skip to Main Content
Cara Membuat YouTube Channel Art

Cara Membuat YouTube Channel Art

Dalam artikel kali ini kami akan menulis panduan Cara Membuat YouTube Channel Art. Jika Anda perhatikan, Saat ini Video sedang hangat-hangatnya digunakan oleh banyak orang, dan ini akan terus semakin banyak yang menggunakannya, bahkan di masa yang akan datang YouTube akan selalu menjadi platform fantastis yang harus digunakan oleh para pelaku bisnis. KEHARUSAN!

Percaya atau tidak kebanyakan perusahaan (dan pemilik bisnis) banyak yang mengoptimalkan Facebook Pages dan akun Instagram mereka, bahkan usaha kecil juga banyak yang mengabaikan akun YouTube mereka jika mereka benar-benar memilikinya. Untungnya, untuk membuat channel YouTube Anda terlihat luar biasa tidaklah terlalu sulit-sulit sekali. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat channel YouTube Anda terlihat bagus (dan terkesan profesional) dengan membuat YouTube channel art yang berkualitas tinggi.

Teruslah membaca artikel ini karena kami akan membahas segala macam yang berkaitan dengan pembuatan YouTube channel art, ini termasuk ukuran, contoh-contoh dan praktek langsung caranya membuat YouTube channel art yang baik.

Bonus: Kami telah membuatkan Desain MASTER ukuran Channel Art YouTube dalam dua format PSD dan jpg yang sering kami gunakan untuk membuat Channel Art YouTube di 15 Channel utama kami. Download di sini secara gratis Sekarang juga. Dan silahkan tonton video cara mengedit file YouTube Channel Art yang ada di akhir artikel ini.

Apa Itu YouTube Channel Art & Mengapa Saya Perlu Membuatnya?

Channel Art YouTube ini bisa saya katakan seperti banner (spanduk) yang di di pasang (ditampilkan) di bagian atas Channel YouTube Anda. Mengingat Ukuran dan tempatnya ada di bagian atas halaman, kemungkinan besar hal utama yang akan di lihat oleh para pengunjung channel YouTube Anda adalah bagian atas halaman itu. Oleh karena itu maka gunakanlah kesempatan itu untuk menambahkan beberapa hal penting di bagian Channel Art YouTube Anda itu dengan mendesainnya menjadi lebih menarik ketika dilihat sekejap atau sekilas saja, kalau dia tertarik dengan melihat bagian itu bisa jadi dia akan ingat channel Anda dan akan terus mengunjungi channel YouTube Anda.

apa itu channel art

Memiliki banner yang bermutu tinggi, yang dirancang dengan baik akan membantu channel Anda terlihat lebih profesional, kredibel, dan dapat dipercaya (trustworthy). Ini seperti seseorang yang sedang mengunjungi sebuah we blog dengan postingan artikel yang di tulis dengan baik dan panjang, bukan web blog yang postingan terakhir diterbitkan tujuh bulan yang lalu dan hanya memiliki panjang artikel 200 kata saja. Ini bisa membuat orang mau untuk berlangganan (subscribe ) di channel YouTube Anda, dan bisa jadi selain mengunjungi channel YouTube Anda dia juga mau untuk mengunjungi website Anda juga.

Dimensi YouTube Channel Art

Saya sendiri mengakui memang cukup sulit untuk mencoba membuat dan mendapatkan ukuran banner yang tepat di desktop Anda masing-masing, Yang paling penting dan perlu Anda lakukan adalah tampilan Channel Art YouTube Anda terlihat bagus dan pas di beberapa jenis perangkat dan juga browser internet. Karena tiap browser dan perangkat akan menampilkan tampilan yang berbeda-beda, jadi adalah sangat baik untuk mengikuti ukuran yang memang direkomendasikan langsung oleh YouTube di Channel Art YouTube Anda.

Menurut YouTube, ukuran YouTube Channel Art yang paling baik adalah 2560 piksel dengan tinggi x 1440 piksel. Tetapi masih ada persyaratan ukuran lain lagi yang juga perlu Anda perhatikan, ini termasuk

  • Dimensi file minimum: 2048 x 1152
  • Area yang aman untuk penempatan teks dan juga logo bisnis Anda adalah 1546 x 423 piksel, dengan gambar yang harus lebih besar, karena mengingat tampilan ini akan berbeda-beda di perangkat yang digunakan oleh orang-orang.
  • Lebar maksimal: 2560 x 423 piksel, maksudnya “AREA AMAN” adalah gambar dan juga text anda akan selalu terlihat meskipun ukuran layarnya berubah-ubah.
  • Ukuran maksimal file Anda harus 4MB (tapi ukuran file bisa lebih kecil, asal jangan terlalu kecil saja)

Saat Anda menggunakan ukuran 2560px dengan ukuran 1440px, pastikan channel art kalian sesuai dengan dan bisa terlihat untuk tampilan layar TV, Anda juga harus memastikan bagaimana tampilan gambar channel art terlihat dengan pas di desktop, tablet dan juga ponsel canggih Anda. Silahkan Anda melihat template yang ada di bawah ini yang akan menunjukkan bagaimana desain atau gambar channel art Anda nantinya akan tampil di berbagai macam perangkat modern jaman sekarang, zona aman ini sudah kami siapkan dan Anda nanti bisa mendownloadnya secara gratis.

