skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Mau Tahu Cara Menggunakan WhatsApp Web Di Laptop

Mau Tahu Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop

Cara Menggunakan WhatsApp Web – Saya yakin hampir semua orang sudah menggunakan WhatsApp, sebuah aplikasi berbagi pesan. Dulu kalau kita berbagi pesan hanya bisa menggunakan SMS saja. Sekarang teknologi semakin maju dan semakin memudahkan kita untuk berkirim pesan atau chatting satu sama lain melalui perangkat apa saja yang bisa terhubung dengan internet.

Di dalam artikel ini kita akan membahas

  1. Apa itu WhatsApp Web
  2. Syarat Menggunakan WhatsApp web
  3. Cara Mengakses WhatsApp Web dengan Komputer atau Laptop
  4. Cara Menggunakan WhatsApp Web
  5. Kelemahan Menggunakan WhatsApp Web
  6. Cara Keluar dari WhatsApp Web (logout)

Apa itu WhatsApp Web

WhatsApp bisa digunakan di Smartphone dan di Web. Tetapi sebelum Anda bisa menggunakan WhatsApp Web sebaiknya Anda dan saya mencari tahu dulu apa sebenarnya WhatsApp Web itu atau ada juga yang menyebutnya dengan WA Web.

Secara sederhana WhatsApp Web bisa saya katakan adalah sebuah halaman website seperti halaman artikel yang sedang Anda baca ini yang di sediakan secara khusus untuk semua pengguna aplikasi WhatsApp agar mereka bisa menggunakan WhatsApp di komputer desktop atau Laptop yang mereka miliki.

Buat orang-orang yang kerjanya di depan komputer pasti bisa merasakan berapa besar manfaatnya saat menggunakan WhatsApp Web, apalagi kalau kerja di kantor dan kantornya ketat banget untuk tidak menggunakan ponsel saat kerja. Dengan adanya WhatsApp Web ini akan sangat membantu mereka. Tetap bisa mengakses WhatsApp saat kerja.

Saya secara pribadi kalau sedang kerja memang lebih sering membuka WhatsApp Web. Selain enak pada saat membaca pesan yang masuk kita juga jauh lebih cepat membalas pesan karena tinggal mengetikkan saja kata-kata yang mau kita sampaikan dengan menggunakan keyboard laptop kita.

Tampilan WhatsApp Web dengan yang di ponsel kita tidak jauh beda. Hanya saja ukuran layar monitor dan pada saat mengetik lebih lebar dan lebih leluasa. Anda juga tidak perlu mengunduh atau menginstall Aplikasi WhatsApp di komputer yang Anda gunakan. Cukup dengan menggunakan browser yang sering Anda gunakan dan mengunjungi halaman website web Adna sudah bisa menggunakan WhatsApp. Coba Anda bandingkan sendiri mana yang lebih cepat, menggunakan Google Chrome, Mozilla FireFox, Opera atau browser lainnya.

Syarat Menggunakan WhatsApp web

Mungkin beberapa dari pembaca ada yang ingin bertanya, syarat untuk menggunakan WhatsApp Web ini apa saja? Kalau menurut saya sih, ini jawaban saya sendiri ya, dengan hanya menggunakan komputer yang sekarang ini Anda gunakan Anda sudah bisa menggunakan WA Web. Supaya lebih jelas lagi saya akan menunjukkan beberapa syarat dasar yang diharuskan saat seseorang ingin menggunakan WhatsApp Web, tetapi menurut saya hal ini jangan di jadikan sebagai kekhawatiran karena seperti yang saya bilang, Anda sudah bisa langsung menggunakan WhatsApp web dengan komputer yang sekarang sedang Anda gunakan.

  1. Smartphone yang Anda gunakan kalau bisa sudah menggunakan OS Android yang tidak ketinggalan zaman alias yang sudah terupdate dengan versi yang sekarang atau sebelumnya. Tapi saya yakin semua orang yang menggunakan WhatsApp pasti menggunakan OS yang terbaru.
  2. Smartphone kamu harus sudah punya kamera belakang yang akan kita gunakan untuk melakukan scan pemindaian kode QR.
  3. Wajib punya akun WhatsApp yang aktif di smartphone yang Anda gunakan.
  4. Pastikan komputer dan smartphone Anda terhubung dengan koneksi internet yang cukup baik.
  5. Gunakan browser yang paling sering dan banyak digunakan oleh orang, seperti Mozilla FireFox, Google Chrome, Opera dan lain sebagainya.

Jadi itu adalah beberapa syarat yang wajib di miliki setiap orang yang ingin menggunakan WhatsApp Web. Jika salah satu syarat yang sudah kami sebutkan di atas Anda abaikan bisa jadi Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp Web, kalaupun bisa biasanya akan ada sedikit kendala yang akan mengganggu proses komunikasi.

Cara Mengakses WhatsApp Web dengan Komputer atau Laptop

Untuk bisa mengakses WhatsApp Web tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi terlebih dahulu dengan WhatsApp yang Anda gunakan di ponsel Anda. pokoknya sangat mudah jadi tidak usah khawatir.

