skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mengatasi Komentar Negatif Di YouTube Dari Para Penonton

Cara mengatasi komentar Negatif di YouTube dari Para Penonton

Cara mengatasi komentar Negatif di YouTube – Anda sebagai seorang Kreator YouTube tentu ingin di hargai. Di hargai yang saya maksud di sini bukan di sanjung-sanjung atau di puji-puji layaknya seperti orang yang hebat. Bentuk penghargaan itu sangat luas, tetapi kita akan berfokus pada “komentar Negatif.” Kita tidak bisa mengontrol setiap komentar negatif yang di tulis oleh para penonton video Anda. Karena itu adalah mulut, tangan, sifat, pikiran dan hak mereka.

Komentar atau kata-kata yang buruk yang tidak dipikir dengan baik bisa kita umpamakan seperti sebuah senjata tajam yang menikam tubuh seseorang yang bia menyakiti perasaan, merendahkan bahkan bisa merusak persahabatan dan persaudaraan.

Saat ada komentar yang negatif di channel Anda, menggunakan kata-kata porno, menggunakan kata-kata hewan dan kata-kata kasar lainnya kita tentu merasa sedih, kesal dan mungkin sakit hati.

Ini yang saya rasakan ketika membuat konten video di YouTube.

Mengapa Orang berkomentar Negatif?

Ada banyak hal yang membuat orang-orang berkomentar negatif di channel Anda.

  • Mungkin informasi yang kamu katakan ada yang kurang tepat (salah), mungkin hal lain yang melanggar kepercayaan atau bisa juga sesuatu yang berat sebelah.
  • Mungkin orang itu iri dengan karya Anda atau sesuatu yang sudah Anda hasilkan.
  • Memang sifat orang itu untuk selalau mengatakan hal-hal yang buruk.
  • Kurangnya Pendidikan atau pengajaran tentang sopan-santun dan menghargai kehiduapan di keluarga.
  • Pengaruh pergaulan.

Dari pengalaman saya ada banyak kasus mengapa orang menggunakan kata-kata kasar saat memberikan komentar di channel YouTube adalah karena memang mereka senang melakukan itu, karena sudah sifat mereka dan kurangnya pengajaran di dalam keluarga.

Mengapa bisa saya katakan seperti itu?

Karena ada banyak hal yang membuat saya dan mungkin juga Anda merasa heran kenapa sebuah video yang bagus, bukan video game, bukan video vlog alay, ini adalah sebuah video pendidikan yang mengajar orang untuk lebih pintar dan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat, malah diberikan komentar yang negatif dan kotor? Contohnya adalah video yang ada di channel ini:

Lihat gambar yang saya sertakan setelah Anda menonton video di atas. Menurut Anda apa yang salah dari video itu?

contoh komentar negatif

Jawaban saya tidak ada yang salah dengan video itu…

Video itu juga tidak menggunakan kata-kata kasar, tidak menggunakan kata-kata cabul, tidak ada kata-kata hinaan dan kata-kata jahat lainnya.

Video itu membantu penontonnya mempunyai pengetahuan dan keahlian untuk membuat sebuah intro Video. Para penontonya bisa menonton dan belajar GRATIS dari video itu. Coba bayangkan kalau penonton harus membayar biaya kuliah atau biaya kursus, saya yakin biayanya tidak akan murah.

Tetapi kenapa orang yang ada di video itu berkomentar kasar di dalam video itu?

Silahkan memberikan jawaban masing-masing melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Pikir Dulu Sebelum Menjawab Komentar Negatif

Sebelum Anda menjawab komentar negatif yang masuk cobalah untuk melihat dari sisi orang yang memberi komentar negatif di salah satu video Anda. Coba pikirkan apa yang membuat Orang itu sampai memberikan komentar yang buruk dan negatif seperti itu?

Komentar yang negatif memang sering menghancurkan, membuat orang kehilangan harga dirinya dan membuat kita menjadi rendah diri atau merasa tidak berharga. Biasanya orang-orang yang menggunakan kata-kata kasar dan juga jorok saat memberi komentar sebenarnya Dia ingin orang lain bisa mengerti apa yang di maksud oleh mereka. Tetapi sebenarnya kata-kata mereka yang kasar tidak di mengerti oleh orang yang menerima komentar.

Kita semua cenderung untuk langsung membalas setiap komentar negatif yang kita terima dengan kemarahan dan kata-kata yang kasar juga. Itu wajar, tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda tidak terburu-buru untuk langsung memberikan jawaban.

Coba renungkan kata-kata bijak ini yang di catat dalam buku Tua “Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan”. Aturan emas ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita dan juga di dalam komunitas YouTube.

