skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Menggunakan WhatsApp Untuk Work From Home

Cara Menggunakan WhatsApp untuk Work from Home dan Sekolah

Cara Menggunakan WhatsApp untuk Work from Home – Pandemi COVID-19 telah merubah segalanya, sejak Indonesia mulai terkena virus Corona pemerintah menghimbau, setiap orang untuk berupaya beribadah, bekerja dan bersekolah dari rumah atau yang dalam bahasa kerennya Work from Home (WFH). Tujuannya sangat jelas, untuk mengurangi cepatnya penyebaran virus corona atau COVID-19.

Meskipun sekarang ini pemerintah sudah memperbolehkan untuk melakukan kegiatan dengan standar NEW NORMAL, bukan berarti protokol kesehatan diabaikan, karena virus Corona masih ada dan masih menyebar hingga saya menulis artikel ini yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2020.

Sayangnya, saya memperhatikan teman-teman saya dan juga orang-orang melalui media sosial mulai kendor atau terkesan mengabaikan virus corona ini. Beberapa teman saya yang senang mengikuti trend, mulai bersepeda dengan cara mengelompok dan berfoto bersama. Menurut saya, itu sama saja bukan mencari sehat lagi tetapi mencari penyakit!

Beberapa teman juga ada yang mulai mengajak ketemuan dan nongkrong bersama di kafe kekinian tanpa menggunakan protokol kesehatan. Sedih sekaligus sulit untuk mentaati dan mengajak orang untuk mau mentaati peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah demi kebaikan orang banyak.

Tidak hanya itu, Banyak tempat ibadah yang mulai memperbolehkan untuk kembali berkumpul di tempat-tempat ibadah. Meskipun menggunakan masker dan protokol kesehatan yang agak ketat, ini tetap membahayakan kehidupan banyak orang. Jika Dokter dan Perawat yang menggunakan APD saja bisa tertular virus corona, apalagi kita yang hanya mengandalkan cuci tangan dan menggunakan masker doang?

Biarkan anak-anak tetap bersekolah dari rumah. Jangan dulu menyuruh mereka kembali ke bangku sekolah untuk belajar tatap muka, setidaknya sampai 2021. Setelah itu kita bisa melihat kembali perkembangan penyebaran virus corona.

Kendala Saat Work from Home dan Sekolah dari Rumah

Memang saya memperhatikan, yang menjadi kendala bagi banyak orang saat mereka bekerja dari rumah dan sekolah dari rumah adalah masalah

  1. Koneksi Internet
  2. Peralatan untuk bekerja dan berskolah secara online
  3. Kurang memahami penggunaan teknologi
  4. Tidak disiplin saat bekerja dan Sekolah dari Rumah

Meskipun banyak yang bisa menggunakan peralatan saat bekerja dari rumah, banyak orang tua yang tidak tahu caranya membantu anak mereka terhubung dengan guru atau sekedar mengambil tugas-tugas sekolah.

Sebenarnya, standar untuk berkumpul, bekerja dan bersekolah secara online dengan menggunakan peralatan Komputer, Aplikasi Zoom dan koneksi Internet yang cukup kuat.

Karena satu dan lain hal, beberapa orang akhirnya menggunakan WhatsApp untuk melakukan pekerjaan dan belajar dari rumah. Ini terbukti dengan meningkatkanya penggunaan WhatsApp sampai 40% lebih, informasinya kami dapat dari berita Antara.

Selain itu, kami juga mendapatkan informasi dari Buffer, ini adalah sebuah perusahaan pengembangan brand secara online. Banyak orang yang mengalami kesulitan saat melakukan komunikasi secara online termasuk berkolaborasi saat akan sekolah, beribadah dan bekerja dari rumah (Remote work).

Untuk blogger, freelancer dan juga pekerja online yang memang sudah terbiasa bekerja dari rumah dan menggunakan peralatan seperti itu, ketika diberlakukan peraturan Work from home, mereka sudah tidak kaget lagi. Tetapi bagi beberapa orang lainnya yang baru tahu dan mengenal konsep bekerja dari rumah, saya yakin belum siap dan pasti mengalami kesulitan saat mereka harus memulai pekerjaan ini. Bahkan bukan hanya itu saja, saya yakin mereka juga merasakan kejenuhan.

Tidak hanya itu saja, saya juga masih melihat banyak anak-anak yang tidak maksimal saat melakukan sekolah dari rumah. Banyak yang masih bermain dan mungkin sama sekali tidak sepenuhnya sekolah. Indonesia memang belum siap untuk soal bekerja, beribadah dan bersekolah dari rumah.

Cara Menggunakan WhatsApp untuk Work from Home dan Sekolah dari Rumah

Memang dari waktu ke waktu, WhatsApp terus mengembangkan dirinya menjadi aplikasi terbaik yang pernah ada di dunia.

