skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuka Situs YouTube Yang Di Blokir

Cara Membuka Situs YouTube yang di Blokir

Saya ingin tanya siapa yang tidak tahu YouTube. Ini adalah website yang paling terkenal dan yang paling banyak dikunjungi oleh orang di seluruh dunia setelah mesin pencari Google.com. bahkan yang lebih hebatnya lagi website ini bisa mengalahkan Facebook untuk jumlah kunjungan dalam seharinya. Ini telah mengubah sebuah website yang tadinya hanya untuk berbagi video sekarang telah menjadi website tempat berkumpulnya komunitas yang terus berkembang.

Tetapi sayangnya tidak semua orang memiliki akses ke YouTube. Itulah sebabnya dalam artikel kali ini saya ingin membuat panduan yang sederhana cara membuka situs YouTube yang di Blokir dan mungkin panduan ini tidak terlalu berguna bagi mereka yang telah mahir dalam menggunakan internet.

Mungkin ada beberapa dari Anda ada yang bertanya mengapa situs seperti YouTube bisa di blokir, itukan situs yang biasa hanya sebuah situs berbagi video?

YouTube bisa di blokir di negara tertentu atau di kantor tertentu pasti ada beberapa alasan. Kalau Anda kebetulan tinggal di negara yang memiliki peraturan yang ketat yang selalu menyensor internet atau kebetulan bos tempat Anda bekerja memblokir YouTube, bisa jadi ini disebabkan karena bos Anda tidak mau Anda membuang-buang waktu hanya untuk menonton sebuah video tertentu sementara Anda masih harus bekerja untuk memperbaiki revisi desain atau data di spreadsheet.

Apapun alasan mereka, jika situs YouTube di blokir, jangan panik, kami memiliki panduan singkat yang bisa langsung Anda gunakan saat ini juga. Tetapi sebelum saya membahasnya mari kita melihat secara singkat mengapa situs YouTube di blokir.

Kenapa YouTube di Blokir?

Pada saat artikel ini saya tulis hanya ada tiga negara yang melakukan pemblokiran sepenuhnya untuk website YouTube (jumlahnya bisa bervariasi): contohnya seperti China, Iran dan Korea Utara. Dari ketiga negara itu mempunyai satu alasan yang sama yaitu untuk melindungi penduduknya dari pengaruh luar atau pengaruh asing yang bisa membuat orang berubah.

Bagi saya ini merupakan penindasan hak orang, bagi saya negara yang memblokir situs tertentu yang isinya bisa bermanfaat bisa jadi sedang dikuasai oleh seorang pemimpin yang otoriter dan kejam. (ini sudah ada sejak zaman dulu)

Namun, sebagian orang lagi tinggal di dunia yang bisa menggunakan internet secara gratis tanpa harus membayar. Gratis – setidaknya untuk saat ini – dan alasan mereka tidak bisa menonton video di situs YouTube hanya karena seseorang memblokir website YouTube untuk alasan tertentu. Webmaster di perusahaan besar, serta usaha kecil dan juga di beberapa universitas, biasanya suka memberikan perintah untuk memblokir semua akses ke website berbagi video YouTube.

Pemblokiran tidak hanya ditemukan di sebuah negara tertentu, kita bisa menemukan pemblokiran di dalam rumah kita sendiri misalnya orang tua yang sangat mengerti internet sering kali memblokir website tertentu karena dianggap berbahaya untuk keluarga mereka misalnya seperti situs pornografi, tetapi ada juga beberapa keluarga yang memblokir situs YouTube dengan alasan untuk menghindari anak mereka dari tidak mau melakukan tugas-tugas rumah mereka seperti menyapu, mengepel, mengerjakan PR sekolah dan lainnya. (baca panduan kami lebih lanjut tentang bagaimana melindungi anak Anda dari pengaruh dunia online)

YouTube di blokir bukan hanya karena alasan untuk memastikan orang tidak terpengaruh hal buruk dari luar, memang tidak sepenuhnya seperti itu juga tetapi hal itu bisa saja terjadi dan kita harus jujur mengakui hal itu. Alasan lain adalah untuk mengurangi penggunaan bandwidth yang tinggi atau untuk memastikan orang – orang tidak banyak menghabiskan waktu hanya untuk menonton dari pada melakukan pekerjaan kantor mereka. Selain itu ini juga melindungi anak-anak dari melihat video tentang hal yang seharusnya tidak mereka lihat dan tonton.

YouTube sendiri bisa diakses oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua juga. Jika kita mendapati tidak bisa mengakses situs YouTube karena di blokir oleh pemerintah, perusahaan atau orang tua kita, sebetulnya cara untuk mengakses YouTube semudah kita menggoreng telur dan memasak air. Bagaimana cara memperbaikinya supaya kita membuka dan mengakses situs YouTube ini?

Buka Blokir YouTube dengan Menggunakan VPN

Cara terbaik yang sering saya gunakan untuk membuka website yang di blokir adalah dengan menggunakan bantuan VPN (virtual private network). Pelajari di sini tentang Apa itu VPN untuk pembahasan yang lebih lengkap tentang VPN. Secara singkat saya juga akan menjelaskan apa itu VPN di sini jadi VPN adalah mengirimkan sebuah koneksi Anda melalui lokasi atau IP dari negara lain, ini berarti Anda seperti mengelabui halaman web pertama yang Anda kunjungi kalau Anda mengakses internet dari rumah Anda yang di kota lain atau negara lain, padahal yang sebenarnya Anda mengakses internet dengan menggunakan bantuan VPN dari rumah Anda sendiri dengan komputer yang sama. Ini adalah cara yang paling mudah dan yang paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia termasuk saya sendiri untuk membuka situs yang di blokir.

