skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Menemukan Broken Link Dan Memperbaiki Broken Link

Cara Menemukan Broken Link dan memperbaiki Broken Link

Ketika Anda mengunjungi halaman website ini, saya yakin Anda mempunyai website dan saat ini, Anda sedang berusaha keras untuk mencari tahu Cara Menemukan broken link dan juga cara memperbaiki broken link di website Anda. Memang broken link yang ada di dalam website kita bisa membahayakan website kita dengan beberapa cara:

  • Membuat buruk pengalaman pengguna – jadi begini, ketika ada seseorang yang mengunjungi website kita dan dia mengklik salah satu link yang ada di website kita ternyata ada link yang mati atau rusak (broken link) ini bisa membuat mereka merasa kesal dan lebih parahnya lagi mereka tidak mau kembali mengunjungi website Anda.
  • Membawa efek buruk bagi SEO Website – jika ada broken link di website Anda, ini akan membuat dampak buruk bagi rangking website Anda di mesin pencari.

Beberapa orang ada yang mengatakan bahwa link keluar yang error atau rusak (baik itu internal dan external) ini bisa membuang “link juice” – ini disebabkan karena cara kerja dari algoritma PageRank Google.

Beberapa orang yang lain juga ada yang mengatakan, jika ada broken link di website kita, ini akan menghambat mesin perayapan Google bekerja di website kita.

Tetapi menurut saya di samping masalah teknis itu, satu hal yang menurut saya penting adalah: tautan link keluar yang terputus (baik itu internal maupun external) akan membuat pengalaman pengguna yang buruk.

Ada dua tipe broken link yang biasanya terjadi di sebuah website:

1# Internal Link

Internal link mengarah atau merujuk dari satu halaman yang ada di website Anda mengarah ke halaman yang lain. Link inilah yang bisa Anda kontrol di website Anda. Sebagai contoh di halaman “Tutorial”, saya akan mengarahkan pembaca untuk melihat panduan berikutnya dihalaman selanjutnya

Jadi, setiap kali Anda akan membuat perubahan apapun, Anda harus selalu memastikan apakah Internal Link Anda masih aktif atau tidak? Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang pentingnya Internal Link untuk SEO Anda bisa membaca artikel ini.

2# External Link

External link atau link keluar (outbound link) yang menunjuk atau mengarah ke website lain tempat kita mereferensikan website lain.

Untuk mengetahui dan mengecek external link memang membutuhkan waktu, apalagi kalau website Anda adalah website yang besar dan sudah banyak link keluarnya, di sini Anda juga tidak bisa memegang kendali karena website lain yang Anda referensikan bukan milik Anda, bisa jadi website itu sudah tutup. Sehingga sewaktu di klik tautan itu error. Ini juga akan membawa pengaruh terhadap situs web Anda. Karena sewaktu Google Spider menditeksi terlalu banyak halaman 404, nilai dari website Anda akan menjadi turun menurut prespektif mesin pencari.

Jadi kalau Anda mempunyai pemikiran link yang mati tidak membawa dampak buruk terhadap situs web kita, Anda salah besar.

Oleh karena itu Anda harus benar-benar memastikan untuk memperbaikinya – dan ini sangat mudah dilakukan!

Anda harus melakukan hal ini secara berkala untuk memeriksa broken link yang ada di website Anda. Memang ini adalah pekerjaan yang akan memakan waktu dan harus dilakukan secara terus menerus, oleh karena itu Anda harus mempunyai manajemen waktu dan kerja yang terjadwal dengan baik dan harus disiplin.

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara melakukan pembersihan broken link, Anda tidak sedang sendirian. Saya telah melakukan pekerjaan ini secara rutin meskipun seringkali saya kewalahan juga mengingat beberapa website saya kerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Saya akan menunjukkannya kepada Anda tool apa saja yang bisa Anda gunakan dan bagaimana cara mencari dan memperbaiki broken link. Ini mungkin panduan yang sangat susah di cari dan beruntung Anda bisa mengetahui ini dari website SUBMITClimb dan juga channel Youtube SUBMITClimb.

Beberapa web hosting terutama seperti WP Engine dan GoDaddy, memblokir plugin Broken Link Checker karena menurut mereka ini memakan terlalu banyak system resources mereka.

Jika web hosting Anda menggunakan WP Engine dan GoDaddy, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif tool yang tidak harus di install di website Anda dan tidak memberatkan system resources hosting.

Langkah 1: Temukan Broken Link

Ada begitu banyak cara dan tool yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi broken link, dan beberapa dari antara tool – tool itu ada yang bisa kita gunakan secara gratis.

  • Plugin Broken Link Checker (untuk pengguna WordPress)
  • Software Screamingfrog (Freemium – ada versi gratis dan berbayar)
  • Software BeamUsUp (100% Gratis)
  • Google Analytics.
  • Screaming Frog – ini adalah tool yang sangat populer dan banyak digunakan. Anda harus mengunduh dan menginstallnya untuk bisa menggunakan tool yang satu ini.
  • W3C Link Checker – ini adalah tool berbasis cloud yang akan memungkinkan Anda untuk menemukan broken link hanya dengan memasukkan URL website Anda.

