skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Melaporkan Pencurian Artikel Ke Google DMCA Dengan Beberapa Cara

Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA dengan Beberapa Cara

Cara Melaporkan Pencurian Artikel. Sebagai pemilik website atau blog kita tentu tahu betapa sulitnya membuat sebuah artikel untuk blog, apalagi harus mengupdate blog kita setiap hari. Saya secara pribadi untuk website SUBMITClimb.com ini menulis sendiri untuk semua artikelnya.

Mengapa saya menulis sendiri?

Karena blog ini memang saya buat untuk tujuan sebagai catatan pribadi atau perpustakaan online pribadi dari apa yang sudah saya pelajari dan sedang saya pelajari. Selain itu saya juga menggunakan blog ini untuk berbagi informasi dengan teman-teman saya dan juga orang lain yang bertanya kepada saya.

Saya yakin artikel yang kita publikasikan ke blog kita bisa jadi di curi atau di copy paste oleh orang lain. Maling rupanya tidak hanya ada di dunia nyata, pencurian konten juga banyak. Jika Anda mengetahui ada orang yang sengaja mengcopy paste artikel Anda pasti perasaan Anda sangat jengkel dan kesal sekali.

Saya yakin tidak semua pemilik blog menginginkan artikel di website mereka di copy paste oleh orang lain ke blog yang mengcopy.

Kebanyakan artikel yang di copy tanpa menulis ulang tetapi 100% di copy past utuh-utuh dan di posting di blog lain tanpa memberikan atribusi atau minta ijin terlebih dahulu kepada kita. ada juga yang mencopy artikel kita dengan melakukan sedikit perubahan, tetapi secara keseluruhan artikel yang di copy paste masih terlihat milik kita.

Atau ada kasus seperti ini: konten Anda di copy orang lain tetapi yang mengcopy artikel Anda dengan memberikan atribusi ke web blog Anda. Memang yang seperti ini mungkin tidak terlalu berbahaya untuk blog atau reputasi Anda, Jika Anda ingin menyimpan artikel asli hanya di website Anda maka Anda tetap harus menghapus duplikat kontenya.

Apa Dampak dari Copy Paste Artikel?

Saya rasa Anda pasti sudah mengetahui kalau artikel yang ada di sebuah website jika di copy paste oleh orang lain ini bisa menimbulkan beberapa kerugian, salah satunya seperti yang sudah saya sebutkan di atas adalah bisa membuat reputasi blog kita menjadi jelek di mata mesin pencari, karena mesin pencari menganggap ada duplikat konten.

Nah duplikat konten ini sangat di benci oleh mesin pencari manapaun termasuk oleh Google.

Tidak perduli tujuan orang yang mengcopy paste konten Anda untuk apa dan mengapa tidak meminta ijin Anda. Sekarang Anda bisa bergembira karena ada cara untuk mengetahui siapa saja yang mengcopy artikel Anda dan Anda juga bisa mengetahui bagaimana caranya menghapus artikel dari situs web yang mengcopy artikel Anda. Dan bahkan ada cara untuk mencegah agar konten Anda tidak di copy paste. Kali ini saya akan memberitahu kepada Anda bagaimana caranya Anda bisa menghapus artikel yang di copy paste dan cara mengetahui artikel Anda sudah di copy paste oleh orang lain.

Cara Melaporkan Artikel Yang di Copy Paste ke Google DMCA Complaints

Untuk melaporkan tindakan yang copy paste dari blogger pencuir sangat mudah sekali. Kita akan melaporkan mereka ke Google DMCA dengan menggunakan beberapa fasilitas yang memang Google berikan.

#1 Silahkan pergi ke Google DMCA Notice

Google DMCA

Silahkan anda isi semua data yang mereka minta dengan benar.

  • Firs Name: Silahkan isi dengan nama anda bukan nama website Anda, banyak orang mengisi dengan nama website, ini sebenarnya cara yang salah. Contohnya yang ada di video ini.
  • Last name: Isi dengan nama belakang Anda.
  • Company name: Bisa Anda isi dengan nama website atau kosongkan saja
  • Copyright hlder you present: Silahkan isi self
  • Email Address: Masukkan nama email untuk konfirmasi pemberitahuan pelaporan
  • Country/Region: Indonesia

Lalu untuk bagian “Your Copyrighted Work” tampilannya akan seperti gambar yang ada di bawah ini, lalu isikan seperti yang saya jelaskan:

YOUR COPYRIGHTED WORK

Pengisian datanya seperti ini:

  1. Untuk kotak kolom No1. Silahkan Anda isi sesuai dengan apa yang terjadi, sebagai contoh misalnya: Telah terjadi pencurian artikel dari blog saya oleh orang lain tanpa seizin saya.
  2. Untuk kotak kolom No.2 silahkan Anda isi dengan URL website Anda yang di copy paste oleh orang lain.
  3. Untuk kotak kolom No.3 Silahkan anda isi dengan URL website yang mencuri konten Anda. Pastikan url yang sesuai dengan artikel yang di copy paste dari website Anda.

Langkah selanjutnya adalah mengisi bagian Swon Statement.

SWORN STATEMENTS

Silahkan centang semua kotak kemudian:

  1. Isi tanggal dan tahun sesuai dengan hari ini.
  2. Signature silahkan isi dengan nama Anda
  3. Masukkan captcha

Jika data yang diminta sudah lengkap dan sudah benar, silahkan submit untuk meminta pihak Google melakukan tindakan selanjutnya.

