skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Memasang Google Analytics Di WordPress

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

Belajar bagaimana Cara Memasang Google Analytics di WordPress adalah bagian yang sangat penting menurut saya bagi setiap pemilik website terutama yang menjalankan website dengan menggunakan wordPress. Google Analytics bisa membantu Anda memberikan beberapa informasi data penting lainnya mulai dari apa yang sedang berfungsi sampai yang tidak berfungsi dengan baik.

Di dalam tutorial kali ini kita akan sama – sama menjawab beberapa pertanyaan penting yang berhubungan dengan Google Analytics:

  • Apa itu Google Analytics dan mengapa Anda memerlukannya?
  • Bagaimana Cara Mendaftar ke Google Analytics?
  • Bagaimana Cara Memasang Google Analytics?
  • Bagaimana Cara Memasang Google Analytics di WordPress?
  • Bagaimana Cara Memasang Google Analytics dengan Menggunakan Plugin WordPress?

Ya, mari kita mulai menjawab semua pertanyaan itu satu persatu.

Apa itu Google Analytics dan mengapa Anda membutuhkannya?

Sebelum saya membahas dan masuk ke masalah teknis tentang Cara Memasang Google Analytics di WordPress ada baiknya kita berbicara lebih dahulu tentang pokok pembahasan yang akan saya tulis di dalam artikel kali ini. Google Analytics. Jika Anda baru pertama kali membuat website, kemungkinan besar Anda tidak tahu tentang Apa itu Google Analytics, Manfaatnya atau fungsinya dan buat apa menghubungkan Google Analytics ke website WordPress kita? mari kita membahas hal itu dulu.

1# Google Analytics membantu Anda mengetahui tentang Audience Anda.

Google Analytics adalah sebuah software berbasis web yang memungkinkan setiap pemilik website seperti saya yang mempunyai website submitclimb.com untuk mengetahui informasi penting seperti pelacakan, melihat sumber pengunjung dan menganalisa traffic website Anda.

Cara kerjanya sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan atau meletakkan kode JavaScript ke halaman website Anda, dimana nantinya kode ini akan memungkinkan Google untuk melacak semua aktivitas yang ada di dalam website Anda. Dan semua data kegiatan itu dikumpulkan dalam bentuk statistik di akun Google Analytics masing-masing pengelola website.

Ini yang akan Anda pelajari dari Statistik yang ditampilkan:

  • Siapa Sih Yang Mengunjungi Website Anda? – Dengan menginstall Google analytic di website, Anda akan mengetahui informasi tentang Geografis dan informasi tentang dari mana audiens Anda datang dan perangkat apa saja yang mereka gunakan saat mengunjungi website Anda.
  • Apa saja yang dilakukan oleh pengunjung website Anda? – hebatnya lagi Google analytic sbisa tahu halaman mana saja yang dikunjungi oleh visitor Anda, bounce rate Anda (ini mengartikan pengunjung langsung pergi setelah melihat satu halaman saja) berapa lama mereka ada di halaman tertentu dan masih banyak hal lainnya lagi.
  • Kapan Mereka datang? – Menarik sekali fitur dari Google Analytics, dia bisa menunjukkan kepada anda kapan orang itu mengunjungi website Anda dan ini bisa kita lihat berdasarkan jam, hari, minggu atau mungkin bulan.
  • Bagaimana seseorang bisa menemukan website Anda? – Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi penting tentang bagaimana pengunjung Anda bisa menemukan website Anda, apakah dia datang melalui pencarian mesin pencari, media sosial, link dari website lain atau mereka langsung mengetikkan nama website Anda secara langsung di internet?
  • Bagaimana Mereka Berinteraksi dengan konten yang ada di website Anda? – ini mungkin fitur yang juga ingin kita dapatkan dan Google Analytics bisa memahami dan mengetahui bagaimana seseorang berinteraksi dengan website Anda, maksudnya seperti ini, dari link yang mereka klik itu akan mengarahkan ke halaman konversi yang Anda buat sebagai tujuan akhir. Nah Google analytics bisa mengetahui dan melacaknya.

