skip to Main Content
Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube Bagian Kedua

Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube bagian kedua

Dalam artikel “Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube – Bagian Kedua” ini kita akan belajar bagaimana kita bermain YouTube Adsense agar kita bisa menghasilkan. Saya tidak mengatakan apa yang saya tulis di sini adalah panduan yang paling baik dari pada orang lain. Panduan yang saya jelaskan di sini adalah salah satu cara saya dalam Menghasilkan Uang Dari YouTube. Jika Anda ingin mengikuti panduan ini silahkan jika tidak juga tidak apa-apa. Ini adalah hanya panduan yang DASAR SEKALI yang bisa Anda jadikan sebagai acuan Anda (tinggal Anda kembangkan). Nanti setelah mempelajari semua panduan berseri ini silahkan mencari dan menemukan cara Anda sendiri dalam bermain YouTube Adsense.

Baca Panduan Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagian Pertama di Sini!

Dalam berbisnis di YouTube Adsense Anda harus fokus pada tujuan awal Anda. Sebenarnya fokus dalam belajar dan menjalankan sebuah bisnis tidak hanya berlaku pada YouTube Adsense saja tetapi berlaku juga untuk bisnis-bisnis yang lain, “Fokus” adalah kunci utama kesuksesan dalam melakukan apapun.

Saat Anda mulai memutuskan untuk menjalankan bisnis Adsense, Anda harus SERIUS, FOKUS dan SABAR. Meskipun awalnya Anda melihat belum ada pemasukan yang dihasilkan dari akun YouTube Adsense, janganlah pernah berhenti, percayalah jika Anda tekun dan serius Anda akan menghasilkan juga meskipun itu baru $0,01.

Fokus – Jangan Tergoda untuk Pindah ke Lain Hati

Saya memperhatikan banyak sekali orang-orang (hanya melalui internet) jika ada yang share screenshoot penghasilan mereka bulan ini dengan angka yang FANTASTIS banyak yang pada tergoda untuk belajar tentang itu dan mencoba-coba, padahal bisnis YouTube Adsense baru saja mulai dia jalankan selama satu bulan. Ada orang yang share penghasilan mereka dari dropship, Dia coba belajar dropship dan menjadi dropship, ada yang share penghasilan dari affiliate dia juga belajar dan menjadi affiliate. Bagaimana mungkin orang seperti ini akan sukses? Pelajaran yang satu belum dia kuasai dan menghasilkan sudah pindah ke lain hati?

Cara yang benar untuk bisa sukses dibisnis online adalah “FOKUS & SABARpelajari dulu satu materi, kemudian praktekkan sampai benar-benar menghasilkan dan stabil, jika memang ini sudah berjalan dengan baik dan bisa menjadi sumber penghidupan, silahkan kalau Anda mau mengembangkan dan menjalankan bisnis yang lain.

Percayalah semua bisnis bisa menghasilkan.

Saya secara pribadi sekarang ini hanya fokus pada Google Adsense dan YouTube Adsense dan Affiliate saja. Saya tidak lagi bekerja kantoran sejak saya dikeluarkan (PHK Sepihak) dari kantor tempat saya bekerja, sebenarnya saya suka bekerja di sana meskipun gajinya sangat kecil (yang mau kerja di Bali pikir-pikir dulu karena gaji di Bali sangat kecil ketimbang di Jakarta, kecuali Anda buka usaha sendiri di Bali beda hasilnya). Tetapi dari situ saya akhirnya bisa mengenal bisnis online ini dengan penghasilan yang bisa saya katakan mengalahkan gaji bos saya. (bisa jadi begitu, bisa jadi gaji saya masih dibawahnya sedikit dalam sebulan)

Saya senang bisa bekerja seperti ini karena saya tidak membutuhkan jam kerja yang lebih lama dan selain itu saya juga bisa mengurus Anak saya dari pagi sampai jam pulang kerja mamanya. (karena Mamanya kerja kantoran – maklum Papanya pengangguran selama 9  tahungara-gara tidak ada yang mau menerima kerja  – Apakah para pembaca blog ini ada yang mau terima saya kerja?). Dalam menjalankan bisnis YouTube Adsense, Saya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja untuk upload video ke YouTube jika videonya sudah selesai dibuat. Sedangkan untuk membuat konten video bisa 2-4 jam bahkan bisa berhari-hari juga (bergantung dengan video yang akan dibuat).