Melihat Status Permohonan

Tentu Anda ingin mengetahui status laporan dari permohonan Anda. Nah untuk melihat status permohonan Anda bisa menuju halaman ini. Dalam beberapa hari setelah mengirimkan laporan Anda akan melihat apakah permohonan Anda di terima atau tidak.

Untuk Anda yang masih bingung dengan penjelasan yang saya jelaskan dalam bentuk artikel, silahkan menonton panduan dalam bentuk video yang ada di bawah ini, pastikan Anda bantu saya untuk subscribe channel submitclimb karena ada banyak video panduan yang mungkin bisa bermafaat buat Anda:

 

Bagaimana Cara Mengetahui Konten Anda Telah di Curi Orang Lain.

1# Google Alerts

Ada begitu banyak tool yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah konten Anda di copy paste oleh orang lain atau tidak. Salah satu cara yang sudah di sediakan oleh Google adalah dengan menggunakan Google Alerts, ini adalah cara yang paling terbaik.

Caranya juga sangat mudah sekali, Anda hanya perlu mengunjungi website Google Alert. Kemudian memasukkan artikel Anda, kemudian cari dengan memilih settingan yang ada di sana dan jangan lupa untuk memasukkan alamat email anda, sehingga nanti setelah Google menganalisa bisa menghubungi Anda.

Google Alerts

Menurut saya Google Alerts adalah tool yang sangat bagus dan bisa di andalkan untuk mencari konten yang di curi oleh orang lain.

2# Menggunakan CopyScape

CopyScape adalah pilihan yang bagus juga untuk membantu kita mencari konten yang di copy paste oleh Orang lain. Ini paket Premium.

 

CopyScape adalah tool yang sangat bagus untuk mengecek apakah artikel Anda ada yang Copy Paste atau tidak, jika ada Anda bisa melihat kalimat mana saja yang telah di copy paste oleh orang lain.

Selain itu ada tool lain yang juga bagus untuk mengetahui pencuri konten adalah notifikasi trackback. Notifikasi ini disediakan secara gratis oleh website-website yang menggunakan platform seperti: WordPress, Drupal dan Moveable type. Mereka akan memberitahu Anda secara otomatis begitu ada yang menautkan link ke postingan Anda.

Bagaimana Cara Menghapus Konten yang di Copy

Banyak sekali blogger dan webmaster yang memiliki halaman kontak atau meletakkan email di website mereka, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menghubungi mereka dan kemudian meminta mereka untuk menghapus artikel yang mereka copy paste untuk menghindari duplikasi konten.

Memang biasanya ini tidak selalu berjalan dengan baik, karena banyak pencuri konten yang akan mengabaikan hal email seperti ini, tetapi ada juga yang mau membaca email kita dan dia mau menghapus konten kita dari blog mereka.

mengirim email minta yang copy artikel di hapus

3# Menggunakan Hosting Apa

Jika permohonan Anda tidak di jawab atau di respon oleh pencuri konten Anda bisa menghubungi layanan hosting yang digunakan oleh si pencuri konten. Untuk mengetahuinya Anda bisa menggunakan Who Is Hosting This. Silahkan ketikkan nama domain atau RL website si pencuri konten Anda. Setelah mengetahuinya silahkan menghubungi layanan hostingnya dan jelaskan jika telah terjadi pencurian konten, katakan juga kalau anda sudah menghubungi si pemilik website tetapi mereka tidak merespon anda. Biasanya pihak hosting akan bekerjasama karena mereka ingin hosting mereka memiliki reputasi yang baik dan tidak di salah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, salah satunya seperti pencurian konten.

Who is Hosting This

Jika artikel original Anda di publikasikan ulang di situs seperti Ezinearticles dan HubPages anda bisa mencoba menghubungi administrator website tersebut dan beritahu mereka ada duplikasi konten yang di ambil dari blog Anda, sertakan URL asli konten Anda, tanggal di terbitkan dan penjelasan lain yang membuktikan itu adalah artikel asli Anda. Biasanya mereka akan menanggapi serius tentang masalah pencurian konten, dan biasanya mereka bisa menutup akun yang bersalah.

Cara Menghentikan Agar Hal ini Tidak Terjadi Lagi di kemudian hari?

Memang kita tidak bisa menghindari pencurian konten meskipun sudah menggunakan teknik dan juga bantuan tool yang ada saat ini. Namun meskipun begitu ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda untuk melindungi konten Anda di curi oleh orang lain dan di posting ulang di website lain tanpa seizin Anda.

  • Beri watermark setiap foto yang Anda upload ke website Anda
  • Usahakan untuk memasukkan nama website Anda di setiap postingan artikel Anda
  • Untuk pengguna WordPress bisa juga menggunakan WP Content Copy Protection & No Right Click

Menurut pendapat pribadi saya, pencurian konten di Internet akan selalu menjadi masalah utama. Meskipun begitu kita patut bersukur karena ada beberapa cara yang bisa membantu kita mencegah pencurian konten, melacak dan cara menangani konten yang di curi oleh Orang yang tidak bertanggung jawab. Tool dan juga tips yang saya bagikan di atas termasuk Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA mungkin tidak akan benar-benar bisa mengatasi masalah pencurian konten ini, tetapi setidaknya dengan cara dan tips itu Anda bisa mengatasi dan melakukan pencegahan.

Apakah Anda pernah mengalami pencurian konten? Bagaimana cara Anda mengatasinya dan melakukan pencegahan? Jika Anda pernah mengalaminya beritahu kami tentang tips dan cara mengatasi masalah ini.

Pelajari Lebih Lanjut:

Website Alternatif selain CopyScape
Cara Meningkatkan Penghasilan AdSense Secara Bertahap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top