Ukuran YouTube Channel Art

Cara Upload YouTube Channel Art Anda

Untuk mengupload Channel Art YouTube Anda tidaklah sulit dan memakan waktu, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa detik saja dan file Anda sudah terupload. Panduan cara menguploadnya akan kami tunjukkan di dalam video tutorial.

Harus seperti apa Channel Art saya?

Channel Art Anda bisa Anda buat atau desain sesuka hati Anda, namun yang perlu Anda ketahui adalah channel art ini akan membantu penonton untuk mengidentifikasi bisnis Anda dengan cepat saat ia mengunjungi channel Anda.

Jadi jika channel art yang Anda buat tidak bisa membuat orang untuk mengenali tema atau bisnis Anda maka hal itu akan sia-sia atau tidak terlalu efektif. Itulah sebabnya seperti contoh yang bisa Anda lihat di bawah orang bisa mengenali channel kita dengan mudah termasuk penggunaan logo yang ada di gambar channel art SUBMITClimb. (bisa logo, slogan dan juga ciri warna Anda)

Contoh channel art logo


Sebagian besar para pebisnis (termasuk YouTuber dll) mendapatkan keuntungan dari penggunaan warna, font, logo dan juga tagline yang sering mereka gunakan untuk mengidentifikasi bisnis atau channel mereka. Jika usaha kecil Anda adalah diri Anda sendiri maka Anda bisa menggunakan foto diri Anda sebagai sampul channel art Anda untuk membantu pengguna (penonton) mengenali diri Anda dan channel Anda.

Jika Anda memiliki event khusus yang akan di selenggarakan pada tanggal tertentu atau tahun tertentu Anda bisa mengganti desain channel Art Anda, misalnya seperti webinar, konser dll. Saya hanya merekomendasikan hal ini hanya untuk acara besar saja, agar tampilan channel art Anda bisa terlihat tetap konsisten dan jika event itu sudah berakhir segeralah untuk menggantinya ke desain channel art Anda sebelumnya.

Cara Membuat Channel Art YouTube

Sekarang kita masuk ke bagian Cara Membuat Channel Art YouTube Anda, tidak ada batasan untuk membuatnya ini bergantung dari kreatifitas Anda. Untuk membuat desain channel art youtube yang baik ada beberapa hal yang harus Anda ingat, sehingga hal itu bisa mewakili diri Anda ataupun bisnis Anda.

Mari kita mulai:

Jangan Abaikan ruang kosong di tampilan Mobile Area

Hal ini sering terjadi dan diabaikan oleh banyak orang. Saat membuat desain channel art youtubenya mereka terlalu fokus pada desain yang enak di lihat di pengguna Mobile (selular) saja, mereka kadang mengabaikan tampilan di Desktop, Tablet dan lainnya. Menurut saya ini adalah sebuah kesalahan. Meskipun sekarang ini banyak orang yang senang menggunakan HP mereka untuk berselancar di internet tetapi bukan berarti pengguna Desktop dan lainnya tidak ada? Jadi sekali lagi pastikan untuk menggunakan gambar yang berukuran besar (sebelum di crop) agar bisa terlihat fantastis di semua layar, termasuk yang paling kecil sekalipun. Jadi jangan mengabaikan untuk bisa terlihat di layar terbesar.

Menggunakan gambar menarik dengan ukuran yang besar akan membantu tampilan channel art Anda selalu terlihat bagus di semua perangkat, jadi bukannya tampak seperti sekumpulan gambar kosong ketika di lihat di perangkat besar. Ini adalah cara yang paling baik dan benar.

Aktifkan tombol berbagi sosial media dan Channel Icon Anda.

Saat Anda mengunjungi sebuah halaman channel youtube seseorang Anda akan melihat dua hal yang sering muncul di halaman depan atau cover mereka (Channel Art): tautan sosial media dan tautan situs web dan juga icon channel. Anda harus memperhatian dan memperhitungkan bagian itu saat membuat desain channel Art Anda.

Anda tentu ingin semua tautan itu tetap terlihat dengan jelas bukan saat seseorang mengunjungi channel YouTube Anda? Sehingga pengunjung Anda bisa mengenali dan kemudian mengunjungi link penting Anda itu, jadi pastikan desain channel art yang akan Anda buat nantinya tidak menutupi semua elemen itu bukan?

