skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Mempromosikan Website Bisnis Kita Dengan Facebook

Cara Mempromosikan Website Bisnis Kita dengan Facebook

Cara Mempromosikan Website Bisnis Kita dengan Facebook – Website adalah sebuah tempat bagi Anda dan orang lain untuk menyampaikan dan mendapatkan sebuah informasi secara online kapan saja. Apalagi sejak adanya pandemi wabah yang mematikan COVID-19, banyak orang mulai memindahkan bisnis dan pekerjaan mereka secara online. Salah satu cara yang harus mereka lakukan adalah dengan membuat sebuah website yang sama sekali baru. Sayangnya banyak orang yang beranggapan, setelah mereka mempunyai sebuah websisite, mereka bisa mulai menghasilkan dan berharap website mereka bisa muncul di halaman depan mesin pencari.

Saya sering mendapat pertanyaan ini, “Mas, website saya kok tidak di temukan di Google ya, Bisa nggak website saya di munculkan di Google?”.

Untuk menjawab pertanyaan itu sebenarnya agak repot buat saya, bingung musti mulai dari mana untuk menjelaskannya.

Sebenarnya, setelah proses pembuatan website jadi, Anda masih melakukan langkah penting lainnya yaitu SEO atau Search engine optimization.

SEO untuk website secara dasar punya dua langkah awal yang harus dilakukan pada saat membuat website dan setelah website jadi:

  1. SEO On Page dan
  2. SEO Offpage

Untuk keterangan dua hal di atas kalian bisa membaca di artikel tentang Apa itu SEO. Setelah membaca artikel itu Anda akan paham tentang dua istilah di atas.

Belajar untuk mengoptimalkan sebuah website membutuhkan waktu, ketekunan dan yang paling penting adalah praktek. Mungkin bagi beberapa orang ini akan membuat stress, frustasi hanya untuk mengutak-atik menemukan formula yang tepat.

Saya mengerti sekali bagaimana rasanya awal-awal saya mempelajari semua itu. Sukurnya berkat ketekunan dan juga di bantu oleh seorang saudara, saya bisa melewati masa-masa awal waktu saya belajar tentang hal itu.

Cara Umum Mempromosikan Website Secara Online

Untuk mempromosikan sebuah website ada banyak cara dan tehnik. Menurut saya, semua cara yang ada di internet itu baik dan bagus kecuali yang blackhat jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dalam jangka panjang.

  1. Memanfaatkan Sosial Media
  2. Memanfaatkan Mesin Pencari di Internet
  3. Memanfaatkan Marketplace yang ada
  4. Menggunakan Iklan Banner
  5. Dan cara lainnya

Di sini saya akan lebih menekankan tentang memanfaatkan mempromosikan website dengan menggunakan bantuan Facebook.

Memanfaatkan Facebook untuk promosi

Kita semua sudah kenal dan tahu apa itu Facebook dan bagaimana Facebook bisa membantu menyebarkan informasi dengan sangat cepat. Apalagi saat ini pengguna internet sendiri sudah sangat banyak dan Indonesia salah satu yang paling besar menggunakan Facebook.

Ini pasti menjadi sebuah kesempatan dan peluang bagi kita semua untuk bisa melakukan pemasaran dengan cepat dan secara online. Cara ini juga bisa membantu kita mengembangkan bisnis secara luas dengan bantuan Facebook.

Facebook memang sebuah platform pertemanan. Karena perkembangan yang cepat, Facebook sekarang di manfaatkan dan digunakan untuk mempromosikan bisnis. Prinispnya sebenarnya masih menggunakan metode lama. Di mana ada orang berkumpul di situ kita bisa memasarkan produk atau bisnis kita.

Karena sekarang ini orang juga berkumpul secara online di media social seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Maka ini membawa perubahan juga tentang bagaimana kita bisa memasarkan bisnis kita.

