skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuat Website Yang Bisa Menjual Dengan Beberapa Komponen

Cara Membuat Website Yang Bisa Menjual dengan Beberapa Komponen

Apapun bisnis yang Anda jalankan entah itu menjual produk atau memberikan jasa atau apapun dengan menggunakan website ada beberapa komponen penting yang bisa memberikan pengaruh untuk mencapai keberhasilan. Dalam pelajaran kali ini saya membuat panduan Cara Membuat Website Yang Bisa Menjual dengan menggunakan beberapa komponen penting.

Jika Anda menerapkan panduan ini, website Anda akan terlihat profesional dan dipercaya. Kalau sudah seperti itu maka kemungkinan besar Anda bisa berharap terjadi penjualan.

Apa akibatnya jika beberapa orang mengabaikan beberapa komponen penting ini?

Bisa jadi bisnis yang sedang mereka jalankan akan gagal.

Sayangnya kalau kita perhatikan…

Banyak sekali para pengusaha yang menjalankan bisnisnya secara online dengan menggunakan website penjualan yang umum dibuat oleh pebisnis online dan sayangnya menurut saya tampilan website seperti itu membuat keragu-raguan atau terkesan sedang menipu. Mungkin Anda bingung dengan apa yang saya katakan ini, agar Anda tidak bingung nanti akan saya berikan beberapa contoh.

Komponen penting #1 – Buat desain Website yang profesional

Entah saya saja atau Anda juga merasakannya kesan pertama yang membuat saya tertarik untuk berlama-lama di dalam sebuah website dan akhirnya mau membeli di mulai dari pandangan pertama saya saat mengunjungi website penjual.

Dalam dunia desaina ada tiga hal penting yang bisa membantu:

  1. Layout Website
  2. Gambar
  3. teks

ketiga komponen yang saya sebutkan di atas itu tidak bisa kita pisahkan, ketiganya saling berhubungan dengan memberikan peran masing-masing yang akhirnya menjadi sebuah desain yang menarik jika di desain dengan tepat.

(Mohon Maaf Untuk pemilik website yang websitenya di pakai untuk contoh)

contoh layout website 1

 

Kesalahan dalam membuat website

  1. Menggunakan gambar dengan kualitas yang sangat rendah
  2. Warna dan font yang terlalu banyak dan ramai

Jika Anda membuat website bisnis Anda dengan asal bisa jadi calon pelanggan Anda akan melihat Anda kurang meyakinkan, murahan dan mungkin orang menjadi tidak yakin karena dianggap Anda akan menipu mereka.

Banyak sekali penipu yang mahir menggunakan komputer dan meniru pembuatan website yang sering ditemukan di Internet. Hasilnya orang juga akan beranggapan website Anda adalah website penipu meskipun Anda bukan seorang penipu.

Coba Anda perhatikan desain website yang ada di bawah ini:

Ini adalah website pribadi Jared Atchison yang memberikan Jasa pembuatan website dengan menggunakan CMS WordPress.

contoh website 2

Apa yang membuat berbeda dengan website yang sebelumnya?

Kita melihat dari desain yang dibuat sangat jelas informasinya, kita sama-sama bisa melihat apakah ini benar atau tidak, tanpa membaca saja kita sudah bisa melihat website ini sangat profesional.

Penempatan layout website, gambar dan juga teks sangat tepat dan tidak ramai atau membuat pusing seperti website sebelumnya ya?

Elemen yang di tampilkan sangat jelas seperti:

  • Headline yang sangat spesifik
  • Teks yang menjelaskan
  • Call to action tersedia
  • Penjelasan yang lebih detail
  • Testimonial
  • Foto dengan kualitas yang baik
  • Foto diri yang menambah keyakinan orang lain
  • Halaman kontak untuk menghubungi

Komponen Penting 2# – Membuat konten yang bermanfaat

Di dalam pembahasan kita sebelumnya tentang Cara Menarik Perhatian Pelanggan dan Membuat Mereka Loyal (Membuat content Marketing). Di sana kita sudah mempelajari tentang

  1. Cara kita untuk mendapatkan pelanggan dan pengunjung
  2. Cara meningkatkan kepercayaan orang lain sehingga mereka yang datang ke website kita pada akhirnya mau membeli.