Saya mencoba membantu kalian, agar saat melakukan kegiatan komunikasi dengan menggunakan WhatsApp bisa menjadi lebih baik dan lancar, berikut ini beberapa cara sederhana yang saya gunakan saat Work from home dan bersekolah dari rumah dengan menggunakan WhatsApp:

1. Menandai Pesan dengan Fitur Bintang WhatsApp

Jujur, saya juga baru tahu kalau ada fitur menandai hal yang penting di pesan WhatsApp dari saudara saya, saat harus beribadah dari rumah yang masih kami lakukan sampai hari ini. Untuk mengikuti bekerja dan sekolah dari rumah biasanya kita akan di minta untuk bergabung dalam sebuah group WhatsApp yang dibuat oleh Admin. Admin ini bisa siapa saja, bisa guru Anda, majikan Anda atau siapaun.

Dengan adanya group dan tergabung di dalam sebuah group tertentu, kita bisa dengan mudah untuk mengirim, mengambil dan menerima data dari dan untuk semua orang yang tergabung di dalam group tersebut.

Karena kita akan sering menerima pesan dan mengirim pesan di dalam Group tersebut, kemungkinan ada link atau file penting yang harus kita gunakan setiap saat untuk mengunduh atau mengikuti pertemuan online seperti Zoom. Karena banyaknya pesan yang masuk dan kita kirim di dalam group itu, kita kemungkinan akan kesulitan untuk mencari file atau link penting itu.

Nah, untuk mempermudah menemukan link dan file-file penting yang ada di WhatsApp kita bisa menandai pesan tertentu yang ada di WhatsApp karena WhatsApp punya fitur ini.

Caranya sangat mudah sekali.

Pertama, silahkan masuk ke Group sekolah atau kerja yang kamu ikuti (di luar group juga bisa). Cari pesan yang mau kamu tandai, tahan pesannya agak lama sampai muncul menu di bagian atas kemudian lepas. Setelah itu klik icon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas atas. Silahkan kalian pilih Star.

Sudah, Anda sudah menandai pesan atau link penting yang akan selalu Anda gunakan dan buka dengan fitur Star.

Terus apakah ada cara lain untuk melakukan hal itu selain masuk ke chat?

Ada, kalian hanya perlu masuk ke bagian dokumen, link atau file media dari hari atau bulan-bulan yang lalu, cari file atau tautan link itu dan klik Star.

2. Menyetel notifikasi Pesan Chat di Group

Tidak semua orang senang dengan suara pesan yang masuk di WhatsApp group yang di ukuti. Ini dibuktikan ketika ada teman kalian yang left atau keluar dari group WhatsApp yang kalian buat. Sebenarnya, kalau kita merasa terganggu kita tidak perlu keluar dari pesan WhatsApp yang ada di Group yang kita ikuti.

Karena kalau Anda keluar (Left) dari group, itu sama saja kurang sopan dan tidak punya sopan santun meskipun itu hanya sebuah WhatsApp atau akun sosial media.

 

Kalian boleh tidak setuju dengan apa yang saya katakan ini, tetapi saya mau menyampaikan kebenaran dari hal ini. Sosial Media, meskipun tidak bertatap muka secara langsung dengan masing – masing pribadi orangnya, akun WhatsApp itu adalah diri Anda sendiri atau bisa saya katakan mewakili diri Anda sepenuhnya – Anda adalah akun social media itu, akun social media itu adalah diri Anda!

Coba bayangkan hal ini. Anda sedang diajak bicara dengan teman atau sahabat Anda. Tetapi Anda tidak menjawab teman atau sahabat Anda itu, malah Anda langsung memalingkan wajah dan pergi meninggalkan teman Anda itu tanpa bicara sepatah katapun.

Kira-kira bagaimana perasaan orang yang sedang Anda ajak bicara itu? Atau bayangkan, orang yang sedang diajak bicara itu adalah diri Anda sendiri, bagaimana perasaan Anda kalau teman Anda tidak menjawab kata-kata Anda? Saya rasa, Anda pasti merasakan sesuatu yang sedikit kesal dan sakit di dalam tubuh Anda bukan?

Nah, di dalam bersosial media juga sama seperti saat kita mengobrol dan berteman sungguhan dalam dunia nyata.

Jauh lebih baik Anda beritahu orang-orang yang tergabung di dalam group kalau Anda merasa terganggu dengan suara pesan yang masuk dan ingin keluar dari group – ini jauh lebih sopan dan menghargai pertemanan (pesahabatan) Anda.

Tapi sebenarnya ada cara yang lebih baik dan tanpa harus membuat orang lain kecewa jika Anda terganggu dengan pesan yang masuk di dalam group yang Anda ikuti.

