skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Bagaimana Cara Memilih Supplier Di Aliexpress Yang Baik

Bagaimana Cara Memilih Supplier di Aliexpress Yang Baik

Sebelumnya kita sudah membahas Cara Memilih Supplier dropship Internasional. Di artikel itu kita hanya membahas kriterianya saja, bukan pemilihannya secara langsung. Sedangkan di artikel yang kali ini, kita akan langsung belajar cara memilih supplier di aliexpress dengan mengunjungi website Aliexpress.

Jadi bisa saya katakan ini adalah tutorial bagaimana Cara Memilih Supplier di Aliexpress. Saya juga akan melengkapi semua tutorial ini dalam bentuk video nantinya. Jadi buat yang suka melihat panduan dalam bentuk video harap bersabar ya, karena saya sedang kurang enak badan beberapa minggu ini.

Jadi belakangan ini kalau saya duduk di depan komputer, kepala saya sering pusing dan disertai dengan mual. Jadi saya tidak bisa duduk berlama-lama untuk beberapa hari ini dan untuk satu bulan ini saya berusaha sebisa mungkin menghindari menggunakan komputer terlalu lama agar lebih baikan.

Jika memang nanti perkembangannnya semakin baik maka saya akan mengusahakan untuk membuat dan menyelesaikan semua panduan yang masih harus saya kerjakan.

Seperti biasa saya akan mengingatkan kepada semua teman-teman yang masih belum like, comment, follow dan subscribe semua akun sosial media SUBMITCLimb, sekaranglah saat yang tepat untuk melakukannya. Karena ada beberapa materi yang tidak akan saya share di dalam website ini. Jadi pastikan Anda follow dan subscribe semua akun sosial media kami seperti Twitter, Instagram, Facebook Page dan YouTube Channel SUBMITClimb agar tidak ketinggalan materi-materi penting yang mungkin Anda butuhkan.

Tutorial Cara Memilih Supplier Di Aliexpress.

Jadi pada dasarnya toko online di Aliexpress itu sama seperti toko online di Tokopedia. sellernya banyak sekali di sini. Jadi sama seperti di tokopedia, Anda harus hati-hati dan juga pinter-pinter dalam memilih seorang supplier di Aliexpress.

Di tokopedia dan juga di Aliexpress seller yang baik sama-sama ada levelnya. Tetapi bukan berarti toko yang levelnya masih kecil tidak baik. Siapa tahu memang toko itu masih baru di buat, atau dia belum melakukan promosi sehingga penjualannya masih sedikit.

Kalau dulu Aliexpress menggunakan level yang hampir sama seperti di Tokopedia, menggunakan sebuah icon tertentu contohnya seperti icon diamond. Tetapi belakangan Aliexpress menghilangkan icon itu dan menggantinya dengan angka-angka. Gambar yang ada di bawah ini menunjukkan sistem peringkat toko.

icon diamond rating seller Aliexpress old

Nah secara singkat saya akan mengajarkan kepada Anda caranya menemukan penjual yang baik di Aliexpress di antara begitu banyaknya penjual yang ada di sana dengan memeriksa sistem peringkat (rating toko) yang sudah di sediakan oleh Aliexpress.

Mengapa Aliexpress membuat sistem rating toko? Ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat orang berbelanja di toko-toko yang ada di cina. Anda harus perhatikan beberapa hal ini saat berbelanja di toko Aliexpress.

  1. Seller Information.
  2. Customer feedback
  3. Rating level

Nah mari kita akan mulai dari tahap pertama saat Anda mencari barang di Aliexpress Anda bisa melihat Rating si seller. Biasanya ini yang menjadi patokan saya setiap akan belanja di Aliexpress. Ingat, seperti yang saya katakan toko yang tidak mempunyai rating bukan berarti jelek dan tidak baik pelayanannya. Bisa jadi mereka memang belum mempromosikan produk yang mereka jual, belum beriklan dan bisa jadi juga toko mereka baru dibangun atau belum beruntung.

Mengapa saya selalu menekankan hal ini? Ini sama seperti Anda baru akan memulai membuka toko online Anda di tokopedia atau marketplace lainnya, pasti rating level Anda belum ada bukan? Apakah dengan begitu pelayanan Anda tidak baik? Tentu tidak bukan? jadi jangan takut juga untuk mengetes menggunakan toko yang Rating levelnya belum terbentuk seperti Rating level toko – toko yang sudah lama.

