Cara Mencari Niche Market Dan Keyword Untuk Blog Google Adsense

Cara Mencari Niche Market dan Keyword untuk Blog Google Adsense

Cara Mencari Niche Market dan Keyword untuk Blog Google Adsense. Mencari dan Menemukan Niche Market dengan persaingan yang rendah adalah kunci utama untuk sebuah website bisa mendapatkan pengunjung dan peringkat di mesin pencari. Tetapi untuk menemukan Niche Market dan juga keyword yang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi bisa kita ibartkan seperti seseorang yang kehilangan jarum di tumpukan jerami dan mencoba menemukannya kembali. Akan sangat memakan waktu dan buang-buang waktu jika Anda tidak pernah tahu atau mengerti caranya. Sebelum kita mulai mencari Niche Market kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa sih sebenarnya Niche Market itu? Mungkin beberapa dari antara pembaca ada yang belum mengerti apa itu Niche Market?

Apa Niche Market itu?

Niche Market bisa saya artikan seperti “Tema atau Topik” yang dibahas di sebuah website. Jika sebuah website memiliki Niche Market yang tepat hal ini bisa menarik orang-orang yang memiliki ketertarikan, fanatisme, kebutuhan yang sama pada bidang yang sama, mereka akan menjadi pengunjung tetap website Anda.

Niche Market yang kita pilih ini bisa juga saya ibaratkan seperti umpan. Jika Anda hobi memancing ikan, maka Anda membutuhkan umpan yang tepat untuk memancing ikan tertentu bukan? Nah sebuah website juga memerlukan umpan (Tema/topik) yang bisa menarik orang-orang untuk mengunjungi website Anda. Oleh karena itu Anda harus membuat tema yang cocok untuk menarik mereka ke website Anda.

Mengapa harus Memilih Niche Market?

Tadi di atas sudah saya jelaskan kalau Niche Market itu adalah sekelompok orang-orang yang menggunakan media online yang sedang mencari solusi untuk masalah tertentu yang sedang mereka alami dan mereka ingin menukan solusi dengan mencari informasi di internet dengan menggunakan mesin pencari.

Jadi dengan membuat umpan (topik/tema/niche) dan Anda mulai membuat konten yang memberikan solusi untuk mereka maka di situlah letak penghasilan Anda nantinya. Untuk menemukan sebuh Niche Market diperlukan riset pasar dengan menggunakan alat yang tepat. Alat apa saja yang diperlukan untuk menemukan Niche Market secara online? Nanti akan saya jelaskan satu persatu alat apa saja yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset pasar.

Sebelum melangah ke tahap selanjutnya ada beberapa tugas yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, Anda harus menentukan topik apa yang ingin kalian pilih, topik yang Anda pilih ini harus didasarkan pada minat, hobi, keahlian dan juga Anda atau ide orang lain. Sebetulnya jika Anda tidak ahli dalam hal tertentu Anda juga bisa menggunakan dan memilih topik itu, karena saya sendiri banyak memilih yang topiknya di luar keahlian saya. Tetapi dengan memilih topik yang sesuai dengan keahlian Anda hal ini bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Mulai hari ini cobalah Anda mulai memikirkan Niche (topik) apa yang ingin Anda buat dan sesuai dengan pekerjaan atau keahlian Anda, atau bisa juga sesuatu yang belum pernah Anda pelajari dan sekarang ingin Anda pelajari. Tulis semua ide itu di dalam buku Anda agar Anda tidak lupa!

Kalau tidak salah sekitar tahun 2010 jika kita ingin mencari keyword dengan tingkat persaingan rendah tidaklah terlalu sulit seperti sekarang ini. Mungkin tahun-tahun itu untuk menghasilkan uang $10 perhari sangat mudah (kurang dari 3 bulan) tetapi sekarang ini persaingan sudah banyak dan untuk menemukan keyword dengan tingkat persaingan rendah sudah sangat sulit sekali. Tetapi jangan takut dulu, percalah Anda dan saya masih bisa menghasilkan dari website $100/hari kok jika Anda menerapkan tips dan strategi yang benar.

Oleh karena itu saat Anda ingin membuat sebuah website buatlah konten-konten yang didalamnya berisi berbagai macam keyword, karena Google menuntut sebuah website harus kata denan informasi, dan infromasi yang di sampaikan juga bukan sembarangan infromasi ya, semua harus terbukti benar dan memberi manfaat bagi para pembaca Anda. Jika tidak maka lambat laun website Anda akan kalah bersaing dengan website yang kaya dengan konten-konten bermutu tinggi.

Baca Juga: Tutorial cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense (bagian Pertama)

Niche Apa yang Bagus Untuk Adsense?

Mungkin banyak yang ingin mengajukan pertanyaan seperti itu ya? Niche Market apa sih yang memang bisa menguntungkan kalau kita main Adsense? Anda mau tahu jawaban dari saya?

