skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuat Blog Yang Sukses Dan Bisa Menghasilkan

Cara Membuat Blog Yang Sukses dan Bisa Menghasilkan

Semua Orang yang ingin terjun di Bisnis Online ingin sukses dan bisa menghasilkan. Tetapi ada sebuah pertanyaan yang harus di jawab oleh kita semua, Bagaimana Cara Membuat Blog yang Sukses dan Bisa Menghasilkan?

Menarik ya pertanyaannya?

Iyalah, wong berhubungan dengan uang pasti akan sangat menarik. Apalagi kalau itu bisa menghasilkan sampai puluhan juta bahkan ratusan juta atau mungkin milyaran?

Bukan hanya Anda dan saya saja yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog, tetapi para pemilik usaha juga ingin mendapatkan penghasilan dari online.

Meskipun banyak orang ikut dan belajar kursus online marketing, buktinya tidak banyak orang yang bisa sukses dari blog.

Jika kita bandingkan, orang yang sukses dengan membangun blog jauh lebih sedikit ketimbang yang tidak sukses. Saya memperhatikan banyak sekali blog yang dibangun setelah beberapa tahun kemudian hilang.

Jika saya ditanya apa penyebabnya? Saya akan menjawab ada banyak sekali faktor yang bisa menentukan seseorang tidak bisa sukses dengan blog yang dibangunnya. Salah satu hal yang menjadi penyebab blog tidak bisa sukses adalah pemiliknya tidak fokus ke hal – hal yang paling penting.

Dalam beberapa menit ke depan saya akan mencoba menulis bagaimana Anda dan saya bisa Membuat sebuah Blog Yang Sukses dan Bisa Menghasilkan dari blog, minimal 1 juta perbulan.

...belajar dari pengalaman saya

Saya sudah lebih dari 8 tahun terjun di bisnis online dengan membangun beberapa blog, baik itu blog pribadi, blog affiliate dan juga blog untuk usaha yang saya jalankan sendiri.  Tidak semua bisa berjalan dengan baik dan sukses, bahkan beberapa website saya tutup.

Tetapi dari situ saya bisa belajar kalau membangun sebuah website atau blog yang sukses, tidak bisa langsung menghasilkan. Dibutuhkan langkah-langkah dan strategi yang tepat, butuh waktu dan kerja keras.

Memulai Proses Pembuatan Sebuah Blog

Untuk memulai sebuah blog Anda bisa melakukan cara seperti yang saya lakukan ini.

#1 – Menentukan Niche Blog

Biasanya blog yang bagus selalu fokus dengan pembahasan satu tema saja. Karena dengan demikian blog itu akan memiliki pengunjung yang menyukai tema itu. Biasanya kalau kita membuat website gado-gado seperti website SUBMITClimb ini, agak sulit untuk menemukan pengunjung yang loyal. Karena pembahasan di tempat kita selalu beraneka ragam. Meskipun begitu bukan berarti tidak bisa menghasilkan sama sekali ya.

Bagaimana Anda dan saya bisa menentukan sebuah niche untuk blog yang akan di bangun?

  1. Apa passion Anda, minat atau bakat yang ada dalam diri Anda.
  2. Buat blog yang berhubungan dengan industri atau bisnis Anda.

Sebuah blog bisa menghasilkan jika si penulisnya sangat ahli di bidang yang ia tulis. Mengapa saya bisa katakan seperti itu? Karena si penulis akan lebih mudah untuk menulis dan apa yang dibahasnya juga dari apa yang dia ketahui, makannya blog yang seperti ini kemungkinan besar bisa sukses dan menghasilkan.

Lalu bagaimana jika Anda dan saya tidak ahli di niche yang akan kita buat?

Gampang…

  • Belajar tentang topik yang akan Anda tulis sampai Anda menguasainya. Semua niche bisa kita pelajari. Seorang dokter dulunya bukan seorang dokter, karena dia belajar akhirnya dia bisa dan menjadi dokter.
  • Gunakan Jasa Penulis (bisa rekrut penulis yang memang benar-benar menguasai bidang tertentu. Saya ada blog yang membahas tentang topik yang sama sekali tidak saya ketahui dan saya bisa membuat blog dengan niche itu dan menghasilkan, ini karena saya menggunakan jasa penulis (merekrut orang yang memang punya keahlian di bidang itu)

#2 – Membeli Nama Domain, Hosting, Template website dan Memilih platform yang akan digunakan.