Hampir semua orang sudah menggunakan Facebook. Entah untuk pribadi atau untuk bisnis mereka yang ada di website. Meskipun sudah banyak yang menerapkan dan memanfaatkan facebook, tetapi masih banyak orang yang salah dalam menerapkan strateginya sehingga banyak yang tidak mendapatkan hasil yang cukup baik – beberapa sampai ada yang frustasi dan mengatakan Facebook gak ada manfaatnya.

Sebenarnya siapa yang salah, Facebook atau si pengguna Facebook?

Saya akan menjelaskan beberapa langkah dasar untuk bisa berhasil saat Anda mempromosikan bisnis Anda menggunakan Facebook. Mari kita mulai

1. Membuat Facebook Page (Fans Page) khusus untuk Website bisnis Anda

Banyak orang yang salah dari awal saat membuat Facebook untuk bisnis mereka. Kebanyakan orang yang sudah punya Facebook pribadi (Facebook Profile), membuat Facebook bisnis mereka dengan menggunakan Facebook profile juga. Jadi saat orang yang mengunjungi Facebook bisnis mereka, orang-orang harus mengajukan diri menjadi teman, seharusnya yang benar adalah like.

Saya tidak bilang mempromosikan bisnis kita dengan menggunakan Facebook profile atau pribadi tidak baik. Tapi tahukah Anda, jika Anda menggunakan Facebook pribadi, pesan yang ada di postingan Anda akan sangat terbatas saat di lihat, hanya untuk orang-orang yang ada di pertemanan Facebook Anda saja. Sedangkan, tujuan Anda memposting bisnis atau produk yang sedang Anda tawarkan adalah supaya produk itu bisa di lihat oleh sebanyak mungkin orang, termasuk orang-orang yang tidak Anda kenal bukan?

Saya yakin itu tujuan Anda.

Jadi, jika saat ini Anda akan membuat Facebook untuk bisnis Anda, cobalah untuk membuat Facebook page khusus untuk bisnis yang akan Anda jalankan itu.

Anda bisa mempeljari tentang:

  1. Cara Menambah Fans Page Facebook Anda
  2. Belajar Facebook Marketing untuk mempromosikan Bisnis di Facebook Ads
  3. Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Post

2. Jangan Sering-sering Promosi dengan Cara Hard Selling

Kita mungkin terbiasa menjual dengan cara langsung pada tujuan, orang modern bilangnya Jualan dengan Cara Hard Selling. Selain menjual dengan cara menawarkan secara langsung Anda juga bisa jualan dengan cara tanpa di ketahui oleh orang, kalau sebenarnya Anda sedang jualan.

Facebook adalah platform untuk pertemanan atau bisa saya katakan ini seperti tempat nongkrongnya orang tapi secaea online.

Coba Anda bayangkan, jika lagi asik-asik nongkrong dan ngobrol hal yang seru, tiba-tiba ada orang lain atu mungkin teman Anda sendiri menawarkan tentang sesuatu secara terus menerus atau mungkin dengan terang-terangan meminta Anda untuk membeli produk yang Anda jual?

Apakah itu menjadi menyenangkan atau bagaimana?

Memang tidak salah dia menawarkan barang dagangannya, dan kita jua tidak boleh marah atau memukuli orang itu, karena itu bagian dari upaya semua orang untuk mencukupkan kebutuhan hidupnya setiap hari.

Yang mau saya tekankan di sini adalah tidak selamanya kita akan senang dengan penawaran-penawaran bisnis atau dagangan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Facebook adalah platform untuk pertemanan. Jadi coba sebelum membuat postingan jualan, tempatkan diri Anda sebagai orang yang menjadi teman Anda. kemudian ajukan pertanyaan ini. Jika saya memposting jualan dengan cara yang tidak tepat dan terlalu sering malah setiap hari bagaimana perasaan saya tentang hal itu?