Saya akan menjawab “Semua niche BAGUS dan BISA menguntungkan Anda!” (Untuk Adsense)

Karena sekarang ini semua niche untuk publisher iklan sama saja walaupun tidak 100% sama, tetapi menurut saya sekarang ini niche sudah tidak terlalu signifikan lagi perbedaannya. Karena kalau Anda perhatikan iklan – iklan yang sekarang ini muncul di sebuah website tertentu atau di video youtube tertentu banyak yang tidak berhubungan sama sekali dengan tema yang dibuat dengan website atau video itu. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena Google terus mengembangkan programnya. Sejak Google mulai menerapkan interest-based ads dan remarketing, setiap iklan yang muncul di sebuah website berbeda-beda bergantung dari minat orang masing-masing (interest). Misalnya kita meletakkan 2 buah komputer bersebelahan minat dari orang yang menggunakan masing-masing komputer berbeda-beda maka iklan yang akan tampil di masing-masing komputer akan berbeda, tidak selalu sama, hal ini bergantung website apa yang paling sering dikunjungi oleh masing-masing orang. Banyak orang yang mengincar CPC tinggi, tetapi saya sebenarnya tidak memperhatikan hal itu, saya biasanya hanya asal menulis saja, kalau hari ini senang menulis tentang tema A maka saya akan menulis tentang tema A. tetapi sebagai informasi saja jika memang Anda benar-benar mengincar CPC yang tinggi lebih baik target ke negaranya saja ketimbang memilih nichenya.

Langkah Pertama. Mencari Niche Market

Semua orang yang ingin membuat sebuah website baru harus terlebih dahulu mencari Niche Maket. Untuk awal sebaiknya Anda memilih Niche Maket yang Anda kuasi dengan baik, karena dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk membuat kontennya, tetapi bisa juga jika Anda tidak memilih niche sesuai dengan hobi yang Anda senangi Anda bisa fokus ke tingkat kompetisinya.

Untuk mencari Niche Maket Anda hanya perlu browsing beberapa hal yang ada di internet sampai Anda menemukan salah satu Niche Maket yang membuat Anda tertarik atau pas di hati Anda. (brainstorming). Ingat: untuk memperoleh rangking yang tinggi di mesin pencari salah satu kuncinya adalah memiliki konten yang baik dari pada website yang lain.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan Niche Maket.

1. StumbleUpon

StumbeUpon kalau menurut saya kurang begitu populer, entah ini Cuma pikiran saya atau banyak orang. Tetapi kita bisa memanfaatkan StumbleUpon untuk menemukan ide Niche Maket melalui website-website yang ada di StumbeUpon

Saya sangat menyarankan Anda untuk bergabung dengan StumbleUpon, setelah mendaftar kemudian silahkan mencari ide Niche Maket disana dengan memilih pilihan ‘Interest’ yang Anda sukai.

2. Ezinearticles

Para Internet marketer pasti sudah sangat mengenal website yang satu ini Ezinearticles. Website ini dulu sangat populer sekali. Untuk mencari Niche Maket untuk produk affiliate saya biasanya mencarinya di situs ini. Anda tidak perlu bergabung di situs ini untuk mencari Niche Maket. Anda hanya perlu mengklik salah satu kategori yang ada di sana kemudian pilih salah satu yang kira-kira cocok dan pas untuk Anda. Mengapa saya menyarankan menuju ke situs seperti ini? Karena semua artikel yang ada di ezinearticles adalah topik-topik yang populer dan banyak peminatnya. Percayalah mereka yang memposting artikel di sana sudah menghasilkan dari tema atau keyword yang mereka target.

3. Amazon dan eBay

Amazon dan eBay adalah situs besar e-commerce. Anda bisa memanfaatkan kedua website ini untuk menemukan Niche Maket Anda. Cara untuk mencarinya cukup mudah Anda bisa browsing berbagai produk yang di jual di kedua website ini pada bagian kategori, setelah Anda memilih kategori Anda masih bisa mengurutkan lagi berdasarkan popularitas sehingga hal ini bisa mempermudah Anda.

4. Reddit

Situs Reddit bisa kita manfaatkan untuk mencari Niche Maket. Sayangnya belakangan situs Reddit dan juga situs vimeo sempat di blokir oleh pemerintah kita, situs yang banyak digunakan orang di seluruh negeri untuk bersosialisai dan mempromosikan website mereka, mencari hiburan dll. Sepertinya kalau saya tidak salah sekarang situs Reddit ini sudah tidak di blokir lagi oleh pemerintah kita, jika ternyata masih di blokir Anda jangan khawatir karena Anda masih tetap bisa mengakses situs ini, caranya sangat gampang untuk membuka situs reddit yang di blokir, silahkan lihat video yang ada di bawah ini.


