skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang Di YouTube

Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang di YouTube secara alami

Di panduan kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda Teori dasar Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang di YouTube secara alami yang digunakan dan di sarankan oleh para konten kreator YouTube profesional di seluruh dunia. Jika itu yang sedang Anda ingin cari tahu tentang caranya mendapatkan 4000 jam tayang di YouTube dengan cepat dan alami agar Anda bisa mulai memonetisasi semua konten video yang Anda upload, silahkan terus membaca artikel ini sampai habis.

Dalam postingan ini saya sengaja membahas tentang bagaimana caranya Anda bisa mendapatkan 4000 jam tayang di YouTube secara alami, bukan dengan cara – cara yang salah dan di larang YouTube seperti membeli views dan subscriber dari penyedia jasa yang bisa Anda temukan di internet.

Di artikel ini saya juga akan menunjukkan apa saja yang harus Anda siapkan dan perlukan untuk bisa mencapai 4000 jam tayang di YouTube.

Apakah Anda sudah siap dan sangat ingin tahu? Mari kita langsung saja bahas rahasianya satu persatu.

Saya beranggapan kita semua yang ada di sini sudah dewasa dan bisa berpikir dengan baik, jadi saya tidak menganggap Anda bodoh atau tidak cerdas ketika Anda mengajukan sebuah pertanyaan apapun termasuk tentang mendapatkan 4000 jam tayang di YouTube.

Karena tanpa bertanya, kita semua mungkin tidak tahu jawabannya bukan? Tapi pertanyaan yang ingin kita tanyakan juga harus kita coba cari sendiri jawabannya di internet, kalau Anda mentok baru bertanyalah kepada orang lain yang menurut Anda bisa memberikan jawaban dengan baik. Jika Anda ingin menjalankan bisnis online dengan sukses maka syarat utama yang harus Anda miliki adalah Anda harus bisa memecahkan jawabannya secara sendiri terlebih dahulu, jika mentok barulah bertanya.

4000 jam tayang adalah syarat yang sudah jelas dan pasti harus dipenuhi setiap konten kreator YouTube jika mereka ingin mengikuti YouTube Partner program. Sekarang, YouTube memang sudah menetapkan syarat itu agar tidak sembarangan orang bisa mengikuti program ini – Konten kreator benar – benar di saring tidak seperti dulu. Sekarang mari sama – sama kita cari tahu apa sih Watch time itu.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan YouTube Watch Time itu sebenarnya?

Agar YouTube bisa menghitung waktu tonton, maka setiap video yang Anda upload ke YouTube harus di setting ke pilihan public. Ini juga termasuk mengartikan Anda tidak bisa membuat video live streaming, kemudian setelah itu Anda menyetelnya ke pilihan tidak public. Selain itu, Anda juga tidak bisa membuat video baru dan membuatnya publik selama 6 atau beberapa bulan kemudian Anda menghapusnya dari YouTube atau mungkin merubahnya ke pilihan private. Semua video yang Anda upload ke YouTube harus di atur ke pilihan public agar bisa bisa di hitung.

Dan waktu tonton 4000 jam ini juga harus Anda capai dalam 12 bulan atau di tahun itu. Lalu bagaimana kalau 4000 jam tayang itu di capai lebih dari 12 bulan, apakah bisa di monetisasi?

Sabar ya, nanti akan saya jawab.

Apa yang akan terjadi saat Anda sudah mendapatkan 4.000 jam tayang YouTube?

Memang ada alasannya mengapa sekarang YouTube memberlakukan syarat yang cukup berat ini, 4000 jam tayang: agar Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube. (Pastikan Anda juga bekerja kantoran atau pekerjaan lainnya saat baru memulai bisnis YouTube).

Berdasarkan peraturan YouTube untuk bisa mengikuti YouTube Partner Program (YPP), Anda harus memenuhi syarat 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber.

Setelah Anda sudah memenuhi syarat itu, barulah Anda bisa mengajukan untuk mengikuti YPP (YouTube Partner program) barulah setelah itu Anda bisa menampilkan iklan di setiap video jika pengajuan Anda di setujui (approved), kalau tidak di setujui ya Anda tidak bisa menampilkan iklan dan Anda harus membuat channel baru dan mulai dari awal lagi. Inilah kenapa saya wanti-wanti untuk hati-hati dan serius saat Anda membangun bisnis YouTube.

