skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Membuat Artikel Yang Populer Dengan Tehnik SUBMITClimb

Cara Membuat Artikel yang Populer dengan tehnik SUBMITClimb

Cara Membuat Artikel yang Populer – Sudah selesai membuat konten untuk website lalu apa langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan? Bisa jadi ini yang paling banyak di tanyakan oleh orang-orang yang baru mempunyai website atau yang baru belajar SEO.

Saya ingin bertanya kepada Anda, Apakah artikel yang populer dan banyak di share oleh orang adalah sebuah keberuntungan?

Jawabannya Tidak!

Dari apa yang saya pelajari dan ketahui sampai hari ini, seorang konten marketer yang handal, yang sangat tahu tentang apa yang harus mereka rancang dan buat agar artikel mereka bisa banyak mendapatkan share dan populer, mereka mengerti dan tahu apa yang harus mereka lakukan dan buat.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara membuatnya?

Biasanya mereka menggunakan beberapa elemen dasar ini untuk membantu membuat artikel mereka populer, pastikan Anda untuk membaca artikel yang saya buat ini sampai habis.

Saya berharap setelah Anda membaca artikel yang saya tulis pada hari ini dari Bali, akan bisa membuat Anda lebih memahami bagaimana caranya membuat artikel yang bisa populer untuk semua website yang Anda kelola.

Apa penyebab sebuah Artikel bisa Populer?

Seorang pakar pernah menulis seperti ini, ada hal yang bisa menyebabkan sebuah artikel yang Anda buat menjadi populer.

Beberapa penyebab inilah yang akan menjadi sebuah pemicu yang nantinya akan membuat setiap orang yang membaca dan melihat artikel anda untuk membagikan kepada orang lain.

Beberapa hal yang akan saya bahas ini memang tidak sepenuhnya ide dan pemikiran dari saya, tetapi dari beberepa artikel dan juga buku-buku yang pernah saya baca.

Saya juga akan membahas sebuah panduan tentang caranya Anda bisa membuat sebuah artikel yang bisa membua orang lain untuk mau membagikan artikel yang Anda buat.

Dengan menggunakan beberapa elemen yang akan saya bahas dalam artikel ini Anda bisa memiliki harapan untuk bisa membuat konten-konten yang bisa memiliki harapan untuk:

  1. Memiliki share dari orang yang membaca artikel Anda
  2. Mendapatkan harapan untuk mendapatkan backlink gratis dari website lain.

Memang untuk dan memberikan link url ke website lain di Indonesia masih sangat kurang, beda dengan orang-orang yang ada di luar yang mau menghargai semua upaya apapun yang dilakukan oleh orang lain.

Ok mari kita mulai pembahasan kita tentang apa saja yang bisa kita masukkan saat kita membuat artikel yang bisa populer. Bukan hanya populer untuk di media social, artikel yang kita buat bisa mendapatan peringkat yang bagus di mesin pencari.

1. Kebanggan dalam diri Anda

Coba Anda pikirkan apa yang membuat orang-orang mau share sebua artikel yang ada di website tertentu?

Kebanyakan orang adalah mempunyai perasaaan bangga saat melakukan hal itu.

Kebanggaan ini biasanya bisa diartikan dalam 2 hal:

  1. Share, retweet, like, berkomentar, kagum dari orang yang memfollow mereka
  2. Mendapatkan citra yang baik dari setiap konten yang mereka share

Sebagai contoh di pertemanan Facebook saya ada satu orang yang suka share tentang konten-konten tertentu yang di bacanya. Suatau ketika dia menshare artikel dengan topik tertentu.

Dengan share artikel itu, teman saya ini berharap mendapatkan kekaguman dari teman-temannya, meskipun dia mungkin tidak mau mengakui secara terang-terangan kalau dia mempunyai keinginan seperti itu, tapi salah satu tujuan dia melakukan share adalah mendapatkan kekaguman.