Itu adalah beberapa tool yang sering kami gunakan untuk mencari broken link di website penting kami. Memang masih banyak tool lain yang bisa kita gunakan dan jauh lebih efisien dalam kerjanya, tetapi kebanyakan dari tool itu yang mengharuskan kita untuk membayar biaya langganan untuk menggunakannya.

Karena saya tahu banyak diantara kita yang senang dengan yang namanya gratisan jadi saya lebih fokus membahas dengan menggunakan tool yang gratis.

# Menemukan Broken Link dengan Plugin Broken Link Checker

broken link plugin

Untuk yang menggunakan WordPress Anda bisa bersukur karena ada plugin yang akan memudahkan anda untuk menemukan broken link secara otomatis di seluruh halaman website Anda.

1# Download pluginnya melalui dasboard Anda.

2# install dan aktifkan plugin ini.

3# Silahkan masuk ke dalam bagian Settings >> Link Checker

broken link plugin 2

Jika Anda perhatikan pada bagian tab “General” akan akan melihat secara default daftar beberapa link yang mungkin rusak yang sudah terditeksi secara otomatis dibagian “Status”. Anda juga akan bisa mengetahui berapa jumlah link yang rusak.  Anda bisa mengecek dengan mengklik link-link tersebut

Di dalam pengaturan plugin ini Anda bisa mengatur sesuai dengan keinginan Anda, kapan plugin ini bekerja dan kapan plugin ini harus mengecek link-link yang rusak dan memberitahu melalui email Anda jika memang ada dan ditemukan link yang rusak di dalam website Anda.

Kemudian dibagian “Look for Links,” Anda diharuskan untuk memilih pengaturan dibagian mana saja plugin ini harus melakukan pengecekan. Secara default settingan akan melakukan pengecekan pada halaman Pages, Posts dan bagian comment saja.

Jika ditemukan beberapa link yang error, maka nanti dibagian tab baru akan ada panel menu Tools >> Broken Link.

Yang diperlukan setelah Anda melihat dan mengetahui beberapa link yang rusak adalah Anda segera memperbaiki link-link yang terditeksi rusak.

  • Edit URL: Mengubah URL dari link itu sendiri. Kalau link ini muncul di beberapa halaman maka plugin akan secara otomatis mengganti beberapa URL dengan URL yang baru.
  • Unlink: Ini kita hanya menghapus linknya saja, tetapi teksnya masih tetap ada.
  • Not Broken: Menandai dan memberitahu bahwa link ini tidak rusak.
  • Dismis: Anda memberitahu untuk menyembunyikan link dari “broken Link” dan juga dari “Redirect

broken link plugin 3

Jadi itu adalah panduan singkat saya jika Anda ingin mengecek broken link dengan menggunakan bantuan sebuah plugin. Cara Ini hanya berlaku untuk pengguna WordPress saja.

# Menemukan Broken Link dengan Xenu

 

Tool Gratis lain yang bisa Anda gunakan dan kami rekomendasikan adalah Xenu Link Sleuth. Memang saat Anda mengunjungi website ini mungkin beberapa dari antara kita akan curiga mengingat halaman websitenya kurang begitu bagus dan jarang di update. Tetapi ini adalah tool gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengecek dan menemukan broken link secara berkala sampai hari ini. Bahkan tool ini juga direkomendasikan oleh website-website besar seperti WordStream.

Setelah Anda menginstallnya silahkan buka software ini kemudian silahkan klik FileCheck URL dan masukkan website Anda dan kemudian klik “check external links”, dan klik “OK” untuk melakukan analisa.

xenu broken link checker

# Menemukan Broken Link dengan BeamUsUp

Ini adalah tool Gratis lain yang paling sering saya gunakan. Dulu saya menggunakan Screaming Frog SEO Spider Tool. Tool ini FREEMIUM. Anda bisa menggunakan secara gratis hanya saja dibatasi pencarian samapi 500 link saja kalau saya tidak salah baca di website resmi mereka.

Menurut saya Frog SEO Spider Tool ini bisa kita gunakan, hanya saja kalau website kita sudah banyak postingan tentu jumlah 500 URL sangat sedikit. Oleh karena itu saya mencari alternatif yang lain yang sama dengan Screaming Frog SEO Spider Tool dan menemukan BeamUsUp.

Kalau di lihat dari websitenya memang tool BeamUsUp ini juga tidak sepenuhnya di kelola oleh pemiliknya. Tetapi meskipun sudah tidak di kelola dengan baik, Anda masih bisa menggunakan dan memanfaatkan tool BeamUsUp ini 100% gratis tanpa batas pencarian.

Anda cukup mendownload software ini di website resminya di sini. Software ini membutuhkan aplikasi Java. Jadi pastikan anda mendownload dan juga menginstall Java yang mereka minta. Software java juga gratis anda bisa mendownloadnya secara online dan pastikan internet Anda aktif.