Katakanlah pengajuan Anda sudah di setujui (approved) oleh YouTube. Sekarang yang perlu Anda lakukan dan butuhkan adalah mendapatkan lebih banyak lagi subscriber dan meningkatkan jumlah jam tayang (views) untuk mendapatkan penghasilan full-time income dari setiap iklan yang tayang di YouTube. Menurut saya ini bisa menjadi sumber tambahan yang cukup baik untuk menunjang pekerjaan utama Anda.

Coba bayangkan kalau kemarin sewaktu Anda ingin memenuhi syarat YouTube Partner program (YPP) jumlah subscriber dan jam tayangnya membeli dari jasa penyedia yang ada di internet. Apakah setelah Anda bisa berhasil lolos di setujui oleh YouTube, Anda bisa menghasilkan?

Jawaban saya sudah pasti bisa tapi PENGHASILANNYA kecil sekali

Kenapa, karena subscriber Anda bukan real orang, bagaimana mereka mau menonton setiap video baru yang akan Anda upload kalau subscribernya bukan orang sungguhan, atau bukan orang yang benar-benar suka dan tertarik dengan setiap konten yang Anda buat, Sia – sia kan?

Itulah kenapa, saya selalu mengatakan nikmati prosesnya dan hasilnya dikemudian hari.

Penghasilan tiap konten kreator YouTube berbeda-beda setiap bulannya dan setiap orangnya. Tidak selalu sama!

Kalau Anda ingin penghasilan yang besar, maka Anda perlu merenungkan beberapa pertanyaan ini. Apakah konten yang Anda buat menarik? Apakah konten Anda tidak membosankan? Apakah konten Anda memberikan manfaat yang nyata? Apakah Anda konsisten dalam mengupload video – video baru?

Percayalah, YouTube sangat menjanjikan jika kita garap dengan sangat serius dan tekun. Jangan seperti kebanyakan orang dan beberapa teman saya yang suka meragukan dan mempunyai pertanyaan, CPC Indonesia kan kecil banget kalau dibandingkan dengan konten-konten yang di buat dalam bahasa inggris dan target luar? (Kalau boleh jujur, sebenarnya bosan saya dengar kata-kata itu terus. Kalau begitu biarkan saya saja yang bermain dan merasakan CPC kecil kalau kamu suka CPC yang besar, kan enak saya tidak punya saingan di CPC kecil LOL)

Betul CPC Indonesia kecil sekali jika dibandingkan dengan CPC luar negeri, tapi apakah tidak bisa menghasilkan?

Coba belajarlah dari media-media besar dan orang-orang kecil yang tidak terkenal lainnya yang tekun membuat konten dalam bahasa Indonesia tapi tidak mempertanyakan hal itu karena mereka mensukuri apa yang mereka dapatkan seberapapun itu, dan selain itu saya yakin mereka juga tahu hasilnya lumayan cukup baik jika di garap dengan benar dan serius apalagi kalau di kalikan banyak (beberapa blog dan beberapa channel YouTube dan aplikasi yang di kelola).

Jika memang Anda tahu konten dalam bahasa inggris lebih besar, maka buatlah website atau video dalam bahasa inggris agar penghasilan Anda berlipat-lipat, ketimbang selalu bertanya tapi tidak pernah melakukan tindakan untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Sekarang kembali lagi ke topik. Setelah Anda sudah bisa menghasilkan dari YouTube, sampai kapan Anda harus membuat video?

Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang paling sering saya baca dan dapatkan baik dari internet maupun dari teman-teman yang saya kenal.

Kalau boleh bertanya balik kepada kalian, saya ingin menanyakan pertanyaan ini, menurut kalian kenapa Perusahaan Handphone selalu membuat handphone baru, apa tidak cukup buat satu aja untuk selamanya?

Silahkan berikan jawaban kalian di kolom komentar ya…

Faktanya adalah: tidak ada yang namanya benar-benar passive income dalam menjalankan bisnis YouTube. Anda dan saya masih harus tetap membuat video-video baru yang berkualitas secara tetap tentu dan konsisten. Ingat, penghasilan Anda bergantung dari orang-orang yang menonton video Anda. Jika video yang Anda buat membosankan, tidak menarik, apalagi tidak memberikan manfaat maka siap-siaplah untuk tidak pernah gajian dari YouTube.

Bayangkan juga kalau kalian menonton video yang itu – itu saja setiap harinya, tidak ada video baru, pasti bosan dan tidak mau mengunjungi channel itu lagi bukan?

