skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuat Judul Artikel Yang Mampu Menarik Perhatian Orang Untuk Membaca

Cara Membuat Judul Artikel yang Mampu Menarik Perhatian orang untuk Membaca

Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik – Saat Anda mengunjungi artikel yang saya tulis ini apa yang pertama kali Anda lihat?

Saya yakin pasti judulnya!

Tidak satupun orang di dunia ini yang membaca sebuah buku atau artikel di website tanpa membaca judul artikelnya terlebih dahulu. Meskipun banyak yang membaca judulnya dulu tapi banyak yang juga orang yang setelah membaca judul artikel akhirnya tidak mau melanjutkan untuk membaca isi artikelnya.

Judul artikel hanya memerlukan waktu sekitar 2 menit saja untuk di baca.

Meskipun singkat tapi fungsi judul artikel ini sangat penting sekali.

Membuat artikel itu tidak mudah, seringkali kita membutuhkan waktu berjam-jam atau mungkin malah berhari-hari seperti saya. Tetapi saat membuat judul Anda membuatnya secara asal-asalan, sehingga ini bisa membuat orang kurang begitu tertarik untuk membaca artikel yang Anda buat.

Pasti Anda sangat sedih bukan?

Nah untuk menghindari hal-hal yang seperti itu, alangkah bagusnya kalau Anda memikirkan juga untuk membuat judul yang bagus agar bisa menarik orang untuk ingin lebih tahu lagi dan akhirnya membaca seluruh artikel yang Anda buat tadi.

Nah dalam beberapa menit ke depan ini saya akan membantu Anda bagaiman membuat judul artikel yang menarik untuk di baca oleh orang, ada beberapa prinsip dasar yang harus Anda ketahui saat akan membuat judul artikel.

“Buat apa lama-lama mikirin sebuah judul artikel?”

Memang sangat wajar kalau ada yang bertanya atau mempunyai pemikiran seperti itu. Karena judul singkat dan bisa di buat dengan cepat.

Banyak orang yang memfokuskan diri untuk ke isi artikelnya daripada capek-capek memikirkan membuat judul artikel.

Jika Anda mempunyai pemikiran seperti itu, akibatnya bisa sangat fatal.

Kenapa saya bilang judul artikel perlu dipikirkan dengan baik?

Saya akan jelaskan kepada Anda.

Jadi setiap hari di internet itu ada banyak jutaan artikel yang selesai di tulis setiap harinya. Katakanlah Anda dan saya mendapatkan 10 link artikel setiap harinya dari Facebook atau dari Twitter. Apakah semua link artikel yang kita dapatkan itu akan kita baca semuanya dalam satu hari?

Saya yakin jawababnya tidak semua.

Mungkin ada yang mampu membaca 2 – 5 artikel saja dalam sehari, itupun artikel yang menarik saja yang di baca.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana Anda dan saya bisa tahu kalau artikel yang Anda baca adalah artikel yang menarik?

membuat artikel yang di share di Facebook

Jawabannya dari judul artikelnya.

Jadi kalau Anda mengabaikan judul artikel, maka bagian yang mampu menarik perhatian orang untuk membaca menjadi tidak memiliki kekuatan.

Bahkan kalau Anda mau tahu, sebuah artikel yang baru saja di buat yang judulnya di pikirkan dan di optimasi dengan baik bisa mendapatkan share yang cukup bagus di social media. Bahkan bisa mencapai 10 kali lipat.

Perhatikan gambar yang saya sertakan di bawah ini

Gambar ini adalah jumlah rata-rata dari share sebuah artikel yang judulnya di optimasi dengan baik. Data dari BuzzFeed.

Judul tertentu yang banyak share dari info buzzfeed

Kalau kita perhatikan dari gambar di atas terlihat sangat jelas perbedaan di jumlah share dari setiap kata, ada kata yang bisa menghasilkan share dalam jumlah banyak dan ada kata yang mendapatkan jumlah sharenya sangat sedikit.

Jadi dari gambar ini bisa kita tarik kesimpulan, kalau membuat sebuah judul artikel itu memang harus dipikirkan dengan baik dan bukan.

