skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Kunci Sukses Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Rumahan

Kunci Sukses Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Rumahan

Di tengah-tengah kehidupan yang semakin sulit ini kita harus kreatif agar bisa menghasilkan uang dan menambah penghasilan kita. salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memulai usaha makanan ringan yang bisa Anda kerjakan dari rumah. Meskipun terlihat rumit dan kecil usaha makanan ringan ini mempunyai prospek yang sangat cerah jika Anda tekuni.

Selain sering dikonsumsi oleh banyak orang usaha makanan ringan (camilan) bisa dijadikan bisnis utama Anda. Camillan selalu menjadi teman yang tepat untuk begadang, menonton TV, belajar, menonton bioskop, bersantai dengan teman, sata pesta dan saat melakukan kegiatan yang lainnya. Jika Anda seperti saya, hanya melihat tanpa mengambil kesempatan yang Anda bisa jadi usaha yang satu ini tampak meragukan sekali hasilnya.

Selain itu orang yang mengkonsumsi makanan ringan (camilan) bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak dan remaja bahkan orang tuapun suka dengan yang namanya makanan ringan.

Bukti lainnya adalah banyaknya perusahaan besar yang membangun usaha camilan dengan serius dan meraup keuntungan yang tidak sedikit. Tidak hanya itu bahkan banyak dari antara mereka yang terjun di bisnis ini yang tadinya hanya sebagai usaha sampingan kini telah menjadikan usaha ini menjadi usaha utama mereka dan bahkan banyak dari antara mereka selalu kebanjiran order.

Apalagi kalau Anda melihat begitu banyaknya jenis makanan ringan yang ada di Indonesia, tentu ini akan semakin membuka lebar peluang usaha makanan ringan.

Untuk Anda yang saat ini ingin mempunyai usaha sampingan rumahan atau ingin mempunyai usaha makanan ringan, mulai hari ini bisa membuat perencanaan dan juga membuat persiapan yang baik agar Anda bisa mengetahui makanan ringan apa sih yang paling laris di pasaran, tetapi bisa dikerjakan dengan mudah dan produksinya juga tidak terlalu ribet dan cepat.

Kunci Sukses Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Rumahan

Siapapun sangat setuju memulai usaha apapun tentu tidak mudah, ada beberapa hal yang harus dipelajari dan juga dipikirkan termasuk membuat usaha yang di bangun tetap terus bisa berjalan di tengah-tengah persaingan yang semkin berat.

Selain itu pesaingnya juga kebanyakan bukan orang-orang yang baru terjun di bidang usaham makanan ringan. Banyak dari antara mereka adalah orang-orang yang sudah lama dan mempunyai pengalaman di bidang usaha makanan ringan. Mereka telah lebih dahulu mempelajari semua cara untuk membuat usaha mereka terus berjalan dan mampu bersaing sampai hari ini. Oleh karena itu sebelum Anda benar-benar terjun di bisnis makanan ringan rumahan ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar Anda bisa mempersiapkan segalanya dengan baik dan yang mempengaruhi keberhasilan dari bisnis yang Anda jalankan itu.

1. Makanan Ringan yang Anda buat Harus Mempunyai Kualitas dan Rasa yang Bagus

Hal utama dalam menjalankan bisnis makanan ringan adalah penggunaan bahan baku yang baik dan menjaganya secara terus menerus. Pemilihan bahakn baku yang sembarangan dan kurang baik bisa membuat rasanya menjadi kurang enak. Bahan baku yang Anda gunakan sebaiknya tidak mengandung zat-zat yang bisa membahayakan orang lain dan juga terjaga kebersihannya.

Memang saat ini untuk menemukan bahan baku yang baik dan bebas dari zat-zat yang membahayakan sangat sulit sekali. Ini di sebabkan karena faktor sulitnya mencari pekerjaan. Faktor ini menjadi salah satu pendorong orang untuk menjual bahan baku yang mudah di produksi dan membahayakan orang lain.

Jika makanan Anda harus di goreng usahakan untuk menggunakan minyak goreng yang berkualitas dan pastikan untuk mengganti secara rutin minyak goreng Anda. Jangan terus menerus menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali.