Jika jawaban Anda adalah tidak suka dan menyebalkan. Cobalah untuk melakukan cara-cara yang benar dan lebih lembut. Jangan sampai akun Anda masih jadi teman tapi postingan Anda tidak di follow oleh teman Anda atau mungkin malah akun Anda di unfriend dan di block oleh mereka.

3. Posting Konten yang Informasinya Menarik dan dibutuhkan orang lain

Seseorang bisa tertarik untuk mengunjungi sebuah halaman Facebook page, jika isi artikel atau postingan yang ada di dalamnya benar-benar menarik perhatian dan memberikan manfaat buat mereka. Bukankah kita juga demikian?

Postinglah informasi yang benar-benar bermanfaat dan penting. Entah itu tentang isi website Anda atau mungkin tentang bisnis yang pernah Anda jalani dan sukses, atau mungkin informasi yang berisi tentang tips-tips yang berhubungan dengan produk tertentu. Jadi usahakan jangan membiarkan isi halaman Facebook Anda kosong dan di isi dengan hal-hal yang tidak penting dan bermanfaat.

Halaman Facebook Page ini menunjukkan tentang bisnis yang Anda jalankan. Menunjukkan kredibilitas Anda. selain itu, ini juga akan mempengaruhi ketertarikan orang akan informasi yang Anda sampaikan sekaligus keberhasilan Anda dalam menjalankan pemasaran lewat media Facebook.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa membangun sebuah Facebook page yang berkredibilitas?

Jawabannya sangt sederhana, “KONTEN”. Ya, membuat dan membagikan konten-konten yang berharga untuk orang lain bisa membuat Facebook Page Anda dianggap sebagai tempat untuk mendapatkan informasi dan yang mempunyai kredibilitas yang baik oleh mereka yang menggunakan Facebook.

Sekarang Anda mungkin ingin bertanya, konten yang seperti apa dan bagaimana yang harus kita buat untuk mencapai hal itu?

Jawabannya untuk pertanyaan ini sebenarnya bisa di jawab oleh siapa saja termasuk oleh Anda sendiri. Saya akan memberikan satu contoh. Misalnya saat ini Anda sedang menjalankan bisnis rumahan sambal botol. Pada saat Anda membuat artikel atau konten untuk di website atau Facebook page Anda. Tentu Anda tidak akan membuat konten tentang cara membersihkan selokan atau tentang cara mengatasi jerawat apalagi tentang politik dan Agama.

Jika Anda membuat konten-konten seperti itu, pasti orang-orang menjadi tidak tertarik dengan informasi yang Anda sampaikan dan jika ini terjadi, tentu mereka tidak mau like Facebook page Anda.

 

Jauh lebih baik jika Anda membuat konten yang memang ada hubungannya dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan itu. Misalnya saja tentang cara menanam bibit cabai, manfaat cabai untuk manusia atau informasi lain yang masih berhubungan dengan produk dan bidang bisnis Anda.

4. Selalu Update Konten di Facebook page dengan cara yang berbeda dan Unik

Beberapa orang ada yang mengisi konten di Facebook page mereka hanya sekedar saja. Apalagi kalau bisnisnya kurang begitu jalan dan menghasilkan, pasti akan lebih malas lagi untuk mengupdate konten-konten di Facebook pagenya.

Sebenarnya mengisi konten di Facebook page bukan sekedar menggunakan waktu sisa atau kosong. Cobalah untuk mengupayakan memikirkan konten seperti apa yang akan Anda isi di sana setiap harinya dengan cara-cara yang unik dan menarik, sehingga orang yang mengunjungi Facebook page Anda tertarik dan mengikuti Facebook page Anda. Selain itu, konten yang dibuat dengan matang bisa membuat orang mau melakukan share konten yang Anda buat itu ke akun Facebook mereka.

