skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuat Landing Page Yang Mudah Dan Baik Untuk CPA

Cara Membuat Landing Page Yang Mudah Dan Baik Untuk CPA

Di antara Anda mungkin ada yang belum pernah mendengar Landing Page, bagi yang lain pasti sudah banyak atau mungkin sering mendengar lata Landing page.

Apa sih Landing Page itu?

Dalam arti bahasa kata landing page bisa mengartikan mendarat dan page adalah sebuah halaman. Jika kita mengartikan secara keseluruhan maka kata landing page bisa diartikan sebuah halaman website yang akan di tuju seseorang di Internet.

Lalu apa saja sih manfaatnya kalau kita membuat sebuah Landing Page?

  • Membantu menyampaikan sebuah informasi secara lengkap
  • Membuat orang tertarik untuk membeli atau bergabung
  • Membuat orang mau mengisi alamat email mereka
  • Mempromosikan produk atau jasa

Untuk bisnis yang akan kita jalankan CPA offers kita bisa menggunakan Landing page dan tanpa harus menggunakan Landing page. Jika digunakan dengan tepat sebuah landing page bisa membantu Anda untuk meningkatkan sebuah konversi rate yang cukup baik.

Hebat bukan sebuah landing page jika kita buat dan gunakan dengan tepat.

Makannya jangan heran kalau banyak orang akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuat sebuah landing page baik dari segi desain dan pesan yang ada di halaman landing page.

Landing page tidak hanya digunakan dalam CPA Marketing tetapi hampir semua jenis website membutuhkan sebuah landing page untuk tujuan masing-masing.

Dalam bisnis online baik itu CPA & Affiliate Marketing sebuah landing page diperlukan untuk tujuan tertentu. Landing page biasanya di buat dengan sangat sederhana sekali. Sebuah halaman landing page biasanya berisi keterangan offer yang akan di promosikan dan beberapa keterangan lainnya.

Dan biasanya Landing page berisi hal seperti ini:

tanpa-landing-page

Kalau kita perhatikan dari gambar yang ada di atas saya mengarahkan link iklan yang saya pasang langsung menuju ke halaman offer yang saya promosikan. Setiap pengunjung yang selalu menyelesaikan apa yang saya inginkan dari offer yang saya prpmosikan akan mendatangkan komisi untuk saya.

Sedangkan kalau saya membuat sebuah landing page maka alur perjalanannya akan menjadi sedikit bertambah panjang.

dengan-landing-page

Kalau Anda perhatikan di gambar link yang saya tempatkan di iklan yang saya pasang akan mengarah ke website (landing page) yang saya buat, setelah dia membaca semua hal yang ada di website saya (landing page) nanti si pengunjung akan mengklik link yang akan mengarahkan dia untuk menuju halaman offer.

Apa Manfaat Membuat dan Menggunakan Landing Page?

Setelah membaca keterangan yang ada di atas beberapa dari Anda mungkin ada yang ingin bertanya, “untuk apa kita membuat landing page kalau tanpa landing page juga bisa menghasilkan?”

Tahukah Anda sebenarnya ada banyak manfaat jika Anda membuat landing page. Dalam bisnis online termasuk CPA marketing tugas marketing online adalah untuk meyakinkan orang-orang agar mau melakukan sesuatu yang kita inginkan, dalam pembahasan ini kita menginginkan orang untuk menyelesaikan offer-nya. Bayangkan apakah bisa tanpa sebuah website atau landing page?

Apakah tidak bisa hanya menggunakan website aslinya saja kan di sana sudah ada keterangannya?

Saya akan jawab bisa saja, tetapi tidak semua bisa dan memberikan informasi yang cukup untuk membuat orang mau melakukan sesuatu atau membeli alasannya:

  • Offer page aslinya sering kali sengaja dibuat tidak optimal
  • Offer yang sedang kita promosikan harganya terlalu tinggi bagi banyak orang

Dari dua alasan yang saya jelaskna di atas saya yakin Anda pasti masih bingung. Saya yakin Anda pasti sering masuk ke dealer motor atau mobil. Setiap kita masuk biasanya ada seorang salesman yang akan menyambut kita dan memberi kita informasi yang berhubungan dengan produk yang mereka jual, jadi dengan adanya informasi tambahan seperti itu dari salesman kita menjadi lebih yakin untuk membeli karena kita sudah mendapatkan informasi tambahan yang lebih lengkap dari salesnya.

Kebayang bukan jika kita masuk ke toko atau dealer tidak ada salesmannya?

Kita mau tanya juga susah tentang kelebihan dan kekurangan dari produk yang mau kita beli, yang ada akhirnya kita menjadi ragu-ragu dan tidak jadi membeli.

Sampai di sini Anda sudah lebih paham ya? Jadi itulah mengapa penting Anda membuat sebuah landing page, karena landing page yang Anda buat sama seperti seorang salesman tadi yang akan membuat orang lebih yakin karena tahu lebih banyak tentang produk atau jasa yang akan mereka gunakan.

Tidak semua CPA offer perlu menggunakan landing page

Apa yang saja jelaskan di atas dan ilustrasi yang saya gunakan menggunakan sebuah motor dan mobil maka peran seorang salesman menjadi wajib dan penting.

Bagaimana kalau produk yang lain, apa juga perlu peran salesman?

Sering kali peran seorang salesman tidak diperlukan karena akan mengganggu untuk produk atau CPA offer yang harus menyelesaikan dengan mudah, contohnya mengisi alamat email.

