skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Memilih Supplier Dropship Internasional

Cara Memilih Supplier Dropship Internasional

Kita sampai di panduan Cara Memilih Supplier Dropship Internasional. Seringkali banyak pertanyaan yang masuk dan yang paling sering ditanyakan di forum-forum dan juga beberapa grup facebook adalah Bagaimana Cara kita Memilih Supplier Dropship Internasional yang aman dan terpercaya.

Pertanyaan ini sangat wajar untuk ditanyakan oleh banyak orang, karena mengingat lokasi supplier dan kita yang memasarkan produk sangat jauh, tentu ini menjadi kekhawatiran tersendiri.

Bagaimana kalau barang yang di kirim tidak bagus, bagaimana kalau barang yang di kirim rusak, bagaimana kalau barang yang kita beli tidak di kirim?

Semua pertanyaan itu pernah saya tanyakan pada saat awal-awal saya terjun di bisnis dropship lokal dan juga internasional. Jika itu yang Anda tanyakan, maka jangan khawatir, semua bisa yang menjadi kekhawatiran kita hilang seraya Anda mengetahui teori dari panduan ini dan juga mempraktekkan apa yang saya ajarkan ini.

Memang di dalam bisnis apapun tidak ada sesuatu yang akan berjalan dengan baik 100%. Kita hanya bisa mengurangi dan mencegah semaksimal mungkin dengan apa yang sudah kita pelajari. Tetapi percayalah, tidak semua supplier buruk saat bekerjasama dengan para pemasarnya. Karena mereka tentu ingin barang dagangannya laku dan ada yang memasarkan, jadi kalau mereka melakukan hal yang buruk sudah pasti supplier-supplier seperti ini akan ditinggalkan dan sepi dari orang-orang yang ingin memasarkan barangnya.

Memang memilih supplier yang bisa di ajak kerjasama adalah hal yang menurut saya sangat penting. Jika supplier yang Anda pilih seperti pertanyaan-pertanyaan yang sudah di ajukan di atas dan terjadi masalah maka yang akan bertanggung jawab adalah Anda selaku penjual (pemasar produk) bukan si supplier.

Dalam artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya Anda dan saya bisa memilih supplier yang mantab, yang bertanggung jawab, yang bisa bekerja sama, dan menganggap kita rekan kerja mereka.

Kriteria Supplier yang Mungkin Bisa di Ajak Kerja sama!

Meskipun sulit untuk menemukan seorang supplier, ada patokan dasar yang bisa menjadi penentu apakah Anda ingin menggunakan supplier ini atau supplier yang satunya. Patokan ini tidak mengartikan si supplier benar-benar bagus. Ini hanya sebuah kriteria umum saja dan biasanya dengan menggunakan kriteria ini si supplier yang kita pilih kebanyakan sudah bagus dan bisa di ajak kerja sama.

1# Mudah Untuk Di Hubungi

Satu hal yang menjadi pastokan saya adalah seorang supplier harus mudah dihubungi dalam kondisi kerja. Jadi setiap akan menggunakan satu supplier saya biasanya selalu memastikan mereka mudah dihubungi jika saya ingin menanyakan tentang sesuatu. Poin lebih adalah jika mereka bisa memberikan solusi jika terjadi satu masalah yang berhubungan dengan penjualan dan pengiriman barang.

Ingat meskipun ini adalah satu ciri atau kriteria yang akan kita lihat. Pada kenyataannya kadang-kadang ada saja supplier yang benar-benar bagus dan kadang-kadang mereka juga tidak bisa memberikan jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan kepada mereka saat itu juga. Tapi nanti setelah mereka memikirkan solusinya dan sudah menemukan cara menyelesaikan masalah yang kita hadapi, meraka akan memberitahu kepada kita di waktu yang tepat.

2# Proses pengiriman barang Cepat

Supplier yang bagus sebetulnya tidak ditentukan dari pengiriman barang yang cepat saat itu juga. Menurut saya jika mereka mengirim barang sebelum batas pengiriman habis itu sudah bagus. Tetapi kalau mereka bisa mengirim pesanan kita dalam waktu cepat, katakanlah dalam 24 jam barang Anda sudah di kirim, ini akan jauh lebih bagus.