 

Jika Anda belum pernah mengunjungi situs Reddit saya sangat menyarankan untuk segera mengunjunginya. Anda bisa langsung menuju ke situs resmi Reddit untuk browsing mencari Niche Maket di subReddi atau bisa juga menggunakan situs RedditList untuk mempermudah Anda mencari SubReddit yang paling populer di kategori yang Anda pilih.

5. TV, Buku, Koran dan Majalah

Jangan pernah anggap remeh media seperti yang saya sebutkan di atas, karena seringkali kita bisa menemukan Niche Market yang berpotensi tinggi. Niche terbaik biasanya bisa kita temukan jika kita memiliki keahlian di bidang itu.

Cara Riset keyword Google Adsense.

Sekarang kita akan mencoba meriset keyword dengan menggunakan Google keyword planner. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah:

  • Kunjungi halaman GKP (google keyword planner): https://adwords.google.com/home/tools/keyword-planner/
  • Klik search for new keyword and ad group, kemudian masukkan keyword pada kolom itu, Anda juga bisa memasukkan lebih dari satu keyword (kata kunci) yang masih berhubungan dengan Niche Anda.
  • Targeting Negara Pilih Indonesia, Bahasa bisa pilih Indonesia atau sesuai dengan negara yang mau Anda target. Klik Get Ideas kemudian silahkan tunggu.
  • Kemdian Google keyword planner akan menampilkan data- data dari kata kunci yang tadi sudah Anda masukkan. Datanya seperti jumlah pencarian kata kunci secara global, jumlah pencarian secara lokal, harga cost per-klik atau yang juga dikenal dengan cost per click untuk Google Adsense, trend dan lain-lain.

Jika Anda bingung atau kurang suka dengan panduan dalam bentuk teks, saya sudah membuatkan panduan dalam bentuk video juga untuk mereka yang lebih suka melihat video dari pada membaca panduan dalam bantuk artikel, berikut ini adalah Video Cara Riset Keyword Blog Adsense:


 

Selain itu Ada juga beberapa Video di Youtube yang bisa Anda pelajari tentang riset keyword basic, saya sarankan Anda untuk menonton video ini agar mengerti dasar-dasar riset keyword dan cara menganalisa persaingan kata kunci:

  1. Cara Riset keyword menggunakan Google Keyword Tool
  2. Cara Riset Keyword dengan GKP dan Menganalisa Kompetisi

Tips Cara Riset Keyword Google Adsense

  • Cari Niche Market yang luas, karena dengan memilih Niche Market yang luas akan banyak orang yang mencarinya. (sebagai contoh: Mobil, hair styles, rumah dsb)
  • Jangan hanya mencari Niche di Internet meskipun internet memang perpustakaan dunia yang tanpa batas. (lihat TV, Baca Buku, Majalah dan koran)
  • Usahakan cari Niche Market yang abadi, bukan Niche yang musiman atau yang lagi trend hari ini. (ingat bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan Niche ini)
  • Hindari menggunakan niche yang sudah terlalu umum, hal ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan niche yang umum, Anda boleh menggunakannya jika memang Anda sangat ahli di bidang itu. (contoh: bisnis, keungan, insurance, fitnes, kesehatan, weight loss dsb)
  • Cari Niche yang profitable (orang rela membeli atau mengeluarkan uang untuk niche itu)
  • Niche yang Anda pilih sebaiknya tidak mengarah ke suatu produk yang digunakan atau diminati oleh para pemain Toko Online, apalagi toko online besar, perusahaan besar, apalagi Niche yang memiliki kompetisi tinggi atau kuat. Sebagai contoh: Obat Herbal, Insurance dsb)
  • Lihat nilai CPC
  • Kalau bisa konten website Anda hanya membahas 1 Niche saja, agar Anda lebih mudah untuk meng-Optimasi. (kalau mau gado-gado silahkan saja, TDIAK ADA YANG MELARANG)

Langkah ke dua. Menggali Keyword.

Saya yakin pada tahap ini Anda sudah menentukan niche mana yang akan Anda gunakan, langkah selanjutnya yang harus Anda kerjakan adalah mendalami dan meneliti keyword. Alat bantu yang biasa saya gunakan adalah:

  1. Google Keyword Planner
  2. Semrush
  3. LongTailPro

Baca Juga: Alternatif Keyword Tool Gratis Untuk Riset Keyword

Tool berbayar seperti Semrush dan juga LongTailPro memang sangat membantu kita untuk reset keyword, kita akan lebih dimudahkan, tetapi untuk awal-awal kerja kita bisa menggunakan Google Keyword Planner saja. (Menurut saya dengan menggunakan GKP sudah cukup) karena tujuan kita adalah hanya ingin meriset dan menemukan keyword turunan dari keyword utama kita agar bisa kita target untuk website kita, cukup lihat jumlah pencarian perbulan dari keyword yang mau kita pilih, soal keyword difficultynya bisa gunakan tool yang gratis seperti:

  1. Traffic Travis
  2. KWFinder

Ingatlah hal ini: keyword yang bagus pada umumnya memiliki jumlah volume pencarian yang banyak atau tinggi dan kompetisinya (Competition) juga tinggi (medium-high). Competition yang dimaksud di sini bukan kompetisi SEOnya ya, tetapi kompetisi jumlah pemasang iklan di Google AdWords. Keyword seperti ini adalah keyword yang sangat menguntungkan buat kita main Adsense.