Kunci Pertama. Cari Sesuatu yang belum di tahu orang lain

Hal pertama saat Anda akan membuat artikel adalah buatlah sebuah artikel yang isi artikelnya belum banyak di ketahui oleh orang lain. Biasanya kalau Anda membuat artikel seperti ini, orang-orang kemungkinan mau untuk share artikel yang Anda buat di akun social media mereka.

Percaya atau tidak kecenderungan banyak orang adalah ingin agar merekalah orang yang pertama kali membagikan artikel yang belum banyak di tahu oleh orang lain. Kata-kata mudahnya adalah mereka ingin menjadi orang yang pertama melakukan itu.

Kunci Kedua. Menyelesaikan Masalah atau Mempermudah Pekerjaan Orang

Saat Anda mencari sesuatu di internet, Anda biasanya ingin menemukan sebuah artikel yang bisa menyelesaikan apa yang sedang mereka alami.

Jadi usahakan untuk tidak membuat artikel yang sudah banyak di bahas oleh orang lain. Karena kemungkinan untuk populer atau mendapatkan share akan jauh lebih sedikit.

Apakah harus 100% artikel yang belum pernah di bahas?

Jawabannya tidak perlu.

Anda hanya perlu membuat artikel dengan menggabungkan dari beberapa cara tetapi dengan beberapa langkah mudah saja.

Yakinkan mereka kalau cara yang Anda bagikan akan jauh lebih mudah daripada cara yang banyak di share di tempat lain.

Kunci Ketiga. Membandingkan dengan hal lainnya

Anda bisa membuat artikel yang membandinkgan antara Produk A dan Produk B.

Jika Artikel yang Anda buat memberi kesimpulan tentang keunggulan dari produk B, maka bisa jadi orang yang sudah menggunakan produk B dan membaca artikel Anda akan jauh lebih mudah untuk memberitahu artikel yang Anda buat kepada teman yang mereka kenal.

Masuk akal bukan?

Kunci yang ke empat. Membahas tentang Organisasi atau Individu tertentu

Kita sebagai manusia yang berdosa akan memiliki ketertarikan akan sesuatu hal apapun. Katakanlah kita suka dengan sosok seseorang yang kita idolakan, katakanlah Presiden tertentu.

Kemudian Anda membahas artikel tentang presiden yang di sukai oleh orang itu.

Bisa jadi orang yang mengidolakan Presiden itu akan tertarik dengan artikel yang Anda buat dan karena dia sangat mengidolakannya bisa jadi orang itu akan share artikel Anda kepada orang-orang lain supaya mereka juga mengetahuinya.

Kunci yang ke lima. Membahas hal-hal yang positif

Membahas tentang hal apapun secara positif biasanya akan membuat orang yang menyukai hal itu akan dengan sukarela mau share artikel Anda.

2. Buat Sesuatu yang mudah untuk di ingat Orang

Orang hanya mau merekomendasikan artikel yang bermanfaat dan yang akan mereka ingat.

Ini unik, orang akan secara berulang-ulang merekomendasikan artikel yang Anda buat kalau tema artikel yang Anda buat itu memang mudah untuk di ingat oleh orang lain.

Memang agak sulit untuk membuat artikel yang mudah untuk di ingat oleh orang lain, coba ikuti panduan ini untuk memudahkan Anda membuat artikel yang mudah untuk di ingat oleh orang.

# Menggunakan nama Baru

Jika Anda membuat sebuah metode yang baru, cobalah membuat nama untuk metode yang Anda buat itu, maka orang lain biasanya akan mudah untuk mengingat artikel yang Anda buat karena memecahkan masalah yang mereka alami.

# Menggunakan Sebuah Gambar

Sebuah gambar berbicara banyak hal dan bisa menjelaskan isi artikel yang Anda buat. Bukan hanya itu saja, sebuah gambar juga bisa membuat orang untuk mengingat arikel yang Anda buat.

Oleh karena itu setiap Anda membuat artikel usahakan untuk membuat satu atau dua gambar unik di dalam artikel yang Anda buat. Jika Anda membuat artikel tutorial sudah seharusnya Anda membuat dan menyertakan sebuah gambar pendukung untuk membantu menjelaskan setiap langkah yang Anda buat.

