skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Menghapus Kotak Isian URL Website Di Kotak Komentar WordPress

Cara Menghapus Kotak Isian URL Website di Kotak Komentar WordPress

Sedang mencari Cara Menghapus Kotak isian URL Website di kotak komentar WordPress. Anda tidak salah mengunjungi website, SUBMITClimb akan memberitahu caranya kepada Anda pada artikel kali ini. Kita tahu banyak sekali spammer yang menggunakan komentar WordPress (website) untuk tujuan mendapatkan backlink ke website yang mereka ingin optimasi, cara ini dari dulu hingga hari ini yang paling populer untuk melakukan spam. Banyak komentar spam yang masuk ke website kita biasanya dihasilkan oleh bot otomatis. Anda dan saya bisa bisa melakuka pencegahan dan memblokir komentar spam yang masuk ke website dengan beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan.

Hal yang paling sulit di cegah adalah mencegah seseorang memberikan komentar untuk tujuan spam. Ini sangat tidak masuk sekali ya? Mengapa ada orang yang mau melakukan hal itu secara manual? Dan bagaimana Anda bisa menghapus URL website yang ada di form komentar?

Di dalam artikel ini juga saya (SUBMITClimb) akan menjelaskan kepada Anda mengapa beberapa Orang mau membuat komentar spam secara manual dan menunjukkan kepada Anda bagaimana menghapus form pengisian URL Website yang ada di website Anda.

Jika Anda pemula di sini, Anda tidak perlu khawatir karena saya akan membantu Anda melakukan caranya langkah demi langkah dan jika memungkinkan saya akan membuatkan panduannya juga dalam bentuk video.

Mengapa Beberapa Orang Membuat Komentar Spam?

Ini mungkin pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada kami, jawaban dari pertanyaan itu adalah untuk tujuan SEO. Sebagai contoh Anda menemukan user seperti ini “Cara Mendapatkan Uang Secara Online” “Template WordPress Terbaik”, “Kain Batik” yang berkomentar di Website Anda? Saya yakin semua akan menjawab iya. Memang itu agak aneh buat saya. Saya akan sedikit membahas tentang kotak komentar yang muncul secara default, form komentar WordPress atau website lain pada umumnya memiliki tiga kotak yang harus di isi (nama, email dan alamat URL website). Saat Anda menampilkan komentar mereka, hyperlinknya akan aktif dengan URL website yang mereka isi. Jika ini dibiarkan ini akan memberikan peluang untuk pemain blackhat SEO, atau blogger pemula yang belum mempunyai pengalaman dan tidak mengetahui apa-apa tentang SEO dengan teknik yang salah (spam).

Sebagai contoh ketika pemilik website SUBMITClimb, Dian Pramono, akan mengomentari website lain, ia pasti akan menggunakan namanya saat melakukan komentar di website lain. Maka ketika komentarnya di approve, Dian Pramono akan menjadi hyperlink yang menuju ke website SUBMITClimb. Tetapi jika ia ingin sedikit memanipulasi peringkat dan ingin mendapatkan peringkat website yang lebih baik di mesin pencari maka ia akan memanipulasi mesin pencari dengan mengganti usernamenya dengan keyword yang ingin dia target, katakanlah ia ingin mengoptimasi untuk kata kunci Tutorial WordPress. Maka namanya (usernamenya diganti dengan keyword itu). Hal ini bisa saja, tetapi ia tidak akan melakukan hal itu karena ia tahu itu adalah cara yang salah. Tetapi sayangnya banyak orang yang mau melakukan segala macam cara untuk menang di mesin pencari. (termasuk melakukan spamming)

Jadi setelah Anda membaca hal ini, saat Anda ingin berkomentar di website lain, gunakanlah nama dan photo profile Anda. Dengan melakukan cara seperti ini akan membawa dampak yang baik untuk website sekaligus menambah kredibilitas diri Anda.

Karena alasan banyaknya spam yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak paham tentang SEO maka mulai sekarang kami akan menghapus semua kolom URL dari form komentar WordPress SUBMITClimb. Memang dengan melakukan ini kita tidak bisa menghilangkan 100% para spammer, tetapi setidaknya kita bisa melakukan pencegahan dan mengurangi jumlah komentar spam di website kami dan juga di website Anda.

Seseorang yang benar-benar ingin berkomentar pasti tidak terpengaruh dengan hilangnya kotak pengisian URL di form komentar WordPress kita.

Bagaimana Cara Menghapus Kotak Pengisian URL Website di Kotak Komentar WordPress

Untuk menghapus dan menghilangkan kotak isian URL website ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Untuk bisa melakukan hal ini Anda harus memastikan kalau versi PHP yang digunakan di Website Anda sudah menggunakan versi yang terbaru, karena ada beberapa kasus yang tidak bisa menghilangkan kolom isi URL ini saat menggunakan versi PHP yang lama.