Memang ada tehnik dan cara khusus untuk melakukan ini. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat judul konten yang bisa membuat emosi orang di mainkan sesuai dengan apa yang kita ingin capai, kemudian Anda juga bisa menambahkan beberapa gambar yang menarik, kata-kata yang bisa membuat orang untuk terpengaruh (bukan dalam hal negatif tapi dalam hal yang postif). Anda juga bisa menambahkan video dan ingat, jangan menggunakan hasutan atau provokatif yang mengandung makna negatif. Misalnya seperti menjatuhkan atau menjelek-jelekkan pihak lain.

Anda bisa belajar tentang Copy Writing untuk bisa mendapatkan perhatian dari setiap kalimat yang Anda buat dan posting. Meskipun ini bisa di pelajari, sayangnya banyak orang yang menyalahgunakannya untuk mem-provokasi pada saat melakukan copy writing.

Kita semua sudah melihat, kata-kata yang mengandung provokatif biasanya sangat efektif, meskipun sangat efektif ini bisa membahayakan dan merusak kredibilitas Anda. Jadi, saran saya. cobalah untuk membuat konten-konten yang bisa menginspirasi banyak orang.

5. Biarkan Audiens Anda Berkomentar

Setiap postingan yang kita buat, kita pasti ingin postingan itu di tanggapi. Jika ada yang memberikan komentar, jangan hapus komentar itu. Ini akan membantu postingan Anda mendapatkan nilai interaksi dari orang – orang yang melihatnya. Komentar juga akan membantu orang lain untuk memberikan komentar.

Apapun komentar yang masuk, baik atau buruk kita harus sebisa mungkin memberikan jawaban dan menanggapinya dengan baik. Tetapi tidak semua komentar kita biarkan begitu saja. Ada kalanya komentar-komentar yang menggunakan kata-kata tidak sopan dan mengandung SARA harus kita hapus dan batasi. Selain itu ada juga komentar SPAM dengan menyebar link-link yang untuk tujuan tertentu. Nah komentar yang seperti ini juga harus kita hapus dan batasi.

6. Lengkapai konten Anda Link Pendukung

Bagian ini juga sangat penting, melengkapi konten dengan link tertentu untuk menambah bukti kuat tentang apa yang kita tulis dan katakan di dalam postingan Facebook page dan juga website kita. Percaya atau tidak, Facebook adalah salah satu sumber trafik untuk website-website yang ada di dunia termasuk website yang terkenal di Indonesia.

Jika kita menambah jumlah Fans page kita, ini bisa membantu menambah jumlah traffic yang datang ke website kita. Tapi tidak mudah untuk bisa menambah jumlah Fans page kita, meskipun kadang kita sudah menerapkan beberapa strategi yang dianjurkan oleh para profesional.

7. Bergabung dengan Facebook Group Lainnya

Untuk mendapatkan tambahan sumberi informasi yang lebih beragam ada baiknya Anda ikut bergabung dengan group atau Facebook page lainnya yang masih satu tema dengan model bisnis Anda. ini akan membantu kita mendapatkan informasi terkini, sekaligus mendapatkan pengetahuan baru yang mungkin belum kita ketahui dan bisa kita bagikan juga ke dalam konten di website dan Facebook page kita.

Bisnis itu sangat beragam termasuk bisnis online yang kita jalankan. Nah dari sekian banyak group yang ada di Facebook, coba Anda mencari satu jenis Facebook group yang membahas tentang hal A saja. Dari situ kita bisa melihat, tujuan utama si pemilik gorup adalah untuk menarik sebanyak mungkin orang yang mempunyai minat yang sama akan hal itu dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selain group yang Gratisan ada juga group-group yang mewajibkan kita untuk membayar menjadi membernya. Meskipun harus mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu, biasanya model group yang seperti ini benar-benar di kelola oleh orang-orang yang ahli dan profesional di bidangnya. Beberapa orang yang bergabung juga mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin belajar dan beberapa lagi hanya ingin mendapatkan informasi baru untuk mengembangkan bisnisnya dan membagikannya kepada orang-orang lain.