# Menggunakan Layout Tulisan yang mudah untuk di Baca

Semakin panjang tulisan Anda semakin bagus. Tetapi bukan asal panjang saja. Anda perlu memperhatikan layout tulisan Anda. Jika tulisan Anda layout tulisannya tidak enak untuk di lihat mata maka kemungkinan besar orang yang mengunjungi website Anda akan malas untuk membaca artikel Anda.

Jadi buatlah susunan tulisan yang enak dan membuat nyaman orang yang membaca artikel yang Anda buat.

# Menjelaskan secara detail langkah demi langkahnya

Coba Anda bayangkan, katakanlah Anda akan membuat sebuah artikel tentang resep makanan. Jika Anda tidak menyertakan sebuah gambar maka orang yang membaca dan mengikuti panduan resep Anda akan sangat kesulitan untuk membayangkan seperti apa sih nanti jadinya.

Semakin Anda membuat sesuatu itu mudah, maka akan semakin mempermudah orang lain untuk mengingat artikel yang Anda buat.

3. Topik yang di bahas populer

Kebiasaan orang yang membagikan konten di internet adalah karena populer atau trend yang terjadi saat ini. Kalau hari ini ada kejadian yang menggembarkan biasanya hampir semua website di internet membahas tentang kejadian itu.

Atau pada saat musim pemilu. Biasanya hampir seluruh social media dan website di penuhi dengan artikel dan juga komentar status tentang pemilu. Nah Anda dan saya bisa menumpang dan mencuri popularitas kejadian yang sedang terjadi saat ini. Buat saja artikel yang membahas tentang hal itu.

Selain itu biasanya ada juga topik-topik yang selalu populer di setiap waktu, orang biasanya menyebut konten ini adalah evergreen content.

Kalau dalam bidang SEO, topi yang selalu di bicarakan dan di bahas dari waktu ke waktu adalah tentang membangun backlink (link building), orang-orang yang masih baru dan sedang belajar tentang SEO akan mencari topik-topik seperti ini, topik seperti ini akan selalu di cari dan peminatnya sangat banyak.

Bukan hanya dalam bidang SEO. Bidang lain pasti juga mempunya topik-topik yang tidak akan pernah di makan waktu untuk di bahas.

Berikut ini beberapa ciri-ciri sebuah topik yang bisa populer:

  1. Selalu menjadi bahan pembicaraan di kalangan tertentu
  2. Mempunyai acara, event dan kejadian yang selalu baru
  3. Masalah besar yang pemecahan masalahnya belum ada

Lalu bagaimana Anda bisa menemukan topik-topik yang bisa populer seperti ini?

  • Coba ikuti berita baru tentang topik yang Anda angkat
  • Cobalah ikut bergabung di dalam sebuah komunitas tertentu, coba perhatikan masalah apa sih yang paling sering mereka bicarakan dan tanyakan
  • Coba belajar tentang keyword reserach agar Anda bisa mengetahui jumlah pencarian sebuah keyword dalam sebulannya.

4. Mampu membangkitkan perasaan seseorang

Setiap orang selalu mempunyai yang namanya emosi dan perasaan, dengan membua artikel yang bisa membangkitkan perasaan dan juga emosi seseorang, ini adalah cara yang baik untuk bisa mendapatkan artikel yang populer.

Di wikipedia kita melihat semua isi kontenya sangat informatif. Tapi apakah semua artikel yang ada di Wikipedia pernah menjadi bahan pembicaraan orang sehari-hari?

Kalau saya perhatikan sangat jarang malah bisa saya katakan tidak pernah!

Apa yang menyebabkannya seperti itu?

Karena semua konten yang ada di wikipedia tidak membangkitkan perasaan para pembacanya. Nah sekarang saya akan meminjam sebuah gambar hasil analisa yang dilakukan oleh BuzzSumo yang berhubungan sengan sebuah emosi apa yang paling sering populer di internet?

