skip to Main Content
JANGAN LUPA LIKE - COMMENT - SHARE & SUBSCRIBE >>
Cara Melakukan Riset Keyword: Begini Cara Saya Cari Uang Di Internet

Cara Melakukan Riset Keyword: Begini Cara Saya Cari Uang di Internet

Cara Melakukan Riset Keyword. Dengan banyaknya website yang bermunculan baru-baru ini dan juga banyaknya pembicaraan tentang konten dan juga sinyal sosial media dalam dunia SEO tentu sulit bagi kita untuk bersaing di mesin pencari dan ini juga bisa membuat banyak orang melupakan hal-hal yang kecil yang menjadi pondasi dasar dalam dunia SEO itu sendiri: Riset Keyword (Keyword Research).

Melakukan Riset keyword bisa kita samakan seperti sebuah kompas: Kompas akan memandu dan memberi tahu Anda kemanapun Anda pergi, apakah Anda membuat kemajuan atau tidak.

Mereka juga bisa membantu Anda untuk mengetahui pikiran, ketakutan dan juga keinginan pasar dari target market Anda.

Faktanya, Melakukan riset keta kunci hanyalah untuk riset market para pemilik bisnis dan jasa agar mendapatkan pembeli.

Sekarang ini mungkin tidak semua pemilik website belum menyadari dan memperoleh manfaat tentang pentingnya sebuah riset keyword dan penggunaan keyword di website mereka. Kebanyakan dari mereka hanya fokus pada cara Cari Uang di Internet saja.

Ini banyak dialami oleh para pemilik website baru yang membuat website tetapi tidak pernah membuat konten, atau bisa juga dialmai oleh pemilik website yang banyak membuat konten tetapi sampai hari ini website mereka masih juga belum menghasilkan malah sepi dari pengunjung.

Bahkan buat mereka yang websitenya sudah merangking tetapi kok belum ada order yang masuk-masuk atau tidak ada para pembeli.

Ini bisa jadi disebabkan karena apa yang mereka lakukan ada yang salah. Inilah mengapa saya kembali membuat artikel yang membahas tentang pentingnya riset keyword sebelum dan ketika website Anda baru dibuat.

Panduan ini mungkin akan membuat Anda lelah dan bosan saat membacanya, jika Anda bosan dan tidak ingin membaca dengan teliti maka Anda tidak akan pernah bisa memperbaiki kesalahan dasar dari Optimasi SEO yang Anda lakukan.

Panduan ini akan saya (SUBMITClimb) buat dalam beberapa seri yang cukup panjang dan saya bagikan secara gratis kepada Anda. Panduan ini adalah panduan yang biasanya ada di panduan-panduan berbayar (kursus berbayar) saya berharap setelah Anda membaca dan menonton panduan ini segeralah untuk menerapkannya ke dalam website yang Anda bangun. (Jangan lupa Like Facebook Page SUBMITClimb ya)

Mengapa Riset keyword Penting sebelum membuat konten atau website?

Mengapa bisa saya katakan ini sangat penting? Karena tujuan kita belajar dan menerapkan SEO adalah untuk:

  1. Mendapatkan pengunjung
  2. Untuk meningkatkan penjualan
  3. Untuk mendapatkan penghasilan yang baik

Jadi semua itu akan kita dapatkan ketika kita menerapkan SEO dengan benar. Mendapatkan pengunjung, penjualan dan akhirnya mampu meningkatkan penjualan atau penghasilan kita.

Apakah semua itu bisa Anda lakukan tanpa melakukan riset keyword?

Saya jawab, sangat tidak mungkin sekali.

Alasan Pertama Mereka Melakukan Kesalahan SEO

Banyak orang berpikir kalau semua keyword itu tidak berbeda, sama saja.

Tahukah Anda ada keyword yang biasanya banyak di cari oleh orang dan ada keyword yang memang sepi pencarian.

Sampai di sini Anda akan mulai memahami mengapa penting untuk melakukan riset keyword. Ok untuk membuat Anda lebih paham saya akan melanjutkan menjelaskan tentang pentingnya riset keyword.