Langkah ke Tiga. Amati dan Analisa Pesaing Anda

Memang Keyword yang tingkat pencariannya tinggi dan persaingan pengiklannya juga tinggi bisa jadi menguntungkan kita, tetapi… hal ini juga belum tentu bagus untuk kita, karena bisa saja kompetisi di pencarian mesin pencari Google dengan website-website lain juga tinggi. Nah untuk menghindari hal seperti itu Anda perlu menganalisa tingkat persaingannya di Google dengan menggunakan tool.

Dan pastikan Anda harus menghindari bersaing dengan situs besar, seperti amazon, eBay, dan situs e-commerce yang lain, karena situs seperti ini membutuhkan kemapuan SEO yang tinggi dan modal yang besar untuk mengalahkannya. Tetapi kalau Anda mau mencoba silahkan saja.

Pengingat:

  • Kalau dihalaman pertama mesin pencari banyak ditemukan website e-commerce besar seperti eBay, Amazon dll kalau bisa jangan dulu gunakan keyword seperti ini.
  • Jika di halaman pertama mesin pencari banyak ditemukan website forum, situs Q&A (Yahoo Answer, Quora) eHow, WikiHow dan website-website kecil seperti website saya ini Anda bisa saja mengalahkan mereka dengan SEO yang baik.

Dengan menggunakan tool seperti Semrush, LongTailPro, KWFinder, Traffic Tarvis, MOZ kita dengan mudahnya bisa mengetahui tingkat persaingan hanya dengan mengklik maka hasilnya akan keluar. Tetapi jika Anda tidak memiliki atau tidak ingin menggunakan tool seperti itu maka untuk mengetahui tingkat persaingan sebuah keyword Anda harus merisetnya dengan cara manual.

Silahkan Install salah satu extension ini di Mozilla dan Chrome:

  1. SEOQuake
  2. MozBar

Langkah selanjutnya setelah Anda menginstall extension itu di browser Anda, silahkan untuk melakukan riset di Google dengan menggunakan keyword yang tadi sudah Anda cari dan pilih

Riset kompetisi dengan MOZ Toolbar

Lihat PA (page Authority) – DA (Domain Authority) pastikan beberapa website memiliki angka di bawah 20, jika ada beberapa maka bisa jadi Anda akan aman karena website yang memiliki PA dan DA di bawah 20 tingkat persaingannya kemungkinan sangat mudah. Selain itu pastikan juga untuk mengeceknya secara manual dengan mengunjungi website-website pesaing Anda yang berda dihalaman pertama.

Saya tidak akan menjelaskan secara detail cara mengecek tingkat persaingan SEO di mesin pencari secara manual apalagi sampai detail dikesempatan kali ini (mengingat waktu dan panjang artikel). Menurut saya dengan menggunakan tool sudah lebih dari cukup, kenapa saya bilang sudah cukup? Karena yang membuat tool itu bukan orang yang tidak mengerti SEO, mereka menghabiskan waktu, pikiran dan tenaga untuk terjun di bidang itu dan membuat tool, jadi tidak mungkin tool yang kita gunakan salah atau kurang bagus menurut para jagoan Intenet marketing Indonesia (apa susahnya untuk menghargai kerja keras para pembuat software atau tool SEO itu?). Jika Anda ingin mempelajari cara manualnya Anda bisa mendownload panduan yang pernah dibahas di ads-id oleh para master online Indonesia di akun pCloud saya, silahkan download di sini.

  1. [SHARE] – How to Analyze Your Top 10 Google Competition (Bahasa Indonesia)
  2. [SHARE] – BHWQueen’s Keyword Competition Analysis (Bahasa Indonesia)
  3. [SHARE] – Do Keyword Research Like a Boss!!

Ok mungkin sampai di sini dulu penjelasan saya tentang “Cara Mencari Niche Market dan Keyword untuk Blog Google Adsense” saya akan lanjutkan di artikel selanjutnya. Jika artikel ini di rasa sangat bermanfaat bagi Anda mohon untuk membantu saya share (membagikan konten ini) kepada teman dan kenalan Anda di akun sosial media kalian agar saya semakin semangat untuk membagikan konten-konten yang bermutu tinggi. Terima kasih.