Saya selalu mengusahakan dalam sehari untuk selalu mengupload satu video jika tidak memungkinkan kadang dalam 1 minggu satu video bahkan ada yang satu bulan 1 kali saja, hal itu tidak menjadi masalah yang terpenting kita tetap bekerja dan terus membuat konten video meskipun uploadnya tidak setiap hari. Saya selalu yakin “Fokus, Ketekunan dan kejujuran pasti akan membuahkan hasil jika kita terapkan dalam pekerjaan apapun”.

Tetap Semangat Meskipun:

  1. Ada komentar jelek yang menjatuhkan
  2. Penghasilan Anda baru $1 (ini akan terus bertambah, tunggu waktu saja)
  3. Jangan pernah tergoda lihat penghasilan orang lain untuk mempelajari bisnis baru, jadikanlah itu sebagai semangat saja bahwa Anda juga bisa menghasilkan. Tetap fokus sampai Anda benar-benar menghasilkan dari YouTube Adsense. Percayalah YouTube Adsense bisa kita jadikan sumber penghasilan utama dan dijadikan pekerjaan tetap kita. Emang kalian tidak kepingin bisa kerja di kantor Google dan YouTube walau hanya dari rumah? SAYA BANGGA SEKALI! Saya kalau di tanya orang kerja di mana mas? Saya selalu jawab begini, “saya kerja untuk Google dan YouTube”.
  4. Ada mastah yang bilang cara riset kita salah kalau hanya menggunakan Keyword Planner dan Trafic Travis saja atau cara kita menghasilkan uang lambat jika menggunakan cara ini dll yang intinya si Mastah ini ingin membuat kita DOWN, jangan ambil hati dan dengarkan, anggap angin lalu. Jika Anda sudah melihat angka $1 saja di Akun Adsense Anda, itu tandanya Anda sudah berhasil, tidak ada yang salah, yang ada hanya tinggal meningkatkan cara dan trik kerja kalian saja. (jangan pernah gunakan cara blackhat)

Buat dan Temukan Video Yang bisa menghasilkan.

Anda bebas memilih tema video yang mau dibuat. Tentunya untuk bisa menghasilkan di YouTube Adsense dalam satu channel YouTube harus kita isi dulu dengan 100 – 300 video. Setelah Anda sudah memiliki video sebanyak itu Anda bisa perhatikan perkembangan channel Anda. Lihat apakah jumlah viewnya sudah mencapai 10.000? jika ya, Anda sudah bisa mengaktifkan monetisasi pada setiap video yang sudah Anda upload agar Anda bisa mulai menghasilkan uang.

Apakah harus mengupload video sebanyak itu dulu agar video kita bisa muncul iklannya? Jawabannya tidak harus, jika Anda hanya memiliki 20 video dan viewnya sudah mencapai 10.000 maka video Anda sudah bisa menampilkan iklan dan mulai menghasilkan uang. Contohnya salah satu channel yang baru-baru ini saya buat adalah channel submitclimb, video yang saya upload baru berisi 20 Video saja, tapi viewnya sudah bisa mencapai 10.000 (pada saat artikel ini dibuat).

10000 view youtube submitclimb

Kenapa harus upload video sebanyak itu?

Jawabannya karena Anda ingin menghasilkan uang dari YouTube, jadi kalau jumlah video yang Anda Upload sangat sedikit maka penghasilan Anda juga sedikit (Kecuali Anda sangat terkenal dan sudah memiliki subscriber yang banyak). Jadi kalau bisa coba buat target untuk satu channel video yang Anda buat harus menghasilkan $25 atau lebih. Jika channel yang Anda buat sudah menghasilkan $30 secara rutin tiap bulannya, maka Anda bisa berhenti sementara untuk mengupload video di channel itu.