Kita semua pasti tahu kalau konten sebuah website dibuat dalam bentuk blog.

Dengan adanya blog orang-orang yang membaca artikel di website Anda bisa mengetahui tentang Anda, produk dan seberapa profesional diri Anda dalam bidang itu.

Konten yang kita buat biasanya mampu merubah keyakinan orang dar ragu-ragu menjadi yakin.

Jadi saat membuat sebuah konten di blog Anda, jangan asal mengisinya apalagi mengejar jam tayang untuk update dan mengisi halaman. Ini cara yang salah dan bisa merusak reputasi Anda jika hasil tulisan Anda salah dan tidak menarik.

Meskipun Anda harus menerbitkan konten di website Anda, jangan pernah menerbitkan konten website yang asal tulis dan kurang bermutu. Orang yang mengunjungi website Anda akan malas untuk membaca dan menganggap konten Anda tidak bagus, maka jika ini terjadi bisa membawa dampak buruk kepada jasa dan produk yang sedang Anda tawarkan kepada mereka, mereka akan menganggap produk atau jasa Anda juga tidak bagus.

Anda pasti tidak ingin seperti itu bukan?

Jadi pastikan untuk selalu membuat dan memberikan konten-konten yang terbaik.

Banyak orang yang mempunyai kemampuan akan sesuatu pelit untuk membagikannya keapda orang lain. Kalau saya berbeda, apa yang saya tahu akan saya berikan dan beritahu, bahkan saya tidak takut untuk memberikan sesuatu yang bagus itu secara gratis. Semakin baik dan bermutu sebuah konten yang Anda buat akan semakin bagus untuk orang lain menjadi percaya dan menghargai produk atau jasa Anda.

 

Jika yang GRATISAN saja sudah sangat bagus apalagi yang premium.

Orang cenderung akan berpikir seperti itu bukan?

Saran sederhana yang bisa Anda terapkan dari saya:

  1. Sebelum mulai berjualan pastikan Anda sudah membuat sedikitnya 4 – 10 konten yang paling bagus.
  2. Pastikan untuk secara rutin menerbitkan konten sedikitnya 2 artikel terbaik dalam satu bulan sekali atau dua bulan sekali, agar website Anda tidak dianggap tidak aktif oleh mesin pencari dan juga orang yang mengunjungi website Anda.

Komponen penting 3# – Membuat pendaftaran email.

Hampir semua website profesional selalu kita temukan kolom untuk mendaftarkan email berlangganan. Termasuk website saya ini juga memiliki kolom pendaftaran email.

Emang penting membuat dan meletakkan itu?

Tentu ada tujuan dan manfaatnya jika kita meletakkan kolom berlangganan, kita bisa secara lebih lanjut untuk mengirim dan menyapa mereka lewat email mereka.

Saya, Anda dan semua orang yang ada di dunia ini memiliki satu email yang paling utama yang sering mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan mengirim email kepada orang lain.

Dan sekarang sejak semua HP menjadi Smartphone email menjadi satu kebutuhan yang penting.

Paham bukan sampai sini kalau email dalam dunia online sangat penting untuk menjalin komunikasi secara “personal”.

Mungkin ada diantara Anda yang bingung, caranya seperti ini:

Masih ingat ya pembahasan saya tentang content marketing, ingat ya proses seseorang menjadi pembeli. Mereka tidak langsung mengunjungi website Anda untuk langsung membeli.

…awalnya adalah seorang yang senang untuk membaca dan melihat konten-konten yang Anda terbitkan.

Jika konten yang Anda buat sangat bagus dan bermanfaat buat mereka, mereka dengan sukarela akan mendaftarkan email mereka supaya bisa mendapatkan konten terbaru dari Anda melalui email.