Jika Anda jarang upload video atau mungkin sering upload video tapi konten yang Anda buat kurang menarik, maka Anda bisa kehilangan audiens Anda. Minat mereka untuk menonton dan mengunjungi channel Anda menjadi berkurang, interaksi di channel Anda akan menurun, penayangan Anda juga akan menurun dan pada akhirnya, Anda akan kehilangan pendapatan karena pendapatan Anda juga akan ikut menurun.

Selalu ingat kata – kata saya ini: Tidak ada yang abadi di dunia internet, sekarang cara ini mungkin bisa menghasilkan besok mungkin tidak. Jadi berupayalah untuk tetap produktif agar bisa menjaga pendapatan Anda di YouTube.

Saya akan buka pola pikir Anda dan kasih tahu rahasia sebenarnya:

Ada alasan yang nyata mengapa Anda harus berupaya untuk bisa meraih dan mentargetkan 4.000 jam tayang, ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan penghasilan dari iklan ya. Anda harus bisa mencapainya secara natural karena bisnis YouTube yang sedang Anda rintis dan jalankan ini adalah bisnis membangun keterlibatan dengan audiens Anda (engaged audience).

Seperti yang sering kita dengar kata – kata terkenal ini di internet “money follows attentions.”

Jujur saya katakan, pendapatan iklan dari YouTube adalah salah satu dari pendapatan yang saya dapatkan dari internet.

Selain itu, Traffic yang datang dari YouTube adalah salah satu sumber terbesar yang saya dapatkan untuk website-website yang saya kelola sampai detik ini.

Dari pengalaman saya yang sedikit dan tidak seberapa ini, saya mau berbagi informasi yang mungkin berharga dan bermanfaat buat teman-teman. Sebenarnya informasi yang saya bagikan ini jauh lebih lengkap atau mungkin sama seperti materi-materi yang diberikan oleh orang-orang terkenal di Indonesia yang menjalankan bisnis online dan menjual materi mereka dalam bentuk kursus online (malah kalau mau jujur, kebanyakan materi kursus online berbayar kurang lengkap).

Bedanya saya dengan mereka adalah saya bukan orang terkenal jadi banyak orang yang kurang percaya dengan apa yang saya bagikan di setiap artikel maupun video yang saya buat. Selain itu materi yang saya berikan ini GRATIS sedangkan materi yang mereka bagikan Anda harus membayarnya jika ingin mengaksesnya. Baik, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membantu saya dan Anda untuk mencapai 4.000 jam tayang di YouTube:

1. Temukan Topik yang TERBUKTI sudah menghasilkan

Sebenarnya, menjalankan bisnis YouTube itu menurut saya secara pribadi susah – susah gampang. Susahnya itu adalah:

  • Saat pertama kali belajar tentang YouTube
  • Saat pertama kali mengawali membangun channel
  • Mencari ide konten untuk setiap pembuatan video
  • Membuat video (produksi video)
  • Pengeditan video
  • Pembuatan thumbnails video YouTube
  • Menyiapkan alat-alat pembuatan video (komputer, Smartphone, tablet atau software editing)
  • Mencari koneksi internet yang baik dan membayar biaya berlangganannya
  • Harus mempunyai disiplin waktu dan kerja yang tinggi mengingat Anda tidak mempunyai majikan

Gampangnya itu adalah:

  • Pekerjaan Anda tidak terikat oleh majikan karena majikan Anda adalah Anda sendiri
  • Waktu kerjanya bebas, Anda yang mengatur (tapi bukan berarti Anda tidak mempunyai jam kerja)
  • Membangun bisnis YouTube terbilang lebih murah daripada membangun bisnis pada umumnya
  • Anda tidak perlu menciptakan ide konten yang baru, karena Anda dan saya saat ini juga bisa menemukan ide konten yang bisa di buat kapan saja tanpa takut kehabisan mau buat apa. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari dan menemukan ide konten yang sudah ada dan terbukti sudah menghasilkan kemudian mengembangkannya menurut versi Anda atau membuatnya menjadi lebih baik dari video pesaing Anda.
  • Bisa dikerjakan di mana saja bahkan sambil liburan.

Penjelasan cara menemukan ide konten

Saya akan sedikit menjelaskan tentang cara menukan ide konten yang sudah ada. Untuk mendapatkan ide konten yang sudah ada memang ada banyak cara. Masing-masing orang mempunyai caranya sendiri. Tapi cara yang paling baik adalah yang berdasarkan data jumlah hasil pencarian setiap bulannya.

Mengapa berdasarkan data?

Karena data yang di dapat tidak mungkin salah. Data itu berdasarkan fakta dan kebiasaan orang yang terekam dalam hasil pencarian YouTube ataupun mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya.

