skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Mau Tahu Cara Membuat Font Sendiri? Baca Panduan Ini

Mau Tahu Cara Membuat Font Sendiri? Baca Panduan ini

Cara Membuat Font Sendiri – Sekarang ini orang yang membuat font sendiri sudah sangat banyak dan font hasil buatan mereka bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Bukan hanya seorang web desainer dan desainer grafis saja yang boleh dan bisa membuat font. Sekarang ini siapa saja bisa membuat font mereka sendiri dengan bantuan software yang ada saat ini.

Di akhir artikel ini Anda bisa mengunduh Ebook Cara membuat font dan di Mana saja Anda bisa menjual font, selain itu Anda juga bisa mengunduh Video Tutorial cara membuat font yang panduannya saya beli dari SkillShare. Anda bisa mendapatkannya secara gratis.

Mungkin banyak yang ingin tahu sebenarnya bagaimana sih cara membuat font sendiri dengan bantuan komputer yang kita gunakan dan beberapa software untuk membuat font. Di dalam artikel ini SUBMITClimb ini berbagi pengetahuan tentang beberapa software atau aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat font sendiri dengan sangat mudan.

Meskipun kami mengatakan mudah bukan berarti mudah sekali. Masih dibutuhkan upaya dan kreatifitas kita masing-masing untuk bisa membuat font yang bagus dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Memang banyak sekali software yang bisa kita temukan di Internet untuk mendukung pembuatan font ini. mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Mungkin banyak yang mengatakan kalau software yang gratisan pasti tidak bagus. Menurut saya tidak juga dan tidak semuanya seperti itu. Ada banyak software yang memang dibuat secara khsusu untuk bisa digunakan secara gratis. Contohnya seperti Audacity software untuk pengeditan Audio.

Tidak usah lama-lama kami akan langsung menunjukkan beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk membuat font sendiri.

Software Pembuat Font Profesional dan Terbaik

Berikut ini adalah beberapa software yang banyak digunakan untuk merancang dan membuat font. Anda tidak harus bisa menguasai semua software yang ada daftar ini, cukup 1 atau dua saja Anda sudah bisa menghasilkan font dan uang dari font yang Anda buat.

Fontlab (Berbayar)

font lab untuk membuat font

Software yang satu ini bernama FontLab. FontLab memang dibuat khusus untuk mendesain font dan software ini paling banyak digunakan oleh mereka yang membuat font dan menjual font. Software ini bisa membantu Anda untuk membuat, membuka, memodifikasi, menggambar, membuat spasi dan melakukan banyak hal lainnya. Meskipun software ini memang berbayar Anda bisa mencoba untuk menggunakan font ini selama 30 hari secara gratis. Mungkin kalau mau cari versi jamunya ada juga di internet, tetapi sebelum mencari di tempat lain coba cek di Facebook group atau di instagram SUBMITClimb siapa tahu kami sudah punya.

FontCreator (Berbayar)

font creator untuk membuat font

Software yang ini juga termasuk software yang dibuat khusus untuk para perancang font. Memang menggunakan software yang di rancang khusus untuk membuat font pasti akan memudahkan si desainer font. Anda bisa berkreasi secara penuh dengan software ini, mengimport gambar atau hasil tulisan tangan Anda dan mengubahnya menjadi sebuah font, mengatur spasi, kerning dan lain sebagainya Software ini juga yang paling banyak digunakan oleh pencipta font di dunia. Anda juga bisa menggabngkan antara Software Illustrator dengan FontCreator.

Glyphs (Berbayar)

Software untuk membuat font lainnya adalah Glyphs. Ini juga software pembuat font yang banyak digunakan oleh disainer font di dunia. Anda bisa mengimpor gambar tangan Anda dan membuat font dengan tool type software ini. kemudahan pengaturan, drawing, edit Import, sketching font membuat software ini juga menjadi favorit banyak desainer font. Anda bisa mencoba dan menggunakan software ini secara gratis selama 30 hari penuh.

Adobe Ilustrator (Berbayar)

Software Adobe Ilustrator ini selain digunakan untuk membuat desain juga bisa untuk membuat font buatan kita sendiri. Memang untuk bisa menggunakan software yang satu ini perlu belajar dulu pengenalan tool dan juga fungsinya. Menurut saya hasil font yang kita buat dengan menggunakan software ini sangat bagus dan jauh lebih fleksibel jika kita menggunakan beberapa software pembuat font khusus gratis yang ada di internet yang saya sebutkan di bawah ini.

