skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Cara Menghapus Watermark Di Photoshop Dengan Spot Healing Brush Tool

Cara Menghapus Watermark di Photoshop dengan Spot Healing brush tool

Cara Menghapus Watermark di Photoshop bisa saya katakan GAMPANG dan SUSAH. Gampang untuk foto yang memiliki watermark yang lebih kecil tingkat kerumitannya, susah untuk foto yang memiliki watermark dengan tingkat kesulitan tinggi. Bukan hanya di photoshop saja jika kita menggunakan software lain seperti cara menghapus watermark foto dengan Inpaint juga bisa saya katakan GAMPANG dan SUSAH. Berdasarkan pengalaman saya yang namanya menghpaus watermark selalu tidak mudah dan pasti ada bekasnya walau itu sedikit sekali.

Tapi apakah itu berarti kita tidak bisa menghapus watermark dengan bersih total?

Saya jawab BISA…

Kita semua bisa menghpaus watermark dengan sangat bersih jika mau lebih teliti dan telaten dalam menghapus watermark.

Apa itu Watermark dan Apa Fungsi Watermark.

Bagi teman-teman yang belum tahu Watermark biasanya dibuat dalam bentuk logo atau text yang diletakkan di sebuah gambar untuk melingdungi gambar atau foto itu tidak digunakan oleh orang lain tanpa seijin dari pemiliknya, watermark juga akan membantu memberitahu seseorang siapa sebenarnya pemilik foto itu dan kebanyakan watermark yang dibuat sangat sulit untuk kita hapus.

Menghapus watermark bisa menggunakan beberapa tool dan cara jika kita menggunakan program photoshop, dan semua tool dan cara itu bisa kita gabungkan saat menghapus watermark agar bisa menghasilkan gambar yang benar-benar bersih dari watermark.

Oh iya jangan lupa untuk mengunjungi Channel YouTube kami karena di sana ada tutorial gratis cara menggunakan photoshop mulai dari A sampai Z yang terus kami tambahkan video panduannya secara rutin, jadi Anda bisa belajar photoshop secara gratis secara online sampai mahir kapan saja dan dimana saja Anda mau.

Tool Yang BIsa digunakan Untuk Menghapus Watermark di photoshop:

  • Menghapus Watermark dengan Spot Healing brush tool
  • Menghapus Watermark dengan Clone Stamp tool
  • Menghapus Watermark dengan Patch tool
  • Menghapus Watermark dengan Aware move tool
  • Menghapus Watermark dengan Blanding Mode Layer

Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan gambar yang saya dapatkan dari screen saver windows 10, mudah-mudahan saya tidak salah sebut, saat komputer kita tidak digunakan biasanya komputer akan menidurkan diri, saat kita akan menggunakan lagi kita tinggal tekan sembarang tombol dan komputer akan menyala, nah gambar ini saya dapatkan pada saat komputer saya dalam kondisi itu karena saya suka gambarnya maka saya mengambilnya dengan menggunakan software Techsmith Snagit caranya cukup mudah kita hanya perlu mengklik tombol print screen di keyboard lalu gambar akan langsung di capture atau di rekam, Sayangnya tulisan jam, hari dan teks lainnya tidak hilang pada saat saya mengambil gambar ini, karena semua tulisan itu muncul secara otomatis dari program windows screen saver.

Download Exercise Files:

Untuk memudahkan Anda belajar dan mengikuti panduan photoshop ini, saya telah menyertakan file latihan yang saya gunakan dalam video Cara Menghapus Watermark di Photoshop dengan Spot Healing brush tool. Silahkan download filenya di sini. Jika Anda kesulitan untuk mendownload file di Openload karena terkena Internet positif atau situs tidak bisa dibuka karena di blokir pemerintah silahkan tonton video cara membuka situs Openload di sini.

 
 

Nah kita akan mencoba menghilangkan tulisan itu dengan menggunakan Spot healing brush tool. Langkah pertama Anda perlu membuka file “surf man bali” kemudian Anda klik Spot healing brush tool seperti yang terlihat di dalam gambar.

buka file surf man

Ukuran brush bisa Anda sesuaikan (besar atau kecil) dengna mengklik tombol yang ada di gambar:

ukuran Spot Healing brush bisa di sesuaikan

Gosok area yang ada watermarknya dengan menekan mouse dan geser, setelah itu lepas

gosok dengan healing brush

Bagian Gambar yang ada watermarknya akan langsung hilang seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

watermark hilang dengan Spot Healing brush tool

Caranya cukup mudah bukan dengan menggunakan Spot Healing brush tool photoshop, di lain kesempatan saya kita akan belajar caranya menghapus watermark dengan menggunakan tool photoshop yang lain.

Jika Anda lebih suka belajar menggunakan video saya juga sudah membuatkan panduan Cara Menghapus Watermark di photoshop dalam bentuk video singkat yang bisa Anda tonton di bawh ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top