skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Menentukan Produk Bisnis Online Yang Laku Di Jual

Cara Menentukan Produk Bisnis Online Yang Laku di Jual

Banyak orang ingin memulai untuk membangun sebuah bisnis, Anda sudah tahu produk apa yang akan Anda jual, tetapi sayangnya banyak orang yang mulai berbisnis dan melakukan penjualan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan

Tidak ada yang membeli

Kurang berminat.

Akhirnya cepat atau lambat tutup bisnisnya.

Bukankan kita sering sekali melihat sebuah bisnis yang baru dibangun tidak lama kemudian tutup.

Ya banyak orang seringkali terjebak dengan yang namanya “IDE” wah saya punya ide bagus, pasti bakalan bagus dan sukses jika saya wujudkan tanpa memikirkan apakah produk itu dibutuhkan oleh orang apa tidak, ada yang membeli apa tidak.

Nah kali ini di artikel ini kita akan kembali melanjutkan pelajaran kita kali ini kita akan belajar “Cara Menentukan Produk Bisnis Online Yang Laku di Jual”

Semoga setelah kita sama-sama belajar dalam artikel ini Anda dan saya akan lebih mudah untuk mengetahui apakah sebuah produk yang akan kita jual banyak peminatnya atau apakah hanya sedikit.

Kesalahan saat memulai sebuah bisnis

Saya dan banyak orang sering kali melakukan kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengusaha baru:

  1. Punya ide
  2. Menjadikan ide itu sebagai sebuah produk bisnis atau jasa
  3. Segera membuat website
  4. Langsung jualan

Cara yang dilakukan itu bukan berarti salah, menurut saya mungkin kurang tepat dan bisa jadi gagal.

Tahukah Anda untuk membuat sebuah produk, membuka sebuah toko dan membuat sebuah website akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sebentar dan sedikit. Saya mengatakan seperti ini karena banyak orang yang salah mengartikan membangun sebuah bisnis baru bisa dilakukan sekarang juga dan membuat website bisnis hanya butuh 1 jam saja.

Jika memang demikian kenyataannya maka sudah banyak orang yang sukses bukan?

Proses Memulai Bisnis

Pastikan sebelum Anda memulai sebuah bisnis impian Anda cari tahu siapa target pasar Anda dan apakah yang akan Anda tawarkan itu memang bernilai bagi mereka atau sebaliknya, jika itu bernilai maka bisa jadi mereka mau membeli.

Pertanyaan yang harus Anda renungkan:

  • Produk Anda akan di jual kepada siapa? (Target pasar)
  • Apa yang akan Anda lakukan untuk membuat orang-orang mau membeli dari Anda? (Marketing)
  • Apa yang akan Anda jual?

Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan kita supaya kita bisa sama – sama membahas ketiga pertanyaan itu.

Jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya: Cara Mencari Ide Bisnis Online Yang Menjanjikan dan Cocok, Saran saya silahkan membaca artikel itu agar Anda bisa memahami peta dari pelajaran kita ini.

1 Menentukan Target Pasar Anda

Ini adalah pepatah yang tidak boleh kita abaikan dalam dunia bisnis tetapi sayangnya banyak orang yang mengabaikan malah menganggap pepatah ini kurang tepat.

Beberapa dari orang-orang juga ada yang mengatakan “Kita akan menarget semua semua dan sebanyak mungkin orang”.

Sekilas kata-kata itu sangat masuk akal bukan?

…menurut saya jika ada yang mengatakan seperti itu bisa jadi mereka sebenarnya sedang tidak menjual ke satu orangpun dan bisa jadi pemasaran yang mereka lakukan tidak tepat dan bisa kemungkinan tidak bisa membuat bisnis mereka tidak berkembang atau malah tutup pada akhirnya.

Berikut ini bagaimana kita bisa menentukan sebuah target pasar:

1.1 – Gali Ide itu

Saya akan menjelaskan dengan menggunakan sebuah contoh secara langsung.