Bagaimana riset kata kunci atau topik video yang berdasarkan data? Tentu saja kita harus menggunakan bantuan sebuah software atau tools. Software-software ini ada yang berbayar dan ada yang gratis. Jika kalian mempunyai dana silahkan menggunakan yang berbayar tapi kalau tidak gunakan saja yang gratis seperti saya.

Percaya atau tidak keyword tool berbayar seperti keywordtool.io, keyword everywhere dan keywordfinder.io, datanya mengambil dari milik Google yang bisa kita akses secara gratis tanpa harus bayar.

Memang kalau kita menggunakan bantuan tool-tool yang saya sebutkan itu kita menjadi lebih mudah dan cepat saat melakukan riset karena semua data masuk ke dalam satu kolom kotak pencarian.

Jadi untuk penggunaan tool silahkan di sesuaikan saja, kalau saya hanya menggunakan bantuan Google keyword planner, Google trend, TubeBuddy dan vidIQ vision yang saya akalin tanpa harus membayar. Anda bisa melihat caranya riset kata kunci dengan menggunakan TubeBuddy di artikel ini.

Sekarang saya akan menunjukkan caranya bagaimana Anda bisa menemukan topik yang terbukti banyak di cari dan bisa menghasilkan dengan cara yang sangat simpel dan bisa Anda lakukan sekarang juga.

Silahkan Anda pergi ke YouTube dan silahkan ketikkan kata kunci yang berhubungan dengan topik yang ingin Anda buat. Untuk membantu memudahkan Anda saya akan mencoba memberikan contoh dengan menggunakan kata kunci “fashion,” “Memasak” atau “Resep Masakan.”

Mencari topik yang terbukti menghasilkan

Silahkan siapkan catatan (boleh di komputer atau menggunakan buku). Buka setiap video dan catat topik-topik video yang mempunyai jumlah tayangan sangat tinggi (banyak). Kemudian langkah selanjutnya silahkan buka beberapa channel YouTube dari setiap video yang mempunyai jumlah penonton yang tinggi.

Jika channel itu mempunyai banyak subscriber, saya tidak akan menyebutkan angkanya berapa ini 100 persen terserah dan menurut Anda saja mana yang menurut Anda banyak (beberapa orang ada yang menggunakan patokan >30.000), kemudian silahkan Anda klik ke menu “video”.

Kemudian langkah selanjutnya adalah mengklik tombol / menu SORT BY. Silahkan urutkan berdasarkan “most popular” untuk melihat dan menemukan topik video yang sudah terbukti berhasil dan yang banyak di tonton oleh orang.

sort video pesaing berdasarkan most popular

Silahkan lakukan cara ini berulang kali untuk setiap channel pesaing yang bisa Anda temukan dalam topik yang Anda target sampai Anda benar-benar mengumpulkan dan membuat banyak video. Memang ini adalah proses yang membutuhkan waktu dan juga melelahkan. Namanya juga bekerja, pasti capek.

2. Urutkan dan prioritaskan topik video Anda berdasarkan

Membangun bisnis itu harus mempunyai strategi, bisnis apapun itu. Ingat, membangun channel YouTube juga termasuk bisnis jadi Anda harus mempunyai strategi pembuatan konten dan promosi apalagi kalau Anda baru saja membuat channel YouTube baru – Jangan pernah ambil jalan pitas misalnya membeli views dan menggunakan jasa subscriber.

Channel yang sudah mempunyai banyak konten dan berjalan dengan baik Anda sudah bisa mentarget kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang lebih kompetitif. Memang melakukan riset kata kunci untuk menemukan id topik pembuatan video yang mempunyai tingkat persaingan yang rendah untuk saat ini membutuhkan waktu yang lebih panjang daripada tahun-tahun sebelumnya.

Bagaimana kita bisa mengetahui sebuah keyword (kata kunci) mempunyai tingkat persaingan yang rendah tapi mempunyai jumlah pencarian yang tinggi?

Dengan menggunakan bantuan software atau tool riset kata kunci seperti:

  • VidIQ
  • TubeBuddy
  • Google keyword planner
  • Keyword Everywhere
  • Keywordplanner.net (masih gratis pada saat artikel ini saya buat)
  • KeywordTool.net (masih gratis pada saat artikel ini saya buat)
  • dll

Cara singkat dan cepat menggunakan VidIQ

Langkah #1: Download VidIQ (gunakan browser chrome)

Langkah #2: Silahkan pergi ke YouTube dan cari topik yang yang ingin Anda target.