Setelah Anda download silahkan klik file buu.exe. Jika Anda belum memiliki file java yang mereka minta anda akan di minta untuk mendownload dan menginstallnya. Setelah selesai menginstall Java silahkan klik lagi file buu.exe untuk membuka softwrae ini.

Silahkan masukkan URL website yang mau di periksa pada bagian URL. Kemudian klik check. Anda juga bisa memilih setingan apa saja yang mau di check dengan mengklik menu “configuration” lalu silahkan centang apa saja yang mau anda tambahkan. Dalam panduan ini saya hanya menambahkan pilihan “try to load external URL and store their response code”.

BeamUsUp broken link checker 1

Setelah proses analisa selesai Anda bisa melihat hasil analisa dengan mengklik teks yang ada di bagian kanan seperti yang terlihat pada gambar yang ada di bawah ini:

BeamUsUp broken link checker 2

Anda juga bisa menyimpan hasil analisa dari tool ini ke dalam format Excel dan di Export ke Google Drive. Sehingga anda tidak perlu menganalisa lagi untuk mencari file-file yang harus diperbaiki. Cukup membuka file dalam format Excel cari dan perbaiki file yang rusak.

Langkah 2 Buat Laporan Broken Links

Tugas Anda bukan hanya menemukan broken link saja. Setelah menganalisa dan menemukan link-link yang erorr Anda harus segera memperbaikinya. Silahkan buat file Excel dari hasil analisa Anda dan beri nama filenya, sebagai contoh saya akan memeri nama “broken link”

Dari semua tool yang Anda gunakan Anda bisa mengexport ke dalam format Excel. Cukup klik export dan pilih format CSV untuk Excel. Saya rasa ini cara yang mudah jadi saya mengasumsikan Anda semua bisa melakukan ini.

Langkah 3 Menganalisa dan Menentukan Perbaikan Link

Setelah semua langkah di atas Anda lakukan, langkah selanjutnya ini adalah langkah yang paling penting, Perbaikan link. Dari semua tool yang sudah Anda gunakan. Baik itu Xenu, Plugin broken checker, BeamUsUp dan juga Google Analytics sama – sama akan memberitahu Anda mana saja link yang rusak. Sebelum anda memperbaiki link yang mati atau error Anda harus menganalisa dulu mengapa halaman-halaman itu tidak berfungsi dengan baik. Jika cuma bug saja maka anda tidak perlu mengganti URL yang rusak.

Bisa jadi beberapa link rusak karena kesalahan ketik manusia atau karena website yang dikunjungi sedang dalam keadaan maintenance. Link-link yang seperti ini mungkin tidak perlu perbaikan. Oleh karena itu penting sekali untuk mengklik link-link yang rusak itu dan mengeceknya satu persatu untuk mengetahui kesalahan yang sebenarnya dan memperbaikinya dengan Url yang baru atau membiarkannya.

Memasukkan banyak tautan link di website Anda sebagai sumber informasi tambahan adalah ide yang sangat baik. Ini akan memberikan nilai tambah kepada para pengunjung Anda dan juga sekaligus membantu meningkatkan Search engine optimization (SEO). Tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari link-link tersebut, Anda harus benar-benar memastikan apakah semua link itu benar-benar berfungsi dengan baik atau sudah mati.

Broken link akan selalu terjadi dari waktu ke waktu di setiap website, untungnya masalah broken link dan cara menemukan broken link ini mudah ditangani. Anda dan saya bisa mencari tautan link yang rusak secara manual dengan bantuan salah satu tool yang kami sebutkan di atas (memang ini akan memakan waktu berjam-jam dan mungkin bisa berhari-hari jika jarang Anda lakukan), tetapi dengan bantuan plugin seperti Broken Links checker Anda bisa melakukan ini hanya dengan beberapa menit saja. Plugin ini akan membantu Anda dan saya untuk memeriksa link mana saya yang mati atau rusak dan kita bisa segera memperbaikinya.

Jika Anda membutuhkan (atau lebih suka) menggunakan cara lain tanpa harus menginstall pulugin, Anda bisa menggunakan tool seperti Screaming Frog, W3C Link Checker atau BeamUsUp untuk mendapatkan hasil yang sama. Saya sendiri lebih suka dan lebih sering menggunakan BeamUsUp dan W3C Link Checker untuk melakukan pekerjaan ini sampai hari ini.

Jika Anda mempunyai pertanyaan tentang cara menangani broken link di WordPress? Anda bisa bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini! Saya yakin Artikel ini sangat membantu Anda. Oleh karena itu bantu saya agar bisa terus menulis panduan lebih semangat untuk Anda pastikan Anda mendukung kami dengan Follow semua akun sosial media SUBMITClimb seperti Twitter, Instagram, Facebook Page, Facebook Group dan Subscribe Channel YouTube SUBMITClimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top