Membuat Judul Artikel Yang Menarik Pembaca

Sampai di sini Anda dan saya sudah mendapatkan pemahaman tentang perbedaan judul yang dibuat dengan baik dan di optimasi. Judul yang baik tidak hanya mampu menarik orang untuk mau membacanya tetapi juga mampu memancing dan membuat mereka puas dengan apa yang mereka ingin dapatkan dari sebuah artikel yang mereka baca.

Apa yang saya tulis ini bukan untuk pembuatan judul artikel tetapi bisa Anda terapkan untuk pembuatan judul konten yang lain seperti video, audio dan lainnya. Bisa juga untuk Anda terapkan di judul Landing Page Anda atau halaman penjualan di website Anda.

Mari kita bahas beberapa tips yang bisa membuat judul artikel menatik bagi orang yang membacanya:

1. Hati-hati dengan kesalahan yang paling sering dilakukan orang.

Harus bisa membedakan mana topik dan mana judul.

Meskipun ini terlihat sangat mudah tetapi banyak orang tidak bisa membedakan kedua kata itu pada saat mereka mempraktekkannya.

Dan kesalahan di sini yang paling banyak ditemukan hampir semua penulis website, dan biasanya topiknya langsung mereka jadikan judul di dalam artikel yang mereka buat.

Mari kita membahas tentang kedua kata itu:

Topik:

  1. Cara menghilangkan pusing
  2. Tips berbicara dengan orang yang di wawancara
  3. Panduan membuat website

Saya sering melakukan hal ini, menulis judul seperti yang saya katakan di atas. Pada kenyataannya dari ke tiga contoh yang saya katakan di atas kurang tepat untuk digunakan sebagai judul artikel.

Kenapa?

Mungkin itu yang saat ini menjadi pertanyaan Anda setelah membaca apa yang saya katakan di atas.

Jadi begini…

Topik itu bersifat umum, sedangkan judul artikel itu spesifik.

Sebuah judul artikel yang dibuat akan membantu orang untuk melihat artikel yang Anda buat berbeda dari artikel-artikel yang sudah ada di internet dengan topik yang sama. Sedangkan judul artikel yang Anda buat mempunyai bobot atau nilai lebih jika kita bandingkan dengan artikel lain yang sudah ada.

  1. Coba lakukan 5 hal ini selama 20 menit dalam sehari untuk menghilangkan pusing
  2. 8 tips berbicara kepada tamu yang di undang wawancara untuk pembuatan video
  3. Panduan cara membuat website selama 1 bulan sampai jadi mahir

Dari 3 contoh yang ada di topik yang pertama saya sebutkan di atas sekarang kita bedakan dengan judul pertama sampai judul yang ke tiga.

Apakah Anda bisa merasakan ada sebuah perbedaan yang jelas?

Ini bukan karena judul yang kita buat jauh lebih panjang dari topik yang kita buat di atas. Judul yang kita buat tadi mempunyai sebuah nilai lebih yang bisa membuat artikel yang Anda buat jauh lebih menarik untuk di lihat dan akhirnya di baca. Di sana ada kata-kata yang membantu menjelaskan meningkatkan topik yang Anda angkat.

Nah sekarang mari kita lihat kembali setiap judul artikel yang sudah pernah kita buat untuk website kita. Apakah sampai hari ini masih menggunakan sebuah topik untuk judul artikelnya?

2. Orang ingin mendapat manfaat dari artikel yang mereka baca

Orang Indonesia itu kebanyakan tidak suka membaca. Jika kita membaca satu artikel tertentu kita bisa memakan waktu 3-5 menit atau mungkin lebih dari itu.

Kenapa Anda dan saya mau membaca dan meluangkan waktu yang sangat berharga untuk melihat dan membaca artikel orang lain (atau artikel yang Anda tulis)?

Jawabannya sangat sederhana, semua orang ingin mendapatkan manfaat.