2. Kreatif dalam membuat dan Memasarkan Produk

Sudah banyak makanan ringan yang ada di pasaran saat ini. Jika Anda ingin bersaing dan sukses cobalah untuk lebih kreatif dan mempunyai inovasi yang tinggi saat membuat makanan ringan. Baik untuk membuat makanan ringan yang berbeda dengan yang sudah ada di pasaran, ini akan membantu membedakan produk yang Anda jual dengan produk orang lain.

3. Buat Kemasan semenarik dan Seunik Mungkin

Banyak orang mengabaikan sebuah kemasan produk. Padahal kalau mereka tahu sebuah kemasan bukan hanya sebagai pembungkus makanan saja, tetapi kemasan juga menjadi identitas sebuah produk dan sekaligus salah satu hal yang membantu menunjang berhasilnya sebuah usaha yang akan di jalankan. Banyak orang saat ini lebih senang melihat dan membawa pulang sebuah kemasan yang menurut mereka unik.

4. Ciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan Anda

Jika Anda sebagai penjual, cobalah untuk melayani semua orang dengan baik dan ramah. Jangan lihat pelanggan ini Pak Presiden atau Ibu Menteri, layani semua orang sama rata. Cobalah buat semua pelanggan Anda sebagai teman dan sahabat Anda. Jika Anda menjalin hubungan dengan para pelanggan Anda ini akan membantu meningkatkan penjualan sekaligus memberikan dampak yang positif bagi perkembangan bisnis Anda. Ramah kepada pelanggan bukan berarti kaku ya.

 

5. Gunakan Strategi Pemasaran terkini

Cara memasarkan atau strategi penjualan selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Bisa jadi cara yang dulu kita gunakan tidak memberikan manfaat lagi untuk saat ini. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk selalu mempelajari strategi pemasaran yang baru. Buat Anda yang baru merintis Usaha Makanan Ringan harus bisa membaca dan juga membaca apa yang di inginkan orang lain untuk meningkatkan penjualan Anda. Anda bisa mencoba menjual secara offline dan juga online. Anda mungkin bisa memberikan diskon harga atau mungkin memberikan sebuah sampel makanan untuk membuat orang lain mau membeli dari Anda.

Gunakan Social Media

Social media merupakan salah satu platform untuk menjalin hubungan dengan teman atau saudara kita yang jauh. Selain itu social media juga merupakan salah satu senjata yang ampuh untuk mendekatkan Anda dengan konsumen Anda. Mengingat saat ini mulai dari anak-anak sampai orang tua selalu menggunakan dan membuka social media setiap hari. Pasti ini akan lebih memudahkan Anda untuk memberitahu apa saja yang baru dari produk Anda sekaligus menawarkan produk makanan ringan yang Anda jual.

Memanfaatkan Video

Banyak orang lebih suka melihat video daripada membaca, oleh karena itu jauh lebih bagus jika Anda memanfaatkan video untuk mempromosikan produk yang ingin Anda jual.

Testimoni Pelanggan.

Cobalah untuk meminta testimoni kepada para pelanggan Anda dengan membeerikan imbalan. Karena tidak semua orang mau memberikan testimoni. Testimoni dari para konsumen yang sudah menggunakan produk Anda terbukti mampu mengajak dan meyakinkan orang lain untuk lebih percaya dan mau membeli produk yang Anda jual.

6. Membuat Website Sendiri

Anda harus membuat sebuah website untuk produk yang Anda jual. Website akan membantu orang untuk melihat apa yang Anda tawarkan selama 24 jam non stop. Ini adalah sarana media penjualan sekaligus promosi yang bagus. Website juga akan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda adalah orang yang serius menjalankan bisnis ini.

Itu adalah beberapa Kunci Sukses Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Rumahan yang bisa Anda coba. Jika Anda mempunyai masukan Anda bisa memberikan komentar melalui kolom yang ada di bawah ini.

Jika Anda suka dengan artikel Kunci Sukses Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Rumahan ini dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Pelajari lebih lanjut:

Kesalahan Saat Melakukan Social Media Marketing untuk Bisnis
Tips Menjalankan Bisnis Pakaian dengan Modal Kecil
Peluang Usaha yang bisa di jadikan bisnis – Dimulai dari Hobi
Bisnis Online Modal Kecil Terpercaya bisa di jalankan Dari Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top