skip to Main Content
GRATIS 2 KAOS JOGER setiap bulan yang follow dan subscribe >>
Cara Mendapatkan Musik Untuk Video YouTube

Cara Mendapatkan Musik untuk Video YouTube

Musik untuk Video YouTube. Sebuah musik yang kita gunakan di dalam video yang kita buat bisa membantu untuk untuk membangkitkan emosi orang yang menonton video. Pemilihan dan penggunaan musik yang tepat memang telah terbukti mampu membangkitkan emosi, energi dan menyampaikan pesan kepada para penonton video.

Masalah yang sering dihadapai para para pembuat video termasuk YouTuber saat mengupload video mereka ke YouTube entah mereka ingin membuat video tentang kehidupan sehari-hari mereka, video tutorial atau membuat video yang memuat konten-konten komedi menemukan dan menggunakan musik untuk digunakan di dalam sebuah video bisa membawa tantangan tersendiri sehubungan dengan masalah lisensi musik yang digunakan di dalam video. Masalahnya adalah musik yang digunakan dilindungi hak cipta sama seperti karya seni lain. Hal ini berarti jika Anda menggunakan sebuah musik yang tidak memiliki ijin lisensi yang benar, kemungkinan besar video yang Anda upload ke YouTube akan di mute, ditandai dan akhirnya dihapus dari YouTube (flagged for removal).

Biasanya banyak perusahaan dan pemilik hak cipta akan memerangi dan melawan mereka yang menggunakan musik yang tidak memiliki ijin penggunaan (ijin lisensi). Jadi pastikan Anda menggunakan musik yang memang diijinkan dan bebas copyright dan sebisa mungkin untuk meminta ijin menggunakan musik di dalam video YouTube Anda, meskpun Anda tidak ingin menghasilkan uang dari video-video yang Anda upload ke YouTube.

YouTube bisa dianggap bertanggung jawab jika mereka mengijinkan beberapa orang menggunakan musik yang dilindungi hak cipta untuk terus digunakan tanpa seijin dari pemiliknya. Untuk mengatasi masalah itu untungnya YouTube memiliki program yang canggih untuk mengenali dan memfilter secara otomatis materi-materi yang memiliki hak cipta.

Jika Anda nekat untuk tetap membuat konten dan menggunakan materi yang memiliki hak cipta semua video yang Anda telah upload ke YouTube bisa di tandai dan dihapus oleh YouTube dan yang lebih parahnya lagi Anda akan kehilangan kemampuan Anda untuk memonetisasi video Anda di YouTube.

Bagaimana Penggunaan Lisensi Musik Untuk Video.

Lisensi Lagu bebas Royalti

Bahkan jika Anda sudah menemukan beberapa musik yang memiliki label bebas royalti (Royalti Free Use) Anda masih harus memastikan untuk menggunakan musik itu dan perlu melisensikan lagu itu di video yang akan kita upload ke YouTube. Musik bebas royalti memang bisa Anda gunakan tetapi Anda masih membutuhkan izinnya untuk menggunakan musik itu dengan persyaratan yang biasanya jauh lebih mudah. Kebanyakan musik yang bebas royalti memiliki lisensi Creative Commons yang membutuhkan artist attribution. Dalam beberapa kasus Anda perlu membeli membeli lagu yang bebas royalti, tetapi Anda tidak perlu membayar royalti dari lagu yang Anda gunakan setiap kali video atau lagu yang diputar.

Lisensi untuk lagu yang bebas royalti biasanya tersedia dalam bentuk dokumen. Lagu-lagu untuk bebas royalti biasanya akan mencantumkan beberapa persyaratan untuk digunakan secara legal. Terkadang penting untuk membaca kontrak lisensi ini, dan biasanya digunakan untuk kepentingan non-komersial. Jika Anda ingin menggunakan untuk menghasilkan pendapatan dari iklan, kemungkinan hal ini tidak cocok untuk penggunaan lagu di video YouTube Anda. Jadi pastikan untuk membaca penggunaan lisensi lagu dari masing-masing artis.

Mengapa Anda harus benar-benar waspada dan hati-hati dengan masalah penggunaan lagu di video YouTube? Karena dengan mengetahui semua persayaratn lisensi dari lagu yang Anda beli dan gunakan hal ini akan melindungi semua video Anda dari pelanggaran copyright dan penghapusan.