Semua orang yang membaca artikel atau menonton sebuah video atau mendengarkan audio ingin mendapatkan informasi, solusi, manfaat dari setiap permasalahan yang mereka sedang alami, atau mungkin mendapatkan sebuah penghiburan, pengetahuan atau bisa juga manfaat lainnya. Jadi ini adalah alasan mengapa banyak orang mau merelakan waktu mereka untuk menbaca.

Sampai di sini…

Pastikan Anda membuat dan memikirkan setiap judul yang akan Anda buat agar orang lain mau membaca dan meluangkan waktunya yang berharga untuk mendapatkan manfaat dari apa yang Anda tulis.

Jika mereka sudah tertarik, mereka akan mengenal website Anda dan berharap untuk kembali lagi mengunjungi website Anda untuk melihat dan membaca artikel-artikel yang lain.

3. Menggunakan Angka

Setiap judul yang dibuat harus spesifik.

Orang akan melihat apa yang kita berikan kepada mereka, apa yang akan mereka dapatkan saat membaca artikel kita, atau mungkin berapa lama sih mereka bisa mendapatkan manfaat saat membaca artikel di website kita? semua hal yang saya katakan barusan bisa kita spesifik-kan dengan membuat judulnya.

Bagaimana caranya?

Menggunakan Angka.

Mungkin Anda sudah pernah melihat dan memperhatikan tentang penggunaan angka di setiap judul dan penggunaan angka ini sudah lama sekali digunakan orang dan sampai hari ini juga masih digunakan. Contohnya bisa Anda lihat di majalah yang ada di bawah ini:

contoh judul di sampul femina

Dari dua majalah itu ada judul yang menggunakan angka.

Angka yang mereka buat telah terbukti mampu dan menarik jumlah pembaca. Tetapi yang menjadi masalah baru bagi kita adalah penggunaan angka sudah sangat umum dan banyak digunakan oleh orang.

Bisa jadi minat orang untuk melihat dan mengunjungi website kita menurun, karena para pembaca sudah tidak menganggap penggunaan angka tidak spesial lagi.

Jadi kalau bisa Anda jangan menggunakan sembarangan angka untuk setiap judul artikel yang Anda buat.

Meskipun penggunaan angka sudah umum bukan berarti kita tidak akan menggunakan angka untuk judul artikel kita. Anda bisa membuat beberapa variasi angka di setiap judul yang akan Anda gunakan:

Contohnya:

  • Angka di tengan judul: Cara membuat website – 3 Cara yang bisa Anda terapkan sekarang juga
  • Membuat Pertanyaan: 5 Cara menghasilkan uang dari Internet – Mana yang Anda gunakan?
  • Membuat Panduan: 12 Cara Membuat website Anda lebih menarik dan profesional
  • Paling Lengkap: 60 Alasan mengapa orang tidak membeli dari Anda

Sekali lagi, angka yang kita gunakan buakan hanya bisa digunakan dan memberikan manfaat untuk sebuah judul.

 

4. Membangkitkan perasaan pembaca

Saat Anda akan membuat sebuah judul artikel memang akan membutuhkan waktu dan mungkin akan sedikit membuat bertanya dan kebingungan…

Saya harus membuat kata-kata apa ya?

Bagaimana struktur kalimat judul yang harus saya buat?

Jika Anda bingung memang wajar, asal jangan membuat Anda menjadi ngawur saat Anda membuat sebuah judul. Karena kalau Anda ngawur maka apa yang Anda kerjakan akan menjadi percuma.

Judul yang baik adalah judul yang dipikirkan dengan baik yang mampu menarik dan membangkitkan perasaan si pembacanya.

Perasaan seperti apa yang akan kita bangkitkan?

  1. Galau / khawatir / gundah
  2. Ingin bertanya, ingin ahu, penasaran
  3. Kaget, heran dan tidak percaya
  4. Merasa yakin
  5. Empati

Kira-kira itu adalah beberapa perasaan yang bisa membuat orang yang membaca terikat dengan isi artikel yang Anda buat.

5. Mengajak pembaca untuk terlibat

Kita bisa menggunakan sebuah pertanyaan di dalam judul yang kita buat. Ketika ada pembaca yang melihat dan membaca judul yang kita buat, secara tidak sadar mereka akan mulai membaangkan keadaan sesuai dengan judul yang di bacanya.