Setelah Anda menentukan topik apa yang mau Anda angkat, sekarang waktunya untuk mulai membuat website. Tetapi sebelum membuat web blog Anda harus menentukan nama domain apa yang akan Anda gunakan dan mau menggunakan hosting apa?

Nama domain yang akan kita gunakan sebaiknya mudah di ingat dan tidak terlalu panjang juga. Untuk memilih nama domain yang baik coba pelajari artikel yang pernah saya tulis Tips Memilih Nama Domain.

Untuk hosting sendiri sebaiknya gunakanlah shoting yang sudah terpercaya dan populer. Kalau sudah soal hosting sebaiknya jangan pikir-pikir lagi jika memang sudah terbukti populr dan terpercaya.

Untuk platform sendiri saran saya gunakan saja WordPress. Karena ini sudah terbukti baik, bagus dan fiturnya juga sangat banyak dan lengkap. Ketika saya berbicara tentang WordPress, saya sedang tidak berbicara yang gratis dan menggunakan domain dan hosting yang kita sewa langsung di WordPress. Tetapi kita akan menggunakan paltform WordPress untuk website kita.

#3 – Tentukan Sumber Penghasilan.

Hal lain yang juga di pikirkan adalah menentukan sumber penghasilannya dari mana. Mungkin pilihan ini akan membantu Anda untuk menentukan sumber penghasilannya.

  • Menjual produk sendiri.
  • Mempromosikan produk affiliasi.
  • Menjual Jasa.
  • Menjadi publisher iklan.

Jika website yang Anda buat untuk sebuah perusahaan maka Anda tidak perlu memikirkan untuk mendapatkan sumber penghasilannya.

Meskipun tujuan kita membuat sebuah blog adalah untuk bisa menghasilkan uang dari internet, usahakan untuk tidak terlalu berfokus dengan penghasilannya dulu.

Coba Anda berfokus untuk memberikan informasi yang bisa memberi manfaat buat banyak orang terlebih dahulu. Soal uang nanti akan mengikuti Anda. Untuk satu blog saya biasanya membutuhkan waktu 6 sampai 1 tahun untuk bisa menghasilkan.

#4 – Riset keyword

Riset kata kunci perlu dilakukan untuk membantu kita menemukan kata kunci turunan dari kata kunci utama kita.

Katakanlah keyword utama kita adalah susu kedelai.

  • Review produk susu kedelai
  • Informasi dan juga review tentang produk susu
  • Beberapa informasi toko, pembuat susu yang menjual susu kedelai
  • Informasi tentang mesin kedelai
  • Panduan cara membuat susu kedelai dll

Untuk bisa menemukan website-website yang membahas tentang hal ini maka anda sering-seringlah berkunjung ke website yang memiliki pembahasan yang sama dengan niche yang akan Anda target, bisa juga di komunitas Facebook dan juga forum.

Jangan sampai kita menghabiskan banyak waktu hanya untuk melakukan riset keyword hanya untuk menemukan long tail keyword. Anda tidak perlu sampai melakukan riset keyword seperti itu. Jika anda ingin belajar cara riset keyword silahkan baca artikel yang pernah saya buat ini “Panduan Cara Riset Keyword Yang Tepat Sasaran”.

#5 – Siapa calon Pembeli Yang Anda Target

Selain itu sebelum Anda mulai membuat website, pastikan untuk menentukan siapa saja sih orang-orang yang ingin Anda target untuk membeli dari website Anda?

Mengapa ini sangat penting untuk kita pikirkan? Karena supaya Anda bisa membuat konten yang membantu memberikan solusi dari permasalahan yang di hadapi oleh calon pembeli yang ingin Anda target.

Kalau step ini Anda abaikan saya yakin Anda tidak akan bisa mentarget orang-orang yang memang ingin Anda target. Selain itu jika Anda melakukan step ini ada manfaat lain yang akan Anda dapatkan:

  • Anda bisa mengetahui apa saja sih yang sedang di alami oleh mereka
  • Anda juga bisa menjalin hubungan dengan banyak orang dan akhirnya mereka nantinya bisa di jadikan klien Anda
  • Untuk melakukan promosi di kemudian hari

Anda ingin mendapatkan penghasilan dari layanan yang ingin Anda jual, jadi pastikan Anda memahami karakteristik calon pelanggan Anda. Memang tidak mudah untuk menemukan calon pembeli dengan memahami karakteristik mereka, tetapi ada beberapa cara yang bisa membuat kita memiliki harapan untuk bisa mendapatkan calon pelanggan dan mempelajari karakteristik dan juga kebiasaan mereka.