Apa Artinya Royalti Free Music?

Royalti Free Music sebenarnya mengacu kepada jenis lisensi musik yang memungkinkan orang yang membeli musik atau lagu sekali bayar tetapi bisa digunakan untuk selamanya.

Tetapi banyak orang salah mengerti tentang Royalti Free Music, banyak yang menganggap ini juga termasuk musik yang bisa digunakan secara gratis tanpa harus membeli yang bisa kita gunakan di dalam video kita, baik itu public Domain atau Creative Commons seperti yang akan Anda lihat daftarnya di bawah ini.

Apa Artinya Hak Cipta?

Hak Cipta sendiri merupakan sebuah hukum yang melindungi (terkait) dengan hasil kraya seni, gambar, musik tulisan dan lainnya yang dibuat oleh orang-orang yang menciptakan hasil karya tadi (kekayaan intelektual). Ini akan melindungi si pembuat karya seni dan membuat orang untuk tidak seenaknya menduplikasi hasil karya orang itu dan menganggap kalau karya itu adalah milik mereka sendiri. Ini termasuk tidak boleh menjual atau menguangkan hasil karya orang lain.

Meskipun sebuah karya tertentu memiliki hak cipta dan dilindungi Anda masih bisa mengutip, merujuk pada sumber-sumber lain yang akan Anda masukkan dalam pekerjaan Anda. Tetapi jika Anda ingin menyalin atau merubah hasil karya cipta orang lain itu Anda diharuskan untuk meminta izin dari orang yang membuat (pemegang hak cipta). Izin seperti ini namanya adalah lisensi.

Meskipun banyak orang yang menghormati karya orang lain dengan meminta izin terlebih dahulu dari pemilik hak cipta, ada juga orang dan organisasi yang lebih memilih untuk memberikan lisensi karya mereka secara bebas. Mereka melakukan hal ini dengan menggunakan lisensi Creative Commons dengan menempatkan karya ciptaan mereka dalam Public Domain.

Bagaimana Mendapatkan Musik, Gambar dan karya lain secara Gratis?

Semua karya cipta yang ada di internet baik itu gambar, musik atau lainnya pasti milik seseorang dan sudah pasti memiliki hak cipta. Bagaimana Anda bisa menggunakan gambar, musik dan hasil karya cipta lainnya di dalam proyek yang akan Anda buat secara gratis tanpa harus membeli?

Jawabannya sangat sederhana Anda bisa menggunakan musik, gambar dan karya cipta lain yang berlisensi Public Domain dan Creative Commons tanpa harus mengambil resiko terkena pelanggaran copyright, video Anda dihapus dan akun YouTube Anda di banned.

Untuk membantu Anda memahami hal ini saya coba menunjukkannya dengan menggunakan gambar, saya yakin dengan melihat gambar ini Anda akan bisa memahami perbedaan antara Traditional Copyright, Creative Commons dan Public Domain.

Creative Commons Free Music-1

Icon-icon ini akan membantu kita membedakan lisensi Creative Commons.

  • Atribution: Anda harus menyebutkan di dalam proyek Anda sumber seperti yang sudah ditentukan oleh sanga pencipta atau yang memberikan lisensi jika Anda ingin menggunakannya atau sekedar menyalin dan membagikannya melalui website Anda.
  • Non-Commercial: saya rasa Anda sudah mengetahui yang satu ini. Anda tidak diijinkan untuk menghasilkan uang atau keuntungan dari konten yang Anda gunakan itu.
  • No Derivative Works: Anda sama sekali tidak diijinkan untuk mengubah konten.
  • Shara Alike: Anda diijinkan untuk merubah konten asalkan Anda juga menginjinkan orang lain untuk menggunakan karya yang baru saja Anda rubah itu dengan memberikan lisensi yang sama seperti aslinya. Jadi bisa saya katakan Anda tidak diijinkan untuk mengakui karya yang baru itu adalah karya Anda (Hak cipta sendiri)

Untuk keterangan yang lebih lengkap dan detail dari ikon-ikon Creative Commons Anda bisa membacanya di Sini.