Jika Anda tidak pernah tahu dan memahami tentang riset keyword, sudah dipastikan Anda akan salah untuk menarget kata kunci untuk setiap konten yang Anda buat dan bisa jadi kata kunci itu memang tidak pernah di cari oleh banyak orang.

Banyak pelaku SEO yang kemungkinan mengajarkan untuk juga melakukan cara ini. Memang ini tidak sepenuhnya salah untuk mentarget kata kunci yang pencariannya sedikit atau sepi. Tetapi jika ini dilakukan secara terus menerus ini bisa jadi membuat kerja Anda menjadi percuma, ingat membuat konten itu tidak mudah, sayang bukan kalau konten yang Anda buat tidak ada yang melihat atau tertarik?

Kesalahan Kedua, Mereka Mentarget kata kunci yang salah

Anda mungkin sudah memiliki beberapa website untuk menjual produk atau jasa.

Untuk bisa mendapatkan pengunjung ke website Anda, kemungkinan besar Anda membuat artikel dengan jumlah pencarian yang besar dengan menggunakan alat bantu dari Google yaitu Google Keyword Planner.

Mungkin Anda bisa menguasai SEO dan bisa membuat website Anda merangking dihalaman pertama Google selama satu bulan.

Dan memang ada banyak pengunjung yang melihat dan membaca artikel di website Anda.

Tetapi kenapa tidak terjadi penjualan?

Anda tahu kenapa bisa seperti itu?

Bisa jadi ini disebabkan karena Anda membidik kata kunci yang memang tidak menghasilkan meskipun jumlah pencarian Anda banyak.

Saya akan mengingatkan Anda, tujuan kita melakukan riset keyword bukan hanya untuk bisa mendapatkan kata kunci yang jumlah pencarian setiap bulannya banyak.

Salah jika Anda hanya memikirkan jumlah pencarian yang besar.

Percuma kalau pengunjung yang datang tidak pengunjung yang tepat.

Jadi kalau Anda ingin menghasilkan penjualan atau ada orang yang ingin membeli gunakanlah kata kunci yang memang untuk membuat orang untuk membeli. Nanti kita akan bahas ini lebih lanjut di PELAJARAN 1.

Kesalahan yang selalu diajarkan, termasuk oleh para pelaku SEO

Jika Anda pernah mengikuti kursus SEO atau panduan yang ada di YouTube. Mereka banyak mengajarkan untuk menggunakan Google Keyword Planner untuk melakukan risey kata kunci.

Apakah ini salah? Sebetulnya ini salah tetapi tidak sepenuhnya salah.

Sampai hari ini cara ini masih dilakukan banyak orang termasuk Anda dan saya.

Anda dan saya pasti ingin website yang kita miliki mempunyai rangking dihalaman satu Google dengan kata kunci tertentu. Sebagai contoh “Kursus Les Piano”. Kata kunci ini kemungkinan akan Anda gunakan untuk keyword utama dalam website Anda.

Apakah ini salah?

TIDAK.

Ini salah kalau Anda melakukan ini…

Anda mungkin sampai hari ini akan pergi ke Google Keyword Planner dan melakukan riset keyword dengan memasukkan kata kunci tadi ke GKP, hasilnya seperti terlihat di dalam gambar yang ada di bawah ini:

GKP Les Piano 2019 Januari

Pekerjaan selanjutnya yang biasanya Anda lakukan adalah

Anda akan mengambil semua kata kunci itu dan ingin merangking dengan semua kata kunci yang ada di GKP.

Setelah semua artikel dibuat dengan menggunakan kata kunci yang ada di GKP, beberapa minggu kemudian website Anda tidak muncul di halaman pertama Google.

Bisa jadi website Anda kemungkinan kena penalti oleh Google.

Kenapa Penalti? Apa yang salah?

Coba kembali lihat hasil riset keyword Anda di GKP tadi.

Kalau Anda lihat kembali, pasti hasil semua kata kunci yang muncul hampir sama.

Kalau Anda membuat semua artikel itu dengan menggunakan keyword-keyword itu, artikel Anda akan mirip antara keyword yang satu dengan keyword yang lain.

Apa Anda suka membaca artikel yang isinya hampir sama?