 

Menurut saya meskipun tidak di rancang secara khusus untuk membuat font, Ilustrator mampu dan handal untuk membuat font buatan sendiri. Ini bisa dibuktikan banyaknya orang yang menggunakan software ini untuk membuat font. Bahkan beberapa tempat kursus online yang mengajar tentang cara membuat font banyak yang menggunakan software ini di dalam panduan mereka.

Sotware Pembuat Font (Semi Profesional)

FontForge (Gratis)

Memang tidak banyak yang dijelaskan di halaman depan dari website FontForge. Saya secara pribadi pada saat menulis artikel ini belum sempat mencoba software ini. Tapi dari tampilan website dan gambar yang ada saya bisa memastikan software yang satu ini bagus dan masuk dalam kategori semi profesional. Kenapa saya Anda bisa membuat font seperti Anda mengedit vector di Ilustrator atau di CorelDraw.

Software Gratis Pembuat Font (Kurang Bagus)

Beberapa software yang saya sebutkan di bawah ini adalah software pembuat font gratis yang bisa Anda gunakan. Menurut saya semua software ini kurang begitu bagus dan saya secara pribadi tidak suka menggunakan software ini. entah terlalu mudah atau saya yang memang kurang bisa menggunakan software ini. (Jam terbangnya kurang banyak)

Fontstruct (Gratis)

Fontstruct adalah sebuah software berbasis web yang bisa membantu Anda untuk membuat font secara gratis. Tool yang satu ini memang terlihat mudah untuk digunakan jika kita lihat dari intro yang ada di website mereka. Font yang dibangun dengan software ini berbentuk geometris yang dibuat atau di susun dengan pola grid. Hasil font yang dibuat dengan software ini adalah font true type yang bisa langsung Anda gunakan baik untuk di Windows atau Mac. Dari dulu Saya secara pribadi kurang begitu suka dengan software yang berbasis web. Kalau Anda suka dan memang ingin menggunakan software yang gratisan maka Fontstruct cocok dan bisa Anda gunakan.

BitfontMaker2

Mungkin banyak yang belum tahu tool yang satu ini. sama saya juga baru tahu belum lama ini dan setelah mencoba sendiri saya kurang begitu suka. Bitfontmaker2 ini adalah versi terbaru yang dibuat oleh Bitfontmaker. Sama seperti Fontstruct, Bitfontmaker2 juga harus digunakan secara online. Tapi seperti yang saya bilang tadi, kok saya malah kesulitan ya sat menggunakan aplikasi yang satu ini? apakah Anda juga mengalami hal yang sama seperti saya?

Menjual Font buatan Anda

Sampai di sini mungkin Anda ingin tahu apakah Anda bisa menghasilkan uang dari membuat font sendiri? Jawabannya bisa tetapi tidak bisa langsung instant di jual begitu saja. Ada proses-proses yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat sampai menjual font.

Membuat font menurut saya adalah salah satu cara untuk Anda bisa menghasilkan uang dari rumah dengan modal kecil. Selain bekerja dari kantor Anda juga bisa menghasilkan uang tambahan dari menjual font. Bahkan beberapa orang sudah mulai menjadikannya sebagai pekerjaan utama juga.

Untuk jelasnya kalau Anda ingin tahu cara membuat font dan menjual font mungkin Anda bisa membaca panduan dalam bentuk Ebook yang dibuat oleh Mas Shiro di sini, saya tidak tahu apakah itu nama asli atau bukan yang pasti di dalam Ebook yang dibuat, dia memperkenalkan dirinya sebagai Shiro.

Seperti janji saya di atas saya akan membagikan video tutorial yang saya beli di kursus online berbayar di luar tentang Cara membuat font sendiri mulai dari sketsa sampai pembuatan font yang sesuai dengan standar font dunia. Silahkan mengunduhnya di sini.

Lalu di mana saja sih Anda bisa menjual font yang Anda buat. Ada banyak tempat untuk menjual font yang sudah Anda buat sendiri, biasanya desainer font akan menjual font buatan mereka di Marketplace khusus untuk memasarkan font atau hasil karya orang-orang kreatif contohnya seperti di Creative Market, Font Bundles, dealjumbo, my designs deal, pixelsurplus dan masih banyak tempat lainnya.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu kami untuk share artikel Cara Membuat Font Sendiri ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top