Ada dua hal yang bisa digunakan dalam sebuah pertanyaan di dalam judul:

  1. Membangkitkan perasaan penasaran
  2. Merasa bahwa inilah artikel yang bisa menyelesaikan masalah saya (perasaan pasti)

Pertanyaan di dalam sebuah judul memang sangat ampuh dan bisa membuat seseorang merasa penasaran:

  1. Apakah badan Anda menunjukkan gejala sakit yang seperti ini?
  2. Apakah website yang Anda buat masih sepi pengunjung, mungkin 4 hal ini penyebabnya

Perlu Anda ingat dan ketahui. Meskipun sangat efektif pertanyaan juga bisa membuat kesalahan, jadi pastikan untuk tidak membuat pertanyaan yang:

  1. Pertanyaan yang orang sudah tahu jawabannya adalah “tidak”.
  2. Gunakan pertanyaan yang hanya bisa memecahkan masalah mereka.

Ingat tujuan kita membuat judul dengan pertanyaan adalah untuk membuat mereka menjawab “ya” itu saya.

Pastian Anda tidak membuat judul dengan pertanyaan di semua artikel yang Anda buat. Ini pasti akan membuat orang menjadi bertanya-tanya dan selain itu website Anda juga akan terlihat aneh.

6. Mencuri Ide Judul dari konten yang terbukti Sudah populer

Pusing?

Ya saya juga pusing pada awalnya dan saat saya menulis artikel ini saya juga belajar lagi sama seperti Anda. Wajar kalau Anda dan saya pusing karena kita belum terbiasa dan belum punya pengalaman untuk membuat judul yang bisa membuat populer artikel. Kita harus terus mencoba dari hari ke hari sampai kita benar-benar bisa membuat judul artikel yang menarik.

Meskipun tidak semua orang akan berhasil dalam membuat sebuah judul yang menarik. Kita beruntung karena ada sebuah cara yang membantu kita untuk lebih praktis, yaitu dengan mencuri ide dari konten-konten yang sudah benar-benar populer.

Ini akan memudahkan kita dalam membuat sebuah artikel yang yang berpotensi populer juga.

Cuma satu hal yang harus kita perhatikan adalah berhati-hati saat mencuri artikel:

Mencuri yang saya maksud di sini adalah bukan benar-benar 100% mengcopy paste artikel dan judulnya, harus kreatif.

Kita bisa meminta bantuan dari BuzzSumo

Silahkan Anda tulis topik artikel yang ingin Anda tulis. Menurut saya tool ini sangat bagus untuk bahasa inggris, tetapi bisa juga digunakan untuk bahasa Indonesia. Setelah saya menuliskan topik artikel yang ingin saya tulis BuzzSumo menampilkan artikel-artikel yang sudah terbukti populer di Internet.

Lihat hasil yang di tampilkan BuzzSumo:

Judul di buzzsumo bahasa Indonesia

Yang di tampilkan oleh BuzzSumo adalah semua artikel yang memang benar-benar mendapatkan share dalam jumlah yang banyak. Artinya adalah judul yang mereka buat memang terbukti menarik perhatian orang lain.

Dari melihat ini semoga inspirasi gila Anda akan keluar.

7. Letakkan Setiap topik artikel Anda di Posisi Judul yang stratgeis

Dalam setiap judul yang akan kita buat akan selalu menggunakan dan mengikutkan topik artikel yang di tambah dengan kata hiasan.

Tetapi di mana sebaiknya Anda menempatkan topik artikel Anda?

Apakah di bagian Depan, Tengah atau di Belakang judul?

Kalau bisa sih jangan letakkan dibagian tengah.

Alsannnya, karea setiap orang biasanya hanya berfokus pada bagian depan dan belakanga judul, sedangkan bagian tengahnya biasanya tidak terlalu diperhatikan.

Pada saat Anda melakukan hal ini usahakan setiap judul yang Anda buat enak untuk di baca, karena akan percuma jika Anda menarapkan tips yang saya katakan ini jika judul yang Anda buat agak aneh untuk di baca orang.