Kalau jaman dulu kita bisa langsung monetisasi setiap video yang sudah kita upload meskipun jumlah viewnya belum sampai 10.000. Namun sejak tanggal 6 April 2017 YouTube mulai memperketat orang-orang yang ingin mendaftar YouTube Adsense.

KURANG DARI 10000 PENAYANGAN

 

Bermain Jumlah Video dan Channel

Ada beberapa Orang yang menggunakan cara ini, mereka bermain YouTube dengan memiliki banyak channel dengan membuat banyak gmail. Caranya seperti ini, pertama mereka akan membuat channel baru dan mengupload video ke channel itu sebanyak 100 – 300 Video (capek juga emang buatnya) setelah mereka melihat penghasilannya ada dan mencapai target yang mereka inginkan katakanlah $30/bulan maka mereka akan meninggalkan channel itu dan membangun channel yang baru. Begitu seterusnya (bebas mau buat channel sebanyak-banyaknya juga boleh). Jadi kalau Anda punya 10 channel Youtube dengan tiap channel penghasilan perbulannya $30 maka, $30 x 10 channel = $300. lumayan khan?

Sekarang pertanyaannya adalah kalian mau penghasilan berapa tiap bulannya? Masing-masing orang berbeda target penghasilannya. Makin tinggi targetnya maka akan makin banyak juga video yang akan orang itu Upload dan channel YouTube yang akan dibuat. (kebanyakan yang bermain di Quantity mereka akan membuat banyak channel dan mereka akan membuat video slideshow).

Buat Video Berkualitas (konten Berkualitas)

Ada sedikit perbedaan Antara membuat channel sebanyak mungkin kemudian mengupload videonya juga sebanyak mungkin dengan membuat Video yang kontennya berkualitas (konten dibuat serius). Untuk Konten video yang dibuat dengan serius biasanya orang ini hanya memiliki satu atau dua channel saja yang dibangun. Tetapi isi kontennya digarap dengan serius dan lebih menarik.

Sedangkan menurut saya mereka yang main quantity biasanya kontennya dibuat terburu-buru. Mereka hanya mementingkan jumlah video dan uang yang dihasilkan. Mereka kurang memperhatikan segi – segi penting lain.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, mereka yang bermain dengan video berkualitas (konten berkualitas) biasanya hanya memakai satu atau dua channel saja yang dikelola. Jumlah video yang di upload juga tidak secepat dan sebanyak mereka yang main quantity dan reupload. Tetapi penonton mereka biasanya sangat banyak. Contohnya seperti: Agung Hapsah, Keluarga El, Raditya Dika, Arab dll.

Hanya saja saat kita bermain dengan konten berkualitas dibutuhkan kesabaran yang lebih untuk bisa seperti orang-orang yang saya sebutkan diatas. Karena untuk menarik minat orang yang menonton tidaklah mudah. Dalam kasus tertentu memang kadang-kadang beberapa orang mudah untuk melakukannya.

Hindari Menggunakan Konten Berhak Cipta

Kalau saya tidak salah ingat pada artikel sebelumnya atau di video sebelumnya saya sudah menyinggung mengenai hal ini (jika belum berarti pikunnya saya makin parah). Saya memperhatikan di forum-forum, Facebook group banyak sekali teman-teman yang curhat tentang pengalaman mereka tersandung masalah ini dan akhirnya di banned.

Musik. Supaya kita bisa aman bermain YouTube coba untuk menghindari menggunakan musik yang itu berhak cipta, gunakan saja musik yang memang itu bebas untuk kita gunakan (free copyright).

Gambar. Penggunaan gambar dengan sembarangan juga sangat membahayakan kita. Jadi usahakan untuk tida mencari gambar di Google Image. Gunakan dan cari gambar yang memang itu bisa kita gunakan di YouTube dan website kita. Ada banyak situs-situs yang bisa kita kunjungi untuk mendapatkan gambar yang free copyright. Oh iya gambar yang saya maksud di sini bukan hanya gambar foto saja tapi termasuk gambar dalam bentuk video bergerak.

Backsound. Saat Anda ingin merekam video pastikan di sekeliling Anda tidak sedang menyetel musik dangdutan atau musik lainnya. Kalau saat kita merekam video ada suara musik yang masuk terekam tanpa sengaja oleh kita, ini bisa membahayakan video dan akun kita, kita bisa ditegur atau dikenakan kasus hak cipta oleh YouTube.