Meskipun Anda sudah memiliki alamat email mereka dan sudah mulai mengirim email sapaan dan memberitahukan ada artikel yang baru saja Anda terbitkan biasanya mereka masih belum punya keinginan untuk membeli dari Anda.

Nah melalui media email yang kita bangun inilah kita akan secara perlahan-lahan mengedukasi orang-orang ini hingga akhirnya mengenal kita, produk kita dan manfaatnya dan pada akhirnya mereka mau melakukan pembelian.

Hasil yang bisa Anda dapatkan dari email bisa sangat tinggi dari mesin pencari dan juga dari social media. (jika Anda sudah punya daftar email yang banyak dan bermutu)

Komponen penting 4# – Buat halman kontak yang jelas

Semua orang yang belanja online sangat takut untuk mentransfer uang sewaktu belanja online. Nah untuk mengatasi kecurigaan orang terhadap bisnis Anda sangat baik untuk membuat orang lain tahu siapa Anda dan bagaimana cara menghubungi Anda.

Jadi pastikan untuk membuat halaman kontak dan mengisi alamat dengan lengkap.

Sangat bagus untuk mencantumkan email dan juga no telepon yang bisa di hubungi.

Jika dibandingkan dengan luar negeri, toko online di Indonesia masih belum sebanyak website toko online luar yang menerapkan pembayaran secara otomatis. Biasanya orang akan menghubungi pembeli sebelum melakukan pembayaran.

Halaman kontak sudah ada, kemudian halaman tentang siapa Anda, agar orang lebih percaya untuk melakukan pembelian online dan pembayaran online.

Sekarang saatnya untuk membuat halaman about us (tentang saya)

Halaman about us ini sebaiknya di isi dengan siapa Anda dan juga penunjang bisnis Anda.

Misalnya Anda menjual panduan cara membuat website sendiri.

Anda bisa membuat halaman atau menambahkan keterangan seperti ini di dalam halaman about us

Percaya atau tidak, Anda bisa membuat website sendiri

  • Saya belum pernah membuat website
  • Saya tidak pernah sekolah desain apalagi jago desain
  • Saya tidak pandai menulis

Jika ini yang Anda alami, kemungkinan besar Anda tidak akan jadi membuka dan menjalankan bisnis online.

Tahukah Anda, yang Anda perlukan hanya kemauan bukan Ahli di bidang ini.

Dengan menggunakan WordPress Anda bisa membuat website Anda online hanya dalam waktu 5 menit tanpa harus jago dan menguasai ke tiga hal yang saya sebutkan di atas.

Soal desain Anda juga tidak harus mahir dan jago, yang dibutuhkan hanya selera yang bagus akan desain, maka Anda bisa menghasilkan desain-desain yang bagus.

Jika Anda menambahkan halaman itu, saya yakin orang akan yakin dibuatnya.

Coba dengan membaca panduan ini Anda mulai melakukan tugas Anda sendiri seperti membuat website sendiri, Anda bisa mencari panduan cara membuat website dengan WordPress, tidak masalah panduan itu sudah lama atau baru, karena cara membuat website dengan WordPress selalu sama yang membedakan hanya tampilannya saja saat ada update wordPress yang baru.

Setelah cobalah untuk membuat sedikitnya 5 sampai dengan 10 konten yang isinya bermanfaat untuk orang lain.

Mungkin untuk Anda yang masih baru untuk membuat website bisa memakan waktu yang sedikit lebih lama dan untuk membuat konten website juga pasti membutuhkan waktu 1 sampai 3 hari atau bahkan 1 minggu.

Jika Anda sudah mempunyai produk atau jasa yang ingin di jual saya rasa sekarang Anda sudah bisa membuat website dan menjual jasa atau produk Anda dengan mengikuti panduan “Cara Membuat Website Yang Bisa Menjual”.

Jika Anda masih mencari-cari produk apa yang ingin Anda jual, ada baiknya Anda terus membaca panduan saya selanjutnya bagaimana Anda dan saya bisa membuat produk digital di pelajaran selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top