Banyak sekali yang bertanya tentang VPN yang bagus apa sih mas? Sebetulnya kalian sendiri bisa menjawab VPN yang bagus yang mana dengan mencobanya sendiri atau bisa juga membaca review dari pengguna lain.

 

Salah satu cara untuk menemukan VPN yang aman dan baik adalah yang berbayar yang dan yang di website mereka memiliki izin penggunaan dari orang tua yang dibuat dalam bentuk digital. Tetapi tidak semua VPN biasanya mempunyai izin pengguna seperti itu.

Kalau sudah membicarakan BERBAYAR banyak orang akan menjadikan ini sebagai kendala. Oleh karena alasan dan kendala itu saya mencoba mengumpulkan beberapa VPN gratis yang bisa Anda gunakan tanpa harus mengeluarkan uang dan juga aman untuk data Anda, hanya saja Anda akan dibatasi masalah penggunaan bandwidth jika menggunakan yang versi gratis.

Apa yang akan Anda lakukan untuk berselancar di internet jangan pernah untuk menggunakan VPN Gratis terburuk yang akan membahayakan keamanan data pribadi Anda, karena masing-masing VPN akan mengumpulkan data Anda dan menjualnya kepada orang lain, ini terlalu berbahaya dan terlalu mahal hanya untuk mengakses situs yang di blokir contohnya seperti YouTube.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi cepat tentang layanan VPN mana yang bagus dan juga baik, coba membaca review singkat kami tentang ExpressVPN, NordVPN, Review PIA (privateinternetaccess.com) untuk penggunaan VPN dalam waktu yang singkat.

Ketiga perusahaan itu terbukti memberikan layanan yang baik dan aman dan aman juga untuk digunakan di YouTube, yang terpenting mereka menjaga keamanan data pribadi Anda. Kelebihan menggunakan semua VPN itu adalah ketiganya mudah untuk digunakan dan saat digunakan juga terbilang cepat.

Cara Lain untuk Membuka Blokiran YouTube

Meskipun VPN banyak yang menggunakan tetapi VPN bukan obat untuk semua masalah yang kita hadapi dalam pemblokiran sebuah website. Beberapa orang ada yang memiliki masalah dengan pembayaran berlangganan saat menggunakan VPN dan beberapa orang lagi ada yang kesulitan saat harus menginstall aplikasi VPN. Sekarang mari kita lihat cara lain yang juga sering saya lakukan untuk membuka alamat website yang di blokir.

Perhatikan bahwa orang-orang yang memiliki masalah dengan pengontrolan penggunaan internet di negara mereka, beberapada dari mereka harus melakukan cara seperti ini agar bisa mengakses situs yang di blokit contohnya seperti YouTube.

Gunakan HTTPS

Trik pertama yang bisa Anda lakukan dan coba adalah dengan menggunakan HTTPS, karena biasanya beberapa orang yang memblokir alamat website tertentu hanya memasukkan alamat website seperti ini “http: //.”  Hal itu bisa terjadi karena kebanyakan admin atau teknisi di sekolah memasukkan alamat url websitenya secara manual. Cobalah untuk menambahkan “S” contohnya menjadi seperti ini ‘https://www.youtube.com’ beberapa trik seperti ini seringkali berhasil tetapi kadang juga tidak berhasil, jadi silahkan mencoba terlebih dahulu.

Sebagai pengingat: kemungkinan besar cara ini tidak akan berhasil di negara yang memang memblokir dan juga melarang keras membuka situs YouTube.

Mengubah Server DNS

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan adalah mengubah atau mengganti alamat DNS server Anda. Dengan melakukan bypass seperti itu Anda bisa membuka website yang di blokir, memang tidak semua akan bisa melakukan cara seperti ini, tetapi secara umum banyak yang bisa melakukan cara ini untuk membuka situs yang di blokir.

  • Silahkan cari Network Setting
  • Cari “network connection properties” (atau yang mirip dengan itu)
  • Di “Ipv4, “Anda akan mendapati menu tab atau label dengan nama DNS server”
  • Klik dan ganti server ke “8.8.8.8” or “8.8.4.4” dan kemudian silahkan restart komputer jika perlu

Anda juga bisa melakukan cara ini di web browser yang Anda gunakan, coba cari di setting dan silahkan ganti DNS settings, dan seharusnya cara ini juga bisa berhasil.

Ya jadi itu beberapa cara yang bisa saya ulas hari ini tentang Cara Membuka Situs YouTube yang di Blokir dengan cara yang biasanya saya lakukan. Kebanyakan kami menggunakan VPN karena jauh lebih cepat dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Silahkan kunjungi website SUBMITClimb untuk menemukan artikel yang sama pembahasannya tentang VPN. Kami juga memiliki channel YouTube yang biasanya berisi banyak video tutorial gratis yang mungkin Anda butuhkan contohnya seperti membuka situs yang di blokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top