Langkah #3: VidIQ akan menampilkan “score sesuai dengan topik yang Anda ketikkan”.

Catatan: Anda harus mendaftar untuk bisa menggunakan ekstensi vidiq

score VidIQ Resep Masakan

Cara Singkat dan cepat Menggunakan TubeBUddy

Langkah #1: Download TubeBuddy (Anda bisa menggunakan Firefox, Chrome dan lainnya)

Langkah #2: Silahkan pergi ke YouTube atau klik ikon Tubebuddy yang ada di bagian kanan atas. Klik “Keyword explorer,” kemudian silahkan ketik kata kunci yang ingin Anda target

Langkah #3: TubeBuddy akan menampilan “score yang sesuai dengan topik yang Anda bidik”.

score TubeBuddy Resep Masakan

Jika Anda bingung cara instal TubeBuddy silahkan menonton video ini.

 

Idealnya berdasarkan teori dasarnya, Anda harus mencari atau mentarget kata kunci (topik) dengan skor yang tinggi (high score). High score yang saya maksud di sini untuk channel yang baru dibangun adalah saat Anda mencari dan menemukan sebuah topik yang mempunyai volume pencarian yang besar tetapi mempunyai tingkat persaingan rendah di mesin pencari YouTube rendah.

Saya biasanya membuat daftar kata kunci dalam bentuk Excel kemudian dibagian kanan setiap kata kunci dalam database itu saya tambahkan informasi skor. Setelah itu saya akan memprioritaskan untuk membuat video berdasarkan topik skor yang sudah saya urutkan dan memprioritaskan pembuatan konten berdasarkan hal itu (skor).

Apakah boleh saya ngasal membuat topik video asalkan masih dalam satu niche (topik)? Jawaban saya boleh, tapi biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Contohnya seperti channel MY BALI FOOD ini.

3. Gunakan Strategi yang tepat untuk mengembangkan channel Anda

Saya sangat yakin sekali, sampai di sini Anda semua sudah bisa memilih kata kunci yang ingin di target. Sekarang adalah waktunya bagi Anda untuk mengembangkan dan menggunakan strategi yang tepat untuk mengembangkan channel yang Anda buat.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisanya saya ajukan untuk menggunakan strategi yang tepat untuk mengembangkan channel baru.

Berapa lama sebaiknya durasi video yang Anda buat?

Jujur kalau menuru pendapat saya, tidak ada batasan mengenai panjang video yang harus Anda buat. Video yang bagus dan tidak membosankan akan di tonton samai habis oleh orang meskipun durasinya panjang. Tapi kalau menurut hasil riset yang di lakukan beberapa orang, semakin pendek video Anda semakin bagus mengingat daya tonton orang semakin menurun. Pendek yang saya maksud di sini bukan memotong video dan membuatnya menjadi tidak jelas. Untuk detailnya silahkan Anda baca di artikel ini.

Apa saja kesamaan dari setiap video yang berada di urutan halaman pertama YouTube?

Meskipun ini suatu pekerjaan yang memakan waktu, saya sarankan kepada Anda untuk menonton dan melihat sedikitnya 5 – 10 video yang berada di halaman pertama pencarian YouTube dan buatlah catatan untuk masing-masing video itu.

  • Apa saja yang kamu sukai dari video itu?
  • Apa yang tidak kamu sukai dari video itu?
  • Hal-hal menarik dan unik apa yang bisa Anda temukan di video itu dan yang bisa Anda masukkan ke dalam video yang akan Anda buat nantinya?
  • Berapa lama rata-rata duarasi video yang ada di halaman itu?

Ini adalah bagian yang setiap hari saya lakukan dan yang harus di lakukan oleh setiap konten kreator yang ingin sukses menjalankan bisnis YouTube mereka dan bisa mengalahkan para pesaing yang sudah ada di halaman pertama mesin pencari YouTube. Tanpa mempelajari video-video pesaing Anda kemungkinan besar Anda sulit untuk mengalahkan kompetisi dan diabaikan oleh para penonton.

Apa Judul Video Anda?

Dari informasi yang saya baca dan dapatkan, 80 persen lebih orang-orang yang menggunakan internet tidak membaca akhir dari setiap judul. Jadi pastikan judul video yang mengandung kata kunci Anda tempatkan di awal judul bukan di akhir judul. Hal ini juga berlaku untuk YouTube.

