skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuat Channel YouTube Yang Menarik

Cara Membuat Channel YouTube yang Menarik dan Menghasilkan

Apakah saat ini Anda ingin membuat channel YouTube tetapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Membuat sebuah channel di YouTube sangat mudah sekali. Ini sama seperti kita membuat sebuah email, hanya perlu di tambahkan beberapa pengaturan untuk membuat channel kita menarik dan menghasilkan uang

Ya, membuat channel YouTube memang lebih mudah dari yang Anda bayangkan! Dalam panduan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menyiapkan segalanya untuk memulai perjalanan Anda membuat YouTube channel dan mengembangkannya.

Langkah pertama – Membuat Google Account

Langkah pertama yang harus Anda siapkan sebelum membuat channel YouTube adalah membuat email Gmail. Jadi jangan gunakan email yang lainnya seperti Yahoo, Hotmail dan lain sebagainya. Jika Anda sudah mempunyai akun Gmail, maka Anda tidak perlu membuat email baru kecuali Anda memang ingin mempunyai beberapa email baru.

Email ini akan kita gunakan untuk masuk ke YouTube dan membuat channel YouTube. Untuk membuat akun Google itu sangat mudah dan gratis. Anda hanya perlu mengunjungi website YouTube, kemudian klik tombol “sign in” yang berada dibagian pojok kanan atas.

membuat akun YouTube

Langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu untuk mengklik “create account” untuk memulai membuat akun email Gmail yang baru. Kemudian langkah selanjutnya Anda hanya perlu untuk mengisi semua data-data sesuai dengan isian form yang di minta. Anda mungkin akan di minta untuk memasukkan no telepon untuk memverifikasi dan juga untuk pemulihan email. Jika di minta silahkan di isi saja.

registrasi email gmail

Selamat – Anda sudah membuat dan mempunyai email Gmail baru (Google account).

Selain membuat email melalui website YouTube Anda juga bisa membuat email melalui website gmail.com. Silahkan lihat video panduan cara membuat email Gmail melalui website Gmail di bawah ini.

Langkah ke dua – Membuat YouTube Channel

Nah saya rasa banyak orang yang membuat channel YouTube salah membuat channel. Mengapa saya bisa dan berani mengatakan salah? Karena ada dua macam tipe YouTube channel yang bisa kamu buat: Personal dan Brand account.

Kalau di Facebook ada Facebook personal dan Facebook page. Facebook page inilah yang dibuat untuk bisnis atau agar orang-orang lain bisa mengikuti Anda tanpa harus melakukan pertemanan.

Apakah salah membuat channel dengan menggunakan model personal channel? Jawaban saya tidak salah, boleh dan silahkan saja, bahkan YouTube sendiri memang mempersilahkan memperbolehkan siapa saja untuk memilih membuat channel dengan model personal atau brand account.

Mungkin Anda ada yang bertanya, lalu kenapa saya di atas mengatakan banyak orang yang salah saat membuat channel YouTube, maksudnya apa?

Saya menulis dan mengatakan seperti itu hanya untuk menarik perhatian Anda untuk terus membaca artikel ini secara lengkap karena memang bagian itu sangat penting untuk diketahui, agar Anda tidak salah dalam membuat channel dan mengembangkan channel YouTube.

Personal channel hanya bisa di akses dan dikelola hanya oleh satu orang saja: Anda! sedangkan Brand account bisa dikelola oleh beberapa orang sekaligus.

Setelah Anda masuk ke YouTube, klik profile akun Anda yang berada di pojok kanan atas, dari dropdown menu silahkan pilih “your channel

klik your channel youtube

Nanti akan muncul window baru di mana Anda akan di tanya, channel yang mau Anda buat itu channel apa? Ini yang saya maksud di atas pilihan personal account atau brand account. Tapi biasanya, saat kita membuat channel YouTube pertama itu adalah personal account. Kemudian saat kita menambah channel baru lagi, channel itu biasnaya yang channel brand account.

Untuk menambah channel atau membuat channel brand account Anda hanya perlu klik ikon profile yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Settings, nanti silahkan klik Add or manage Your channel. Setelah itu baru Anda klik tombol tambah dengan tulisan Create a new channel.