 

Menggunakan Musik Public Domain

Musik yang berlisensi public domain tidak ada batasannya, Jika Anda ingin menggunakan suatu karya cipta orang lain jika memang itu berada dalam Public Domain, Apa artinya Public Domain? Ini mengartikan Anda bisa menggunakan karya cipta itu sesuka hati Anda, ini bisa diartikan seperti karya Anda sendiri dan Anda yang menciptakan meskipun sebenarnya itu bukan hasil karya Anda. Tetapi untuk bisa menemukan dan mendapatkan gambar, musik dan karya cipta yang lain (Public Domain) sangat sulit.

Menggunakan Music berlisensi Creative Commons

Apa itu Musik Creative Commons. Musik atau hasil karya kreatif yang berlisensi Creative Commons adalah hasil karya dari para kreatif yang dibuat dan disediakan bagi publik secara gratis sehingga orang lain bisa menggunakannya untuk membuat karya kreatif mereka.

Gambar, Musik dan hasil karya cipta yang berlisensi Creative Commons bisa Anda gunakan dan tidak akan dikenakan biaya jika Anda ingin menggunakannya di dalam karya Anda. Meskipun sebuah karya berlisensi Creative Commons hal itu bukan berarti benar-benar 100% gratis karena untuk bisa menggunakan karya mereka Anda diharuskan mengikuti syarat dan peraturan penggunaan karya mereka yang sudah ditentukan. Yang mempunyai hak cipta akan menentukan syaratnya dan Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari lisensi yang sudah menjadi patokan Creative Commons, pada umumnya harus menyertakan kredit si artis.

Ada enam jenis lisensi Creative Commons yang berbeda dan beberapa jenis itu ada yang sangat ketat untuk penggunaannya dibandingkan dengan tipe Creative Commons yang lain. Maka sangat penting sekali untuk mengetahui ke enam jenis tipe Creative Commons jika kita ingin menggunakan beberapa lagu atau gambar untuk di proyek Anda.

Catatan: Ingatlah selalu bahwa hampir semua karya lagu atau gambar yang tidak dilindungi hak cipta – non-copyright song jika Anda mendownloadnya untuk digunakan dalam proyek Anda atau sebuah video, itu memang benar-benar gratis dan bisa digunakan tetapi itu akan selalu berada di bawah lisensi Creative Commons.

Ini berarti apa? Ini berarti Anda harus memberikan attribute-mention untuk artis.

Attribute ini berarti Anda harus menjelaskan di deskripsi video (bisa juga di video) atau di dalam proyek siapa sebenarnya artis, penulis lagu atau pencipta yang sebenarnya.

Cara Menemukan Konten Yang Bisa di Gunakan dan Belisensi Creative Commons

Pertama Lihat simbol. Mungkin itu adalah pertanyaan yang paling saya dengar termasuk saya dulunya juga memiliki pertanyaan itu. Untuk bisa mengetahui sebuah musik, gambar atau karya cipta itu memiliki lisensi Creative Commons Anda cukup melihat simbol Creative Commons serta simbol lain yang menunjukkan kalau musik itu berlisensi Creative Commons.

Kedua Menggunakan Filter Google. Tahukah Anda mesin pencari Google bisa menyaring gambar-gambar yang hanya menampilkan karya tertentu misalnya gambar atau musik yang berlisensi Creative Commons dan Public Domain. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu membuka internet dengan menggunakan browser chrome, kemudian filter pencarian Anda di bagian setting dan menggantinya menjadi “Free to use or share, even commercially”.

Ketiga Menggunakan Gambar Fair Use. Semua orang tahu kalau menggunakan gambar dan musik orang lain di lindungi Hak cipta (Copyright). Cara lain yang sering saya lakukan adalah mencari dan menggunakan gambar yang memiliki aturan Fair Use. Apa rtinya hal ini? Ini artinya Anda dan saya bisa menggunakan gambar dan music yang berhak cipta hanya untuk tujuan tertentu misalnya seperti:

  • Berkomentar
  • Mengkritik
  • Pelaporan
  • Untuk Penelitian
  • Pengajaran dan Pendidikan

WEBSITE TEMPAT DOWNLOAD ROYALTY FREE MUSIC

Sumber terbaik untuk mendownload musik yang bebas royalti dengan kualitas terbaik di Internet.

Berikut ini adalah beberapa website yang musiknya bisa Anda gunakan secara gratis dan berlisensi CC untuk digunakan dalam video YouTube. Ingat setiap website yang kami sebutkan di bawah ini memiliki lisensi campuran, jadi pastikan untuk memeriksa setiap lagu yang akan Anda gunakan.