Jadi jika Judul video Anda tidak menimbulkan rasa ingin tahu, tidak menarik kemungkinan besar hal itu tidak akan berhasil di YouTube.

Judul video menggunakan keyword yang di target adalah Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang

Kita ingin orang mengklik setiap video yang kita buat bukan? Dan judul video adalah bagian terpenting dan yang paling besar dari kesuksesan Anda dalam membangun channel YouTube selain thumbnails video.

Saya biasanya membuat sekitar 5 sampai 10 judul untuk satu video yang saya buat. Setelah itu simpan dan gunakan salah satu. Jika perkembangannya kurang bagus Anda bisa menggantinya di dengan judul lain yang sudah Anda buat.

Apa yang harus Anda gunakan dan siapkan untuk membuat dan mengedit video?

Setahu saya membuat video tidak selalu sama. Ada video yang di buat dengan membutuhkan biaya yang cukup mahal dan ada video yang hanya membutuhkan sediki biaya saja bahkan ada yang hanya menggunakan smartphone saja.

Dari pengalaman saya, untuk membuat video yang bagus tidak selalu harus menggunakan peralatan yang mahal-mahal, yang paling penting adalah cara pengambilan gambar yang benar dan isi konten video yang menarik atau memberikan manfaat.

Satu hal yang tidak boleh Anda abaikan adalah soal audio. Usahakan untuk menghasilkan audio yang baik, tidak berisik, mengganggu atau malah terlalu kecil suaranya.

Buatlah deadline untuk pembuatan video Anda

Meskipun Anda tidak bekerja untuk orang lain, Anda harus mempunyai jadwal dan deadline yang baik dan usahakan untuk menepatinya.

4. Membuat Video Anda

Ada banyak cara untuk membuat video, tapi di sini saya ingin membagikan sedikit tips yang mungkin bisa Anda gunakan dan tiru;

Buatlah Script untuk keseluruhan video yang akan Anda buat

Untuk orang-orang yang mempunyai lata belakang pekerjaan di video production pasti tahu betapa pentingnya membuat script video, tapi bagi kebanyakan orang hal itu tidak terlalu penting dan mungkin mereka tidak pernah tahu menahu tentang script (naskah) vdeo. Beberapa mungkin ada yang menganggap kita seperti robot aja harus buat script.

Tapi tahukah Anda, kalau Anda mempunyai kerangka kerja atau kerangka pembuatan video dan membuat script video hal ini akan membantu Anda tidak keluar dari jalur. Percaya tau tidak kebanyakan orang keluar dari jalur saat tidak menggunakan dan mengikuti naskah.

Sebuah script akan membantu membuat video Anda menjadi lebih efisien dan juga mudah untuk diikuti. Tujuan lain yang juga tidak kalah penting adalah membuat singkat waktu menonton video dari penonton Anda.

Kita semua yang menjalankan bisnis di YouTube ingin memberikan kepada mereka informasi yang mereka butuhkan, seakurat mungkin dan dalam waktu secepat mungkin tanpa harus menghilangkan bagian-bagian penting dari video yang Anda buat. Jadi membuat script video adalah solusinya.

Berikut ini beberapa tips elemen yang biasanya saya gunakan dan masukkan ke dalam script video yang saya buat:

  • Sebutkan kata kunci yang Anda target di bagian pertama dan juga di baris akhir video Anda
  • Buat intro video di bagian awal video. Contohnya misalnya “Pastikan Anda membaca keseluruhan artikel ini sampai habis, karena di bagian akhir ada hal yang paling penting unutk kesuksesan Anda dalam membangun channel baru YouTube”.

Apakah Anda tahu dan pernah mendengar yang di sarankan oleh para video editor profesional, mereka merekomendasikan untuk mengubah sudut pengambilan video setiap 3 – 10 detik?

Coba mulai sekarang Anda sering menonton video atau iklan-iklan TV apapun. Silahkan perhatikan seberapa sering sudut pengambilan sebuah gambar berubah posisinya? Nah, Anda harus bisa melakukan hal yang sama seperti yang mereka lakukan.

Mungkin Anda bertanya kenapa?

Sangat sulit untuk mempertahankan perhatian dan minat orang, jadi Anda harus menggunakan setiap cara agar bisa menonjol dan membuat mereka tertarik.

Tonton video ini sampai habis karena di akhir dan di tengah video ada tips yang mungkin belum pernah Anda dengar untuk mengembangkan channel YouTube dengan cepat.