Caranya sangat mudah sekali:

Silahkan kalian buka pesan chat group atau pesan chat individual dari teman atau majikan kalian. kemudian, klik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas kemudian silahkan pilih Mute notification, lalu pilih setingannya sesuka kalian, mau 1 minggu atau 1 tahun.

Itu adalah cara yang pertama untuk membuat mute pesan group yang masuk terlalu sering. Ini akan membantu kalian yang merasa terganggu dengan suara pesan WhatsApp group yang masuk terlalu sering.

Selain menggunakan cara itu, Anda juga bisa mengubah nada notifikasi pesan yang masuk berbeda dengan nada pesan lain yang masuk ke WhatsApp Anda.

Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan:

Silahkan buka chat individual atau group kalian. kemudian klik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih “view contact” untuk chat individual dan “group info” untuk chat di group Anda.

Silahkan pilih “Custom notifications” kemudian pilih “Use custom notification” dan klik “notification tone” lalu pilih nada yang Anda inginkan untuk pesan individual atau group itu.

3. Pin Chat

Apa sih Pin Chat itu? Saya akan menjelaskannya dengan cara yang mudah dipahami saja ya. Jadi pin chat ini, kita akan membuat percakapan kita dengan orang yang kita ajak bicara tetap berada di bagian atas chat WhatsApp.

Kita semua pasti banyak menerima pesan WhatsApp dari banyak orang bukan? seringkali jumlah orang yang muncul dalam daftar percakapan WhatsApp kita menjadi banyak dan kadang sulit untuk menemukan orang yang mau kita ajak bicara. Kita harus scroll ke bawah untuk mencari dan menemukan mereka baru bisa mengirim pesan.

Nah, dengan fitur Pin ini, kita bisa membuat orang yang penting berada dan selalu muncul di bagian atas daftar orang yang kita ajak bicara di WhatsApp. Dengan begitu, Anda tidak kesulitan lagi mencari mereka saat ingin mengirim pesan.

Cara menggunakan dan memanfaatkan fitur ini sangat mudah:

  • Silahkan klik atau pilih orang yang mau kita ingin Pin ke bagian atas dengan cara pilih orang itu kemudian klik dan tahan agak lama sampai muncuk menu di bagian atas.
  • Silahkan pilih icon seperti paku (Pin) dan klik itu

4. Mengirim Dokumen atau File

Saat bekerja dan sekolah dari rumah sering kali kita diharuskan untuk mengirimkan file ke rekan kerja atau guru kita. Tetapi, bagi beberapa orang, mengirim file secara online bisa menjadi sebuah kendala tersendiri.

Nah, buat kalian yang ingin mengirim file secara online dengan menggunakan WhatsApp tidak perlu khawatir soal keamanan dan caranya juga sangat mudah.

Setiap file yang Anda kirimkan hanya bisa diketahui oleh Anda dan juga orang yang Anda kirimi atau yang tergabung di dalam sebuah group. Jadi jangan khawatir jatuh ke tangan orang yang salah.

5. Membuat Panggilan Group untuk beberapa Orang

WhatsApp juga bisa kita gunakan untuk video call dengan beberapa orang sekaligus, ini pasti akan sangat menyenangkan sekali, meskipun kita tidak bisa ngobrol dan ngobrol bareng dengan teman-teman seperti dulu lagi, kita masih bisa mengobrol online dengan beberapa teman kita dengan menggunakan WhatsApp.

Cara untuk melakukan video call group dengan beberapa orang sangat mudah:

  • Silahkan Anda klik salah satu orang yang ingin Anda ajak video call. Silahkan hubungi mereka
  • Setelah orang pertama menerima panggilan video call Anda, silahkan klik tanda Add contact yang ada dibagian pojok kanan atas, klik itu dan pilih orang yang mau Anda tambahkan
  • Lakukan cara itu berulang kali untuk menambahkan orang yang mau di ajak bicara secara group sekaligus

Ya, jadi itu yang bisa saya bagikan kepada kalian har ini tentang Cara Menggunakan WhatsApp untuk Work from Home dan Sekolah dari rumah di masa-masa pandemi seperti sekarang ini. Ingat meskipun Pemerintah sudah memberi kelonggaran untuk keluar dari rumah, kita semua masih harus tetap sebisa mungkin berada di rumah, bekerja dari rumah dan bersekolah dari rumah setidaknya sampai awal 2021.

Virus corona masih ada dan masih menyebar jadi, disiplinkan diri Anda dan kendalikan diri Anda untuk tidak bepergian yang tidak perlu.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Menggunakan WhatsApp untuk Work from Home dan Sekolah dari rumah ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca juga Artikel Terkait:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top