skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Post Untuk Jualan

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Post untuk Jualan

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Post – Hampir semua orang termasuk Anda dan saya mungkin ingin mencoba peruntungan dan menjalankan bisnis dari Instagram yang kita gunakan. Di hari-hari yang semakin sulit seperti sekarang ini, saat terjadi pandemi dan banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan dan beberapa lainnya masih ada yang bekerja tetapi penghasilannya berkurang, mereka kemudian mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari menjual jasa atau produk di Instagram dan beberapa akun sosial media yang lain.

Hampir setiap bulan, mungkin lebih dari 130 juta orang melihat tap Instagram shopping untuk melihat lebih lanjut tentang produk yang di jual atau di tawarkan.

Baca juga: Strategi Instagram Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis Online

Buat Anda yang mempunyai produk untuk di jual dan di promosikan lewat Instagram, pasti banyak yang sudah tahu tentang fitur instagram shopping. Sebenarnya fitur Instagram shopping ini sudah ada sejak lama, sayangnya pada waktu itu belum tersedia untuk pengguna di Indonesia.

Sekarang fitur Instagram shopping sudah ada di Indonesia, meskipun sudah tersedia di Indonesia tetapi tidak semua orang langsung bisa menggunakan fitur ini.

Bagi banyak pemilik bisnis, memposting produk dengan fitur Instagram shopping adalah sebuah cara yang sangat bagus untuk mempromosikan produk Anda dan juga meningkatkan penjualan.

Apalagi seperti sekarang ini, berkat adanya fitur checkout baru di Instagram, yang akan memungkinkan Anda untuk bisa membeli produk ‘langsung” dari Instagram tanpa harus meninggalkan aplikasi!

Jadi dengan adanya fitur-fitur baru yang terus di tambahkan dan akan mempermudah banyak orang, maka sudah waktunya bagi Anda untuk memastikan untuk menggunakan Instagram shopping post seefektif mungkin – Pastikan untuk menggunakan foto-foto yang seindah mungkin, gunakan caption yang menarik, dan sesuaikan gaya penjualan Anda sebaik mungkin.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan dengan menggunakan Instagram shopping post?

Melalui panduan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips tentang cara mengaktifkan Instagram shopping di akun bisnis Anda, dan mengonversi followers Anda menjadi pelanggan.

Apa itu Instagram Shopping Post?

Secara singkat bisa saya jelaskan, Instagram shopping post akan memudahkan banyak orang untuk bisa berbelanja produk apa saja yang mereka temukan di Instagram dengan melihat foto produk yang di “tagged” di post.

Jika Anda mempunyai produk fisik yang ingin Anda jual, Anda pasti tidak ingin melewatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan kepada sebanyak mungkin orang yang menggunakan Instagram setiap harinya!

Sebelum saya benar-benar menunjukkan mengapa instagram shopping post benar-benar aset yang sangat bagus untuk perkembangan bisnis Anda, saya akan mencoba memberikan beberapa tinjauan singkat  tentang macam-macam shopable post yang bisa Anda gunakan.

Contoh Instagram Shopping Post

1. Instagram Shopping Feed Post

Pertama, Instagram feed post adalah sebuah fitur untuk Anda bisa menandai (tag) sampai 5 produk!

Setelah Anda selesai mengatur Instagram Shopping, Anda bisa membuat tag produk Anda di katalog toko foto produk Anda. jadi, setiap kali Anda akan memposting foto ke dalam feed Anda, Anda bisa membuat pengalaman berbelanja untuk semua follower Anda dan mulai menunjukkan lini produk Anda kepada mereka!

Contoh Instagram Shopping Feed

Menurut saya ini adalah cara yang sangat sederhana untuk membuat feed shopable, tetapi ini adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan news feed Anda.

Jadi ketika follower Anda tertarik dengan produk yang Anda posting di Instagram dia akan menekan (menyentuh foto) dan nanti di dalam foto itu akan muncul segala macam informasi penting seperti harga barang.

Coba Anda lihat beberapa contoh Instagram yang ada di dalam kedua gambar ini: Lululemon dan startup seperti FinerRings yang sudah menggunakan shoppable post di dalam instagram feed mereka.

Lululemon dan startup seperti FinerRings

2. Instagram Shopping Carousel Posts

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk membuat feed shopable Anda adalah dengan memberi tag (tagging) produk Anda di carousel post.

Dengan menggunakan carousel posts, Anda bisa memberi tag sampai 20 produk di gambar Anda, menurut saya ini merupakan fitur yang sangat cepat untuk memajang berbagai produk yang Anda punya atau mungkin membuatt lookbook untuk brand Anda.

Coba lihat bagaimana brand fashion asal Inggris ini Whistles, memanfaatkan untuk menggunakan carousel post dan produk yang di beri tanda tag untuk memamerkan koleksi terbaru yang mereka miliki.

Instagram Shopping Carousel Posts

Sebenarnya banyak juga orang-orang yang kurang begitu paham tentang cara menggunakan Instagram dan fitur-fitur yang ada di Instagram. Jadi mulai sekarang, usahakan setiap kali Anda memposting gambar buat tag (baik itu single image atau carousel posts) karena dengan demikian post Anda akan secara otomatis muncul di shopping feed Anda.