Tema – Cara Mereka Bermain YouTube.

Mungkin banyak diantara kita masih banyak yang pada pusing dengan masalah tema membuat video apa ya yang nanti bisa menghasilkan. Jangan terlalu Anda pusingkan masalah tema video apa yang mau kita buat, apapaun tema video yang Anda buat pasti bisa dan akan menghasilkan jika dikerjakan dengan tekun dan serius. (meskipun hasilnya memang akan berbeda-beda). Memang kalau kita memikirkan dengan baik tema apa yang paling banyak mendatangkan penonton hasilnya juga akan jauh lebih bagus.

Mulailah dari apa yang Anda bisa dan Anda sukai. Saya secara pribadi tidak memiliki keahlian apapaun untuk bekerja. Semuanya serba setengah-setengah dengan segala keterbatasan yang saya miliki itu, dalam membuat video saya tidak mau pusing dengan segala macam kerumitan mulai dari penggunaan motion-motion yang mau digunakan dalam video, lensa, kamera dan cara pengambilan video. Saya mulai dari hal yang paling sederhana dan yang saya bisa saja.

Banyak orang bermain YouTube Adsense membuat video tentang:

Video Berita terbaru. Kebanyakan yang membuat video seperti ini tidak rumit, mereka hanya membutuhkan alat perekam layar monitor komputer dan mulai merekam siaran berita TV melalui komputer mereka. Setelah selesai mereka rekam mereka meng-upload ke YouTube.

Sebetulnya cara seperti ini tidak salah, yang membuat salah menurut saya adalah mereka 100% mengambil berita stasiun TV orang seperti TVone, SCTV, Metro TV dll. Cara yang benar jika Anda mau main berita terbaru adalah silahkan lihat stasiun TV ada berita baru apa? Kemudian berita yang lagi hangat itu kita kemas dengan menggunakan gaya bahasa kita, untuk gambar bisa menggunakan cuplikan dari gambar yang ada TV tapi jangan banyak-banyak. Misalnya “Siang ini TVone memberitakan tentang penangkapan Teroris yang mengebom Starbuck kemarin siang, pelakunya dua orang wanita dan satu pria” kemudian kita bisa menampilkan gambar berita yang ada di TVone. Bisa juga kita gabungkan dengan gambar berita yang ada di staisun TV lain, kemudian edit dan jadikan video dengan suara Anda sendiri atau dengan menggunakan software.

Cara kedua yang menurut saya baik adalah isi beritanya memang akan sama, kita hanya memberitakan ulang dengan suara kita (suara orang lain atau suara robot juga bisa) kemudian foto-fotonya bisa kita gerakkan menjadi video slideshow.

Lebih bagus jika berita hari ini kita liput dari hasil rekaman video kita sendiri, hanya saja jika Anda menggunakan cara ini bisa jadi waktu yang Anda butuhkan akan banyak dan biaya untuk membuat videonya juga menjadi tinggi, karena akan ada biaya transport dll.

Kehidupan Kita. Kita juga bisa membuat video YouTube tentang kehidupan kita misalnya, hari ini kita mau makan apa, ada dimana dan sedang melakukan kegiatan apa saja. Bisa juga tentang:

  1. Seputar kantor
  2. Sekolah
  3. Kampus
  4. Keluarga
  5. Perjalanan wisata
  6. Memasak
  7. Kemping
  8. Rohani
  9. Kegiatan bersama teman dekat kita dll.

Produk. Kita bisa membuat video tentang:

  1. Review produk terbaru (HP, Mobil, Motor, Komputer dll)
  2. Saat Anda belanja. Anda bisa membuat video seperti ini, untuk membuat videonya juga sangat mudah.
  3. Informasi Produk Baru (bisa apa saja contoh software baru dll)

Bahasa Yang Digunakan Dalam Video

Saat kita hendak membuat sebuah video tentukan juga kita mau memakai bahasa apa? Ada begitu banyak bahasa yang bisa kita gunakan. Memang kalau kita menggunakan bahasa inggris kita bisa menarik segala macam penonton dari negara mana saja karena bahasa inggris adalah bahasa internasional, selain itu dengan menggunakan bahasa inggris kita tidak hanya mentarget orang-orang dari USA saja, tetapi dari Negara-negara lain yang menggunakan bahasa inggris, dengan begitu penghasilan kita juga akan lebih besar ketimbang kita menggunakan bahasa Ibu kita.

