skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Menambah Viewers YouTube Secara Bertahap

Cara Menambah Viewers YouTube Secara Bertahap

Mempunyai jumlah subscriber dengan jumlah angka yang sudah mencapai ribuan tau bahkan jutaan mungkin bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para YouTuber. Apalagi jika video yang mereka buat selalu di tonton oleh para penonton setia mereka.

Untuk membuat channel kita menjadi terkenal dan mendapatkan uang dari YouTube kita harus berupaya meningkatkan jumlah viewers video Youtube kita. Tetapi untuk meningkatkan jumlah Viewers YouTube di channel yang kita bangun tidaklah mudah. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman saya bagaimana Cara Menambah Viewers YouTube kita secara bertahap.

Mempelajari dan mencari tahu caranya meningkatkan waktu menonton YouTube adalalah menjadi hal yang paling penting untuk membangun dan mengembangkan channel Anda.

Jumlah Viewers Youtube adalah salah satu metrik yang penting yang digunakan untuk menentukan sebuah video untuk dipromosikan di bawah video yang di sarankan (suggested videos) dan di hasli mesin pencari YouTube (YouTube search engine results). Algoritma YouTube akan memprioritaskan video yang mungkin memiliki durasi yang lebih panjang dan juga waktu tonton yang lebih lama.

Jadi begini jika ada seseorang atau penonton yang lebih banyak menghabiskan waktu menonton di channel YouTube A daripada ketika dia mengunjungi channel YouTube B, maka channel video YouTube A akan dipromosikan oleh channel YouTube melalui channel B.

Selain itu Google dan juga YouTube benar-benar ingin memastikan penonton yang mencari dan menemukan konten video yang paling tepat yang mampu memberikan informasi selengkap dan setepat mungkin kepada penonton YouTube.

Apa sebenarnya Viewers YouTube itu?

Waktu tonton adalah jumlah menit keseluruhan orang-orang yang benar-benar menonton semua video Anda. Dimana kita bisa melihat laporan tentang waktu Tonton Video kita? Anda bisa menemukannya di dalam akun Anda di bagian creator studio di menu Analytics YouTube.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan dan Menambah jumlan View YouTube.

Setiap satu menit ada lebih dari 400 jam video yang di upload. Dengan jumlah sebanyak itu maka diperlukan sistem penyaringan untuk menilai kualitas setiap konten video yang di upload sehingga YouTube tahu video mana yang harus dipromosikan. Itulah sebabnya mengapa faktor untuk bisa membuat sebuah video tetap berada di halaman depan mesin pencari sejak tahun 2012 adalah jumlah waktu tonton video. Lalu muncul pertanyaan bagaimana caranya mengoptimalkan video untuk meningkatkan dan menambah Menambah Viewers YouTube secara bertahap? Silahkan pelajari penjelasan di bawah ini:

Langkah 1 – Buat Konten Yang Bermutu (Bagus)

Hampir semua orang tidak ingin membuang waktu mereka hanya untuk menonton video yang kurang bermutu yang sama sekali tidak menyenangkan dan mungkin tidak informatif. Focuslah untuk selalu mencoba membuat dan menghasilkan konten video yang berkualitas, karena hal ini bisa membangun dan meningkatkan jumlah pengikut yang setia. Memang tidak semua follower di channel kita adalah orang yang suka menonton banyak di anatara mereka adalah pesaing kita yang mencoba mencuri ide kita dengan membuat video-video yang mirip dengan tema kita dan banyak juga yang hanya untuk mendownload dan menguploadnya di channel mereka, tindakan yang satu ini sangat tidak dibenarkan dan melanggar peraturan google. Orang-orang yang telah menjadi subscriber Anda biasanya akan lebih menanggapi konten yang Anda buat daripada orang-orang yang bukan subscriber channel Anda. Namun jangan khawatir sebenarnya ada sedikit trik khusus dalam pengeditan sebuah video yang bisa Anda lakukan secara sederhana untuk membuat pemirsa menonton video Anda menjadi lebih lama.