Rekam Video Anda

Jika saat ini Anda ingin membuat video dengan berbicara secara lansung di depan kamera, mungkin Anda membutuhkan sebuah alat yang bernama telepromter. Jika Anda tidak punya silahkan gunakan cara lain yang menurut Anda bisa berhasil tanpa harus menggunakan bantuan alat itu. Baik sekarang silahkan nyalakan kamera video Anda dan kemudian siap di rekam.

Apakah ini video pertama Anda? Jika ya, maka ini pasti akan seperti pertama kali Anda masuk sekolah atau bekerja. Itu adalah perasaan yang wajar dan pasti akan di alami oleh semua orang termasuk saya sendiri.

Hal yang perlu Anda ingat dan tahu adalah tidak ada orang lain yang memperhatikan Anda.

Kamera yang ada di depan Anda sama seperti dinding yang ada di sekeliling Anda. Dia tidak mempunyai emosi, perasaan dan juga tidak bisa menilai Anda.

Jadi ini mengartikan Anda bebas melakukan apa saja untuk menjadi diri Anda sendiri tanpa konsekuensi apapun. Hal lain yang juga perlu Anda tahu adalah para penonton atau pengguna YouTube menyukai orang-orang yang menjadi dirinya sendiri.

Silahkan klik record, dan jadilah diri sendiri dan berikan nilai lebih dalam video yang Anda buat itu.

Mengedit Video Anda

Untuk pengeditan video saya rasa ada banyak panduan yang bisa Anda ikuti di internet baik itu di blog-blog ataupun di YouTube sendiri. Anda bebas menggunakan software editing apapun sesuai dengan apa yang Anda bisa. Beberapa software editing yang biasanya digunakan adalah

  • iMovie
  • Adobe Premiere
  • WonderShare
  • Kinemaster
  • Camtasia (Untuk membuat video presentasi)

Belum bisa mengedit dan ingin belajar mengedit video? Silahkan pelajari video panduan cara mengedit video dengan Adobe premiere dan WonderShare yang filenya bisa Anda unduh di deskripsi video ini.

5. Optimalkan Video yang Anda buat

Sebelum Anda mengupload video, Anda sudah harus membuat video Anda ramah dengan mesin pencari (mengoptimalkan sesuai standar SEO). Saya sarankan untuk melakuakn hal ini:

  • Memasukkan kata kunci yang Anda target ke dalam nama file video Anda.
  • Membuat judul video dengan memasukkan kata kunci yang Anda target, usahakan menempatkannya di bagian awal judul jika itu memungkinkan.
  • Di kolom (kotak) deskripsi video masukkan keterangan video dan usahakan untuk memasukkan (menyisipkan kata kunci) di bagian awal paragraf, tengah dan akhir deskripsi video.
  • Mengisi kolom tag video Anda dengan kata kunci yang Anda bidik. Jika Anda menginstal VidIQ ini akan lebih mudah karena tool ini akan memberikan beberapa saran tag yang bisa Anda gunakan. Tonton video cara mengupload video YouTube ini agar Anda lebih paham.
Optimalkan video Anda dengan mengisi deskripsi

Saya biasanya mencari video yang berada dibagian atas hasil pencarian YouTube syang esuai dengan kata kunci yang saya target kemudian saya mengcopy tag yang mereka gunakan dan menyalinnya ke dalam kotak tag video saya.

isi tags video Anda dengan keyword yang di target adalah Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang

Di bagian akhir video pastikan membuat atau mengisi “end screen video,” ini akan membantu penonton Anda untuk mau melihat video-video Anda yang lainnya.

Ini salah satu cara untuk meningkatkan watch time video di channel Anda.

6. Mempromosikan video bukan membeli views dan subscriber

Apa yang sudah saya tunjukkan di atas itu adalah 50% dari keseluruhan proses mengembangkan bisnis YouTube. 50% sisanya adalah mempromosikan video Anda.

Mempromosikan video berbeda dengan membeli views dan subscriber dari jasa penyedia ya.

