skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mengambil Screenshot Di Komputer Menggunakan Lightshot

Cara Mengambil Screenshot di Komputer Menggunakan Lightshot

Cara Mengambil Screenshot di Komputer Menggunakan Lightshot. Pengguna komputer seringkali harus mengambil Screenshot atau print screen di komputer untuk mengambil gambar yang tampil di layar komputer untuk kebutuhan tertentu. Memang hampir semua komputer membolehkan Anda untuk mengambil gambar screenshot yang muncul di layar komputer kita masing-masing.

Memang ada beberapa cara untuk mengambil gambar screenshot di komputer salah satunya dengan menggunakan Snagit. Dalam tutorial kali ini saya mencoba untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan saya tentang cara mengambil gambar dengan menggunakan atau yang biasa disebut dengan printscreen dengan menggunakan software pihak ketiga “Lightshot”.

Apa itu Lightshot

Sebelum saya menunjukkan bagaimana caranya menggunakan Lightshoot saya akan mencoba menjelaskan tentang Apa itu Lightshot?

Lightshot adalah sebuah software atau tool yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar atau untuk Screen Capture atau Screenshot tampilan yang muncul dilayar monitor kita. Kalau kita baca di website resminya Lightshoot adalah software tercepat untuk mengambil screenshot dan mengedit hasil capture di softwarenya langsung.

Kelebihan dan Fitur Lightshot

  • Fast Screenshot untuk area yang mau dipilih. Software atau aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih area mana saja yang ingin Anda ambil (screenshot) hanya dengan 2 langkah saja.
  • Software ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus membeli. Bisa Anda install di komputer dan bisa juga digunakan secara online
  • Share screenshot mudah melalui internet. Anda bisa mengupload hasil screenshot Anda ke server Lightshot yang diberi nama “sc” dan sekaligus mendapatkan url-nya untuk dibagikan kepada orang lain.
  • Easy to use. Software ini mudah sekali untuk digunakan bahkan saya rasa tanpa Anda melihat panduan inipun bisa melakukannya.
  • Bisa Mengedit hasil Tangkapan Gambar (Screenshot). Anda bisa langsung mengedit hasil tangkapan gambar Anda, misalnya dengan memberi tanda panah, angka atau petunjuk lainnya.
  • Pencarian gambar Serupa. Salah satu fitur yang paling keren di Lightshot adalah bisa mencari gambar yang sejenis atau serupa dengan gambar yang kita seleksi di internet dan jika ketemu Lightshot akan menampilkannya.
  • Tersedia untuk Windows dan Mac. Lightshot tidak hanya bisa digunakan untuk pengguna Mac atau Windows saja. Jadi jika Anda tertarik untuk menggunakan Lightshot silahkan langsung kunjungi website mereka di sini.

Cara Install Lightshot

 

Untuk menginstal Lightshot hampir sama seperti software lain pada umumnya. Yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Mengunjungi website Lightshot app.prntscr.com/en
  2. Silahkan download untuk komputer yang Anda gunakan, window atau Mac
  3. Setelah mendownload silahkan Install dengan cara klik dua kali pada softwarenya, kemudian ikuti perintah yang muncul.

Cara Mengambil Screenshot di PC Menggunakan Lightshot

Untuk mengambil gambar screenshot yang tampil di layar komputer cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah ini:

#1 Menekan tombol print screen yang ada di keyoboard komputer kalian. Nanti akan muncul seperti kotak hitam menerawang dilayar monitor kalian

Gambar Print Screen keyboard

#2 Silahkan seleksi area yang mau Anda pilih dengan menahan klik mouse dan geser ke area yang Anda inginkan kemudian lepas.

#3 Kemudian gambar bisa Anda share atau simpan atau kalau mau di edit juga bisa dengan memberi tanda panah, keterangan atau lainnya. Bahkan jika Anda ingin mengedit secara online atau offline dengan software pihak ketiga juga bisa. Lihat Software Alternatif selain Photoshop.

Jadi itu adalah artikel panduan dari saya tentang Cara Mengambil Screenshot di Komputer Menggunakan Lightshot. Tetapi menurut saya kalau saya bandingkan mengambil screenshot dengan menggunakan Software Snagit saya lebih suka menggunakan Snagit, alasannya bisa Anda baca di Artikel Cara Mengambil Screenshot Gambar di komputer Menggunakan Snagit.

Artikel-artikel dan panduan video seperti ini membutuhkan waktu bagi penulis untuk meriset, mencoba, kemudian memilih mana yang baik dan tidak untuk digunakan oleh orang lain, baru setelah itu dibagikan kepada para pembaca jika memang aman dan layak untuk digunakan oleh umum, maukah kalian menghargai kami dengan cara Share artikel ini ke Akun sosial media kalian dan subscribe channel YouTube kami? Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top