Mengisi alamat email kan sangat mudah bahkan tidak memerlukan landing page, meskipun demikian jika Anda membuat landing page yang baik dan benar hasilnya akan jauh lebih efektif.

Macam-macam Landing Page

 

Para marketing online biasanya menggunakan beberapa jenis landing page ini untuk mempromosikan sesuatu. Setiap landing page ini masing-masing mempunyai efek yang berbeda-beda untuk produk yang di promosikan (offer) dan traffic. Jadi pastikan untuk mengetahu beberapa jenis landing page ini dan menggunakannya dengan baik.

#1 Click through landing page

Bisa saya katakan ini mungkin landing page yang sangat sederhana yang bisanya digunakan oleh banyak orang. Isinya biasanya hanya terdiri dari satu halaman saja yang menjelaskan tentang produk atau offer tertentu. Dan biasanya tidak memerlukan scroll sampai ke bawah karena sangat pendek.

Landing page seperi ini banyak digunakan untuk:

  • PPV
  • POP Up/PO Under

Orang-orang yang mengunjungi halaman landing page seperti ini biasanya cuma sebentar saja kemudian dia akan langsung menutup halaman landing page ini. Biasanya orang menggunakan landing page ini untuk offer yang bisa di selesaikan dengan cepat contohnya seperi memasukkan alamat email, mengunduh, registrasi dan Instalasi.

#2 Lead capture Landing Page

Landing page jenis ini akan ada form untuk mengisi email tujuannya untuk meminta pengunjung mau memasukkan alamat email. Sambil memasarkan offer kita juga sambil mengisi email list, jadi sekali dayung 2 pulau yang akan terlampaui.

Nanti setelah pengunjung mengisi alamat email dia akan di arahkan ke halaman sebenarnya (offer)

Tetapi paling banyak tidak akan mengarahkan pengunjung untuk menuju halaman yang di inginkan, tujuannya adalah untuk membangun email list dulu, kemudian offernya akan di kirim belakangan melalui alamat email.

#3 Advertorial Landing page

Advertorial landing page adalah iklan yang biasanya dibuat dalam bentuk artikel jurnalistik yang mengulas secara obyektif.

Landing page seperti ini banyak digunakan untuk mempromosikan produk dalam kategori weight loss, health dan juga fitness, biasanya harus melakukan pembelian sebuah produk tertentu atau bisa juga memasukkan karti kredit.

Karena butuh penjelasan yang panjang untuk meyakinkan maka perlu di buat landing page jenis Advertorial agar pengunjung bisa mengerti dan mengetahui manfaat yang akan di dapat dari membeli produk yang sedang di promosikan.

#4 Product detail landing page

Landing page ini di buat dengan banyak informasi di dalamnya seperti informasi produk, jasa, spesifikasi produk, kelebihan dan kekurangan termasuk juga harga produknya.

Yang Harus Ada Dalam Landing Page

Di dalam landing page biasanya ada beberapa hal ini:

  • Headline / Judul. Bayangkan kalau sebuah postingan artikelm halaman website dan landing page tidak memiliki judul, tentu tidak akan memberikan dampak apa apa apalagi menarik perhatian orang lain.
  • Subjudul. Judul biasanya sangat singkat, tetapi sub judul akan menjelaskan sedikit lebih panjang dari judul yang Anda buat.
  • Gambar. Dalam sebuah halaman website apapun termasuk landing page kurang menarik jika tidak memiliki sebuah gambar, jadi pastikan untuk menempatkan satu atau beberapa gambar yang berhubungan di landing page yang Anda buat.
  • Penjelasan. Dari no 1 – sampai 3 sudah membuat orang tertarik untuk melihat dan mengunjungi halaman landing page Anda, tetapi masih ada yang kurang yaitu artikel yang akan memberikan penjelasan mendetail tentang jasa atau produk yang sedang dipasarkan.
  • Call to action. Jangan lupa untuk membuat sebuah tombol atau kata-kata ajakan di akhir atau di tengah halaman landing page yang akan mengarahkan pengunjung Anda untuk menuju halaman produk atau offer.

Jadi itu adalah beberapa komponen wajib yang harus ada di dalam sebuah landing page. Pastikan untuk membuat semua komponen yang saya sebutkan itu dengan baik agar apa yang Anda harapkan dan inginkan bisa tercapai dengan maksimal.

Hosting dan Domain

Untuk landing page pasti memerlukan domain dan hosting, pastikan Anda membeli dan menyewa hosting di tempat yang bisa di percaya dan mampu menampung visitor Anda. Ada beberapa hosting yang bisa digunakan:

  • Shared Hosting
  • VPS
  • Dedicated Server

Shared hosting tipe yang paling bawah beberapa website saya masih menggunakan shared hosting tetapi beberapa yang lainnya ada yang menggunakan Dedicated Server dan VPS Hosting. Jika Anda ingin menggunakan paid traffic pastikan untuk menggunakan VPS Hosting saja, karena VPS Hosting mampu menampung pengunjung website Anda dalam jumlah yang banyak.

Shared hosting biasanya tidak begitu kuat untuk menampung visitor dalam jumlah yang sangat banyak.

Domain yang Anda gunakan sebaiknya bukan nama domain yang aneh-aneh yang menggunakan angka-angka dibelakangnya. Misalnya buku331.com karena ini akan menimbulkan kecurigaan dan ketidakpercayaan pembeli. Nama domain yang baik biasanya mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top