2# Informasi Yang di Dapat Akan Membantu Mengoptimalkan Website Anda

Semua informasi yang diberikan oleh Google Analytics untuk apa? Dan bagaimana semua informasi itu bisa bermanfaat untuk Anda? Dengan menjawab pertanyaan itu ini bisa membantu Anda untuk menggunakan dan melakukan banyak dari data-data yang di dapat.

  • Anda bisa meningkatkan pelayanan untuk para audiens Anda dengan lebih baik setelah mendapatkan semua informasi dari Google Analytics. Contohnya mungkin jika saat ini Anda hanya menggunakan bahasa Indonesia saja anda bisa menambahkan bahasa internasional seperti bahasa inggris.
  • Meningkatkan traffic source – jangan takut untuk berinvestasi banyak pada hal-hal yang sudah menghasilkan dan terlihat atau anda bisa meningkatkan juga pada hal-hal yang belum.
  • Tingkatkan kualitas konten Anda dan gunakan strategi konten untuk lebih banyak meningkatkan pengunjung website anda dari apa yang mereka minati.
  • Melacak kampanye pemasaran yang Anda lakukan dan silahkan lihat hasilnya, apakah itu berfungsi dengan baik atau tidak?
  • Cari dan temukan halaman website yang mempunyai kinerja yang kurang baik, perbaiki dan jadikan itu lebih baik dari sebelumnya.

Secara singkat – analytics web akan membantu Anda dan saya untuk menghapus dan memperbaiki hal-hal yang tidak bekerja dengan baik dan juga membantu membuat keputusan tentang hal apapun sehubungan dengan kinerja website kita dari data yang ditampilkan bukannya dari mengira-ngira. Ingat Anda bisa menggunakan Google Analytics secara gratis karena ini memang gratis untuk digunakan oleh semua orang yang mempunyai

Apa Saja yang Anda Butuhkan?

Untuk bisa menggunakan Google Analytics Anda perlu membuat email Gmail dan membuat akun di Google Analytics kemudian mengcopy code yang diberikan Google untuk Anda pasang di dalam WordPress Anda.

Langkah 1. Sign Up (Mendaftar ke Google Analytics)

Sebelum Anda bisa menghubungkan Google Analytics dengan website Anda, Anda harus terlebih dahulu membuat akun atau mendaftar di Google Analytics. Silahkan mendaftar dengan mengunjungi ke halaman beranda Google Analytics.

daftar ke Google Analytics

Jika Anda sudah mempunyai akun Google Analytics Anda tidak perlu mendaftar lagi, Anda hanya perlu mengklik Sign In. Jika belum, silahkan klik sign up dan buatlah akun baru. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi data sesuai yang di minta di dalam form.

Daftar di Google Analytics

Perhatikan bahwa akun yang Anda buat bisa untuk menampung beberapa situs website yang Anda miliki untuk di lacak. Jadi pastikan untuk mengisi data sesuai dengan masing-masing kategori website yang Anda masukkan seperti nama website, Address, Industri category, Negara dan time zone juga harus jelas.

mengisi form pendaftaran google analytics

Pastikan Anda mengisi semua detail dengan benar kemudian silahkan klik tombol GET TRACKING ID.

GET TRACKING ID

Setelah itu Anda akan mendapatkan code tracking ID. Anda bisa menggunakan kode itu atau bisa menggunakan Website Tracking Global Site Tag (Oh iya pastikan untuk mengisi website ya, karena kita dalam panduan ini akan memasang Google Analytics untuk website bukan untuk Mobile App).

Langkah 2. Belajar Dasar- dasar Google Analytics

Mungkin ada yang bertanya mengapa harus membahas lebih dahulu tentang apa saja yang akan kita baca di Google Analytics dan bagaimana tampilan utama interface dari Google Analytics. Jika Anda mengetahui informasi ini maka Anda akan lebih bagus dalam memanfaatkan software canggih milik Google ini. Di halaman Home Anda melihat tampilan seperti ini (Tampilan akan selalu berubah dari waktu ke waktu, tetapi menu dan fungsinya kemungkinan akan tetap sama, mungkin hanya akan ada penambahan menu saja)

Pada bagian kanan, biasanya Anda akan melihat laporan (statistik) untuk kinerja website Anda dan dibagian kiri nanti Anda bisa melihat menu-menu untuk melihat data apa saja yang ingin Anda lihat. Biasanya waktu yang paling banyak akan dihabiskan adalah pada bagian menu Report. Jika Anda klik Anda akan melihat sejumlah bagian menu-menu yang berbeda yang berisi informasi seperti ini:

  • Real time – ini adalah aktivitas yang sedang terjadi di website Anda saat ini. Berapa banyak pengunjung saat ini, dari mana saja mereka berasal, mereka melihat apa saja dan dihalaman mana saja dan masih banyak lagi.
  • Audience – Informasi yang ada di sini akan membantu Anda tentang pengunjung website Anda, misalnya, jumlah visitor dalam waktu tertentu, berapa lama mereka berada di sana, info demografis dan juga informasi teknis tentang mereka.
  • Behavior – Ini berisi informasi tentang segala hal dari pengguna website Anda tentang apa yang mereka lihat dan masih banyak lagi.
  • Aquisition – Memberikan informasi kepada Anda pengunjung website Anda datang dari mana dan juga informasi tentang marketing channel Anda.
  • Convertion – jika Anda membuat goal-goal khusus di dalam menu inilah Anda akan melihat dan memahami seberapa baik hasil yang sudah di capai.

Masih banyak hal lain, tetapi menu-menu utama itulah yang mungkin akan sering Anda gunakan. Terlihat menarik dan bermanfaat untuk Anda? Mari sekarang kita lanjutkan untuk masalah teknisnya, bagaimana Cara Memasang Google Analytics di WordPress.

3# Memasang Google Analytics ke WordPress

Tentunya untuk bisa mendapatkan semua informasi tadi Anda harus memasukkan kode yang diberikan oleh Google Analytics ke dalam website Anda. Cara memasukkan kodenya juga sangat mudah karena Google sudah memberikan petunjuk cara pasang dengan sangat jelas yang bisa Anda baca dan lihat langsung di dalam website mereka.

Ada Beberapa Cara untuk Memasang kode Google Analyitics ke dalam blog WordPress Anda. Anda bisa memasang dengan cara manual ke dalam file header.php atau di dalam file funtions.php atau dengan menggunakan bantuan plugin pihak ketiga. Penggunaan plugin untuk mereka yang tidak familiar dengan tampilan file PHP.

 

Sampai di sini mungkin banyak yang mulai bingung, ada yang takut dan mungkin masih ada yang bingung tentang cara pemasangannya. Itu adalah hal yang wajar dan semua blogger pasti pernah mengalami hal itu, itu tandanya Anda akan naik ke level yang selanjutnya. Meskipun Anda merasakan kebingungan dan baru pertama kali ini ingin memasang kode Google Analytics ke website JANGAN TAKUT, karena saya akan memandu Anda bagaimana cara memasang kode itu ke dalam website Anda.

Ingat Anda harus bisa menggunakan semua cara baik itu secara manual maupun secara otomatis yang menggunakan plugin. Mari kita mulai:

A Menggunakan Plugin WordPress

# Cara Pertama. Memasukkan Kode Google Analytics Menggunakan MonsterInsight

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sangat simpel. Plugin MonsterInsight adalah plugin yang sangat populer untuk Google Analytics. Penggunanya sendiri sudah sangat banyak dan reviewnya juga bagus-bagus karena mereka sebisa mungkin menghindari hal-hal yang mungkin bisa terjadi error dan masalah updatenya juga sangat cepat dibandingkan dengan plugin yang lainnya.

Buat pemula ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk memasukkan Google Analytics ke WordPress (cocok untuk pengguna dan yang sudah expert) dan dilengkapi dengan modul yang sesuai dengan GDR.

MonsterInsight tersedia untuk versi gratis dan berbayar. Dalam panduan ini saya akan menunjukkan panduan dalam versi gratis dari MonsterInsight. Meskipun ini gratis Anda tidak perlu khawatir akan manfaat dan fitur-fiturnya. Karena tujuan utama kita adalah memasukkan kode Google Analytics ke dalam website WordPress Anda.

1# Menginstall Plugin.