Langkah 2 – Urutkan video Anda ke dalam Daftar Playlists

Hal terbaik dan sederhana untuk Menambah Viewers YouTube adalah dengan mengelompokkan video Anda ke dalam satu daftar putar (Playlist) atau lebih.

Dengan membuat dan menggunakan Playlists Anda bisa meningkatkan pengalaman menonton linear. Ketimbang harus mengetikkan kata kunci baru di dalam menu pencarian di channel Anda setelah video selesai playlist bisa membuat penonton Anda mau terus menonton video selanjutnya yang sudah ada di dalam playlist yang Anda buat.

 

Pastikan semua video yang Anda masukkan ke dalam playlist harus masuk akal. Orang-orang biasanya akan lebih cenderung mau menonton video selanjutnya jika video yang ada di dalam daftar putar (paylist) memiliki kesamaan dengan video yang sebelumnya mereka klik atau memang itu adalah video berseri seperti video tutorial.

Langkah 3 – Title dan Thumbnails

Membuat thumbnails yang eye catching dan judul video yang menarik adalah bagian penting yang bisa menarik perhatian calon penonton Anda dan kemungkinan akan segera mengklik video Anda untuk melihatnya. Pastikan untuk membuat title dan thumbnails yang Anda buat itu sesuai dengan isi video Anda. Karena banyak sekali para pemain YouTube yang membuat thumbnail berbeda dengan isi video mereka hanya untuk tujuan meningkatkan jumlah waktu menonton. Jika isi video yang Anda sampaikan berbeda dengan thumbnail yang Anda buat hal ini bisa berdampak buruk pada waktu tonton dan rangking Anda di mesin pencari.

Pelajari Panduan Cara Membuat Thumbnail Video YouTube

Langkah 4 – Ajak Viewers untuk Subscribe channel

Jangan lupa untuk meletakkan tombol subscribe di video Anda dan jangan sungkan untuk meminta mereka untuk mengklik tombol subscribe itu. Orang akan lebih cenderung mau untuk subscribe ketika diminta atau diingatkan oleh kita. Lebih banyak orang yang subscribe channel kita maka akan lebih banyak waktu tonton di channel kita. Prinsip dasarnya seperti itu meskipun tidak semua akan seperti itu karena ini akan bergantung dari setiap video yang kita buat.

Langkah 5 – Gunakan YouTube Cards

Ketika penonton meninggalkan video Anda, apakah pada akhir video atau pada saat baru menonton video di tengah video, cara terbaik untuk meningkatkan dan Menambah Viewers YouTube jika mereka mengklik salah satu link video kita yang lain untuk di tonton. Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan YouTube Cards untuk menyarankan video yang terakit dengan video yang sedang mereka tonton saat ini.

Langkah 6 – Gunakan End screens

Anda bisa mengalihkan orang dari satu video ke video yang lain dan membuat mereka penasaran untuk mau menonton video yang lain yang Anda buat. End Screens juga adalah cara yang bagus untuk membantu menempatkan tombol subscribe.

Bagimana Caranya Untuk Memonitor dan menganalisa Viewers YouTube

Silahkan login ke akun Anda kemudian masuk ke Creator Studi di menu Analytics, di sanalah Anda bisa melihat report Viewers YouTube Anda juga termasuk laporan perkiraan waktu di tonton berdasarkan lokasi, tanggal dan juga videonya.

Di sana juga ada Audience Retention Report yang akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak video Anda yang sudah di tonton oleh penonton sebelum mereka pergi. Anda harus memberi perhatian khusus pada waktu tonton di 15 detik pertama, karena jika Anda memiliki tingkat drop-off yang sangat tinggi ini akan membawa dampak buruk yang akan memberikan sinyal kepada YouTube bahwa pengunjung dan penonton video Anda merasa kecewa dengan konten yang Anda buat.

Jadi itulah Cara Menambah Viewers YouTube Secara bertahap yang kami lakukan sampai sekarang untuk beberapa channel YouTube yang baru kami buat meskipun persyaratan YouTube semakin berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top