Membedakan Mana Kritikan dan Hinaan

Saya yakin buat banyak diantara Anda yang mengerti mana kritikan dan mana hinaan. Sebuah kritikan biasanya ada dasarnya, ada sesuatu yang ingin di sampaikan agar kreator bisa lebih baik. Jika ada sebuah komentar yang tidak berdasar, lebih menonjolkan sisi emosi dan marahnya sudah bisa kita pastikan itu adalah sebuah EJEKAN.

Apa yang harus dilakukan Jika ada Seseorang Berkomentar Negatif (Ejekan atau Hinaan)

Hal buruk yang sering kita lakukan adalah terlalu cepat membalas komentar negatif tanpa kita pikir terlebih dahulu. Ingat kata – kata dari buku Tua yang saya kutip di atas “Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan”.

Kalau kita saja tidak ingin diperlakukan buruk, tentu kita TIDAK AKAN MEMBALAS kata-kata kasar dengan kata-kata kasar juga, MESKIPUN kita saat ini sakit hati oleh kata-kata kasarnya.

 

Yang terbaik adalah Maafkan Orang itu dan Ampuni!

Selain itu ada cara TEPAT dan BENAR yang bisa Anda lakukan dan di sarankan oleh YouTube sendiri setelah Anda memafkan dan mengampuni orang-orang yang memberi komentar negatif di salah satu video Anda.

  • Anda bisa menghapus komentar negatif yang ada di video Anda termasuk balasan komentar dari pengunjung lain. Ini adalah keputusan Anda sendiri, jika tidak ingin menghapusnya tidak masalah juga.
  • Anda bisa melaporkan komentar kasar atau negatif itu ke pihak YouTube. Biasanya komentar yang tidak pantas dan melanggar Pedoman Komunitas YouTube akan dihapus dan pemiliknya akan di tandai dan diberi sanksi.
  • Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyembunyikan orang yang memberi komentar dari channel Anda. Biasanya dengan cara memblokir channel orang itu agar tidak bisa lagi memberikan komentar di video Anda cara ini juga akan membuat orang itu tidak bisa menghubungi Anda. Jangan khawatir orang yang di blokir tidak akan pernah tahu kalau dia sudah di blokir. Pelajari lebih lanjut di sini.

Sekali lagi ingin saya katakan, MEMANG SULIT membendung komentar negatif. Meskipun demikian Anda dan saya bisa menggunakan 3 cara yang sudah saya sebutkan di atas dan yang dianjurkan oleh YouTube. Selain itu Anda juga bisa mengurangi atau mencegah masuknya kata-kata yang tidak pantas di channel Anda. Anda bisa memasukkan daftar kata yang tidak sopan dan tidak baik di dalam percakapan dengan memanfaatkan fitur filter yang sudah di sediakan oleh YouTube. Dengan memasukkan frasa atau kata yang tidak pantas itu ke dalam daftar kata yang ingin Anda blokir, ketika ada orang yang memberikan komentar tidak pantas, komentar itu tidak akan muncul atau secara otomatis akan di blokir di channel Anda.

Ini adalah sebuah fitur yang bisa membantu mengurangi dan meringankan kerja kita untuk mencegah kata-kata yang tidak pantas muncul di video kita.

Jika Anda mempunyai orang yang Anda percaya yang bisa membantu mengelola komentar di channel Anda, Anda bisa menambahkan mereka ke dalam daftar orang terpercaya di komunitas sebagai moderator komentar. Mereka hanya akan mempunyai akses untuk menghapus komentar-komentar yang memang seharusnya tidak pantas ada dan tidak di ucapkan dalam komunitas.

Jadi itu adalah beberapa cara mengatasi komentar negatif di YouTube. Sebelum saya mengakhiri artikel ini saya ingin mengingatkan, Sudah seharusnya kita semua, Tua dan Muda mulai hari ini untuk belajar menghargai karya dan pendapat orang lain, ini penting sekali. Tetapi kita juga harus mengetahui sejauh mana orang tersebut dalam memberikan komentar di setiap video yang Anda buat. Jika memang sudah melewati batas cobalah untuk tidak membalas kata-kata kasar dengan kata-kata yang kasar juga karena ini akan memperkeruh keadaan. Cobalah untuk memikirkan kata apa yang sebaiknya Anda gunakan untuk membalasnya, coblah untuk mencairkan suasana. Langkah terbaik jika ada kata-kata kasar yang sudah melewati batas SEGERA LAPORKAN komentar itu dengan menggunakan beberapa cara yang sudah saya tunjukkan di atas.

Jika Anda suka dengan artikel Cara mengatasi komentar Negatif di YouTube dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Pelajari juga artikel kami yang lain:

Cara Menggunakan YouTube untuk Meningkatkan Traffic website
Pentingnya Membuat Judul Video YouTube Yang Menarik
Tool Untuk Meningkatkan jumlah penonton YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top