Saat ada pengunjung yang melihat dan mengklik shopping bag icon yang ada di profile Anda, mereka nanti akan diarahkan ke semua foto produk Anda yang di beri tag (ditandai), ini akan membantu mereka untuk lebih mudah mencari produk dan berbelanja barang dari Instagram Anda.

 
Shopping bag icon

3. Instagram Stories dengan Produk di beri Tag

Fitur Stories dan Tag telah banyak membantu pengguna instagram untuk meningkatkan penjualan, Sekarang para follower tidak hanya bisa melihat foto yang ada di gallery dan mengklik dengan cara “swipe up untuk belanja”.

Saat orang yang mengunjungi instagram stories Anda, para follower Anda bisa menekan video atau gambar (Instagram Stories Stickers) dan melihat informasi lebih lanjut tentang produk yang Anda buat, dan jika mereka tertarik mereka akan melakukan pembelian.

Membuat tag pada foto atau produk di stories Anda bisa menjadi cara organik untuk mempromosikan produk Anda melalui fitur stories Instagram. Mungkin ini adalah cara yang lebih halus untuk menyampaikan detail-detail produk Anda kepada orang lain.

Hal yang paling baik ketika menggunakan shopping stickers untuk instagram stories adalah usaha kecil yang mempunyai follower di bawah 10.000 sekarang sudah bisa mengerahkan traffic ke produk mereka dengan cara ini!

Coba lihat bagaimana startup clothing dengan brand Alas de Rayas menggunakan Instagram Stories untuk menampilkan koleksi musiman yang mereka punya, sambil mendorong viewer mereka untuk belanja produk mereka.

Instagram Stories dengan Produk di beri Tag

Mengapa Bisnis Anda Harus Menggunakan Instagram Shopping Posts

Dengan adanya Instagram shopping, orang-orang yang mengunjungi instagram Anda bisa melihat dan juga mengakses semua produk yang Anda jual, ini termasuk untuk melihat harga produk yang Anda jual, sehingga dengan demikian mereka bisa lansung melakukan pembelian jika tertarik dengan salah satu produk yang mereka lihat.

Hal yang menarik dan bagus dari Instagram Shopping adalah pengunjung Anda bisa beralih dari hanya sekedar melihat foto produk, mereka juga bisa melihat informasi produk hanya dengan dua langkah tap saja. Ditambah lagi dengan kemampuan untuk share post ke feed Instagram stories Anda, hal ini pasti memberikan manfaat ganda sekaligus mengajak audiens Anda untuk ikut terlibat dan memberi mereka pengalaman cara berbelanja yang lebih mudah, langsung dari Instagram.

Menurut saya fitur ini adalah fitur yang memberikan dampak besar untuk pembeli dan pemilik bisnis: kemampuan untuk membeli produk yang ada di Instagram tanpa harus meninggalkan aplikasi Instagram.

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari website resmi Instagram tentang hal ini, ketika Anda menekan atau mengklik gambar untuk melihat produk dari sebuah brand tertentu, Anda bisa melihat tombol Checkout Instagram di halaman produk itu secara langsung.

Anda bisa mengklik (tap) untuk melakukan pemilihan seperti opsi untuk ukuran, warna, dan mungkin untuk melanjutkan ke proses pembayaran – Semua langsung Anda lakukan dari Instagram, tanpa harus keluar dari aplikasi ini! Yang harus anda lakukan adalah hanya memasukkan nama, email, informasi tagihan Anda, dan alamat pengiriman barang untuk melakukan check out.

Alas de Rayas

Jadi selalu memastikan untuk membuat postingan stories yang menarik, agar follower Anda mau mengunjungi website Anda atau membeli produk yang Anda jual langsung dari Instagram, dan pastikan juga untuk menambahkan gift swipe up.

Apakah Akun Instagram Anda memenuhi Syarat?

Memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap orang untuk bisa menggunakan fitur instagram shopping post di akun instagram Anda. Berikut ini beberapa persyaratan yang bisa Anda siapkan sebelum benar-benar menggunakan fitur Instagram shopping post.

  • Anda harus menjual produk fisik.
  • Mengikuti peraturan Facebook tentang ‘kebijakan perdagangan’ yang bisa anda baca di sini.
  • Anda harus mempunyai Facebook Page (bukan akun Facebook Profile atau pribadi). Jika belum punya maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu dengan mengklik create Page dari akun profile Anda. setelah itu, Kelola dulu page Anda dengan memposting sesuai dengan produk-produk yang Anda jual atau pasarkan.
  • Akun Instagram yang Anda gunakan bukan akun pribadi tapi harus akun bisnis. Jika akun instagram Anda masih akun pribadi maka rubah menjadi bisnis terlebih dahulu, caranya bisa Anda pelajari di sini.
  • Akun Instagram bisnis Anda harus dihubungkan dengan Facebook page bisnis Anda.

Itu adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh Anda jika ingin mengaktifkan Instagram Shopping Post untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempromosikan produk Anda. memang Anda harus menunggu beberapa saat untuk bisa mengetahui apakah Anda layak atau tidak menggunakan fitur Instagram shopping ini.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu kami untuk share artikel Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Post ini dan jangan lupa subscribe Channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video – video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top