Kalau mempromosikan video itu kita melakukannya dengan cara-cara yang benar seperti:

  • Beriklan di Facebook Ads (Berbayar)
  • Beriklan di YouTube Ads (Berbayar)
  • Beriklan di Google Ads (Berbayar)
  • Menempatkan video di blog atau beberapa website (Berbayar & Gratis)
  • Share di timeline Facebook pertemanan dan juga group
  • Share di Instagram
  • Share di Twitter
  • Menggunakan jasa influencer lain melalui website marketplace seperti Sociabuzz, SosiaGO dan lain sebagainya (Berbayar)
  • Memanfaatkan daftar email list. Percaya atau tidak jika Anda mempunyai daftar email list, daftar email adalah aset yang paling berharga untuk membantu mengembangkan channel YouTube APAPUN. Lalu bagaimana kalau Anda tidak mempunyai daftar email untuk mempromosikan dan memperkenalkan video Anda? Saran saya, mulai saat ini juga cobalah untuk membuat daftar email satu saja. Ini adalah salah satu cara pemasaran yang sampai sekarang yang terbukti sangat ampuh (menurut pendapat pribadi saya)
  • Berkomentar di channel lain. memberikan komentar di channel lain kalau saya lihat sudah banyak dilakukan, tapi kebanyakan komentarnya menggunakan cara-cara yang salah seperti “Sudah saya padamkan, padamkan balik ya,” atau “Videonya bagus sekali, jangan lupa kunjungi channel saya juga ya.” Komentar-komentar seperti sudah di pastikan salah. Cara yang benar adalah dengan melihat video-video baru dari pesaing Anda, setiap kali mereka mempublikasikan video baru yang populer cobalah untuk memberikan komentar sesuai dengan topik yang ada di video itu dengan baik. Ini akan membantu hubungan Anda dengan sang kreator. Selain itu, hal itu juga akan membantu membuat orang lain penasaran untuk melihat channel atau video Anda
  • Kolaborasi dengan YouTuber lain jika hal itu bisa Anda lakukan dan memungkinkan
berkomentar dengan benar di channel yang lain adalah Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang

Kalau kita mempromosikan video kita dengan cara-cara seperti yang saya sebutkan di atas, video kita akan di tonton oleh orang hanya jika mereka tertarik, jika tidak maka tidak akan di tonton oleh mereka. Jadi di sini tidak ada unsur pemaksaaan atau mengakali algoritma YouTube.

Sedangkan kalau Anda menggunakan Jasa view dan subscriber, orang-orang di paksa dan terpaksa harus menonton video Anda untuk mendapatkan uang, jadi bukan karena tertarik dengan konten di video yang Anda buat.

Apa kerugiannya jika Anda menggunakan jasa views dan subscriber:

  • Jelas ini sangat bertentangan jauh dengan peraturan dan algoritma YouTube
  • Orang – orang yang menonton bukan karena suka konten Anda tapi karena uang
  • Anda tidak bisa menggunakan fitur analytics dengan benar karena anaytics yang Anda dapatkan ngaco dan analyctics yang sekarang Anda dapatkan bukan berdasarkan suka dan engagement yang sebenarnya
  • Anda tidak bisa menemukan dan menentukan video mana yang benar-benar paling banyak di tonton dan di sukai oleh orang.

7. Ulangi langkah di atas

Dalam panduan ini saya sudah menunjukkan kepada Anda semua hal yang perlu Anda ketahui tentang cara meningkatkan 4000 jam tayang di YouTube, mulai dari yang sederhana sampai yang mungkin sulit untuk di lakukan oleh beberapa orang.

Tapi masalahnya adalah: Jika Anda membuat satu video saja, itu tidak cukup.

Karena dari pengalaman yang saya dapatkan

Kemungkinan besar video pertama dan beberapa video lainnya yang Anda buat tidak ada penontonnya dan biasanya proses awal-awal membangun channel YouTube akan membuat Anda frustasi. Itulah mengapa Anda perlu terus membuat video dan menonton videp panduan berulang kali agar Anda bisa sukses di YouTube (Maksud saya bukan menjadi kaya, tapi bisa menghasilkan dari YouTube).

Selama Anda terus membuat video dengan konsisten, Anda akan sampai juga mencapai 4000 jam tayang. Ingat lambat laun membuat video bisa sangat membosankan apalagi awal-awal membangun channel. Jika Anda belum mencapai 4000 jam tayang, jangan pernah patah semangat, teruslah membuat video dan mendapatkan penghasilan tambahan dari YouTube.

Itu saja!

Kunci sukses untuk bisa mencapai 4000 jam tayang di YouTube adalah Anda harus MULAI SEKARANG JUGA untuk membuat video YouTube.

Karena penghasilan kita mengandalkan 100 persen dari penonton maka setiap Video yang Anda buat harus MENARIK, MEMBERIKAN MANFAAT, TIDAK MEMBOSANKAN atau MENGHIBUR orang lain.

Dan itu bukan sebuah rahasia, apalagi harus di jual dalam bentuk kursus YouTube.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, bantu saya untuk share artikel Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang di YouTube secara alami ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top