skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mencari Ide Bisnis Online Yang Menjanjikan Dan Cocok

Cara Mencari Ide Bisnis Online Yang Menjanjikan dan Cocok

Anda, Saya dan banyak orang yang lainnya ingin memulai dan memiliki sebuah bisnis yang menjanjikan dan cocok untuk diri kita, tetapi tidak sedikit yang gagal sebelum dan sesudah memulainya, termasuk saya sendiri.

Mengapa bisa demikian?

Karena banyak orang orang tidak tahu tentang bisnis yang sedang mereka jalankan atau yang ingin mereka jalankan.

Yang paling penting adalah menemukan sebuah ide bisnis yang paling tepat dan terbaik untuk Anda jalankan. Memang banyak orang akan menggunakan google untuk mencari dan menemukan artikel yang membahas tentang ide bisnis, itu bagus tapi cobalah untuk terus mencari-cari informasi yang sangat banyak dan akhirnya akan membingungkan Anda sendiri.

Karena Anda akan menemukan ide bisnis itu tidak sepenuhnya dari informasi yang ada di luar, tetapi dari dalam diri Anda sendiri.

Ya kita sendiri yang tahu bisnis macam apa yang ingin kita jalankan dan apakah ide bisnis yang Anda tahu itu bisa Anda jalankan sebagai seorang pemula dalam bisnis itu? Karena hidup di zaman sekarang sangat sulit sekali untuk bersaing dengan orang lain dan apakah bidang usaha yang akan Anda jalankan itu bisa membuat Anda sukses?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membuat kita menjadi bingung. Nah dalam artikel kali ini kita akan sama-sama belajar bersama bagaimana Anda dan saya bisa memilih salah satu dari sekian banyak ide bisnis yang ada di kepala kita untuk kita fokuskan.

Lihat “kemampuan diri Anda untuk bisa menemukan ide awalnya

Pertanyaan yang mungkin akan timbul ketika orang ingin memulai sebuah bisnis baru adalah:

“Apa yang akan Anda jual nanti?”

Baik itu bisnis online maupun yang offline akan selalu berbicara mengenai penjualan, entah itu produk, jasa atau lainnya Anda akan melakukan penjualan di dalam sebuah bisnis.

Kalau kita amati banyak sekali para pengusaha yang sukses mereka selalu berhasil menjual apa yang mereka miliki dalam diri mereka.

Jadi begini maksudnya.

Misalnya saya seorang desainer saya akan selalu menjual sesuatu yang berhubungan dengan desain, entah itu buku, kursus, konsultasi atau jasa. Bahkan seorang yang bisa memasak pasti akan membuka warung makan atau restoran atau bisa juga menjual buku-buku resep makanan.

Jadi semuanya akan di mulai dari apa sih kemampuan yang ada dalam diri Anda.

Tapi tidak asal tahu saja, rupanya masih ada yang lainnya…

Anda harus bisa memilih dan melihat dari sekian banyak kemampuan yang Anda miliki mana yang paling berpotensi untuk bisa di jadikan sebuah bisnis yang menghasilkan dan bertahan untuk selamanya.

  1. Pernah kan ada orang yang meminta tolong dengan Anda, nah kira-kira apa yang paling sering orang lain minta tolong kepada Anda? (asal jangan minta tolong pinjam uang aja)
  2. Anda pernah sekolah di mana dan pernah ikut kursus apa saja?
  3. Orang sering kali memberi kita pujian, pujian apa yang paling sering Anda terima?
  4. Apa yang orang lain kagumi dari dalam diri Anda?
  5. Skill apa yang Anda miliki?
  6. Apakah ada kesulitan dalam kehidupan Anda dan Anda berhasil mengatasinya?
  7. Hal penting apa yang orang lain tidak miliki dalam diri Anda?
  8. Dari sekian banyak bisnis yang ada, mana yang paling menarik dan paling nyaman untuk Anda?

Coba terus buat lanjutan dari apa yang sudah saya tulis di atas, coba temukan hal lain lagi tentang kemampuan Anda, lebih bagus jika Anda meluangkan waktu untuk mencari kemampuan Anda yang lain.

Meskipun ada hal yang mungkin kadang konyol dalam diri kita, jangan malu untuk menuliskannya dalam catatan dan memasukkannya ke dalam daftar kemampuan Anda, karena sering kali hal yang konyol bisa melahirkan bisnis yang sukses.

Lihat “permintaan masyarakat”

Setelah Anda sudah mencatat dan menemukan kemampuan Anda sekarang waktunya untuk memilih yang paling menguntungkan saja, karena tidak semuanya bisa dijadikan bisnis dan bisa menguntungkan.

 

Mengapa bisa demikian?

Karena keberhasilan sebuah bisnis bergantung dari orang yang minat atau permintaan yang ada di masyarakat sendiri. Coba bayangkan apakah Anda bisa sukses menjual barang yang barangnya itu tidak dibutuhkan atau diminati oleh orang lain?

Sudah pasti nggak kan…?

Itulah mengapa banyak orang yang ketika menjalankan bisnis akhirnya tidak ada yang beli.

Saya mencoba menggunakan panduan yang saya baca dari website website luar dan juga Indonesia salah satunya adalah Panduanim tentang deman matrix, menurut saya ini cara yang bagus untuk menunjukkan dan memilah tentang peminat dari suatu kemampuan kita.

Graphic Ide Bisnis yang menjanjikan

Di diagram di atas membersihkan sepatu walaupun bisa di jadikan sebuah bisnis tetapi peminatnya sangat sedikit.

Karena kebanyakan orang akan membersihkan sepatu mereka sendiri di rumah atau di kantor mereka. Jadi kita akan menempatkannya di bagian kiri paling bawah.

Lalu masalah dengan berat badan, anggap saja Anda pernah gemuk, namun sejak berhasil menurunkan berat badan Anda jauh lebih sehat dan enak untuk melakukan kegiatan apapun.

Apa artinya ini?

Ini artinya Anda bisa memanfaatkan hal ini menjadi salah satu aset kemampuan Anda.

Kegemukan adalah masalah yang paling sering di alami oleh semua orang termasuk pria dan wanita. Banyak orang pasti ingin mencoba menurunkan berat badannya. Anda bisa membuat panduan tentang hal ini dan karena peminatnya sangat banyak maka kita akan menempatkannya di bagian kanan atas.

Itu adalah beberapa contoh Anda bisa mencari kemampuan yang Anda miliki dan memilihnya dengan menggunakan cara di atas.

Apakah Anda suka dengan kemampuan dan pilihan Anda?

Banyak orang tidak suka dengan bidang pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan mereka, alasannya bisa sangat beragam. Seperti saya, saya kurang begitu suka dengan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, salah satu alasannya adalah “Gajinya sering kali kecil” dan yang kedua saya tidak tertarik.

Jadi kunci sukses dari sebuah bisnis adalah suka. Kalau Anda suka dengan bidang kerja yang Anda jalankan akan mudah berkembang sebaliknya jika anda tidak suka maka akan sulit untuk berkembang.

Di dalam artikel “Cara Mencari Ide Bisnis Online Yang Menjanjikan dan Cocok” Anda dan saya sudah belajar cara menemukan bidang bisnis dan memilih yang paling cocok. Silahkan untuk meneruskan membaca ke pembahasan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top