Silahkan coba Anda sering-sering mengunjungi website-website seperti ini:

  • Website forum – biasanya orang suka berkumpul di sebuah forum-forum seperti, kaskus dll. Cara mencarinya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan kata kuncinya di mesin pencari dengan menambahkan niche Anda. Contohnya [niche] + forum
  • Facebook Groups – lakukan search di FB supaya Anda bisa menemukan grup yang memang berhubungan dengan bisnis atau niche Anda
  • Instagram, Twitter dan lainnya. (pelajari juga #hastags yang mereka gunakan.

#6 – Belajar dari Blogger Lain

Ini adalah cara yang terbukti paling manjur untuk kita semua belajar dan membangun blog yang sukses. Tentunya ada banyak keuntungan jika kita belajar dan mencari blogger lain.

  1. Belajar seperti apa sih web blog yang sukses itu. Usahakan cari website yang satu niche (tema) dengan blog Anda. Lalu buatlah web blog yang melebihi mereka. Selain itu saya juga menggunakan alat bantu Followerwonk untuk menemukan orang-orang yang antusias di niche yang akan saya tulis.
  2. Anda bisa mengetahui topik-topik seperti apa sih yang sering dan bagus untuk di tulis.
  3. Kalau bisa bersahabat dengan mereka, meskipun secara online. Ini akan membantu Anda memiliki banyak keuntungan lain. Jika tidak bisa cukup pantau website mereka dan belajar dari situ.

#7 – Perencanaan Membuat Konten

Membuat sebuah blog yang sukses tentu berhubungan dengan kualitas konten yang ada di dalam website mereka. Pemilik blog tentu juga tidak ingin reputasi mereka dianggap buruk oleh orang lain dengan menyuguhkan artikel-artikel yang tidak bermutu.

Jadi untuk bisa membuat blog yang sukses Anda tidak boleh membuat konten asal-asalan yang bisa jadi hanya dalam hitungan menit.

Membuat sebuah konten membutuhkan waktu dan juga proses yang tidak cepat. Ada perencanaan dan strategi penulisan khusus agar setiap artikel itu bisa menarik untuk orang lain.

Saya biasanya melakukan cara – cara seperti ini, mungkin cara saya ini kurang begitu tepat, tetapi ini adalah cara yang terbukti bisa membuat saya menulis artikel-artikel baru. Caranya seperti ini:

 
  • Saya selalu mengunjungi website-website yang di atas sudah saya catat seperti, Group dan forum dan komunitas lain yang ada di Internet.
  • Saya biasanya berlangganan email tetapi tidak semuanya berlangganan email, ada beberapa website yang saya catat dalam daftar saya untuk dijadikan inspirasi dan menemukan ide tulisan baru. Setelah itu saya mengunjungi website itu satu-satu setiap harinya untuk melihat dan belajar apa yang sedang mereka tulis dan bagikan di website mereka. Saya juga menggunakan alat bantu seperti Feedly untuk selalu bisa melihat update dari website mereka.

Setiap menemukan ide untuk pembuatan konten segera catat ke dalam buku, atau bisa Anda catat di dalam notepad. Saya biasanya selain mencatat ke dalam notepad juga mencatatnya secara online dengan menggunakan Trello.

#8 – Belajar SEO

SEO bagi beberapa orang mungkin terdengar sangat menyuliskan dan sulit untuk dipelajari. SEO yang saya bicarakan di sini adalah Anda hanya perlu tahu beberapa hal dasar dan poin-poin pentingnya saja.

Anda hanya perlu tahu bagaimana mesin pencari, membuat sebuah website bisa berada di halaman pertama mesin pencari dan bagaimana Anda bisa melakukan hal itu?

Yang perlu Anda tahu tentang SEO.

  • SEO membutuhkan waktu, SEO tidak bisa instan dilakukan dengan cepat hanya dalam beberapa hari saja. SEO adalah salah satu cara yang paling terbaik untuk membuat website Anda populer.
  • SEO harus dikerjakan dalam jangka waktu terus menerus dan dalam waktu yang panjang.
  • Jika Anda melakukan hal-hala lain dengan benar, bisa jadi rangking website Anda perlahan-lahan juga akan naik.

