skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mencari Nama Domain Yang Bagus Untuk Bisnis Online

Cara Mencari Nama Domain Yang Bagus untuk Bisnis Online

Cara Mencari Nama Domain Yang Bagus. Halo kali ini SUBMITClimb akan membahas tentang cara mencari nama domain yang Bagus. Mengapa memilih nama domain yang tepat saja harus ada caranya dan sangat dipikirkan?

Ya, bisa saja Anda menggunakan nama domain sesuka hati Anda tetapi kalau salah memilih nama domain bisa mempengaruhi semuanya. Jadi penting sekali sekali untuk mengetahui tips cara mencari domain yang tepat dan bagus.

Memang memilih nama domain adalah sesuatu yang penting dan susah-susah gampang. Ini sama seperti kita akan memilih nama untuk anak kita.

Kebanyakan blogger pemula mungkin tidak terlalu memikirkan masalah nama website yang akan mereka gunakan. Mereka menganggap sepele masalah pemilihan nama domain ini.

Sekarang ini memang sulit sekali memilih nama domain karena bisa jadi nama domain yang mau kita beli sudah digunakan oleh orang lain atau diamanakan oleh Orang lain. Silahkan membaca artikel Tips Memilih Nama Domain.

Jangan lakukan hal ini saat akan memilih nama domain:

1# Jangan Pernah Menggunakan Domain Gratisan

Saya sering banget mendengar dari teman-teman saya dan juga dari beberapa orang yang bertanya langsung kepada saya. Halah pakai saja domain gratisan atau website gratisan, kan kita cuma mau menggunakan itu sebagai informasi usaha kita.

Betul…

Memang kita akan membuat website salah satu tujuannya adalah untuk meletakkan informasi tentang usaha kita di sana. Tetapi sebenarnya bukan hanya itu saja ada hal lain yang akan membuat website kita terkesan tidak profesional.

Mungkin ada juga yang akan punya alasan seperti ini, saya tidak punya uang untuk membuat website dengan menggunakan domain dan hosting yang berbayar.

Tahukah Anda, sebuah domain tidaklah semahal yang Anda bayangkan. Harga sebuah domain mulai dari Rp.20.000 sampai dengan Rp.120.000 (ada juga yang lebih dari ini) jadi tidak ada alasan kalau kamu tidak punya uang untuk membeli sebuah domain.

Ingat semua yang kita lakukan selama kita hidup baik itu makan, tidur, bekerja, sekolah, mati dan lain sebagainya selalu membutuhkan uang. Kalau Anda mempunyai mental miskin seperti ini (pelit) maka jangan harap Anda akan cepat maju. Mungkin bisa tetapi kemajuan Anda akan lambat. Anda hanya boleh menggunakan website dan domain gratisan jika Anda benar-benar tidak punya uang dan tidak mampu sama sekali.

Sebetulnya kebanyakan kasus, bukan karena tidak punya uang tetapi tidak mau menyisihkan uang dan memprioritaskan hal yang penting, bahkan mereka yang merokok sebetulnya bisa membeli domain dan membeli hosting yang berbayar, karena lebih mementingkan ROKOK-nya jadi yang alasannya begitu.

Perlu Anda tahu juga, domain GRATIS sebetulnya:

  • Tidak benar-benar sepenuhnya gratis, dan dalam kebanyakan kasus itu hanya untuk satu tahun pertama saja. Kapanpun itu domain yang Anda miliki secara gratis sekarang ini bisa hilang dan di delete tampa pemberitahuan. (banyak orang sudah pernah mengalami hal ini)
  • Domain Gratisan atau website gratisan kalau menurut saya banyak digunakan untuk membangun backlink spam.
  • Tidak meyakinkan orang. (ini paling parah)
  • Terlihat jelek dan seperti yang saya bilang di atas tidak profesional.

2# Jangan Berpatokan Pada EMD, Gunakan Brandable Domain

Pasti banyak yang ingin bertanya tentang hal ini, tenang saya akan menjelaskan. Jika ada yang pernah mengikuti kursus SEO, mungkin masih ada yang ingat dulu sempat di ajarkan bisa menggunakan domain dengan keyword yang di target. Sebagai contoh katakanlah saya ingin mempromosikan produk atau ingin mentarget sebuah kata kunci “Jual Kaos Bali” saya bisa menggunakan kata kunci (Excat Match Domain seperti ini www.jualkasosbali.com atau www.jual-kaos-bali.com.

Jujur beberapa website affiliate saya masih banyak yang menggunakan cara seperti itu, tetapi tidak semua menggunakan cara itu dan masih bisa merangking juga.

Ini membuktikan apa?

Ini membuktikan mau menggunakan keyword di domain atau tidak kita masih bisa tetap merangking.

