel itu.

Untuk melakukan SEO biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, ada yang satu bulan, dua bulan dan bahkan ada yang sampai tahunan untuk bisa menduduki halaman pencarian dengan keyword (kata kunci) yang Anda target.

Untuk mengoptimasi setiap artikel yang ada di halaman website Anda saran saya tidak perlu dilakukan secara over atau berlebihan seperti mengoptimasi halaman website utama Anda, cukup berikan siraman backlink secukupnya saja dan optimasi halaman tertentu yang kira-kira memang sangat penting dan banyak di cari orang.

#5 Tingkatkan Penghasilan AdSense dengan High Paying Keyword.

Ini adalah bagian penting di bisnis AdSense yang jika kita gunakan akan mampu meningkatkan penghasilan kita di AdSense. HPK atau High paying keyword adalah kata kunci yang mempunyai nilai cost per clicknya atau biaya per klik yang di bayarkan pihak pengiklan atau Advertiser tinggi.

Ini formula yang seringkali saya gunakan dalam menjalankan bisnis AdSense, tetapi perlu Anda ketahui saya juga seringkali tidak menjalankan formula ini dan tetap menghasilkan juga:

contoh suggested bid

Untuk menemukan keyword-keyword yang mempunyai nilai Klik tinggi (high paying keyword), kita bisa menggunakan tool berbasis web yang sudah sangat populer dan juga yang banyak digunakan seperti:

  • SEMRUSH
  • Wordtracker
  • Long tail Pro dan beberapa tool lainnya.

Sayangnya semua tool itu mengharuskan kita berlangganan setiap bulannya dengan biaya tertentu. Selain menggunakan keyword tool berbayar diatas kita juga bisa mencarinya dengan menggunakan fasilitas gratis langsung dari Google yaitu Google Keyword Planner, tool ini bisa Anda gunakan dan pelajari sendiri, karena cara menggunakannya juga tidaklah terlalu sulit menurut saya.

Mengapa High Paying Keyword Bisa Meningkatkan Penghasilan AdSense Anda?

Sebelum saya menjawab hal itu saya akan menjelaskan secara singkat kembali tentang apa itu high paying keyword di program AdSense dan Mengapa penting untuk Anda? Kata kunci yang mempunyai nilai CPC yang tinggi (high paying keyword) adalah kata kunci yang paling banyak diperebutkan oleh pengiklan. Biasanya para pengiklan khususnya perusahaan besar yang mempunyai modal besar sangat berani untuk bersaing di keyword-keywrd yang mereka incar dan berhubungan dengan bisnis mereka.

Perlu Anda ketahui biasanya keyword-keyword yang mempunyai nilai klik tinggi tingkat persaingannya juga tidaklah mudah di serach engine. Oleh karena itu ada baiknya juga membuat konten-konten yang keywordnya memiliki tingkat persaingan yang rendah.

#6 Penempatan Iklan AdSense Mampu Meningkatkan Pendapatan Adsense.

Faktor penempatan iklan katanya mampu membantu meningkatkan pendapatan AdSense jika ditempatkan dengan benar. Menurut saya pribadi hal ini ada benarnya juga, jika sebuah iklan di tempatkan di tempat yang tepat, mudah terlihat pengunjung website maka kemungkinan di lihat dan di klik oleh pengunjung website juga akan jauh lebih mungkin. Ingat jangan menempatkan iklan dengan sembarangan dan terlalu banyak apalagi memanipulasi agar mudah terklik oleh pengunjung, hal ini bisa mengakibatkan pelanggaran, silahkan membaca kebijaka penempatan iklan AdSense.

Saya lebih senang menempatkan iklan di sidebar dan langsung di halaman konten website. Karena saya pengguna WordPress saya biasanya menggunakan plugin yang juga banyak digunakan namanya Quick AdSense plugin, dengan menginstall plugin ini Anda akan dengan mudah menempatkan iklan Adsense ditempat-tempat yang baik dan Anda inginkan.

Saat menggunakan plugin ini saya biasanya menempatkan iklan di bawah judul, di tengah artikel dan di akhir artikel secara otomatis dan mudah.

#7 Desain Website Yang Menarik dan Teks Yang Enak di Baca.

Percaya atau tidak biasanya saya dan pengungunjung website yang lain jika menemukan website yang terlalu banyak iklan dan teksnya terlalu kecil atau penempatannya berantakan plus tidak ada dukungan gambar atau video biasanya akan langsung meninggalkan website itu dan mencari informasi di website yang lain.

Mungkin ada yang bilang apa hubungannya desain website dengan pendapatan Adsense? Memang secara langsung ini tidak ada hubungannya dengan Adsense dan Adsense sendiri tidak meminta persyaratan para publishernya untuk membuat desain website yang bagus. Tetapi tahukah Anda kebiasaan orang seperti yang sudah saya katakan di atas akan mempengaruhi jumlah kemungkinan klik, dan pengunjung setia website kita setiap harinya?

#8 Ternak Website Baru Untuk AdSense.

Dengan membuat website baru dengan topik yang berbeda hal ini juga bisa membantu meningkatkan pendapatan AdSense Anda. Tetapi ingat tidak mudah untuk mengelola banyak website jika Anda tidak memiliki disiplin waktu yang baik sebaiknya Anda mencari tenaga kerja yang bisa membantu meringankan pekerjaan Anda seperti penulis konten, pembuat ilustrasi, SEO website dan lain-lain.

Anda bisa memiliki karyawan jika Anda sudah mempunya penghasilan yang baik dari Adsense. Ada banyak manfaat jika Anda tidak bekerja sendirian, pekerjaan Anda akan lebih ringan dan pendapatan juga akan semakin meningkat.

Seperti yang sudah saya katakan, bangunlah bisnis AdSense ini seperti Anda membangun sebuah perusahaan, ada bos dan ada karyawan. Anda bisa mempekerjakan karyawan secara online, Anda bisa mencarinya di:

  • Forum Ads ID
  • Freelancer
  • Sribulancer
  • Upwork
  • Peopleperhour
  • iWriter dll

Jadi itu adalah Pengalaman kami Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense Secara bertahap. Semakin rajin kita membuat artikel setiap harinya lama-lama penghasilan kita juga akan semakin meningkat. Semoga apa yang saya bagikan di artikel ini bisa bermanfaat buat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top