skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Cara Mengatasi Disk Usage 100% Dengan Disable Service Msc

Cara Mengatasi Disk Usage 100% dengan Disable Service msc

Sering kali komputer yang kita gunakan lambat (lemot), meskipun kita tidak menggunakan software atau aplikasi tertentu tetapi komputer tetap saja lemot. Bisa jadi yang menjadi penyebabnya adalah disk usage mencapai 100%.

Kenapa bisa sering hang dan lemot komputer saya?

Meskipun kita tidak menggunakan software apapun sistem drive di komputer bisa mencapai 100%. Ini pasti ada sesuatu yang tidak benar dengan komputer kita. Kasus disk usage yang bisa mencapai 100% penggunaan ini banyak sekali dibicarakan oleh orang.

Pasti akan sangat mengganggu kerja kita saat menggunakan komputer. Memang versi windows sekarang terbaru (7, 8 10) sering mengalami masalah dengan drive yang membuatnya menjadi bekerja lebih keras dan akhirnya inilah yang menyebabkan komputer kita menjadi lebih lambat dari biasanya.

Periksa Apakah Penyebabnya karena virus atau Disk Usage 100%

Tetapi untuk benar-benar bisa mengetahui permasalahannya apakah ini di sebabkan oleh virus atau memang karena Disk Usage mencapai 100%, kita perlu memastikannya dengan cara mengeceknya secara langsung dan cara untuk mengetahuinya juga sangat mudah:

  1. Dengan menekan Ctrl+Alt+Del kemudian pilih Task Manager, atau bisa juga klik kanan pada taskbar Windows, kemudian pilih task manager. Silahkan menunggu dengan sabar karena biasanya untuk melakukan ini dibutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa terbuka karena kinerja komputer yang lambat.
  2. Lihat penggunaan Disk usage % pada bagian kanan atas
  3. Jika Anda menemukan penggunaannya mencapai 100% (biasanya berwarna merah) ini berarti Anda harus segera memperbaikinya.

Penyebab Disk Usage 100% di Windows

  1. Mungkin ada Virus (Malware)
  2. Windows Search Meningkat
  3. XX Service
  4. Menggunakan Java dan Flash Versi Lama

Jadi itu adalah beberapa kemungkinan yang bisa kita kira-kira untuk menjadi penyebab Komputer kita lemot. Nanti saya akan menjelaskannya satu persatu. Supaya tidak bertele-tele dan memakan waktu lama saya akan langsung memberitahukan kepada Anda bagaimana cara mengatasi Disk Usage 100%

Cara Mengatasi Disk Usage 100% Sering Berhasil

1# Disable Service msc

Ada 3 services yang harus Anda disable untuk mengatasi masalah disk usage 100%

  1. Background Intelligence Transfer Services
  2. Superfetch
  3. Windows Search

Caranya melakukan disable ke 3 Service adalah:

 
  • Klik Run (Windows + R) atau bisa melalui Windows search
  • Ketikkan tulisan: msc kemudian silahkan tekan enter
  • Kemudian cari ke tiga service yang sudah saya sebutkan di atas kemudian lakukan hal ini:
  1. Cari tulisan “Background Intelligent Transfer Services.”
  2. Double klik “Background Intelligent Transfer Services, Superfetch, Windows Search.” Untuk membuka tab baru
  3. Silahkan rubah Status “Type” menjadi “Disable”
  4. Pada bagian Tab Recovery pastikan untuk mengganti semuanya menjadi Take No Action

Itu adalah cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi Disk Usage 100% dan yang sudah terbukti berhasil. Cara ini sudah saya buktikan sendiri termasuk juga teman-teman saya yang mengalami hal yang sama. Kini giliran Anda.

2# Mungkin ada Virus (Malware)

Masalah Virus memang sulit untuk kita hindari. Salah satu cara untuk mengatasi komputer lambat atau lemot adalah dengan mengecek komputer yang Anda gunakan apakah terkena virus (Malware) atau tidak. Biasanya jika kita menggunakan software antivirus mereka bisa menangani masalah ini entah yang gratis atau juga yang berbayar. Jika Anda menggunakan windows biasanya windows punya antivirus sendiri “Windows Defender” juga bisa menangani masalah ini jika Anda sering update, biasanya drive kita akan sedikit berat.

Setelah selesai melakukan scanning jika antivirus menemukan sesuatu segara hapus dan restart komputer. Mudah-mudahan dengan cara ini masalah dengan komputer lambat bisa terselesaikan. Jika masih belum selesai coba lakukan cara ke tiga yang akan saya jelaskan di bawah ini.

3# Matikan Windows Search

Kemungkinan yang lain yang bisa membuat komputer lambat adalah “Windows Search.” Di Windows 8 dan juga 10 ada bug yang disebut dengan “search loop” yang bisa meningkatkan load pada sistem drive di komputer sehingga membuat lemot. Untuk menghentikan hanya sebentar selama komputer digunakan silahkan cuka Command Prompt dengan mengklik kiri pada tombol Start Menu kemudian ketikkan perintah ini: next.exe stop “windows search”

Jika Anda ingin mematikan Windows Search atau Indexing berhenti untuk selamanya silahkan klik Win+R kemudian ketikkan service.msc kemudian tekan enter. Pada bagian Windows service coba cari dan temukan Windows Search, nanti buka Windows Search Properties, kemudian di bagian Startup type silahkan klik disable. Atau Anda juga bisa klik stop untuk menghentikan service. Kemudian ok dan silahkan simpan atau klik save. Setelah Anda melakukan hal itu Windows akan mulai lebih maksimal kerjanya.

3# XX Service Matikan.

Ada faktor lain yang bisa membuat komputer menjadi lambat. Yaitu XX Service. Untuk mengatasi XX Service silahkan buka DOS (Command Prompt). Setelah terbuka silahkan ketikkan next.exe stop superfetch. Setelah melakukan hal di atas kinerja komputer akan segera normal. (dibutuhkan waktu). Nanti Anda diharuskan untuk menjalankan Chech Disk Command Prompt chkdsk.exe /f /r nanti komputer akan meminta restart untuk menyelesaikan proses Check Disk. Kemungkinan kamu akan menunggu agak lebih lama. Sebelum melakukan restart pastikan untuk menyimpan semua hasil pekerjaan Anda.

4# Pastikan Menggunakan Flash dan Java terbaru

Salah satu yang paling rentan menjadi serangan virus adalah Flas dan Java. Pastikan untuk mengupdate dan menggunakan Flas dan Java terbaru. Flash player banyak digunakan untuk melihat video dan bermain game. Coba matikan (Disable Adobe flash player melalui halaman ini: chrome://extensions/

Itu adalah beberapa cara mengatasi Disk Usage 100% yang pernah kami lakukan. Jika setelah melakukan cara-cara di atas komputer masih menunjukkan Disk Usage 100% berarti tinggal 2 lagi yang menjadi masalahnya. Power Suplay (PSU) Anda yang rusak atau masalah sama hardisk Anda yang sudah tua (berumur) dan terkena bad sector. Coba ganti PSU atau Hardisk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top