Saya secara pribadi tidak suka, nah mesin pencari Google juga sama seperti kita, karena yang membuat manusia dan dibuat semirip mungkin dengan kebiasaan dan pola pikir manusia.

Itulah alasannya mengapa website Anda bisa jadi kena penalti oleh Google.

Jadi Yang mau saya tekankan di dalam artikel awal ini adalah Google Keyword Planner jangan digunakan sepenuhnya sebagai alat untuk menemukan kata kunci untuk website Anda.

Saya biasanya menggabungkannya dengan menggunakan tool yang lain.

Tutorial Riset Keyword

 

Dari artikel yang sudah Anda baca ini Anda sudah mengetahui kesalahan yang banyak orang sudah lakukan dan kemungkinan termasuk Anda saat melakukan riset keyword. Di pembahasan selanjutnya kita akan sama – sama belajar dan mencatat pelajaran Cara Melakukan Riset Keyword yang baik dan benar di pelajaran selanjutnya.

PELAJARAN 1

Tentang Search Intent

Seperti yang sudah saya katakan tidak semua keyword atau kata kunci mempunyai nilai yang sama persis, ada kata kunci yang banyak pencariannya ada juga yang sepi pencariannya, ada kata kunci yang tinggi nilainya ada juga kata kunci yang kecil nilainya. Di dalam pelajaran ini Anda dan saya akan sama-sama mencatat dan belajar bersama mengapa penting untuk mencari dan memilih kata kunci yang mempunyai nilai yang tinggi dan bagaimana kita bisa membedakan setiap kata kunci ini mempunyai search inten yang yang berbeda.

PELAJARAN 2

Mencari Kata Kunci Yang Tepat

Di dalam artikel pelajaran 2 ini saya akan menjelaskan bagaimana Anda dan saya bisa mencari dan menggali lebih dalam ribuan kata kunci dari kata kunci dasar yang kita target dengan menggunakan beberapa bantuan tool baik yang gratis dan yang berbayar termasuk juga menggunakan Google Keyword Planner. Setelah itu kita akan mencari keyword akhir yang akan kita gunakan.

PELAJARAN 3

Mengetahui Persaingan Keyword

Dalam pelajaran ke tiga ini Anda dan saya akan sama – sama belajar bagaimana kita bisa mengetahui tingkat persaingan dari setiap keyword yang ingin kita gunakan. Sayang bukan kalau kita mentarget kata kunci yang tingkat persaingannya sangat tinggi, kita bisa menghabiskan banyak waktu untuk bisa menduduki peringkat pertama di mesin pencari. Setelah mempelajari di pelajaran ke tiga ini Anda bisa menentukan dan memilih kata kunci yang bagus dan memiliki tingkat persaingan yang wajar dan mungkin mudah.

PELAJARAN 4

Strategi Penggunaan Keyword

Setelah melakukan riset keyword dan menemukan kata kunci yang cocok kita akan mulai menggunakan kata kunci (keyword pilihan) untuk di buat artikel di dalam website kita. Nah dalam pelajaran ini saya akan menunjukkan keyword seperti apa yang cocok kita buat untuk konten website kita.

PELAJARAN 5

Mencari Long Tail Keywords

Di artikel ini saya akan menjelaskan secara rinci bagaimana Anda dan saya bisa mencari dan menggunakan long tail keyword yang mempunyai nilai yang tinggi kemudian kita gunakan di website kita. banyak yang mungkin belum mengerti dan tahu tentang Long Tail Keyword (LTK), pelajaran ini akan membantu Anda untuk mengerti tentang itu dan mengapa Anda harus menggunakan Long Tail Keyword untuk mentarget kata kunci tertentu agar bisa mendapatkan hasil.

BACA PELAJARAN 6

Melihat Peningkatan Perfoma Website dengan keyword yang di Target.

Pelajaran ke enam ini mungkin bisa dikatakan lebih ringan dari pelajaran sebelumnya karena setelah Anda melakukan riset keyword, membuat kontent dan mengaplikasikannya ke dalam website, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah melihat perkembangan dan kemajuan websie kita dengan keyword-keyword yang sudah kita gunakan dengan menggunakan Google Analytics.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top