Popular Emotions content

Dari gambar itu kita bisa melihat hanya ada empat emosi yang paling sering muncul:

  1. Kekaguman (Awe)
  2. Tertawaan (Laughter)
  3. Bahagia (Joy)
  4. Terhibur (Amusement)

Kita melihat ada konten tentang tertawaan. Tidak semua orang bisa membuat artikel yang bisa membuat orang tertawa (bakat melucu)

Tetapi kita patut bersukur rupanya porsentasi yang paling tinggi adalah konten yang bisa membuat orang kagum (Awe)

Setuju dengan saya bukankah jauh lebih mudah untuk membuat konten-konten yang bisa membuat orang kagum jauh lebih mudah daripada harus membuat orang bisa tertawa.

Lalu bagaimana cara membuatnya?

 

Buatlah artikel yang selengkap mungkin

Tujuan orang membaca buku adalah ingin menambah pengetahuan. Alangkah bagusnya jika artikel yang Anda buat bisa mengandung banyak manfaat untuk orang lain.

Dengan membuat bahan yang selengkap mungkin akan membuat orang lain menjadi kagum dengan Anda dan ingin membaca terus.

Bahkan Buzzsumo pernah melakukan penelitian tentang hal ini.

Shares by Content Length

Semakin isi artikel Anda maka peluang untuk di share akan semakin tinggi, meskipun tidak selalu seperti itu.

Itulah mengapa Anda HARUS mengusahakan untuk membuat artikel yang selengkap mungkin dan isinya juga harus berbobot. Karena kalau artikel yang Anda buat lengkap dan berbobot orang dengan sendirinya akan menyukai isi artikel Anda dan akan terus mengunjungi website Anda dan bisa jadi mereka akan membagikan artikel Anda ke orang lain.

Dan berdasarkan dari analisa yang mereka lakukan juga, artikel-artikel yang mempunya jumlah katanya lebih dari 3000 kata biasanya mendapatkan jumlah share yang paling banyak.

Menulis Kisah Sukses Pribadi atau Kisah Sukses Orang lain.

Orang yang membaca sebuah kisah baik itu di buku ataupun di website biasanya perasaan mereka akan timbul jika artikel yang di buat mengisahkan tentang perasaan dari sang penulisnya.

Cobalah untuk membuat artikel yang mengisahkan kisah Anda atau kisah orang dengan mencoba membangkitkan perasaan di pembacanya. Biasanya kisah-kisah sukses bisa menghasilkan lebih dari satu emosi saja, yaitu emosi bahagia dan juga perasaan kagum.

Menulis Artikel Hasil dari Analisa

Coba Anda melihat gambar yang ada di atas, semua artikel itu dibuat berdasarkan hasil analisa yang dilakukan oleh Buzzsumo tentang artikel yang populer. Pasti Anda dan juga saya akan merasa terkagum-kagum dari apa yang sudah mereka lakukan.

Setiap analisa yang dilakukan tentu tidak bisa sembarangan di lakukan oleh orang, karena setiap analisa akan membutuhkan waktu dan usaha yang sangat tinggi daripada anda membuat sebuah konten biasa. Dengan membuat analisa seperti itu biasanya konten atau artikel yang Anda buat akan sangat berharga.

5. Artikel yang bercerita

Saat akan membuat artikel coba pikirkan hal apa saja yang bisa Anda ceritakan di dalam artikel yang akan Anda buat, karena setiap artikel yang berisi sebuah cerita bisa membuat para pembacanya lebih tertarik dan peduli.

Apa yang saya maksud bercerita di sini, kita tidak sedang membicarakan artikel tentang sebuah dongeng atau sebuah cerpen.

Saat artikel yang Anda buat itu bisa di tambahkan unsur cerita di dalam artikelnya itu akan jauh lebih berarti bagi pembaca Anda.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat artikel yang bercerita.

Contoh Studi kasus

Banyak orang biasanya membuat artikel populer dengan hasil studi kasus yang mereka atau orang lain pernah lakukan. Sebagai contoh saya akan membuat artikel tentang “bagaimana membuat website hanya dalam 2 jam saja”, nah di sini saya akan mencoba mengubah sudut pandangnya menjadi “bagaimana saya bisa membuat website company profile hanya dalam waktu 2 jam saja”.