Tentu saja, setiap kita akan menggunakan plugin di WordPress, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstallnya. Anda cukup masuk ke dalam bagian plugins > Add New. Ketikkan nama plugin kemudian klik install dan aktifkan.

add plugins

2# Menghubungkan Google Analytics dengan Website

Ketika Anda sudah mengaktifkan plugin, Anda akan melihat menu baru yang bernama Insight di dalam dasborad WordPress Anda. Silahkan klik “Settings Menu”. Di sini Anda akan diminta untuk memilih kategori untuk website Anda (Bisnis, blog atau toko online). Pilihlah satu saja yang sesuai dengan kriteria website Anda lalu silahkan klik tombol “Save and Continue”.

menghubungkan google analytics

Selanjutnya silahkan klik “Connect MonsterInsight” button. ini akan mengarahkan Anda ke halaman Google Analytics. Kemudian Anda harus masuk atau Log in ke akun Anda, jika sudah silahkan pilih akun makan yang akan Anda gunakan untuk tracking.

Langkah selanjutnya biasanya Anda akan ditanya untuk mengijinkan MonsterInsights untuk mengakses Google Analytics Anda.

login ke akun google analytics

Klik saja “Allow” untuk melanjutkan.

klik allow monterinsight

Langkah terakhir adalah Anda akan diminta untuk profile yang mau Anda lacak. Anda perlu memilih dan memasukkan website Anda. Kemudian klik tombol Complete authentication dan klik continue.

MonsterInsight selanjutnya akan mulai menginstall Google Analytics di website Anda. Dan setelah selesai mereka akan meminta Anda untuk memilih pengaturan yang disarankan untuk website Anda.

Setingan defaultnya berfungsi untuk semua website. Jika Anda menggunakan affiliate link plugin, Anda masih perlu menambahkan path yang Anda gunakan untuk cloack affiliate link. Ini akan membantu plugin ini untuk melacak dan memberikan informasi sehubungan dengan link affiliate Anda. Jika Anda tidak ingin menghubungkannya juga tidak masalah.

Langkah selanjutnya adalah klik Save dan Continue untuk menyimpan semua settingan yang sudah Anda pilih.

Langkah selanjutnya adalah, MonsterInsight akan mengarahkan atau menunjukkan kepada Anda pilihan Add on berbayar yang hanya bisa di akses jika Anda upgrade ke versi PRO. Menurut saya itu tidak perlu karena seperti yang sudah saya bilang sebelumnya tujuan kita hanya untuk menempatkan kode Google Analytics saja. Lewati pilihan ini silahkan klik tombol “Save and Continue”.

Jika nanti Monster Insight ingin meminta Anda untuk menginstal WPForms lewati saja karena kita tidak memerlukan hal itu. Ya jadi itu saja yang harus Anda lakukan untuk menginstall dan menghubungkan Google Analytics dengan WordPress Anda. Perlu di ingat Google Analytic membutuhkan waktu untuk bisa menampilkan laporan website Anda.

Keunggulan dari plugin MonsterInsight adalah Anda bisa melihat langsung laporan Google Analytics di dalam Dasboard WordPress Anda sehingga Anda tidak perlu membuka atau mengunjungi website Google Analytics lagi. Memang ini memudahkan dan mungkin lebih simpel bagi beberapa Orang tetapi saya secara pribadi lebih senang untuk melihat laporan website saya langsung dari Google Analytics.

report langsung di dasboards

# Cara Kedua. Menghubungkan Google Analytics dengan Plugin Insert Headers and Footers

Cara yang kedua ini meskipun menggunakan plugin tetapi tidak sebagus seperti Anda menggunakan plugin MonsterInsight. Plugin ini tidak bisa menampilkan pilihan untuk tracking data langsung di dasboard WordPress kita. plugin ini hanya membantu Anda untuk lebih mudah menempatkan kode yang diberikan Google Analytics dengan mudah tanpa bingung.

Meskipun fungsinya hanya itu saja, menurut saya plugin ini adalah plugin yang paling banyak digunakan sebagai pilihan pertama oleh banyak Orang untuk meletakkan kode Google Analytics dan kode-kode lainnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah menginstall plugin Insert Header and Footers di dalam WordPress Anda. Untuk panduan cara instal plugin bisa Anda baca di dalam artikel tentang Cara Install Plugin WordPress.

