skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mengatur Dan Mematikan Waktu Sleep Otomatis Komputer

3 Cara Mengatur Waktu Sleep Otomatis Komputer PC dan Laptop

Cara Mengatur Waktu Sleep Otomatis Komputer – Komputer yang kita gunakan memang sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang canggih dan bisa kita atur sedemikian rupa sesuai dengan yang kita inginkan. Salah fitur yang mungkin tidak Anda sadari adalah jika Anda tidak menggunakan komputer dalam jangka waktu yang agak lama maka komputer yang sedang Anda gunakan akan sleep secara otomatis.

Di akhir artikel ini Anda bisa menonton Video panduan 3 Cara Mengatur Waktu Sleep Otomatis Komputer PC dan Laptop Windows.

Saya yakin sekarang Anda sudah tahu dan sudah ingat. Fitur ini memang sangat bermanfaat untuk kita khususnya komputer yang kita gunakan. Ini akan menghemat daya komputer atau laptop yang kita gunakan sekaligus membuat komponen-komponen yang ada di dalam komputer kita bisa bertahan lebih lama umurnya.

Meskipun fitur ini sangat bermanfaat buat kita tetapi adakalanya hal ini menjadi sebuah gangguan bagi kita, contohnya pada saat kita sedang bekerja dan sedang melakukan download panduan dalam bentuk video atau saat kita sedang menonton video secara online.

Sekarang yang akan menjadi pertanyaan Anda dan saya adalah bagaimana caranya supaya komputer atau Laptop yang kita gunakan tidak sleep secara otomatis di waktu-waktu tertentu?

Pastinya ada caranya dan cara untuk melakukannya menurut saya terbilang sangat mudah.

Cara Pertama – Menggunakan Menu Settings

Karena saya menggunakan komputer Windows 10 maka saya akan menunjukkan bagian pertama ini untuk Windows 10.

  1. Klik Settings kemudian klik System
  2. kemudian Klik Power & Sleep.
  3. Setelah itu silahkan Anda atur ke pilihan Never dan kemudian tinggal Save saja. (Anda juga bisa pilih sesuai dengan yang Anda inginkan misalnya saja 1 jam)

Cara Kedua – Menggunakan Kotak Search Windows

Cara yang kedua ini sebenarnya sama dengan cara yang pertama hanya saja kita akan memanfaatkan kotak pencarian Windows.

  1. Silahkan menuju kotak pencarian yang ada di komputer Anda kemudian ketikkan Power & Sleep.
  2. Silahkan Klik Power & Sleep
  3. Silahkan Anda atur mau berapa lama Sleep otomatis akan dilakukan. 1 jam atau Never atau sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cara Ketiga – Menggunakan Control Panel Windows

Cara yang ketiga hampir sama dengan cara yang pertama dan yang kedua. Kita akan memanfaatkan kotak pencarian windows.

 
  1. Silahkan anda menuju kotak pencarian Windows yang ada di komputer Anda, kemudian silahkan Anda ketikkan Control Panel.
  2. Silahkan klik Control Panel.
  3. Klik Hardware & Sounds.
  4. Klik Power Options.
  5. Pada pilihan Preferred plans >> Balanced >> Silahkan klik Change plan settings.
  6. Silahkan Anda atur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Ya, sangat mudah bukan Cara Mengatur Waktu Sleep Otomatis Komputer PC dan Laptop Anda? memang masih ada cara lain yang bisa kita gunakan misalnya saja dengan cara menginstall Aplikasi atau software tambahan. Tetapi menurut saya buat apa kita menginstall Aplikasi atau software tambahan itu jika Windows sendiri sudah mempunyainya? Apakah kurang bagus pengaturan milik windows?

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel 3 Cara Mengatur Waktu Sleep Otomatis Komputer PC dan Laptop ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top