Bisa melihat perbedaannya?

Artikel studi kasus biasanya adalah artikel yang mudah populer. Ini di sebabkan karena artikel studi kasus biasanya sudah di buktikan langsung oleh si penulisnya.

Jadi kalau Anda membuat artikel-artikel seperti itu Anda akan bisa memiliki harapan untuk mendapatkan artikel yang bisa populer.

Wawancara dengan orang lain

Memang tidak semua orang punya cerita sukses untuk bisa dibagikan kepada orang lain. Salah satu cara agar Anda bisa membuat artikel seperti ini adalah dengan mewawancarai orang-orang lain yang mempunyai pengalaman tertentu. Cerita atau pengalaman orang lain bisa membuat artikel Anda menjadi populer.

Gunakan Referensi yang bisa di percaya.

Coba Anda perhatikan setiap artikel yang ada di website-website besar, biasanya mereka memasukkan atau menggunakan referensi dari website – website lain sebagai sumbenya.

Website SUBMITCLimb.com juga seringkali menggunakan referensi dari website-website lain yang jauh lebih di percaya. Dengan mencantumkan referensi dari website atau bukti yang sudah di lakukan oleh orang lain ini akan membuat apa yang saya tulis mudah untuk di percaya oleh orang yang membaca tulisan saya.

Karena itu setiap saya membuat artikel baru saya mencoba selalu menggunakan beberapa referensi dari website lain.

6. Mudah untuk dipraktekkan orang lain

Kita sering melihat di perpustakaan umum ataupun di website-website sebuah kampus yang mempunyai perpustakaan digital, mereka punya jurnal-jurnal dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dari kampus itu.

Kalau Anda dan saya membaca jurnal-jurnal itu seringkali Anda dan saya sulit untuk mempraktekkan apa yang ada di dalam jurnal yang mereka buat itu.

Mengapa bisa seperti itu?

Karena apa yang mereka buat dari hasil penelitian mereka itu tidak bisa dipraktekkan oleh orang-orang lain. Sehingga manfaatnya menjadi berkurang.

Coba sekarang kita bandingkan dengan hasil latihan orang lain tentang memasak. Ketika mereka membuat sebuah resep cara membuat soto betawi atau soto ayam, artikel yang mereka buat bisa langsung populer.

Ini karena apa yang mereka tulis mudah untuk dipraktekkan oleh orang lain.

Jadi saat anda membuat sebuah artikel atau konten, cobalah untuk membuatnya menjadi mudah untuk di praktekkan.

Lalau bagaimana kita bisa membuat artikel-artikel yang mudah untuk dipraktekknya:

A Pilihlah topik-topik yang memang mudah untuk dipraktekkan

Kita semua menyadari, memang tidak semua topik bisa dan mudah untuk dipraktekkan oleh orang-orang yang membaca artikel Anda.

Banyak sekali panduan yang ada di internet tentang cara menghasilkan uang secara online. Tetapi menurut saya tidak semua orang bisa melakukan seperti yang mereka tulis. Sebagai contoh, katakanlah saya akan membuat sebuah panduan tentang “Cara menghasilkan uang Rp. 100 juta perbulan”, bagi beberapa orang jumlah ini akan sangat terlalu besar, Anda kemungkinan besar tidak bisa menghasilkan sebesar itu hanya dengan membuat satu langkah saja dengan membaca satu artikel panduan.

Jadi artikel yang di buat biasanya hanya akan menjadi sebuah pengetahuan atau sekedar informasi saja.

Apakah ada cara supaya artikel yang tadinya hanya sebuah informasi di ubah menjadi sebuah artikel yang siap dipraktekkan oleh siapa saja?

Tentu ada…

Berikan secara detail langkah demi langkahnya.

Ingat sebuah artikel yang bisa dipraktekkan biasanya terletak di langkah demi langkahnya. Jika anda membuat panduan itu sejelas mungkin untuk setiap langkah yang harus mereka praktekkan hal itu akan semakin baik. Jadi pastikan untuk tidak melewatkan setiap detail langkah demi langkah yang diperlukan.

