skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mencari Niche Website Yang Tepat Untuk Google AdSense

Cara Mencari Niche Website yang Tepat untuk Google AdSense

Cara Mencari Niche Website yang Tepat – Di artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang Manfaat Riset Kata Kunci. Di artikel ini kita akan belajar “Cara Mencari Niche yang tepat untuk web blog atau web bisnis Anda”. Anda sebenarnya bisa memilih niche yang luas (umum) atau bisa juga memilih micro nche (sub niche). Mungkin sampai di sini banyak yang bingung dan baru dengar tentang istilah Niche. Tenang saja saya akan menjelaskan kepada Anda apa itu niche.

Apa Itu Niche?

Niche adalah sebuah topik tertentu yang di bahas di dalam sebuah website tertentu, termasuk website yang akan Anda buat nantinya.

Memilih dan menentukan sebuah topik website harus Anda lakukan dari awal sebelum website Anda jadi, jadi jangan di balik, membuat website dulu baru menentukan niche. Itu salah besar!

Apa Sih Micro Niche Itu?

Ini adalah sub niche. Ini biasanya membicarakan tentang sebuah topik website yang lebih sempit dari niche yang lebih umum.

Misalnya saja saya akan membahas tentang Art & Entertainment. Sub niche dari Art itu bisa bermacam-macam:

  • Music
  • Painting
  • Photography
  • Animation
  • Visual Graphic Arts
  • Performing Arts
  • Dan lain sebagainya

Di dalam sub Art & Entertainment itu masih bisa kita kembangkan lagi menjadi topik-topik lain yang bisa kita masukkan ke dalam blog yang akan kita buat nantinya. Sebagai contoh saya akan menambahkan Visual Graphic Arts ke dalam topik website saya nantinya, nanti di dalam Visual Graphic Arts ini akan ada sub topik lagi yang bisa saya kembangkan, contohnya:

  • Graphic Design
  • Interior Design
  • Web Design
  • Dan lain sebagainya.

Mengapa memilih niche ini sangat penting untuk Anda dan saya? alasan yang paling sering diberikan oleh para master dalam dunia internet adalah:

  1. Jika Anda memilih sebuah niche yang tidak fokus dengan 1 niche saja, kemungkinan besar web blog yang Anda bangun tidak akan bisa berkembang. (ini alasan yang paling sering diberikan para master yang sudah berpengalaman). Tetapi apakah benar-benar tidak bisa digunakan dan tidak bisa menghasilkan? Menurut saya bisa digunakan dan bisa menghasilkan juga, jika Anda adalah seorang profesional dan bekerja secara tim. Tetapi jika Anda masih pemula mungkin tidak bisa berkembang dan akan menghasilkan lebih banyak uang. Mungkin ada yang masih bingung tentang hal ini, nah saya akan memberikan satu contoh untuk mempermudah Anda memahami apa yang saya maksud di sini. Katakanlah Anda mempunyai motor harley atau mobil Ferari. Ketika ada masalah dengan kendaraan itu Anda pasti tahu akan membawa kemana bukan? tidak mungkin Anda akan membawa ke bengkel motor Honda biasa atau bengkel mobil umum biasa. Atau mungkin Anak Anda sakit Gigi, Anda pasti tahu harus kemana membawa dia bukan? tidak mungkin Anda akan membawa anak Anda ke Dokter kulit atau Dokter mata, pasti Anda akan membawa anak Anda ke dokter gigi. Nah, sebuah blog juga sama seperti itu, ketika ada seseorang yang sedang mencari masalah tertentu di internet, dia akan mencari solusi dari pemasalahannya ke blog yang SECARA KHUSUS membahas tentang topik yang sesuai dengan apa yang menjadi minat atau masalah orang itu.
  2. Jika Anda salah memilih sebuah niche website, biasanya proses pembuatan kontennya akan menjadi beban. Mungkin di awal-awal Anda masih semanagat, tetapi semakin ke sini Anda mulai merasakan bosan, jenuh dan parahnya kehabisan bahan untuk menulis.