Oh iya saya hampir lupa memberikan contoh penggunaan domain brandable. Contoh dari brandabelitu biasanya sama sekali tidak menyangkut penggunaan nama keyword. Contohnya misalnya SUBMITCLimb.com google.com, yahoo.com, youtube.com dan masih banyak lainnya.

Memang soal penggunaan keyword di domain dan penggunaan domain brandable masih menjadi tanda tanya besar. saya tidak mau pusing-pusing soal itu, saya secara pribadi lebih suka penggunaan nama domain brandable.

Kenapa saya lebih senang menggunakan domain brandable, karena lebih keren, profesional dan bisa merangking juga.

Sedangkan untuk penggunaan keyowrd di domain (excat match domain) sepertinya sudah begitu tidak berpengaruh sejak Google terus mengupdate algoritmanya. selain itu kalau saya perhatikan banyak sekali website-website yang menggunakan nama keyword di domain mereka cenderung terkihat seperti website yang digunakan hanya untuk meraih posisi di mesin pencari untuk kata kunci tertentu. Meskipun tidak semua seperti itu, tetapi kebanyakan begitu.

3# Jangan Menggunakan nama domain yang mengandung trademark

Ini mungkin tidak begitu diperhatikan oleh beberapa orang, padahal menggunakan nama domain yang mengandung trademark ini sangat berbahaya. Mungkin kalau di Indonesia hukum mengenai hal ini kurang begitu diterapkan, sedangkan kalau di luar sana jika kita menggunakan trademark orang lain ini bisa beresiko kena tuntut.

Selain itu bekerja itu enaknya tanpa beban dan tanpa masalah, sayang bukan kalau kita sudah membeli domain tetapi setelah website kita besar malah kena masalah?

Saya secara pribadi tidak mau pusing-pusing sama yang seperti ini. Jadi biasanya dari awal saya sudah memilih dan menggunakan nama domain yang brandable.

4# Gunakan Esktensi yang mudah di ingat dan umum

Banyak sekali ekstensi yang bisa kita pilih dan gunakan saat membeli nama domain. Anda mungkin akan tergiur dengan harga yang di tawarkan oleh pihak penyedia domain.

Usahakan untuk memilih dan menggunakan nama domain dengan ekstensi .com. tetapi jika Anda tidak menemukan nama domain Anda dalam ektensi itu Anda bisa menggunakan ektensi ke dua .net. ini adalah ektensi ke dua yang paling populer dan di ingat orang.

Ada satu ekstensi lagi yang juga banyak digunakan dan direkomendasikan oleh orang yaitu penggunaan ekstensi .org. Meskipun ekstensi ini bisa Anda gunakan saya secara pribadi kurang begitu merekomendasikan, mengapa? Karena ekstensi .org biasanya di tujukan untuk sebuah organisasi bukan perorangan atau badan usaha.

Jika memang nama domain dengan akhiran (ekstensi) .com dan .net sudah habis Anda sebaiknya menggunakan nama domain ccTLD.

ccTLD adalah Country Code Top Level Domain. Ini adalah sebuah ekstensi untuk domain di negara tertentu, sebagai contoh:

.ID adalah untuk negara Indonesia

.DE untuk Negara Jerman

.JP untuk Negara jepang dan lain-lain.

5# Buat Nama Domain yang unik

Membuat nama domain harus unik dan jangan mirip-mirip dengan nama domain yang sudah ada. Orang-orang banyak yang senang menggunakan nama domain yang mirip-mirip dengan nama domain yang sudah. Menurut saya ini tidak bagus.

 

6# Mudah di Ingat, diketik dan diucapkan

Saya sudah membahas hal ini di artikel sebelumnya di sini saya hanya ingin mengulang dan mengingatkan saja. Jadi pastikan nama domain yang akan Anda gunakan itu mudah untuk di ucapkan. Coba Anda bayangkan Anda mempunyai nama domain tetapi sangat sulit untuk di ucapkan oleh orang, bisa jadi nama domain Anda dilupakan oleh orang dan mereka tidak jadi mengunjungi website Anda.

Sayang bukan kalau sampai itu terjadi dengan Anda?

Pastikan juga nama domain kamu tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Misalnya nama domain yang kamu gunakan seperti ini “submitclimbjasaseonosatudiindonesia.com”

Pasti orang yang mau ngetik juga akan lupa dan malas karena terlalu panjang sekali. Coba perhatikan beberapa tips berikut ini yang akan membantu Anda untuk memilih dan mencari nama domain yang bagus:

  • Hindari menggunakan angka (submitclimb12345.com)
  • Hindari penggunaan tanda hubung di dalam domain (submit-climb.com)
  • Pastikan untuk tidak menggunakan kata-kata yang pengucapannya sulit
  • Jangan menggunakan nama domain yang terlalu panjang

7# Jangan Menggunakan Nama Domain sesuai trend saat ini

Ini sebetulnya bisa Anda gunakan jika memang website yang akan Anda bangun adalah sebuah website yang membahas trend-trend sekarang. Nah website yang jenis ini mungkin cocok untuk menggunakan nama domain dengan mengikuti trend, tetapi kalau website Anda membahas topik yang lain maka tidak cocok.