Menyertakan gambar di dalam artikel.

Seringkali kalau kita membuat sebuah tutorial untuk panduan tertentu kita suka malas untuk membuatnya. Memang mengumpulkan gambar atau membuat sebuah gambar untuk menunjang penjelasan akan sangat merepotkan.

Tetapi tahukah Anda kalau Anda tidak menyertakan gambar para pembaca Anda akan sangat kebingungan untuk mempraktekkan panduan yang Anda berikan, jadi pastikan jangan hanya berisi tulisan saja saat Anda membuat artikel tutorial.

Karena saat pembaca Anda mengalami kebingungan dan tidak menemukan solusi mereka akan langsung meninggalkan artikel yang Anda buat.

Faktor-faktor yang membuat sebuah artikel tidak bisa populer

Jadi apa yang saya jelaskan di atas adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk membuat artikel yang bisa memiliki harapan untuk populer.

Tapi melakukan hal itu saja menurut saya masih belum lengkap.

Masih ada beberapa hal lain yang menentukan sebuah artikel tidak bisa populer:

# Isi artikelnya tidak menarik, membosankan dan biasa saja

Sering sekali saya menemukan sebuah artikel yang isinya biasa-biasa saja dan tidak greget. Dan ini biasanya tidak di sadari oleh para pembuat artikel. Mereka tidak sadar kalau artikel yang mereka sebenarnya tidak menarik dan isinya tidak ada yang spesial di mata pembacanya.

Bagaimana Anda bisa mengetahui kalau artikel yang Anda buat itu isinya biasa saja?

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membandingkan artikel yang Anda buat dengan artikel lain yang pembahasannya masih sama dengan yang Anda tulis. Lihat isi tulisan Anda dengan isi tulisan yang dibuat oleh orang itu, jika yang Anda tulis tidak lebih bagus dari pesaing Anda maka sudah di pastikan tulisan yang Anda buat gagal untuk mencapai hati pembaca.

Anda bisa membaca beberapa hal yang saya tulis di sini:

Mempromosikan Artikel Anda

Dalam content marketing ada tiga hal penting yang harus selalu dilakukan:

  1. Merencanakan artikel yang akan Anda buat
  2. Membuat artikel Anda
  3. Mempromosikan artikel

Ke tiga hal yang saya sebutkan di atas saling berkaitan, tanpa perencanaan Anda tidak mungkin bisa membuat artikel yang berkualitas dan tanpa melakuka promosi artikel Anda tidak akan pernah populer. Karena Anda bukan artis, bukan menteri atau orang yang terkenal.

Jadi kesadaran kita bukan siapa-siap hendaknya membuat kita sadar kalau kita harus melakukan ke tiga hal yang saya sebutkan di atas.

Jadi pastikan untuk beriklan agar Anda bisa memperkenalkan artikel yang Anda buat kepada orang lain dan selain itu Anda juga bisa membangun reputasi diri Anda sendiri.

Meskipun sebuah artikel yang berkualitas itu memang sangat penting, bukan berarti Anda tidak perlu mempromosikan artikel yang Anda buat. Perlu Anda tahu hampir semua content marketer paling banyak menghabiskan waktu mereka untuk mempromosikan artikel-artikel yang mereka buat.

Memang Cara Membuat Artikel yang Populer itu tidak mudah, Jadi coba mulai hari ini untuk mempelajari bagaimana caranya Anda bisa mempromosikan setiap artikel atau konten yang Anda buat dengan tepat sasaran.

Jika Anda suka dengan artikel dan juga video tutorial yang kami buat silahkan share artikel ini dan subscribe channel YouTube SUBMITClimb untuk mendapatkan video tutorial yang mungkin berguna dan bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa menemukan tutorial dan beberapa panduan yang hanya kami share di akun sosial media kami seperti di Facebook Page, Facebook Group, Twitter dan Instagram SUBMITCLimb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top