Karena itu penting sekali untuk membuat sebuah blog yang benar-benar di buat secara serius agar bisa sukses dan menghasilkan. Jadi jika Anda memang ingin membuat blog baru untuk mengikuti program Google Adsense atau untuk tujuan lain maka panduan yang saya buat ini WAJIB Anda baca dan ikuti.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda akan membuat dan menentukan Niche di dalam panduan ini:

  1. Pertimbangkan hal-hal penting saat memilih Niche
  2. Caranya Memilih Niche yang tepat Untuk Blog Anda
  3. Membuat Beda Niche yang dipilih

Pertimbangkan hal-hal penting ini saat memilih Niche

Mungkin pertanyaan yang ingin Anda tanyakan saat ini adalah bagaimana cara saya bisa memilih sebuah niche? Banyak orang yang menyarankan sebaiknya saat Anda akan memilih niche harus sesuai dengan minat dan juga kemampuan Anda. Ada juga yang bilang bebas-bebas saja yang penting bisa menghasilkan lebih besar, sikat saja.

Kira-kira menurut Anda mana yang benar?

Silahkan berikan jawaban Anda melalui kolom komentar ya.

Kalau pertanyaan itu di tujukan kepada saya, maka saya akan menjawab, semuanya benar dan bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah blog yang sukses.

Tetapi Anda juga perlu mengetahui, kalau setiap orang, Anda dan saya dan juga orang lain mempunyai gaya dan kebiasaan yang berbeda-beda. Bisa jadi saran dari orang ini bagus dan cocok untuk dia sedangkan saran yang satunya lagi tidak cocok untuk dia.

Nah jadi coba lakukan beberapa pertimbangan-pertimbangan berikut ini supaya Anda bisa benar-benar yakin untuk memilih topik mana yang paling cocok untuk Anda pilih di blog Anda.

Coba sekarang silahkan Anda tulis dalam buku catatan kalian 5-10 niche yang ingin Anda pilih dengan menggunakan pertimbangan yang sudah saya sebutkan.

1. Pilih Niche sesuai dengan minat Anda sendiri

Jujur dari pengalaman pertama kali memulai sebuah bisnis online, membuat sebuah website yang bisa menghasilkan memang lebih mudah dengan memulainya dari keahlian atau minat kita sendiri dan saya akan menyarankan kepada Anda untuk memulainya dari sini, kira-kira apa minat yang paling Anda sukai.

Mungkin beberapa orang yang sudah berpengalaman dalam dunia internet dan membuat blog, ada yang tidak setuju juga dengan pendapat seperti ini.

Alasannya mereka sudah menerapkannya sendiri dan bisa menghasilkan dari membuat blog-blog yang sama sekali bukan bidang keahlian mereka dan mereka bisa menghasilkan uang lebih banyak bahkan mungkin bisa saya katakan sampai ratusan juta dalam sebulan.

Ini bukan bohong, hal itu memang mungkin dan tidak salah juga…

…tetapi ada satu hal yang mungkin menjadi masalah buat beberapa orang, salah satunya mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini.

Buat orang yang sudah berpengalaman membuat blog yang sama sekali tidak mereka minati, memang sangat mudah.

Mereka sudah tahu betul tentang dunia internet, dunia blogging dan bagaimana cara mengembangkan sebuah website agar bisa menghasilkan.

Tetapi buat mereka yang baru ingin memulai?

Ini pasti sebuah masalah besar.

Mereka belum tahu bagaimana caranya membuat sebuah konten yang menarik dan bagus, mereka belum tahu caranya mengembangkan blog yang mereka buat dan bisa saya katakan mereka sama sekali baru ingin tahu semuanya dan ingin belajar. Bahkan untuk mereka yang terbatas dengan masalah uang dan tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar para penulis pasti akan sangat sulit lagi.

Menurut saya membuat blog itu membutuhkan sebuah pengorbanan dan keseriusan (Dedikasi).

Sudah pasti kalau si blogger tidak senang dan berminat dengan topik yang dibuat, menurut saya mereka akan cepat kehabisan ide untuk menulis dan cepat bosan juga.

