skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuka Dan Menyimpan File WebP Di Photoshop

Cara membuka dan menyimpan file WebP di Photoshop

Cara membuka dan menyimpan file WebP di Photoshop – Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya Cara Membuka File Gambar Format WebP di Adobe Photoshop, WebP dibaca Weppy adalah sebuah format video WebM, yang berdasarkan codec video vp8, dikembangkan oleh On2 Technoloiges yang belakangan kemudian di rilis oleh Google. Google memang terkenal banyak mengeluarkan hal yang baru dan tentang On2 Tecknologies Google segera mengakuisisi pada tanggal 19 Februay 2010 dan merilis file format ini di bulan September pada tahun yang sama dengan saat Google mengakuisisi.

Tetapi kalau dari pengamatan saya, setiap produk atau platform yang Google buat tidak semuanya bisa berjalan dan bertahan lama, contohnya saja seperti URL Shortener milik Google http://goo.gl, Google+ dan beberapa produk Google lainnya sekarang sudah tidak ada lagi.

Perasaan saya tentang format yang baru ini kemungkinan besar juga tidak akan terlalu banyak yang berminat dan mungkin ya, ini baru mungkin dari pikiran saya, format file WebP ini juga tidak akan bertahan lama.

Katanya format WebP ini bisa mengurangi ukuran file 60% – 65% byte, pada sebuah halaman website menjadi gambar. Google sendiri mulai membuat format file sumber yang terbuka dan gratis untuk menyimpan file berformat yang di kompresi lossy dan lossless dengan kualitas gambar yang masih sangat tinggi. Maksudnya apa, ini artinya file berformat WebP akan tetap menjaga kualitas gambar dengan mengurangi ukuran gambar, makannya sebuah website yang mempunyai file dengan format WebP akan lebih cepat membuka gambar sekaligus menghemat bandwidth dan menghemat daya baterai di ponsel yang Anda gunakan.

Lalu bagaimana Cara membuka dan menyimpan file WebP di Photoshop?

Karena dikembangkan oleh Google sendiri dan file ini juga bebas royalti, tentu file berformat ini sudah banyak diintegrasikan ke dalam banyak perangkat unak dan juga beberapa aplikasi yang kita miliki. Memang sebagian besar browser yang ada dan kita gunakan biasanya sudah mempunyai plugin yang bisa menangani format WebP ini.

Format WebP memang tidak bisa kita bedakan karena dia hampir sama dengan file lain yang berformat jpeg dan png. Untuk menyimpan atau mengunduh ke dalam komputer kita sangat mudah, tidak ada perbedaan dengan cara menyimpan gambar-gambar lain.

Sayangnya kalau kita menyimpan gambar yang sudah kita edit di photoshop ke format WebP ini kita memerlukan bantuan plugin WebP yang akan kita tambahkan ke dalam software Photoshop.

 

1 Silahkan Anda kunjungi halaman website Telegraphics di halaman ini http://telegraphics.com.au/sw/product/WebPFormat – Plugin yang dibuat oleh Telegraphic ini memang untuk menambahkan file berformat WebP ke dalam Photoshop Anda, silahkan pilih yang 32 bit atau yang 64 bit di Windows dan bisa juga untuk Mac. Plugin yang ada di dalam website ini bisa Anda gunakan, tetapi sepertinya mereka jarang melakukan update, jadi kemungkinan besa plugin yang ada di website ini masih menggunakan versi yang lama.

2 https://github.com/fnordware/AdobeWebM#download – Plugin yang dibuat oleh fnordware untuk Photoshop pada Windows 32 bit dan 64 bit serta untuk pengguna Mac juga.

Silahkan Anda pilih mau download dari mana, semuanya bisa Anda gunakan. Setelah Anda download silahkan di Extract kemudian copy filenya lalu paste ke dalam Folder plugin Photoshop. Biasanya folder untuk menempatkan plugin ada di C:\Program Files\Adobe\Adobe Photoshop 2020\Plug-ins. Harap Anda menyesuaikan kalau memang tempatnya berbeda dengan yang di komputer Anda.

Jika Anda suka dengan artikel Cara membuka dan menyimpan file WebP di Photoshop dan juga video tutorial yang kami buat, Bantu kami share artikel ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top