Buat Anda yang ingin belajar SEO bisa belajar di channel SUBMITClimb dan juga bisa mendownload panduannya di dalam grup Facebook page kami di bagian dokumen atau note.

#9 – Membuat Konten Yang Berkualitas.

Banyak sekali konten-konten yang dibuat hanya untuk tujuan mesin pencari danmenghasilkan uang. Meskipun memang pada akhirnya tujuan kita semua untuk menghasilkan uang, tetapi bukan berarti anda membuat konten yang asal dan tidak baik.

Jika anda membuat konten yang isinya bisa membuat orang lain merasa artikel atau video Anda benar-benar bermanfaat buat mereka dan layak untuk di bagikan dengan sendirinya mereka nanti akan merekomendasikan web blog Anda.

Kita juga harus membuat konten yang bisa membuat pemilik blog lain menjadi terkagum-kagum dengan apa yang kita tulis. Kalau bisa apa yang kita tulis harus melebihi apa yang mereka ketahui selama ini.

Mengapa ini penting?

Karena blogger yang sudah populerlah yang mempunyai audience. Kalau Anda bisa membuat konten yang bagus dan sangat luar biasa, dengan sendirinya mereka akan merekomendasikan artikel yang Anda buat kepada audience mereka.

Jadi konten yang berkualitas yang saya maksud yang seperti ini.

Konten yang biasanya bisa populer adalah:

  • Tutorial atau Panduan yang sangat lengkap
  • Konten yang memberikan solusi dari masalah yang banyak di alami oleh orang-orang
  • Jawaban dari apa yang sering ditanyakan dan membuat banyak orang bingung
  • Menganalisa suatu berita
  • Konten yang Anda buat isinya belum pernah di bahas oleh orang lain

Tidak mudah bukan untuk membuat konten? Itulah sebabnya Anda harus menjadi seorang yang ahli untuk membuat sebuah konten dengan niche tertentu.

#10 – Aktif di Media Sosial dengan Akun Pribadi Anda

Sebagai seorang blogger Anda diharuskan aktif di media sosial. Tidak aktif dengan akun perusahaan tetapi aktif dengan akun Anda pribadi.

Apa alasannya?

  • Membangun kepercayaan dengan pembaca
  • Mencari ide konten
  • Mempromosikan konten-konten yang Anda buat
  • Membagikan artikel yang sudah Anda buat.

Sosial media adalah alat bantu untuk memperkenalkan dan mempopulerkan blog Anda. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang terbesar untuk penggunaan akun sosial media, tentu ini akan memberikan keuntungan tersendiri buat kita.

Dengan bantuan sosial media, kita bisa menjangkau orang lain dengan membagikan konten. Di akun sosial media, kita tidak hanya akan membagikan konten-konten kita, kita juga bisa membagikan konten dari website lain jika memang itu memberi manfaat.

Setiap Anda akan melakukan share artikel yang menurut Anda baik, pastikan:

  • Anda juga membagikan penjelasan singkat tentang isi dari konten yang Anda buat
  • Jangan pernah menggunakan tool otomatis untuk mempublish postingan blog Anda seperti dlvrit.com
  • Saya biasanya 2 artikel dari website lain saya bagikan melalui akun sosial media saya, kemudian 2 dari konten saya sendiri dan 1 untuk update yang tanpa menggunakan link.

Memang ada alat bantu untuk memudahkan kita mengupdate akun sosial media kita. tetapi biasanya untuk fitur yang lebih, biasanya mengharuskan kita untuk menggunakan paket yang berbayar contohnya seperti Buffer.

#11 – Saatnya Promosi Konten

Konten sudah bagus, SEO juga sudah berjalan dan sekarang waktunya untuk mempromosikan konten-konten yang Anda buat. Sebuah blog yang sukses tentu harus memiliki pengunjung yang setia. salah satu cara untuk sukses dari blog adalah melakukan promosi konten.

Jujur, dari sekian banyak web blog yang saya miliki tidak semuanya mampu saya promosikan. Bahkan mungkin banyak blogger yang tidak melakukan promosi untuk web blog mereka. Sebenarnya peringkat kita di mesin pencari Google tidak bisa kita raih sesuka hati kita dan bisa kita pertahankan untuk selamanya.