Pastikan untuk mendahulukan supplier yang mengirim barang dengan cepat. Karena ini akan membantu Anda mendapatkan feedback yang bagus dari pembeli Anda. Saya biasanya melakukan tes pembelian yang akan saya kirim ke alamat saya sendiri. Tujuannya untuk mengetahui seberapa cepat si supplier dalam mengirim dan memproses barang pesanan Anda.

3# Kualitas Produk Supplier

Biasanya harga barang di toko yang satu dengan harga barang di toko yang ke dua bisa berbeda. Apa sih yang membedakannnya? Biasanya kualitas produknya. Tetapi tidak semua akan selalu seperti itu. Untuk mengetahui dengan pasti maka Anda harus mencoba membeli barang itu dan melihatnya. “ini adalah cara yang sering saya lakukan, beberapa dropshipper lain tidak melakukan cara ini.”

Jadi salah satu kriteria menemukan supplier yang baik adalah dari kualitas barang yang mereka jual. Kalau barang mereka bagus dan baik maka kita bisa masukkan mereka ke dalam daftar supplier yang baik.

Apa saja kalau kita menjual barang yang bagus kepada pelanggan kita?

 
  • Pelanggan akan merasa puas dan biasanya mereka akan merekomendasikan toko kita kepada orang lain.
  • Mendapatkan review yang bagus dari pelanggan kita.
  • Penjualan akan terus terjadi.
  • Menjual dengan sedikit keuntungan.

Di Mana Menemukan Supplier Yang Terpercaya

Kebanyakan orang yang bermain dropship internasional mnecari produk di Aliexpress. Ini adalah salah satu situs yang cukup terkenal dan barangnya agak murah. Memang masih ada situs lain yang menjual barang jauh lebih murah. Tetapi dalam contoh panduan Belajar Dropship Internasional yang saya ajarkan ini, kita akan mengutamakan Aliexpress agar nanti teman-teman mudah untuk memulainya. Setelah teman-teman paham dan bisa menjalankan bisnis ini, nanti teman-teman bisa mengembangkan dengan mencari supplier di situs yang lain yang juga banyak digunakan oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Selain itu mengapa saya menyarankan mencari produk di Aliexpress? Karena Anda bisa menemukan barang dengan harga yang lebih murah dan menjualnya dengan margin yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Memang ada sedikit kendala saat kita mencari dan mengambil barang dari Aliexpress adalah masalah pengiriman. Banyak barang yang di jual di sini bermasalah dengan masalah pengiriman yang lama. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 mingguan, mlaah bisa lebih dari itu.

Kalau kita menggunakan supplier dari toko lain yang ada di US contohnya seperti Amazon dan Ebay, kemungkinan masalah pengiriman yang lama bisa kita atasi. Tetapi Anda juga musti hati-hati saat memilih supplier di sini. Karena beberapa supplir di sini sebenarnya juga banyak yang mengambil barang dari Aliexpress (China). Jadi pastikan untuk mengecek dari mana mereka mengirim barang dan berapa lama barang itu akan sampai.

Mencari Amazon Hot Product cukup mengetikkan kata kucni di Google “Amazon Hot product”

amazon hot products google

masukkan semua produk di amazon ke toko Anda

Semua barang yang ada di amazon bisa anda masukkan ke dalam website Shopify Anda atau WordPress Anda. Nanti saya akan menunjukkannya dalam bentuk video tutorial. Anda juga bisa mencari barang di website lain seperti Ebay, Alibaba dan beberapa website lainnya.

Untuk Alibaba biasanya kita gunakan kalau barang yang Anda temukan di Aliexpress atau di website Amazon dan ebay sudah laku keras, Anda bisa mencarinya di Alibaba. Karena Alibaba menjual barang dalam jumlah yang lebih banyak (minimum order) dengan harga yang jauh lebih murah.

Di dalam artikel selanjutnya kita akan mulai lebih banyak membahas tentang Aliexpress. Karena kita akan mencari dan membeli barang dari website ini. Kalau teman-teman mempunyai pertanyaan yang ingin di tanyakan tentang Cara Memilih Supplier Dropship Internasional, silahkan bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sedikan. Pastikan untuk Follow dan like akun sosial media kami seperti Twitter, Facebook Page, Instagram dan juga YouTube Channel SUBMITClimb. Sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top