8. Tulis Jdul Artikel untuk orang yang Anda target

Setiap akan membuat artikel, pastikan Anda untuk memikirkan siapa target pembaca Anda. Seperti yang sedang saya tulis saat ini, artikel ini khusus untuk mereka yang ingin menulis artikel untuk website. Kalau ada orang-orang yang masih sekolah juga membutuhkan pengetahuan ini, tetapi sebenarnya artikel yang saya tulis ini bukan secara khusus untuk mereka.

Mengapa, mungkin Anda bertanya seperti itu?

Karena kalau saya menulis untuk banyak orang (tidak sepsifik ke satu golongan atau satu orang) maka isi artikel yang saya buat akan sangat luas dan tidak bisa mendetail seperti ini.

Contohnya seperti ini, katakanlah Anda punya masalah dengan mata Anda. Apakah Anda akan pergi ke dokter umum atau dokter khusus mata?

Jawabannya sudah pasti dokter mata bukan?

Karena Anda ingin mendapatkan jawaban yang lebih spefisik dari sang dokter daripada dokter umum.

Dari contoh ini kira-kira apa yang bisa Anda dapatkan?

Kita bisa melihat bahwa sesuatu yang khusus lebih banyak mendapatkan perhatian dan menarik bagi banyak orang.

9. Memecahkan masalah yang mereka alami

Kenapa orang harus membaca dan mengunjungi website Anda?

Apakah karena kasihan sama Anda atau karena Anda teman mereka?

Bukan.

Mereka mengunjungi website Anda dan membaca artikel yang Anda buat karena mereka ingin mendapatkan informasi yang bermutu yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan mereka.

Mungkin ini terdengar sedikit aneh tapi ini memang benar.

Katakanlah ada orang yang mengunjungi artikel yang saya buat tentang “Kesalahan Saat Melakukan Social Media Marketing” ini berarti orang-orang yang membaca artikel ini dengan mengetahui cara yang benar tentang Social Media Marketing mereka merasa bahwa bisa melakukan promosi dengan cara yang benar dan berharap bisa menghasilkan.

Orang yang membaca artikel saya tentang cara membuat website sendiri, akan merasa jika mereka bisa membuat website sendiri maka kualitas hidup mereka bisa lebih baik dan bisa mengurangi biaya juga, karena mereka bisa membuat website sendiri.

Pada saat ini kemungkinan banyak orang belum bisa mencapai dan menemukan solusi dari permasalahan mereka, bisa jadi karena satu dan lain hal.

Nah inilah yang akan kita berikan kepada orang-orang seperti itu.

10. Buat alternatif judul untuk menemukan ide kreatif

Semua hal bukan hanya seni lukis dan seni terapan membutuhkan yang namanya keratifitas, termasuk membuat judul.

Semakin kita kreatif dalam membuat sebuah judul semakin bagus hasilnya.

Kreatifitas bisanya bisa muncul kalau kita sudah sering melakukannya dan memiliki banyak pengalaman. Saya yakin sekali tidak ada satupun orang yang bisa membuat apapun langsung bagus hanya dengan sekali mencoba.

Karena itu setiap Anda akan membuat sebuah judul, buatlah beberapa judul sekaligus agar ide-ide yang lain bisa keluar.

Saya dulu pernah duduk di bangku kuliah desain grafis walaupun tidak sampai lulus. Setiap akan mengekseskusi satu desain terpilih saya biasanya membuat beberapa desain alternatif agar bisa mendapatkan desain yang benar-benar paling bagus.

Sama dengan sebuah tulisan, Anda perlu membuat beberapa alternatif judul agar bisa menemukan judul yang benar-benar baik dan mampu menarik orang untuk membaca artikel yang Anda buat.


Ya, jadi itu adalah Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik dan membuat orang mau untuk membaca. Memang tidak semua yang saya katakan di atas bisa digunakan untuk semua jenis artikel. Jadi silahkan Anda memilih salah satu yang cocok untuk artikel yang Anda buat. Silahkan Pelajari juga Cara Membuat Artikel yang bisa Populer dengan tehnik yang SUBMITCLimb gunakan.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top