Membuat blog untuk mengikuti program Google AdSense dan juga bisnis online lainnya sudah pasti konten yang Anda buat harus bagus dan berkualitas, maka kalau Anda menguasai topik blog yang Anda buat menulisnya pasti akan mudah dan enak, selain itu untuk mempelajari hal yang baru di niche yang Anda minati pasti akan jauh lebih mudah ketimbang Anda tidak menguasainya. Jadi di sini kita bisa melihat ada dua hal yang akan kita butuhkan.

  • Mempelajari niche yang dipilih dan mempelajari niche
  • Mempelajari tentang dunia blogging

Tahukah Anda, orang-orang yang membuat blog biasanya adalah orang-orang yang senang dan benar-benar sangat menguasai nichenya masing-masing, karena kalau Anda tidak senang dan menguasai niche yang Anda pilih, hasilnya akan sangat sulit sekali apalagi untuk mengembangkannya.

Meskipun begitu, sebuah minat bukan berarti sebuah halangan dalam melakukan sesuatu. Masih ada hal lain yang kita butuhkan, kreatifitas.

 

Menurut saya dunia internet dan blogging itu sangat enak dan mudah untuk dijalankan jika kita tekun dan mau mempelajarinya. Salah satu contoh adalah dengan hanya menulis artikel seperti yang ada di dalam website yang Anda baca ini, Anda sudah bisa menghasilkan uang.

Menurut saya ini pekerjaan yang sangat enak dan menyenangkan.

Sekarang sebelum kita melanjutkan pembahasan kita, coba Anda berhenti sejak selama beberapa hari ini untuk mencatat hal-hal yang paling Anda minati, jangan pikirkan tentang hasil pendapatannya dulu, karena itu akan menjadi sebuah BATU SANDUNGAN untuk membuat sebuah blog.

Saya akan membantu Anda untuk memudahkan membuatnya dengan memberikan beberapa pertanyaan sederhana di bawah ini:

  1. Coba Anda pikirkan pekerjaan apa yang tidak membuat Anda bosan?
  2. Kegiatan apa saja yang paling sering Anda lakukan dalam sehari-hari dan yang paling ingin Anda lakukan?
  3. Group dan forum seperti apa saja yang membuat Anda ingin bergabung di sana?

Memang mencatat hal-hal yang paling diminati dalam hidup kita sangat sulit apalagi harus mencatatnya ke dalam catatan seperti ini.

Setelah Anda mencatatnya, langkah selanjutnya adalah Anda tinggal menganalisanya saja.

2. Membuat Blog adalah membagi sebuah pengetahuan Anda

Banyak orang di awal sudah salah tentang bagian yang satu ini. ya, membuat sebuah blog adalah membagikan sebuah pengetahuan yang kita miliki secara gratis kepada banyak orang. Jadi ini dulu yang harus Anda pahami sebelum membuat sebuah blog.

Seseorang yang ingin mencari sesuatu dan ingin belajar tentang topik tertentu pasti akan mengunjungi mesin pencari untuk mencari informasi atau menemukan jawabannya. Mesin pencari kemudian akan mencari dan menelusuri website-website yang cocok dengan keyword yang diketikkan oleh orang itu dan menampilkan website-website yang membahas topik yang sesuai dengan keyword yang di ketikkan oleh orang itu salah satunya adalah website yang akan Anda buat ini.

Nah sekarang mari kita sama – membayangkan tentang hal ini:

Coba Anda bayangkan, katakanlah Anda ingin membagikan tentang sesuatu hal kepada orang tetapi Anda sendiri tidak mempunyai pengetahuan yang akan Anda bagikan itu?

Kira-kira menurut Anda apa yang akan terjadi? Apakah bisa Anda mengajar orang lain tentang topik tertentu itu?

Mohon untuk tidak memakan mentah-mentah apa yang saya katakan ini. Kalau saya bilang membagi pengetahuan kepada orang lain bukan berarti Anda harus menjadi seorang Dosen atau Guru yang profesional dulu, jika memang bisa tidak salah juga, tetapi yang saya maksud di sini adalah saya tidak mengharuskan Anda menjadi seorang master baru bisa memberikan apa yang Anda ketahui.