Mungkin nanti ada diantara kalian yang akan bertanya seperti orang yang pernah mengajukan pertanyaan seperti ini kepada saya “lalu apa gunanya dong Aliexpress membuat Rating Level kalau begitu?”

 

Jadi begini, Rating level memang dibuat untuk membantu pengalaman belanja dan berjualan yang baik. Tetapi Anda dan saya tidak bisa menuduh begitu saja hanya melihat sebuah rating level toko yang ada di Aliexpress. Penjelasannya sudah saya jelaskan di atas. Ada faktor lain yang akan lebih meyakinkan kita untuk menilai sebuah toko itu baik atau tidak. Jadi kita tidak bisa menilai hanya dari satu faktor saja, masih ada faktor lain yang menentukan seperti misalnya “Customer feedback.”

Jadi sekali lagi saya akan ingatkan, rating toko yang tinggi tidak akan menjamin jual beli akan aman. Namun, ini membantu pembeli dan si penjual mengetahui, berapa lama si penjual ada di Aliexpress sebagai penjual dan jumlah orang-orang yang sudah berbelanja di toko mereka.

Jadi informasi seperti ini sebenarnya sangat membantu Anda dan juga penjual bahwa orang yang berjualan ini bisa dipercaya atau tidak. Informasi berguna lainnya yang juga tidak kalah penting dan sangat penting menurut saya secara pribadi adalah informasi Feedbacknya.

Rating Feedback Aliexpress

Anda bisa melihat informasi feedback toko pada bagian atas suatu produk yang Anda pilih. Biasanya dalam bentuk angka seperti yang Anda lihat dalam gambar yang ada di bawah ini.

Positive feedback Aliexpress

Anda juga bisa melihat rating votes bintang feedbacknya di bagian produk yang biasanya ada di sebalah kanan produk yang Anda pilih. Lihat gambar di bawah ini.

votes aliexpress

Komentar Aliexpress

Kemudian Anda juga bisa klik bagian see all Feedbacks. Anda nanti akan di arahkan ke bagian bawah seperti yang ada Anda lihat di gambar di bawah ini. Nah di sana Anda bisa membaca dan melihat komentar-komentar yang diberikan oleh orang-orang yang sudah berbelanja di toko ini.

see all votes dan komentar aliexpress

Jadi dengan bantuan Rating level dan Feedback sistem seperti ini sudah bisa membantu Anda dan saya untuk mengetahui toko yang akan kita jadikan supplier ini bisa dipercaya atau tidak. Ingat ya dengan adanya angka-angka seperti ini tidak akan selalu menjamin toko benar-benar 100% aman. Tetapi biasanya toko yang mempunyai penilaian seperti ini bisa kita ajak kerjasama.

Selain itu ada hal lain yang harus kita tanyakan kepada si seller. Apakah dia bisa bulk order atau tidak? Karena kalau misalnya Anda mempunyai banyak order, katakanlah ada 20 order yang masuk. Anda tidak mungkin akan mengkilk buy untuk satu produk yang sama 20 kali buy dengan alamat pengiriman yang berbeda-beda. Meskipun ini bisa Anda lakukan, bagi beberapa orang ini akan menyita waktu kerja mereka.

Jadi tanyakan kepada supplier, Anda bisa bulk order atau tidak? Kalau bisa, nanti Anda tinggal mengirim file Excel atau wordnya ke si seller dan si seller tinggal kirim invoice ke Anda. Jadi di Aliexpress nanti ada fitur chattingnya.

Satu hal lain yang juga harus Anda perhatikan saat Anda mencari dan memilih produk adalah masalah copyright. Jadi kalau misalnya Anda menjual barang-barang yang bermerk misalnya Batman, Marvel, Star Wars dll. Ini akan sangat rawan kena banned oleh facebook. Jadi pastikan saat Anda memilih produk jangan yang mengandung copyright. Karena barang yang ada copyrightnya tidak bisa Anda jual sembarangan.

Ok jadi sampai di sini dulu pembahasan kita Cara Memilih Supplier di Aliexpress. Semoga ini bisa bermanfaat dan membantu Anda, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top