YouTube Audio Library: Ini adalah audio library milik YouTube yang di sediakan untuk YouTuber untuk bisa digunakan dalam proyek mereka secara gratis. 100% gratis. Hampir semua musik yang Anda gunakan di sini mengharuskan Anda untuk memberikan atttribute ke penulis atau pemilik lagu.

Free Music Archive (FMA): Musik gratis dengan Lisensi Creative Commons. Untuk menggunakan musik yang ada di sini Anda diharuskan menyebutkan nama artis atau website di dalam proyek (video) Anda.

Bensound: Anda bisa mendownload musik dari website ini untuk penggunaan proyek video YouTube Anda dengan memberikan kredit atau attribute Bensound.com. Ada beberapa lagu yang bisa Anda beli di website ini untuk kebutuhan proyek video Anda. Kami juga menggunakan beberapa lagu untuk di channel YouTube kami salah satunya adalah channel SUBMITClimbhelp.

Incompetech: Musik Gratis untuk Video YouTube. Musik Berlisensi Creative Commons dengan attribution gratis. (attribution HARUS diberikan untuk membuat lagu ini menjadi legal) tetapi mereka menyarankan untuk memberikan donasi (sumbangan) sebesar $5 untuk kebaikan dan hasil kerja keras sang artis. Jika Anda tidak ingin memberikan attribution Anda harus membeli musik di sini seharga $30 USD untuk masing-masing lagu.

Soundcloud: diantara sekian banyak musik yang di upload di Soundcloud, ada beberapa lagu yang bisa Anda gunakan secara gratis. Untuk membedakan dengan yang gratis cukup mudah karena ada pilihan untuk mengunduhnya secara gratis (legal)

Audionautix: Musik di sini diklasifikasikan antara genre dan mood (suasan hati), ada banyak lagu format mp3 yang bisa Anda download untuk Musik untuk Video YouTube Anda.

Musopen: Di website ini Anda akan menemukan musik klasik yang bebas royalti yang diklasifikasikan mulai dari bach hingga Beethoven

Freesound: Di Freesound berisi kumpulan efek suara, termasuk beberapa lisensi CC0

ccMixter: Website ini menampilan original sampel dan capela vocal dari musisi-musisi yang ada di seluruh dunia, tentunya saja dengan sampel yang sangat bagus dan trek gratis untuk penggunaan komersial.

FreePd.com: Koleksi yang ada di situs ini mencakup musik public domain yang dikumpulkan dan kebanyakan musik dan suara dari Kevin MacLeod. Perbedaan di karya MacLeod di situs ini adalah dia telah menyumbangkan beberapa karyanya untuk situs public domain. Jadi Anda tidak perlu memberinya kredit di setiapp video yang Anda buat.

Partners in Rhyme: Partner in Rhyme memberikan koleksi musik dan efek suara yang bebas dari royalti dan bebas digunakan untuk keperluan komersial, terdapat lisensi yang bisa Anda download dan cetak.

Update tambahan daftar Musik dan Sound effect untuk hari ini. Klik Di Sini!

Silahkan klik link yang ada di atas untuk mendownload musik yang dapat Anda gunakan dalam proyek pribadi tanpa mengalami masalah hak cipta.

Namun kami ingatkan, PENTING bagi Anda untuk membaca dan memahami semua jenis lisensi dari musik yang ada di website-website tersebut, tujuannya untuk mengetahui sebara jauh Anda bisa menggunakan musik-musik tersebut dan yang tidak bisa Anda lakukan dengan musik-musik itu.

This Post Has One Comment
  1. Keren banget penjelasan dan insightnya min, saya suka dengan pencerdasan tentang hak cipta di atas. Ini rasanya penting mengingat di Indonesia masih sangat kurang penghargaan terhadap karya-karya Digital.

    Makanya masih banyak kita temuin download-download ilegal, software bajakan, dll. Termasuk karya fotografi atau gambar dan audio.

    Kalau mimin mau dapetin referensi lagi tentang tempat audio Free License, pas banget saya pernah nulis disini.

    Semoga bermanfaat! Salam kenal… ^_^

    Regards, Raafi
    Owner Plaza Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top