Dan tahukah Anda trend itu tidak bertahan lama, dia bersifat sementara dan tidak abadi, jadi saran saya usahakan selalu menggunakan nama domian yang brandable.

8# Jangan Mau Menggunakan Nama Domain Bekas.

Buat yang baru pemula tentu bingung apa maksudnya domain bekas? Memang menurut saya secara pribadi tidak ada yang salah kalau kita menggunakan nama domain yang bekas dan ada keuntungannya juga jika kita menggunakan nama domain yang bekas.

  1. Website biasanya sudah punya backlink
  2. Website kemungkinan sudah memiliki Authority yang bagus

Tetapi menggunakan nama domain yang bekas juga punya beberapa kelemahan:

  1. Nama domain tidak sesuai dengan pilihan kita
  2. Domain bekas sudah pernah digunakan oleh orang lain
  3. Domain bekas, kadang kalau untuk mendaftar Google AdSense sulit diterima
  4. Seringkali domain bekas itu banyak digunakan untuk melakukan spam, meskipun tidak semua seperti itu

Ingat membeli domain bekas tidak ada salahnya, tetapi dengan apa yang saya jelaskan di atas Anda bisa menilai sendiri apakah Anda ingin menggunakan domain bekas untuk nama bisnis Anda atau tidak. Jika Anda ingin menggunakan domain bekas ataupun ingin membeli domain baru silahkan cek terlebih dahulu apakah nama domain yang Anda pilih sudah pernah digunakan oleh orang lain atau belum.

Mungkin beberapa dari Anda ada yang bingung bagaimana cara mengeceknya?

Gampang dan untungnya kita dibantu dengan beberapa aplikasi yang berbasis web salah satunya yang paling sering saya gunakan adalah http://whois.domaintools.com. Dulu saya alamat website ini dari teman yang mengajarkan saya tentang bisnis online.

Untuk mengecek domain yang mau kita beli sudah pernah di beli dan digunakan oleh orang cukup gampang. Anda hanya perlu mengunjungi halaman website tadi, kemudian paste URL website (nama domaian) yang mau Anda beli.

Setelah itu akan muncul informasi seperti gambar yang ada di bawah ini.

Mas kalau saya mau mengecek apakah domain itu sudah pernah di daftarkan atau digunakan untuk Google AdSense bisa tidak?

Menurut saya tidak bisa, karena selama ini belum pernah ada software atau aplikasi yang bisa menditeksi apakah sebuah website pernah digunakan atau di daftarkan untuk AdSense.

Kalaupun ada saya yakin itu TIDAK AKURAT!

Kenapa? Karena ini yang tahu hanya Google saja kecuali kalau Google Sendiri membuat softwarenya mungkin bisa jadi itu akurat, tetapi sayangnya memang tidak ada satupun software sampai hari ini yang bisa mengetahui apakah sebuah website pernah digunakan untuk AdSense.

Silahkan baca di sini cara cek domain sebelum membeli.

#9 Beli Domain atau Daftarkan Domain di Tempat Yang Terpercaya

Semua hal yang saya jelaskan di atas adalah bagian-bagian yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Jika kalian menerapkan apa yang sudah saya bahas di atas maka akan ada banyak keuntungannya.

Hal selanjutnya yang juga tidak boleh kita abaikan saat memilih dan membeli domain adalah tempat penyedia domain dimana kita akan meregister domain yang akan kita gunakan. Mungkin banyak banget yang bilang beli domain itu harus pinter-pinter cari yang murah.

Itu betul, tapi yang salah adalah ketika kamu membeli domain di penyedia domain yang tidak terpercaya hanya gara-gara mereka memberikan harga yang jauh lebih murah dari tempat lain.

Bisa jadi perusahaan mereka baru dibangun dan tidak lama kemudian tutup, bayangkan kalau ini yang terjadi maka domain kamu bisa saja hilang.

Lalu di mana kita bisa membeli domain?

Saya biasanya membeli domain di beberapa tempat ini:

  1. Namecheap
  2. GoDaddy
  3. NiagaHoster

Mungkin ada yang tanya di mana saya paling banyak membeli domain? Saya biasanya paling banyak membeli domain di Namecheap dan juga di Godady.

Jika Anda suka dengan artikel Cara Mencari Nama Domain Yang Bagus dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb. * Akun klonengan dan meragukan tidak akan di Approve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top