Setelah melakukan aktivasi plugin, Anda tidak perlu melakukan setting apapun di dalam dasboard Anda. Anda hanya perlu mengunjungi halaman Settings >> Inser Header and Footers. Nah di kotak-kotak inilah Anda akan menempatkan kode-kode dari Google Analytics dan juga mungkin kode lainnya.

insert header and footer untuk google analytics

Pastikan untuk mengklik tombol save setelah Anda meletakkan kode. Ya, hanya itu saja yang perlu Anda lakukan, Anda sudah berhasil menyimpan dan menempatkan kode Google Analytics di dalam WordPress Anda.

B Cara Manual

Cara manual yang sering saya lakukan untuk semua website saya adalah dengan menggunakan beberapa cara yang akan saya sebutkan di bawah ini. Memang ini akan terlihat sulit bagi beberapa orang tetapi sebenarnya tidak sulit, karena cara ini adalah cara yang bisa kita lakukan untuk seumur hidup kita, nahkan jika kita menggunakan plugin dan pluginnya sudah tidak di update lagi, cara ini masih bisa sampai kapanpun.

Pilihan Pertama: Gunakan functions.php

Cara lain untuk menghubungkan Google Analytics dengan Website tanpa menggunakan plugin adalah dengan meletakkan kode di dalam file functions file. Untuk bisa melakukan ini Anda harus membuat atau menggunakan child theme.

Untuk meletakkan kode pelacakan cukup edit file functions.php dari theme WordPress yang Anda gunakan, kemudian letakkan kode ini di akhir kode yang sudah ada di child theme Anda.

<?php
add_action('wp_head', 'wpb_add_googleanalytics');
function wpb_add_googleanalytics() { ?>
 
// Paste Google Analytics code Anda setelah klik GET TRACKING ID
 
<?php } ?>

Pastikan untuk save setelah meletakkan kodenya. Dan saya rasa sekarang Google Analytics sudah terhubung dengan website Anda.

Pilihan Kedua: Gunakan header.php

Ini adalah Cara Memasang Google Analytics di WordPress yang sebetulnya mudah untuk dilakukan tetapi terlihat sulit bagi beberapa Orang dan mungkin bagi Anda juga. Saya sarankan Anda juga harus belajar menggunakan cara ini, karena jika Anda bisa anda tidak bergantung dengan plugin.

Sebagian besar theme WordPress memiliki file header.php. jadi Anda cukup memasukkan atau meletakkan kode Google Analytics di sini.

Saran saya meskipun ini bisa dilakukan sebaiknya Anda menggunakan child theme, jadi sewaktu Anda melakukan perubahan atau update theme tidak ada yang berubah atau kode hilang. Di lain waktu saya akan membahas tentang cara membuat child theme.

Baik mari langsung kita praktek ke masalah teknis. Silahkan Anda masuk ke WordPress Anda dan klik Appearence >> Editor kemudian dibagian kanan cari header.php untuk mulai mengedit.

Silahkan masukkan Analytics tracking code yang Anda dapat ke dalam sini, ingat letakkan tepat sebelum penutup braket </head>

Google Analytics dan WordPress

Google Analytics bagi setiap pemilik website khususnya WordPress merupakan alat yang sangat penting untuk membantu mengoptimasi kerja WordPress Anda. Dengan bantuan software Google Analytics Anda bisa mendapatkan informasi-informasi penting tentang audiens Anda sehingga Anda bisa membantu pengunjung website Anda dengan lebih baik.

Di dalam postingan saya kali ini, Cara Memasang Google Analytics di WordPress, Saya hanya berbicara tentang semua hal yang perlu kita ketahui tentang Analytics web dan juga termasuk tentang term of data privacy laws.

Setelah Anda baca dan pelajari di dalam artikel tentang Cara Memasang Google Analytics di WordPress tidak terlalu sulit untuk dilakukan bukan? Anda hanya perlu membuat akun Gmail, mendaftar Google Analytics dan memasukkan kode ke dalam website Anda.

Anda bisa melakukan hal itu dengan beberapa cara seperti menggunakan plugin dan secara manual. Dan masih Ada beberapa cara lain yang serupa untuk bisa melakukan hal itu sesuai dengan kenyamanan Anda. Sekarang Anda sudah siap untuk mulai mempraktekkan dan menambahkan Google Analytics ke dalam website WordPress Anda. Saya berharap apa yang saya tulis ini bisa membantu Anda dan membuat website Anda berkembang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top