Ada 5 cara yang bisa Anda lakukan:

Cara Pertama. Anda akan menghapus kotak isan URL website di kotak komenta WordPress dengan menggunakan plugin Advanced Comment Form. Pastian Anda menggunakan versi PHP yang terbaru supaya fungsi plugin ini bisa bekerja dengan baik.

 

Cara Kedua. Anda bisa menggunakan plugin Disable / Hide Comment URL, silahkan instal plugin ini dan aktifkan. Memang pada saat artikel ini saya buat plugin ini belum diperbaharui oleh pemiliknya, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena plugin ini hanya untuk menempatkan kode dan menghilangkan form isian URL website saja. Saat plugin ini Anda aktifkan, dia akan secara otomatis menghapus kotak isian URL website Anda.

Cara ketiga. Cara kedua masih sama dengan menggunakan plugin. Mungkin beberapa dari Anda ada yang ingin menghapus URL website si penulis (yang memberi komentar) dari template komentar sehingga nama orang yang memberi komentar tidak akan di tautkan ke URL website mereka. Nah bisa melakukan hal ini Anda perlu menginstal plugin Disable Comment Author Links. Setelah plugin ini Anda instal dan Anda aktifkan, plugin ini akan langsung secara otomatis menghapus semua URL penulis komentar di website Anda. Semua penulis komentar yang di setujui komentarnya tidak akan memiliki URL website mereka. Cara ini pasti akan sangat membantu mengurangi spam dan melemahkan semangat mereka yang cuma ingin berkomentar untuk tujuan mendapatkan backlink.

Cara Keempat. Cara ketiga kita akan melakukannya tanpa menggunakan bantuan plugin dan cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda. Kita akan mengedit file function.php di theme kita. Oh iya kalau bisa sebelum Anda melakukan hal ini Anda harus membuat child theme terlebih dahulu, agar pada saat kamu melakukan update theme ke versi yang baru, perubahan yang sudah Anda lakukan tidak hilang atau kembali seperti semua. Tetapi jika anda tidak ingin membuat child theme juga tidak masalah. Ok untuk melakukan cara manual silahkan ikuti panduan ini:

  1. Login ke website (WordpRess Dasboard) Anda
  2. Silahkan ke Appearance kemudian klik Editor
  3. Klik Theme functions [funcion.php] File

Kemudian masukkan kode yang ada di bawah ini di bagian paling akhir kode dan klik update.

add_filter('comment_form_default_fields', 'website_remove');
function website_remove($fields)
{
if(isset($fields['url']))
unset($fields['url']);
return $fields;
}

atau Anda juga bisa menggunakan kode yang ada dibawah ini, saya menggunakan kode yang ada di atas.

// Disable Comments URL field
function jlwp_disable_comment_url($fields) { 
unset($fields['url']);
return $fields;
}
add_filter('comment_form_default_fields','jlwp_disable_comment_url');

Cara Kelima. Cara kelima masih dengna menggunakan plugin, kali ini kita akan menggunakan plugin Comment Link Remove and Comment Tools. Plugin ini fungsinya sama, hanya saja ada pilihan untuk Remove WEBSITE field form Comment form dan Remove hyperlink from comment AUTHOR dan beberapa pilihan lain yang bisa Anda lihat langsung saat Anda menginstal plugin ini.

ya itu saja yang harus Anda lakukan, setelah itu kotak isian URL website akan hilang seperti yang ada di website SUBMITClimb. Ingat ya Anda hanya harus memilih salah satu dari plugin yang saya sebutkan di atas, tidak usah dan jangan di install semuanya. Untuk website SUBMITClimb saya hanya menggunakan cara yang manual saja tanpa menginstall plugin. Kemudian Saya juga menginsatall kedua plugin ini, Akismet dan Anti Spam di website saya untuk mencegah komentar spam yang masuk. Kedua plugin ini tidak menghapus kotak isian URL website seperti plugin yang saya sebutkan di atas.

Saya harap Anda bisa mendapatkan artikel yang saya buat ini (Cara Menghapus Kotak isian URL Website di Kotak Komentar) bermanfaat dan semoga cara yang saya tunjukkan kepada Anda bisa mengurangi komentar spam di website Anda. Jika Anda mempunyai pengalaman atau cara lain untuk memerangi dan mengurangi komentar spam yang dibuat secara manual di website Anda, silahkan berbagi tips kepada saya dan teman-teman lainnya melalui kolom komentar yang ada dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top