Untungnya kami akan memberitahu Anda dimana saja sih link-link itu nantinya akan diletakkan?. Nah link icon sosial media kalian akan muncul di bagian pojok kanan bawah, jika jika Anda ingin menempatkan beberapa informasi penting, usahakan untuk tidak meletakkannya pada bagian itu.

Gunakan Gambar Dengan kualitas tinggi

Masih ingat ketika kita semua mencoba mengupload foto profile kita di Facebook dan juga Myspace? Atau Anda mungkin pernah melihat foto teman Anda atau orang lain? Ketika kita melihat gambar profile dengan tampilan sebenarnya, gambar itu nampak terlihat baik-baik saja dan bagus bukan? Tetapi ketika kita mencoba untuk mengklik dan memperbesarnya, gambar itu kabur atau malah tidak terlihat, ini di sebabkn karena ukuran foto yang mereka unggah tidak menggunakan ukuran yang benar atau tepat. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi dengan channel art youtube Anda bukan?

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal itu. Cara Yang pertama adalah selalu membuat foto dengan menggunakan ukuran yang direkomendasikan YouTube yang pernah kami bahas dibagian  awal artikel ini. Dengan menggunakan ukuran yang tepat dan juga tidak terlalu kecil, gambar kita akan memiliki skala yang baik dan enak dilihat.

Cara yang Kedua untuk menghindari hal ini dengan hanya menggunakan foto yang berkualitas tinggi (high quality) jika memungkinkan memiliki resolusi yang tinggi. Anda bisa memotret sendiri dengan kamera yang Anda miliki atau menggunakan stok foto di Gettyimages seperti yang saya lakukan.

Baca Artikel Tentang: Cara Mendapatkan foto secara Gratis di Gettyimages

Menggunakan desain yang Simple dan Clean adalah yang Terbaik.

Sebagian penonton yang mengunjungi channel YouTube Anda hanya akan melihat channel YouTube Anda dengan menggunakan perangkat desktop atau HP (seluler) mereka, dan mereka hanya akan melihat gambar kecil saja, kemungkinan besar mereka juga kurang begitu jelas melihat logo atau link sosial media Anda. Oleh karena itu penggunaan desain yang simple dan clean akan membantu mereka melihat lebih jelas poin-poin penting di cover channel Art Anda.

Pastikan Channel Icon Sesuai

Icon Channel YouTube Anda sama pentingnya seperti Foto Profile Facebook Anda, foto profile (icon channel YouTube) Anda ditentukan oleh gambar profile Google+ yang terkait dengan akun YouTube Anda. Jadi pastikan Icon Channel YouTube Anda terpasang dengan baik di Channel Art YouTube Anda. Icon ini akan di tampilkan pada bagian pojok kanan atas. Anda bisa mengubah dengan mudah icon ini dengan mengklik creator’s studio, ketika Anda dekatkan kurson Anda ke icon Anda, nanti Anda akan melihat gambar pensil, klik itu dan Anda akan diarahkan untuk mengedit atau mengganti foto profile di Google+. Jika anda menginginkan icon Anda terlihat lebih menonjol, silahkan gunakan cover channel art yang lebih kontras dari warna icon Anda.

UPDATE: Sekarang Icon Channel Art sudah tidak ditampilkan lagi di halaman Channel YouTube Anda, tetapi ini bukan berarti Anda tidak harus mengupload foto profile Anda.

Cara Membuat Channel Art YouTube dengan Photoshop.

Mungkin diantara Anda ada yang bingung ya dari penjelasan panjang lebar yang sudah kami jelaskan di atas ketika mulai ingin membuat channel art Anda. Kami mencoba membantu Anda dengan membuatkan master contoh desain channel art sederhana dengan ukuran yang direkomendasikan oleh YouTube.

Jadi dengan mendownload contoh channel art ini Anda diharapkan bisa membuat channel art sendiri dengan ukuran yang tepat dan enak dilihat di semua perangkat. Untuk mendownloadnya silahkan scroll ke atas sampai ke bagian yang bertuliskan BONUS. File yang sudah Anda download itu nantinya bisa Anda edit dengan menggunakan program photoshop, kami juga mencoba membuatkan video singkat sederhana bagaimana Anda bisa mengedit dan membuat channel art Anda sendiri dengan menggunakan photoshop. Bagi yang belum punya program photoshop bisa membelinya di tokopedia, atau Anda juga bisa menggunakan program lain yang Anda senangi dan kuasai.

Anda juga bisa menggunakan Program ini untuk membuat YouTube Channel Art:

  • adobe
  • Fotor
  • Canva
  • Fotojet
  • Snappa
  • Bannersnack
  • Befunky
  • Picmonkey
  • Designwizard

Semua program yang saya sebutkan di atas berbasis online web, jadi Anda bisa membuat desain Anda secara online dan gratis, jika Anda mau upgrade ke versi yang berbayar juga bisa. Kebanyakan orang hanya menggunakan versi gratisnya saja.

Back To Top