1 Silahkan Anda kunjungi website WhatsApp web https://web.whatsapp.com dengan menggunakan browser kesayangan Anda. Anda akan melihat tampilan seperti di gambar ini. (mungkin dari waktu ke waktu tampilannya akan sedikit mengalami perubahan karena akan selalu di update.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di komputer

2 Silahkan ambil smartphone Anda dan buka Aplikasi WhatsApp Anda. lalu silahkan klik pada bagian titik tiga yang ada di pojok kanan atas

3 Kemudian akan ada pilihan dropdown, silahkan pilih WhatsApp web seperti yang Anda lihat pada gambar yang ada di bawah ini.

menggunakan whatsapp web

4 Pada tahap ini Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi. Silahkan Anda klik OK, GOT IT.

 

5 Ini ada langkah yang paling terakhir, silahkan arahkan kamera ke gambar kode QR yang ada di tampilan website WhatsApp. Silahkan tunggu dan selanjutnya Anda sudah langsung bisa menggunakan WhatsApp di Web.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Sebenarnya pada bagian ini saya yakin banyak yang sudah bisa dan tahu karena pada dasarnya cara menggunakan WhatsAp Web di komputer sama seperti saat kita menggunakan WhatsApp di smartphone. Meskipun banyak yang sudah tahu saya akan tetap menunjukkan bagaimana cara menggunakan WhatsApp web karena beberapa dari antara kita mungkin juga ada yang belum tahu sama sekali.

  1. Chatting. Sama seperti di smartphone WjatsApp web juga bisa digunakan untuk chatting dengan teman atau keluarga kita. caranya cukup mudah Anda hanya perlu klik siapa saja orang yang mau Anda ajak bicara.
  2. Voice Recording. Kita juga bisa menggunakan fitur WhatsApp yang satu ini, hanya saja memang kita perlu melakukan konfirmasi saat muncul pop up, kemungkinan dibutuhkan microphone tambahan jika Anda menggunakan PC.
  3. Mengirim file. Kita juga bisa mengirim file kepada orang yang kita ajak bicara. Memang lebih mudah mengirim file dengan menggunakan komputer dari pada menggunakan WhatsApp di Smartphone (ini menurut saya loh ya). Caranya Anda hanya perlu mengklik gambar seperti penjepit kertas kemudian silahkan cari dan pilih jenis file apa yang mau Anda kirim.

Kelemahan Menggunakan WhatsApp Web

Sebenarnya semua pencipta software dan juga produk apapun menginginkan tidak ada kelemahan dari produk atau software yang mereka ciptakan. Tetapi namanya manusia, pasti ada saja kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa kelemahan ketika Anda menggunakan WhatsApp web. (kalau menurut saya secara pribadi ini bukan kelemahan yang perlu ditakutkan)

  1. Bergantung kepada koneksi internet. Whats Web katanya hanya bergantung dengan koneksi internet, jadi kalau internetnya mati secara otomatis Anda tidak bisa menerima pesan melalui WhatsApp web. Aneh ya pendapat orang yang satu ini? ini bukan pendapat saya, saya hanya memasukkannya ke dalam daftar ini dari beberapa pendapat orang. sebenarnya mau itu WhastApp web atau WhatsApp di smartphone sama-sama membutuhkan yang namanya koneksi internet. Jadi menurut pendapat saya ini bukan sebuah kelemahan.
  2. Tidak bisa melakukan WhatsApp Call dan Video Call. Meskipun bisa digunakan di komputer yang kita gunakan WhatsApp versi web ini tidak mempunyai fitur WhatsApp Call dan Video Call. Kita berhara saja semoga di masa yang akan datang fitur ini bisa di tambahkan ke versi komputer.

Cara Keluar dari WhatsApp Web (logout)

Saat Anda selesai menggunakan WhatsApp web pastikan untuk sign out / logout (keluar) dari WhatsApp agar saat orang lain yang menggunakan komputer yang Anda gunakan tidak bisa menggunakan WhatsApp Anda. cara untuk logout dari WhatsApp Web sangat mudah.

  1. Silahkan Anda klik tanda tiga titik yang ada di sebelah foto profile Anda
  2. Silahkan klik Logout

Cara Logout WhatsApp Web yang kedua adalah melalui smartphone Anda.

  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone Anda, kemudian silahkan klik tanda tiga titik bertumpuk yang ada di pojok kanan atas
  2. Kemudian Anda klik WhatsApp Web
  3. Silahkan klik atau pilih Log Out from all devices

Jadi seperti itu caranya Anda menggunakan WhatsApp Web melalui komputer atau laptop yang Anda gunakan. Bagaimana menurut Anda tentang WhatsApp Web ini, apakah ini sangat membantu saat Anda membutuhkan menggunakan WhatsApp di komputer Anda atau WhatsApp Web ini seharusnya tidak perlu ada? Silahkan berikan jawaban Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Silahkan Baca juga Fungsi Lain dari WhatsApp yang Jarang digunakan oleh orang.

Jika Anda suka dengan artikel Cara Menggunakan WhatsApp Web dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami share artikel ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top