Sekarang Anda sudah mempunyai channel baru sendiri!

Langkah ke tiga – Setting YouTube Channel

Setelah berhasil membuat channel YouTube langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghias channel Anda, atau melakukan penyesuaian untuk channel baru Anda agar bisa SEO friendly dan bisa menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi channel Anda dan mau subscribe.

Mempercantik tampilan channel bisa memberikan dampak besar untuk kemajuan dan perkembangan channel YouTube Anda. Ini akan menentukan apakah orang akan subscribe channel Anda atau tidak. Jadi pastikan Anda meluangkan waktu untuk masalah ini.

Untuk bisa melakukan pengaturan channel art atau banner channel YouTube Anda hanya perlu mengklik gambar ikon foto yang ada di pojok kanan atas dari halaman depan channel Anda (Your channel).

Setelah itu nanti akan muncul pop up yang akan diarahkan ke halaman baru. Di halaman ini Anda bisa mengganti Profile picture, banner image dan Video Watermark. Saya tidak bicara banyak untuk halaman ini, karena saya yakin cukup mudah untuk memasukkan foto profile dan juga banner image atau cover channel.

Customize Channel YouTube

Bagaimana Cara Menambahkan Deskripsi di Channel YouTube

Deskripsi channel YouTube harus berisi gambaran umum tentang channel Anda. Cobalah untuk membuat deskripsi sesingkat mungkin dan menarik.

Untuk mulai menambahkan deskripsi channel YouTube Anda, klik tab “About”.

Jika Anda masih bingung apa yang harus saya isi untuk kolom deskripsi channel saya, cobalah untuk menjawab pertanyaan yang ada di bawah ini:

  1. Siapa Anda? – Perkenalkan diri Anda! Viewer ingin tahu tentang Anda, siapa Anda dan mereka lebih senang mengetahui jika di balik channel itu ada orang nyata (real person behind the screen).
  2. Apa Tujuan Anda Membuat Channel? – Mengapa Anda sampai repot-repot meluangkan waktu untuk membuat video dan channel YouTube ini? Apa yang ingin Anda capai?
  3. Setiap Hari Apa Anda Mengupload Video? – Saran saya, sebaiknya Anda mempunyai jadwal yang tetap untuk mengupload video. Setiap hari apa Anda mengupload video, ini penting karena ini akan memberitahu pengunjung Anda kapan mereka bisa melihat dan menonton video-video baru Anda. Pastikan itu adalah hari yang sama untuk setiap minggunya agar konsisten.
  4. Apakah Anda Mempunyai aset yang lain? – Jika Anda mempunyai website atau blog, channel media sosial lain seperti Twitter, Facebook atau lainnya. Anda bisa memberitahu mereka di mana lagi mereka bisa melihat konten Anda.

Cara Mengupload Profile Picture

Gambar Channel Profile (dan channel Art: lihat di bawah) ini juga merupakan bagian yang paling penting selain channel art atau banner cover. Bagian yang paling sering di lihat oleh para pengunjung channel Anda adalah selain video adalah foto profile dan banner channel. Jadi, perhatian pertama orang adalah pada bagian ini.

Gambar foto profile Anda sangat kecil. Jadi, pastikan untuk membuat gambar Anda tetap sederhana dan jelas – Jangan terlalu banyak menambahkan sesuatu ke bagian itu.

Idealnya, profile picture adalah sebuah logo jika channel Anda untuk sebuah brand. Atau ini biasanya juga sebuah foto dari wajah Anda (pastikan close up).

Ukuran untuk gambar profile yang di rekomendasikan oleh YouTube adalah 800 x 800 pixels.

Setelah Anda memilih dan memasukkan gambar profile, gambar atau foto profile Anda akan langsung masuk dan tampil di channel Anda. Jika belum silahkan menunggu beberapa menit, jika masih belum muncul jangan panik karena ini memang baru bisa terlihat dan terupdate setelah beberapa menit.

Bagaimana Cara Mengupload Channel Art

YouTube channel art atau banner cover YouTube ada di halaman depan dari channel Anda yang posisinya tepat di atas channel YouTube Anda.