Tetapi ini bukan berarti jika kita menggunakan bahasa indonesia, jawa, sunda atau bahasa lain kita tidak akan menghasilkan, Kita tetap akan menghasilkan hanya saja komisi yang kita dapat memang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang menggunakan bahasa inggris atau target USA.

Jika Anda bisa menggunakan bahasa daerah buatlah video dengan menggunakan bahasa daerah yang di campur dengan bahasa Indonesia jadi tidak 100% bahasa daerah, contohnya jika Anda bisa bahasa ngapak-ngapak kepriben ini akan menjadi daya tarik yang tinggi, gabungkan dengan bahsa Indonesia. Percayalah penonton Anda pasti akan membludak, apalagi kalau dibumbui sedikit lawakan (jangan banyak-banyak lawakannya).

Video Main Game

Siapa yang tidak suka main Game? Saya rasa mulai dari anak-anak sampai orang tua semua suka main game. Anda bisa menggunakan hobi main game Anda menjadi ladang untuk mengeruk uang dari YouTube. Tentu saja kita harus menginstall game di komputer kita dan merekam layar monitor kita dengan menggunakan software perekam layar monitor. Nanti akan saya jelaskan lebih dalam bagian ini pada artikel selanjutnya yang membahas software apa saja yang saya gunakan.

Main Natural Dan Aman Saja

Banyak orang yang ingin cepat sampai kepuncak, mereka tidak perduli caranya, yang penting secepat mungkin mereka ke puncak dan menikmati hasil. Makannya banyak orang yang menggunakan trik-trik jahat saat bermain YouTube Adsense. Saya ingin mengingatkan Anda, kenapa Anda ingin terjun ke bisnis YouTube Adsense ini? Untuk mencari kerja bukan? Anda ingin pekerjaan yang bisa Anda lakukan di mana saja bukan? Kalau itu jawaban Anda maka sebaiknya lakukan pekerjaan ini dengan cara yang baik dan benar.

  1. Upload video manual dan berkala (jangan gunakan software apapun)
  2. Bikin video manual jangan gunakan robot atau menggunakan cara reupload dengan mengambil video orang lain. Hargai kerja keras dan karya cipta mereka yang membuat video itu.

Buat Target Penghasilan Untuk Tiap Channel

Jika Anda main di quantity pastikan untuk membuat target penghasilan tiap channel yang Anda bangun. Misalnya tiap satu channel yang sudah menghasilkan $25 – $30 bisa Anda tinggalkan untuk sementara waktu channel video itu, dan kemudian yang akan Anda lakukan selanjutnya adalah membangun channel yang baru. Ingat ya ini bukan berarti channel pertama kita dilupakan, kita tetap akan upload video sekali-kali ke akun channel yang sudah stabil dengan penghasilan $30 sebulan.  Untuk channel tema kehidupan pribadi, Anda bisa terus buat konten yang berkualitas dan upload video ke sana. Untuk yang satu ini memang dibutuhkan kesabaran karena tiap orang berbeda-beda, ada yang mudah menarik penonton atau orang ada juga yang sulit untuk menarik penonton.

Percayalah semua video yang Anda buat akan menghasilkan juga nantinya jika Anda bekerja dengan tekun, kerja keras, sabar dan jujur. Semua hal itu tidak boleh dipisahkan jika kita ingin sukses di YouTube Adsense dan Google Adsense.

Ok pembahasannya sampai di sini dulu, karena artikelnya menurut saya sudah terlalu panjang ya, kita akan lanjutkan di artikel selanjutnya yang akan membahas tentang Software apa saja yang saya gunakan untuk bekerja dan menjalankan bisnis YouTube Adsense ini.

Back To Top