Katakanlah saya sudah menemukan sebuah ide dan kemudian saya ingin memnjual pelatihan tentang “Cara Meningkatkan Ketrampilan Memasak”

Siapa saja target pasarnya:

  • Ibu Rumah Tangga
  • Orang yang hobi masak
  • Orang yang ingin membuka warung makan

Mungkin Anda dan saya merasa ok itu sudah cukup, tetapi sebenarnya kita masih bisa menggali lagi dna menemukan target yang lebih dalam lagi

 
  • Pria yang ingin bisa memasak
  • Orang yang ingin sukses dalam bisnis kuliner
  • Orang yang ingin bisa masak aneka macam menu masakan
  • Orang yang tinggal di negara lain atau kota (merantau) lain agar bisa masak sendiri

Bagaimana menurut Anda Orang-orang seperti itu pasti ingin mendapatkan manfaat yang lebih banyak tentang cara memasak.

Jadi cara yang paling tepat dan baik untuk menggali ide (brainstorming) dengan memikirkan apa saja yang bisa buat dan bermanfaat untuk orang lain.

1.2 – Riset dengan melihat di website lain bisa Grup atau komunitas

Untuk bisa terus berjalan di dalam sebuah bisnis Anda harus membuat konten atau artikel yang berhubungan dengan produk atau jasa Anda, caranya dengan mengunjungi website-website atau forum forum yang memiliki konten dan tema yang sama dengan pembahasan di website kita atau produk kita.

Dengan melakukan cara demikian Anda bisa mencari dan menemukan target pasar Anda.

Memang untuk melakukan semua itu tidak mudah lagi-lagi Anda harus meluangkan waktu untuk bisa menemukannya, tetapi ini adalah salah satu jalan untuk bisa sukses menemukan target pasar Anda.

2 Menemukan Apa yang Menjadi Permasalahan Mereka

Setelah melakukan tahapan di atas langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menemukan apa saja yang menjadi masalah terbesar mereka yang sering di hadapi.

  • “Pengen bisa masak dengan mengikuti sekolah masak, tapi tidak punya banyak dana untuk sekolah”
  • Setiap kali memasak pasti rasanya selalu saja hambar atau terlalu matang, jadinya rasanya kurang enak dan disukai.
  • “Istri saya dari kecil belum pernah masak, jadi sewaktu menikah baru mau belajar memasak”

Sebetulnya masih banyak yang bisa kita gali lagi dari permasalahan yang kadang banyak dialami oleh orang dalam bidang ini, apa yang di alami oleh orang-orang dalam kata-kata yang saya sebutkan di atas adalah yang memang benar-benar di alami oleh orang.

Jadi pastikan saat mencari sebuah permasalahan, Anda harus memastikan apakah permasalahan itu memang benar-benar ada atau hanya sebuah tulisan atau karangan Anda saja, jika sebuah karangan maka akan membuat kesan “bohong atau palsu”.

3 Memberi Solusi Praktis

Setelah kita mencari apa yang menjadi permasalahan yang sering mereka hadapi, kini waktunya bagi Anda untuk memberikan sebuah solusi praktis untuk mereka.

Ingat dan jangan sampai terjebak dengan kata-kata Praktis.

Karena banyak orang yang mengartikan arti praktis dengan sesuatu yang gampang dan mudah atau instan.

Memberikan solusi praktis yang saya maksud di sini adalah memberikan sebuah cara kerja atau praktek yang bisa memberi manfaat kepada mereka yang mengalami masalah secara langsung. Ini tidak hanya mencakup sesuatu yang bisa ditonton, baca atau bisa di dengarkan.

Jadi Praktis juga bisa mengartikan sesuatu yang bisa Anda kerjakan secara langsung.

Menurut saya ini adalah sebuah model bisnis online yang cukup baik.

Saat Anda sudah menemukan ide dan membuat sebuah produk/jasa yang bisa menjadi jawaban untuk menyelesaikan masalah yang di alami oleh targe pasar Anda, maka Anda sudah berhasil membuat sebuah bisnis yang kemungkinan bisa menguntungkan Anda.

Di artikel “Cara Menentukan Produk Bisnis Online Yang Laku di Jual secara online” Anda dan saya sudah bisa mengetahui bentuk sebuah bisnis beserta target pasarnya. Semoga dalam artikel selanjutnya kita bisa belajar tentang bagaimana kita bisa menarik perhatian dari target pasar kita? ini bukan perkara yang mudah, meskipun terkesan mudah. Mau tahu lanjutannya? Mari teruskan membaca di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top