Ukuran untuk gambar YouTube channel art yang di rekomendasikan oleh YouTube adalah 2560 x 1440 pixels

Harap berhati-hati saat Anda membuat ukuran channel art YouTube Anda, karena ini akan terpotong pada ukuran tertentu bergantung dari perangkat yang Anda gunakan untuk melihat halaman utama channel YouTube tertentu. Sebagai contoh, banner art akan terlihat berbeda ketika penonton menggunakan komputer dan mobile.

 
memasang channel art youtube

Jadi, sangat bagus dan cocok jika menambahkan logo dan teks dengan ukuran 1546 x 423 pixels untuk memastikannya bisa terlihat cantik di semua perngkat.

Idealnya channel art dan foto profile harus mempunyai warna yang senada antara yang satu dengan yang lainnya. Coba gunakan skema warna yang sama untuk keduanya.

Bagaimana caranya menambahkan link ke halaman banner cover

Aspek lain yang bisa kita manfaat dari membuat channel YouTube adalah dengan menambahkan link ke situs web Anda dan juga ke akun social media Anda yang lainnya. Mungkin hal ini banyak di sepelekan oleh orang. Menurut saya ini adalah sebuah cara cepat dan yang paling sederhana untuk menghubungkan platform lain ke channel Anda atau sebaliknya.

Untuk menambah link ini di channel YouTube Anda, silahkan Anda klik tombol customize channel yang berada tepat di bawah cover channel Anda. setelah itu Anda akan diarahkan menuju halaman baru ‘Channel customization’. Di halaman ini ada tiga menu: Layout, Branding dan Basic info. Silahkan Anda pilih Basic info, kemudian scroll ke bawah kebagian Channel URL. Di sinilah Anda bisa menambahkan URL website dan social media.

Ketika ada penonton yang mengunjungi halaman ini, mereka bisa mengklik link yang ada di sini dan mengunjungi website atau akun social media Anda.

Bagaimana Cara Menambahkan Email ke Channel Anda

Mungkin bagian ini tidak pernah terpikirkan oleh Anda dan beberapa orang mungkin tidak ingin menampilkan email di dalam channel Anda. Meskipun bagian ini mungkin tidak terlalu penting sebenarnya jika Anda menambahkan email ke dalam channel Anda ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Mengapa penting? Mungkin ini untuk pertanyaan dari segi bisnis. Misalnya saja ada orang yang tertarik dengan video Anda dan mereka ingin berkolaborasi dengan Anda (Ini sering terjadi pada saya di channel-channel utama saya yang lain). Dengan memasukkan alamat email di channel Anda, Anda akan mempermudah orang-orang yang tertarik untuk bisa menghubungi Anda dan Anda bisa mendapatkan penghasilan dari situ.

Untuk menambahkan alamat email, Anda bisa memasukkan alamat email di kolom About (Channel name and description) atau pada menu Contact info dengan mengklik Menu Customize channel dari halaman home channel.

Langkah ke empat – Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan setelah Anda mempunyai konten

Setelah Anda membuat beberapa video dan menguploadnya ke YouTube, ada hal lain yang perlu Anda pertimbangkan untuk dibuat dan di tambahkan ke calam channel. Apa saja itu, saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa hal itu di bawah ini.

Buat Video Trailer untuk mengubah pengunjung menjadi subscriber baru

Fitur yang paling bagus di YoTube adalah kemampuannya untuk menambahkan video trailer atau video-video terbaik Anda ke halaman depan (home) channel. Video yang di tempatkan dengan fitur ini hanya bisa di lihat oleh orang-orang yang belum menjadi subscriber Anda.

Trailer video ini sebaiknya harus di buat sesingkat mungkin. Saya sih lebih senang menyebutnya dengan Highlight Video. Memang kurang tepat kalau saya sebut dengan Highlight Video, tapi yang mau saya kasih tahu di sini adalah jika memang memungkinkan Anda bisa membuat potongan-potongan video dari video-video yang sudah pernah Anda upload ke YouTube kemudian diletakkan dibagian depan halaman home channel sebagai trailer.

Tujuannya apa? Ya untuk menarik perhatian orang agar mereka nantinya mau menjadi subscriber channel Anda.

Untuk menambahkan channel trailer, silahkan klik menu Customize channel, pada menu channel customization pilih menu Layout dan video spotlight. Pada “Channel trailer for people who haven’t subscribed” klik Add” kemudian silahkan pilih video yang ingin Anda tempatkan di sini.

