skip to Main Content
Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Menghasilkan Uang dari Instagram mulai banyak di gemari. Media sosial terus berkembang dan mempengaruhi cara hidup Orang. Kalau dahulu untuk berjualan dan mempromosikan suatu barang yang mau kita jual sangat sulit dan harus pergi ke kantor Surat Kabar atau majalah, kini kita bisa beriklan dan berjualan melalui media sosial seperti Instagram via Internet. Tidak hanya melalui Instagram sekarang ini ada begitu banyak sekali cara unik kita bisa menghasilkan uang dari situs-situs media sosial yang bisa menampilkan gambar dan juga video.

Hampir semua usia mulai menggunakan Instagram. Di Indonesia sendiri instagram sangat populer. Berdasarkan berita yang ada di situs detik, pada tahun 2017 saja, pengguna instagram di indonesia mencapai 700 juta orang lebih, angka yang cukup besar. Dan pasti ini akan terus bertambah dari hari ke harinya.

Coba bayangkan apa yang bisa kita ambil manfaat dari angka pengguna instagram itu? Kita bisa ambil jadi kesempatan untuk mempromosikan bisnis kita kepada para pengguna Instagram. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari Instagram, karena kita tahu Instagram itu adalah situs jejaring sosial berbagi. Anda penasaran? Sama saya juga sama penasarannya dengan Anda. Mari kita sama – sama meriset dan belajar caranya Orang-orang banyak mendapatkan uang dari Instagram.

Sama seperti blogger, Youtuber atau siapapun yang mencoba mengumpulkan follower maupun penonton untuk konten yang mereka terbitkan, para pengguna Instagram juga mencapai hasil yang luar biasa. Melalui Instagram Anda bisa untuk membangun bisnis (Menghasilkan Uang dari Instagram) atau hanya sekedar untuk mendapatkan uang tambahan saja atau mendapatkan produk Gratis.

Berapa Banyak Followers Yang saya Butuhkan?

Mungkin Anda mulai berpikir, jika saya ingin Menghasilkan Uang dari Instagram berapa banyak followers yang harus saya miliki? Jawaban secara singkat adalah “tidak sebanyak yang Anda pikirkan dan dikatakan banyak orang”.

Jawaban Panjangnya bergantung dari faktor ini:

  • Apa Niche yang sedang Anda target? Dan seberapa mudah Anda menghubungkannya ke dalam kategori produk seperti Fashiom, foof, kecantikan, fitness atau niche populer lainnya, berdasarkan top hashtags.
  • Seberapa banyak followers sebenarnya. (100k fake followers tidak ada pengaruhnya)

Pada prinsipnya. Semakin banyak follower manusia sungguhan (pengguna dan pemilik akun nyata) semakin baik.

Banyak Top Pengguna Instagram mendapatkan uang dari setiap post photo yang mereka buat, tetapi bagi mereka yang tidak memiliki banyak follower juga bisa mendapatkan keuntungan dari Instagram.

Apa yang perlu Anda lakukan Untuk Menarik Follower

Hal yang paling pertama harus Anda ketahui. Follower seperti apa yang ingin Anda target? Anda perlu tahu, bahwa semua orang yang ingin memasarkan produk atau jasanya kebanyakan menginginkan follower yang nyata bukan yang fake follower. Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak follower? Ada beberapa cara yang benar untuk kita bisa meningkatkan follower (jumlah pengikut).

  • Isi Bio data Anda dengan benar dan Jujur. Ini termasuk informasi kontak Anda, informasi tentang apa yang Anda posting dan juga asal Anda. Jangan ragu untuk menambahkan beberapa keywor (kata kunci) dan juga hashtag untuk memastikan Anda mudah ditemukan orang-orang yang tepat. Contohnya: Beauty Blogger dari Bali yang suka berwisata. Business inguiry: submitclimb@gmail.com.
  • Posting secara teratur. Tentu tidak mudah untuk memposting secara teratur / tetap tentu. Jika Anda tekun melakukan hal ini, memposting beberapa gambar setiap hari… ingat jangan memposting semua foto sekaligus. Lakukan saja satu hari 1 foto saja tetapi dengan kualitas yang bagus.
  • Ambil foto yang bagus. Langkah ini yang akan membantu Anda mendapatkan point lebih. Jadi pastikan untuk mengambil gambar-gambar yang bagus yang memiliki kualitas yang baik dan juga memiliki efek yang menarik. Karena tidak akan berguna jika Anda memposting gambar-gambar yang banyak tetapi tidak memiliki kualitas yang bagus dan yang kurang menarik. Jadi luangkan waktu Anda untuk belajar caranya mengambil gambar yang baik. (Saat ini saya menggunakan kamera Sony DSLR, Canon DSLR dan Kamera Poket Sony.
  • Gunakan hashtag yang Relevan. Sangat tidak mungkin gambar Anda akan dilihat lebih banyak orang tanpa menggunakan hashtag yang relevan. Jadi biasakan untuk memasukkan hashtag di setiap postingan gambar atau video Anda. Saya biasanya menggunakan situs atau aplikasi tagsforlikes untuk mendapatkan ide dan hashtag yang saya ingin target.
  • Komunikasi dengan Calon Follower Anda. Kita tidak bisa mengharapkan banyak orang untuk melihat dan kemudian menyukai akun Instagram kita, kita harus aktif berinteraksi dengan mereka. Ini memang memakan waktu. Tetapi Anda harus melakukan ini untuk mendapatkan follower, berikan like gambar atau mungkin memberi komentar. Jika Anda memberi komentar dan menyukai gambar orang lain kemungkinan besar orang akan tertarik untuk memeriksa atau mengunjungi akun Anda, kita berharap semoga dia menjadi follower kita dikemudian hari.