Kalau Anda sudah punya pengetahuan, meskipun sedikit saja, itu sudah sangat membantu sekali bagi orang – orang yang sama sekali belum pernah tahu tentang apa yang Anda bagikan itu.

Kalau kita mau kasih angka, seorang yang Ahli mungkin bisa kita beri angka 100, sedangkan orang yang belum tahu (awam) bisa kita kasih angkan 0, sedangkan orang yang membagikan pengetahuan kepada orang lain hanya 30 – 50% saja maka sudah bisa dikatakan itu baik dan memberikan manfaat bagi orang lain.

ahli dan bisa

Seraya Anda membuat blog dan sampai blog Anda jadi, Anda masih harus terus belajar dan belajar terus. Pengetahuan yang Anda pelajari itu bisa Anda masukkan ke dalam blog Anda untuk dibagikan kepada orang lain. Ini adalah cara belajar yang menurut saya juga baik.

3. Mengikuti Tren saat ini

Banyak yang mendapatkan keuntungan dengan mengikuti tren saat ini, baik itu pedagang, YouTuber dan blogger. Memang benar, siapa yang bisa tau lebih dulu dan mengikuti tren saat ini biasanya akan cepat menghasilkan dan kemungkinan besar bisa mendapatkan hasil yang baik.

Jadi, tren saat ini bisa kita jadikan sebuah niche untuk blog kita. jika Anda lebih dulu tahu dan berminat di bidang itu bisa jadi blog Anda ikut menjadi populer.

Tetapi tidak semua tren itu bersifat abadi banyak tren yang hanya bersifat sementara. Kalau Anda ingat batu akik yang muncul kembali beberapa tahun belakangan kemarin, dari yang tidak ada menjadi ada, lalu tiba-tiba menghilang.

Jadi jangan sampai salah memilih tren yang hanya bersifat beberapa bulan saja.

4. Membuat Blog Mengikuti Bisnis yang di Jalankan

Biasanya kebanyakan orang membuat blog untuk dua tujuan saja.

Membuat blog untuk:

  • Menghasilkan uang atau
  • Dijadikan sebagai bisnis.

Sedangkan yang lainnya membuat blog untuk tujuan mengembangkan bisnis yang mereka jalankan.

Untuk bagian yang kedua ini menurut saya yang paling mudah. Anda sudah mempunyai bisnis, untuk nichenya tinggal di sesuaikan dengan model bisnis yang sedang Anda jalankan itu.

Kebetulan saya tinggal di Bali. Katakanlah saya mempunya bisnis Travel dan Sewa kendaraan untuk para wisatawan yang berlibur di Bali, maka saya tinggal membuat sebuah blog yang berisi panduan tentang berlibur di Bali.

Sehingga orang-orang yang nantinya berlibur ke Bali, bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan jika mereka membtuhkan sebuah kendaraan untuk berkeliling di Bali maka sudah pasti mereka akan menggunakan kendaraan dari saya.

Meskipun tidak selalu menyewa melalui saya, tapi kemungkinan peluang seperti itu jauh lebih besar bukan?

Begini caranya memilih topik sebuah blog yang mudah untuk Anda kembangkan.

  1. Coba cari tahu tentang target pasar Anda. Dari contoh saya yang di atas adalah tentang berlibur di Bali.
  2. Hal apa saja yang mereka butuhkan, misalnya informasi seperti apa saja yang biasanya mereka cari dan butuhkan saat berlibur ke Bali.
  3. Jika sudah ketemu, langsung buat kontennya untuk memberikan informasi kepada mereka. Misalnya tempat wisata yang ada di Bali, makanan khas Bali, oleh-oleh khas Bali dan lain sebagainya.

Panduan Tentang Cara Mencari Niche Website ini belum selesai, kita masih akan melanjutkannya di artikel selanjutnya, karena kalau saya masukkan semuanya ke dalam artikel panduan ini akan menjadi sangat panjang maka saya membaginya ke dalam beberapa panduan berseri.

Ini adalah Artikel Berseri Panduan Terlegkap tentang Belajar Google AdSense Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Mencari Niche Website yang Tepat ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top