Tips untuk membuat channel trailer

  • Usahakan untuk membuat trailer video Anda pendek (< 1 menit)
  • Buat script terlebih dahulu untuk memandu Anda dalam pembuatan boice over atau perekaman video (pembuatan video)
  • Latihan, latihan, latihan!

Kelompokkan video Anda ke dalam playlist

Seraya waktu berjalan dan Anda dengan tetap tentu mengupload video, video Anda akan terus bertambah banyak. Dari sekian banyak video yang ada pasti ada beberapa video yang temanya saling berkaitan. Video-video ini bisa Anda kelompokkan berdasarkan video-video yang sejenis – Ini akan membantu penonton untuk tetap terus menonton video-video lain yang ada di dalam daftar putar yang Anda buat.

Ada beberapa cara untuk membuat playlist YouTube. Cara yang paling cepat dan termudah adalah dengan mengklik tab “playlist” dari halaman “customize channel” atau dari menu YouTube Studio. Lihat menu ‘playlist’ yang ada di bagian kiri, klik New Playlist, kemudian silahkan isi Nama playlist yang mau di buat dan untuk Visibility silahkan pilih Public, Private atau Unlisted.

membuat daftar playlist

Selanjutnya, jika Anda ingin mengedit playlist yang sudah Anda buat untuk menambahkan video dan juga deskripsi. Anda hanya perlu mengklik tombol edit bergambar ikon pensil. Setelah itu akan membuka pop up baru Anda hanya perlu mengklik link dengan gambar titik tiga yang ada di sebelah menu Top Keywords kemudian pilih + Add videos.

Percaya tidak percaya, mungkin banyak orang yang tidak mau mengisi halaman deskripsi yang ada di menu playlist ini. Saya sarankan pastikan Anda untuk mengisi bagian ini untuk memberi keterangan tentang playlist video yang Anda buat ini. Tidak perlu banyak, cukup beberapa kalimat penting saja untuk membantu penonton Anda, video apa saja sih yang ada di dalam playlist itu? Ini pasti akan membantu mendorong mereka untuk mencoba mencari tahu dan mulai menonton salah satu video yang ada di daftar playlist Anda.

Mengatur Layout channel YouTube atau menambahkan section

Mengupload video sudah kita lakukan, membuat playlist video juga sudah kita buat. Langkah selanjutnya yang mau saya tunjukkan kepada Anda membuat dan mengatur layout channel Anda. meskipun ini bisa saja tidak kita lakukan tapi Anda akan mendapatkan banyak manfaat kalau Anda mempunyai pengaturan yang rapi dan enak untuk dipandang mata. Pengaturan yang rapi dan menampilkan bagian-bagian penting dari channel bisa membantu meningkatkan view dan juga jumlah subscriber.

Untuk mengatur dan menambahkan bagian ini sangat mudah. Setelah mengklik menu “Customize channel” Anda akan diarahkan ke halaman baru. Pada kategori Featured sections klik + Add Section kemudian silahkan pilih playlis, Short video, Live Now atau lainnya melalui menu ini lalu klik publish setelah Anda memilihnya.

Saya sangat menyarankan Anda untuk menampilkan daftar putar (playlist) Anda yang paling populer dibagian depan dan paling atas dari beranda Anda (home page).

Penutup

Setelah membaca keseluruhan dari artikel panduan tentang Cara Membuat Channel YouTube yang Menarik dan Menghasilkan ini, saya yakin Anda sudah lebih paham tentang cara membuat channel YouTube yang bisa menghasilkan. Anda tahu betapa pentingnya membuat Title, mengisi deskripsi, menampilkan foto profile, membuat channel art dan masih banyak lainnya.

Setelah membaca artikel ini saya berharap apa yang sudah Anda baca ini bisa Anda praktekkan sekarang juga agar channel-channel yang Anda buat bisa lebih menarik bagi orang-orang yang menonton video Anda.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat ini, Bantu saya untuk share artikel Cara Membuat Channel YouTube yang Menarik dan Menghasilkan ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video lanjutan dan juga video tutorial lain yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Baca artikel lain:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top