Karena jika Anda ingin sukses dari blog jangan hanya mengandalkan SEO saja. Tetapi lakukan juga promosi konten. Jika kita melakukan promosi konten kita bisa mendapatkan dua manfaat ini:

  • Calon pembaca setia web blog Anda
  • Orang-orang yang sudah mempunyai blog (blogger) yang membagikan konten Anda kepada para pembacanya.

Promosi dan juga direkomendasikan oleh orang lain jika kita membuat konten yang benar-benar memberikan manfaat buat orang lain tanpa harus membayar. Oleh karena itu membuat konten yang berkualitas sangat perlu sekali untuk kesuksesan blog Anda.

Untuk memasarkan konten biasanya saya pergi ke forum-forum dimana banyak orang berkumpul. Di sana saya tidak hanya diam tetapi saya membaca setiap ada keluhan dari orang-orang lain dan jika saya bisa, saya akan mencoba membantu menjawab pertanyaan mereka.

Untuk memasarkan konten yang saya punya biasanya saya melakukan jalan-jalan ke blog orang lain. Saya menjalin hubungan dengan berkomentar di blog mereka. Komentar yang saya lakukan bukan asal komentar, biasanya saya membaca artikel mereka dan memberikan masukan-masukan dan juga membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di sana, sehingga dengan demikian kita akan di kenal dan mereka akan percaya dengan kita dan akhirnya mau mengunjungi website kita juga.

#13 – Membangun Channel YouTube

Salah satu cara yang juga bisa kita gunakan untuk mengembangkan dan mempromosikan konten atau blog kita adalah dengan cara membuat YouTube Channel.

Banyak orang lebih suka menonton video. Jika Anda mampu dan bisa membuat video sederhana Anda bisa membuat video untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

Buatlah video panduan atau yang memberikan informasi tentang hal-hal yang memberi manfaat buat banyak orang, sehingga diharapkan nantinya banyak yang mengunjungi dan menonton video Anda.

Setiap Anda mengupload video baru ke YouTube, Anda bisa menambahkan deskripsi konten yang berada di bagian bawah video. Banyak orang jarang memanfaatkan bagian ini, dengan alasan terlalu lama dan ribet kalau kita harus mengisi bagian deskripsi video. Jika Anda mengisi bagian ini ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan misalnya saja kita bisa menambahkan keterangan seperti alamat website kita, alamat social medi kita dan keterangan lainnya.

#14 – Membangun Email List

Banyak orang bilang kalau website masih baru jangan membangun email list dulu. Menurut saya ini salah besar. Sejak website kita dibangun kita sudah harus membuat email list. Email list ini kekuatannya sangat besar, meskipun susah untuk mendapatkannya, pastikan Anda membangun dan membuat email list sekarang juga di website Anda.

#15 – Menganalisa Blog Anda

Setelah semua sudah kita lakukan, langkah lain yang perlu kita lakukan adalah menganalisa blog kita. meskipun memakan waktu dan sedikit ruwet kita harus melakukan langkah ini. Tujuannya untuk mengetahui:

  1. Apa yang membuat pengunjung datang
  2. Apa yang membuat pengunjung pergi
  3. Apa yang membuat orang-orang yang datang ke website kita mau melakukan sesuatu seperti mendaftar, membeli dan membagikan konten kita

Dengan mengetahui semua ini, Anda bisa terus membangun blog yang baik dan bisa mendatangkan pengunjung yang terus bertambah.

Ya, jadi itulah cara saya Membuat Blog Yang Sukses dan Bisa Menghasilkan meskipun hasilnya tidak sebanyak blogger lain. Meskipun saya sudah memberitahu bagaimana Anda bisa Membuat Blog Yang Sukses dan Bisa Menghasilkan dan menerapkan apa yang saya beritahu ini, Anda perlu ingat, bahwa tidak ada langkah cepat yang bisa membuat Anda sukses membuat blog dalam waktu 1 hari saja.

Kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan dari blog yang kita bangun. Jika anda berusaha dengan keras dan tekun Anda pasti bisa menghasilkan.

Pelajari Lebih Lanjut:

Pengertian Tentang Blog

Mau Tahu dari Mana Sumber penghasilan Seorang Blogger

Tool Terbaik untuk Blogger yang harus ada di website Anda

Template Blogger Terbaik 2019 yang paling banyak di download

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top