8. Membangun Hubungan dan Memberikan Penawaran Khusus

Setelah ada beberapa orang yang mengikuti Facebook page Anda. kini kita akan masuk ke langkah selanjutnya yaitu menjalin hubungan dengan mereka dan berupaya untuk meningkatkan bisnis Anda. cara yang sering dilakukan oleh beberapa orang adalah dengan memberikan beberapa diskon atau penawaran – penawaran khusus.

Pada tahap ini Anda tidak hanya sedang menjual saja, tetapi berupayalah untuk menjalin hubungan dengan mereka yang mengikuti Facebook page Anda.

Tetapi caranya bagaimana?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, beberapa diantaranya adalah:

  1. Memberikan souvenir yang bermanfaat untuk digunakan oleh mereka yang menjadi Fans page Anda, misalnya dengan memberikan kaos atau lainnya baik secara gratis atau yang sudah berbelanja di toko Anda.
  2. Memberikan Hadiah Gratis kepada mereka yang paling sering berkomentar dan melakukan share postingan kamu.
  3. Mengadakan kusi dan memberikan hadiah untuk para pemenangnya.
  4. Memberikan Diskon khsus di waktu-waktu tertentu. Semakin sering Anda mengadakan diskon semakin banyak orang yang akan mengikuti Facebook page Anda dan melekakukan like and share.

9. Memasang Iklan berbayar di Facebook Ads

Selain melakukan cara-cara di atas Anda juga bisa memasang iklan berbayar di Facebook Ads. Dengan memasang iklan di Facebook Ads Anda tidak hanya akan mendapatkan ratusan hingga ribuan perhatian dari audiens Anda tetapi juga akan mendapatkan lebih banyak pengikut baru dan kemungkinan untuk meningkatkan penjualan Anda.

Saat Anda Memasang iklan di Facebook, pastikan untuk tidak hanya berbicara tentang penjualan saja tetapi usahakan juga untuk membuat iklan yang sifatnya membangun dan menjalin komunikasi dengan para calon audiens baru Anda.

Untuk yang belum pernah sama sekali memasang iklan di Facebook Ads pasti akan sangat membingungkan. Tenang saja. Saya akan memberikan salah satu video panduan yang saya dapatkan dari Internet untuk membantu Anda mempelajari tentang caranya memasang iklan di Facebook Ads. Silahkan mengunduh panduannya di halaman ini. (Pastikan akun Facebook kamu menggunakan foto profile yang asli, bukan kartun dan bukan akun Facebook yang baru saja di buat. Karena sudah pasti Anda tidak akan di approve oleh saya).

Ya, jadi itu yang bisa saya tulis pada hari rabu ini tentang Cara Mempromosikan Website Bisnis Kita dengan Facebook. Yang perlu Anda ingat adalah meskipun kita sudah berupaya melakukan sebisa-bisanya untuk menerapkan apa yang ada di dalam panduan, biasanya hasilnya akan berbeda-beda malah kemungkinan ada yang tidak akan berhasil.

Menurut saya, hal ini jauh lebih baik daripada Anda sama sekali tidak ada panduan dan bayangan saat akan melakukan promosi website Anda di Facebook.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Mempromosikan Website Bisnis Kita dengan Facebook ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Pelajari Artikel kami lainnya:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ada banyak iklan di sini. Harap diingat bahwa submitclimb.com 100% gratis. Tidak ada biaya ataupun link
tersembunyi ke website lain. Iklan yang tampil di sini hanya untuk menjaga website kami ini tetap online
dan juga sebagai sumber pendapatan kami dari membuat konten dengan mengikuti program periklanan
online. Jika Anda menggunakan website kami, harap buat pengecualian dan nonaktifkan semua sistem
pemblokiran iklan. Ini akan membantu kami tetap menghasilkan uang / gaji / kompensasi setiap bulannya.

Copyright © 2013 - 2020 SUBMITClimb. All Rights Reserved
Powered by WordPress | Web Hosting by Hawkhost

Back To Top