Baiklah, sekarang Anda telah tahu bagaimana caranya untuk meningkatkan jumlah calon follower Anda – sweet! Sekarang saatnya untuk memulai mencari tahu bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Instagram.

Bagaimana Caranya Menghasilkan Uang dari Instagram

Sebenarnya ini bergantung dari konten yang ada di instagram Anda, Audiens Anda, Anda bisa mendapatkan uang dari Instagram dengan beberapa cara berikut ini:

1 Affiliate Marketing

Affiliate Maketing proses kerjanya adalah ketika Anda mempromosikan produk orang lain di situs yang Anda miliki (bisa juga di sosial media yang Anda punya) dan ketika ada orang yang membeli melalui link affiliate Anda, Anda akan mendapatkan kompensasi (komisi) dari penjualan yang terjadi. Dengan menggunakan Instagram Anda bisa menjadi Affiliate Marketing.

Melalui akun Instagram pribadi, Anda memposting gambar dari produk-produk tertentu sampai terjadi penjualan melalui URL affiliasi Anda (link affiliasi disediakan oleh affiliasi Anda)

Ada banyak sekali perusahaan tempat Anda bisa bergabung menjadi Affiliate. Berikut ini beberapa list saja yang bisa saya sebutkan:

Shareasale: Anda bisa menemukan ratusan perusahaan yang bisa menerima affiliate member di sini, masuk ke program affiliasi mereka, tunggu Anda untuk di approve, jika sudah di approve maka Anda sudah bisa memasarkan produk mereka dan mendapatkan komisi.

Makethealth: Sama seperti shareasale

CJ.com: CJ sama seperti Shareasale, silahkan bergabung, kemudian temukan perusahaan mana yang produknya mau Anda promosikan dan dapatkan komisi.

Amazon Affiliate Program: ini program affiliasi yang populer yang akan membayar komisi sebesar 10%

Untuk di Indonesia belum banyak, tetapi ada juga contohnya Anda bisa bergabung untuk mempromosikan perusahaan hosting dan domain sehingga Anda bisa mendapatkan komisi. Untuk Lazada sebaiknya jangan terburu-buru untuk bergabung menjadi affiliate. Baca dulu review yang menjadi affiliate di sana, kebanyakan dari yang sudah-sudah banyak yang pada kecewa. Bahkan saya pernah mencoba berbelanja di sana sampai hari ini barang saya tidak pernah dikirim. Jadi meskipun Lazada besar masih banyak sekali kekurangannya. Kalau mau belanja Online saya lebih suka di Tokopedia.

Tips: Affiliate link biasanya sangat panjang dan jelek, jadi saya menyarankan Anda untuk memendekkan URL dengan menggunakan bit.ly atau menyembunyikan link affiliatenya seperti yang saya lakukan di artikel ini.

2 Menjual Barang / Produk di Instagram

Ini adalah cara yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang, saya memperhatikan ada begitu banyak akun khusus untuk jualan yang dibuat oleh orang untuk berjualan di Instagram salah satunya adalah saya sendiri. Produk apa saja yang dijual di sana? Sangat beragam, bisa produk fisik atau bisa juga produk digital termasuk makanan.

Lalau bagaimana kalau kita tidak mempunyai produk atau barang untuk dijual di Internet? Kita bisa menjadi dropship atau reseller dari toko online lain yang sudah terpercaya. Jadi sekarang ini sangat mudah untuk berjualan secara online. Bahkan hanya modal Internet, HP dan komputer sudah bisa jalan.

3 Menjual Jasa Di Instagram

Tidak hanya menjual makanan, produk fisik dan juga digital, kita bisa menjual jasa kita di Instagram, seperti Jasa Desain (membuat logo, kartu nama, desain, banner dan lain lain), Jasa Pembuatan Blog atau website dan jasa lainnya.

4 Menjadi Buzzer di Instagram

Bisnis yang satu ini banyak dilakukan oleh para pemilik akun instagram yang mempunyai follower ribuan. Kalau kita tidak mempunyai follower yang banyak bisa jadi kita tidak bisa ikut dalam bisnis ini, karena follower kita paling tidak ada sekitar 100.000 sampai dengan 500.000.

5 Selling your photography

Buat Anda yang suka dengan fotografi bisa menjual karya foto Anda juga lho. Saya juga memperhatikan banyak pecinta fotografi memposting hasil karya foto mereka ke instagram untuk tujuan promosi dan bisa menjual foto foto mereka.

6 Menjadi Endorser di Instagram

Ini bisa di samakan seperti Anda menjadi seorang ambasador dari sebuah produk tertentu. Untuk menjadi Endorser tidak mudah, biasanya hanya orang-orang yang terkenal saja yang bisa jadi, contohnya seperti Ayu ting tong, Gisel gading dan saya hehehehe….(ngarep dot kamp). Selain mendapatkan uang biasanya seorang endorser akan mendapatkan produk yang di promosikan secara gratis. Enak ya.

Lakukan Keseharian Anda (Dan dapatkan Uang dari Instagram)

Kita semua melakukan hal yang berbeda-beda setiap harinya, ada yang memasak, bekerja, bermain dengan Anjing atau hewan peliharaan lain atau melakukan kegiatan Hobi untuk kesenangan kita atau untuk membuat orang tertawa, misalnya Saya melakukan pemotretan konyol dengan anjing saya atau berbagi foto makanan sewaktu saya makan di tempat-tempat yang saya kunjungi, semua hal biasa itu bisa kita jadikan sumber pendapatan di Instagram. Butuh proses untuk memulai tetapi jika kita lakukan secara rutin dan terus menerus akan membuahkan hasil juga.

Back To Top